AAJI Daily News - 26 November 2019


Selasa, 26 November 2019

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. Asing Tertarik Asuransi Jiwa
  2. Jumlah Peserta Naik, Premi Asuransi Mikro Semakin Bertambah
  3. Prospek Asuransi Jiwa 2020 Masih Dapat Tumbuh Double Digit
  4. Premi Asuransi Jiwa Tahun 2020 Bisa Tumbuh 14%
  5. Tahun 2020, investasi asuransi jiwa diramal tumbuh 7%
  6. Peminat asuransi mikro diprediksi akan terus bergairah
  7. Diskusi Generasi Inklusi [Foto]
  8. Layanan Kantor Baru [Foto]
  9. Jens Reisch: Siap Tawarkan Produk Asuransi Bagi Kaum Milenial
  10. Premi Taspen Life Tumbuh 216 Persen
  11. Bhinneka Life Luncurkan Program Saver Pro
  12. Panin Dai-ichi Life Membayar Klaim
  13. Sun Life Lakukan Pemutakhiran Aplikasi Nasabah
  14. MNC Life Pacu Kinerja dengan Aplikasi Digital Hario
  15. Menelusuri “Benang Merah” Guru dan AJB Bumiputera 1912
  16. Menelusuri "benang merah" guru dan AJB Bumiputera 1912
  17. Hari Guru dan Sejarah AJB Bumiputera
  18. Rayakan Ultah Ke-9, MNC Life Dorong Penjualan Asuransi Lewat Hario Apps
  19. Ulang Tahun ke-9, MNC Life Dorong Penjualan Lewat Digitalisasi
  20. Rayakan HUT ke-9, MNC Life Bidik Peningkatan Penjualan Asuransi dengan Hario Apps
  21. BNI Life Mendapatkan Penghargaan Insurance Market Leader 2019
  22. Kursi BPA Bumiputera Kosong, Anggota Baru Dicari
  23. Berita Foto: Perkuat Jaringan Pemasaran

TENTANG AAJI

Asing Tertarik Asuransi Jiwa

Investor dari berbagai negara di Asia hingga Eropa tengah menjajaki kerja sama dengan perusahaan asuransi lokal. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menyebut, beberapa investor yang berniat masuk berasal dari Taiwan, China, Hong Kong, Korea Selatan dan Eropa. Para investor rata-rata mau menguasai saham mayoritas pemain asuransi, yaitu lebih dari 50% total saham. Ada juga yang teratrik menguasai saham minoritas dan masih melakukan proses penjajakan dengan perusahaan asuransi swasta.

Kontan – 26/11/2019

Jumlah Peserta Naik, Premi Asuransi Mikro Semakin Bertambah

Pasar asuransi mikro diprediksi akan terus bergairah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, hingga September, premi asuransi mikro mencapai Rp. 3,2 triliun. Sementara jumlah pesertanya mencapai 25,86 juta. Adapun jumlah klaim sebanyak 129.638 dengan nilai nominal sebesar Rp 608 miliar. Head of Microinsurance Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Ansar Arifin mengatakan, asuransi mikro bisa menjadi ceruk pasar yang potensial di masa mendatang. Menurutnya, saat ini belum semua pemain asuransi umum menjual produk mikro. Ia optimis, pemain asuransi mikro akan bertambah.

Kontan – 26/11/2019

Prospek Asuransi Jiwa 2020 Masih Dapat Tumbuh Double Digit

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengatakan bahwa dari 2014 hingga 2018, compound annual growth rate (CAGR) industri asuransi jiwa sebesar 12,3% total premi tiap tahun rata-rata tumbuh dua digit. Berdasarkan fakta tersebut untuk tahun 2020 pertumbuhan premi industri asuransi jiwa kemungkinan di bawah 12 persen. Berdasarkan data AAJI kuartal kedua 2019, industri asuransi jiwa mencatat total pendapatan sebesar Rp118,32 triliun, tumbuh 31,9% dibanding periode sama di 2018. Total pendapatan premi asuransi jiwa di kuartal II 2019 yang mencapai Rp90,25 triliun mengalami perlambatan 3,6% dibanding periode sama tahun 2018 dipengaruhi oleh melambatnya kinerja saluran distribusi bancassurance sebesar 16,8% dan saluran keagenan 8,6%.

Media Asuransi, Edisi November 2019, Hal 10-11

Premi Asuransi Jiwa Tahun 2020 Bisa Tumbuh 14%

Meski hingga kini bisnis asuransi jiwa masih tertekan, para pemain yakin tahun depan masih akan bertumbuh. Tahun depan pendapatan premi industri asuransi jiwa diproyeksi tumbuh antara 10%-14%. Kepala Departemen Aktuari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Yanes Matulatuwa mengatakan, industri masih memiliki potensi besar mulai jumlah penduduk yang mencapai 268 juta orang di tahun 2019 yang potensial digarap. Tak berbeda jauh dengan 2019, tahun depan kontribusi premi masih ditopang oleh produk asuransi unitlink berkat perkembangan pasar dan iklim investasi di Indonesia. Produk asuransi tradisional juga tetap tumbuh walaupun melambat akibat sejumlah sentimen.

Kontan.co.id – 25/11/2019

Tahun 2020, investasi asuransi jiwa diramal tumbuh 7%

Tahun depan total investasi industri asuransi jiwa cenderung melambat dan diperkirakan hanya tumbuh sekitar 7%. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan total aset industri di tahun depan juga tidak beda jauh yaitu sebesar 8%. Kepala Departemen Aktuari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Yanes Matulatuwa mengatakan selama lima tahun terakhir, total aset dan investasi asuransi jiwa rata-rata tumbuh sekitar 10%. Dengan realisasi itu, pihaknya berharap realisasi 2019 hingga tahun depan bisa lebih baik lagi.

Kontan.co.id – 25/11/2019

Peminat asuransi mikro diprediksi akan terus bergairah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, hingga September 2019 premi asuransi mikro sebesar Rp 3,2 triliun. Sementara itu jumlah pesertanya sebanyak 25,86 juta. Adapun jumlah klaim sebanyak 129,638 dengan nominal klaim sebesar Rp 608 miliar. Bila dibandingkan sepanjang tahun 2018, premi asuransi mikro sebesar Rp 3,5 triliun. Sementara itu jumlah pesertanya sebanyak 24 juta. Adapun jumlah klaim sebanyak 41,599 dengan nominal klaim sebesar Rp 754,51 miliar. Head of Micorinsurance AAJI Ansar Arifin mengatakan, asuransi mikro ini bisa menjadi ceruk pasar yang bagus untuk kedepannya. AAJI optimis bila perusahaan asuransi fokus mengembangkan asuransi mikro, ini sebagai pintu masuk untuk meningkatkan literasi dan juga untuk meningkatkan inklusi.

Kontan.co.id – 25/11/2019

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Diskusi Generasi Inklusi [Foto]

Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty bersama Pendiri Badan Harian Pengelola Harian Sekolah Mengenah Garuda Cendekia Esti Amanda Bowo dan Environmental Specialist Aretha Aprilia di acara Indonesian Women’s Forum (IWF) 2019 di Jakarta.

Suara Pembaruan – 25/11/2019, Hal 11

Layanan Kantor Baru [Foto]

PT Panin Dai-ichi Life meresmikan kantor general agency baru bernama GA Providence untuk memperkuat jaringan pemasaran. Panin Dai-ichi Life didukung lebih dari 11.000 tenaga pemasaran terdaftar di lebih dari 40 titik pemasaran di Indonesia.

Kontan – 26/11/2019, Hal 20

Jens Reisch: Siap Tawarkan Produk Asuransi Bagi Kaum Milenial

Telah 20 tahun lebih PT Prudential Life Assurance mengibarkan bendera bisnis di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Tanah Air. Di bawah kepemimpinan Jens Reisch, Prudential Indonesia terus bergerak mengembangkan berbagai inovasi. Hadirnya generasi milenial dalam dunia bisnis di Indonesia, menjadikan Jens harus menyiapkan pola millennial centric sebagai bagian adaptasi perusahaan terhadap kultur bisnis yang mengalami perubahan secara cepat.

Media Asuransi, Edisi November 2019, Hal 36-39

Premi Taspen Life Tumbuh 216 Persen

PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) mencatatkan premi  Rp1,17 triliun pada kuartal III/2019 tumbuh 216,09 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp369 miliar. Kenaikan premi disumbang oleh pertumbuhan premi asuransi kumpulan sebesar 204,45 persen dan premi asuransi individu yang tumbuh 300,45 persen. Pertumbuhan premi asuransi individu yang cukup signifikan meningkatkan jumlah polis/peserta asuransi individu sebesar 1.709 persen dibandingkan tahun lalu. Pada kuartal III/2019, Taspen Life membukukan hasil investasi sebesar Rp205 miliar atau tumbuh 18,68 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini berjalan beriringan dengan pertumbuhan total pendapatan yang mencapai 161,75 persen yakni sebesar Rp1,36 triliun. Dengan ini, laba juga tercatat tumbuh 114,42 persen dari Rp39 miliar pada kuartal III/2018 menjad Rp84 miliar pada kuartal yang sama tahun ini.

Media Asuransi, Edisi November 2019, Hal 60

Bhinneka Life Luncurkan Program Saver Pro

PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) kembali mewujudkan komitmennya untuk terus berinovasi mengembangkan produk dan layanan terbarunya melalui peluncuran Program Saver Pro. Perusahaan tersebut meluncurkan Program Saver Pro di tengah rangkaian acara peringatan hari jadi perusahaan ke-3 tahun yang mengusung tema Bersatu dan Bertumbuh, Bhinneka Life Maju. Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono mengatakan Bhinneka Life berkomitmen senantiasa hadir melalui beragam inovasi produk serta layanan yang berkesinambungan guna menjawab kebutuhan nasabah. BDIG (Bhinneka Life Digital) merupakan grand design dari seluruh aplikasi layanan digital yang dimilki oleh Bhinneka Life yaitu B-First merupakan aplikasi layanan digital nasabah, B-Force aplikasi layanan digital tim pemasaran dan B-Friend aplikasi layanan digital pengembangan karyawan Bhinneka Life.

Media Asuransi, Edisi November 2019, Hal 61

Panin Dai-ichi Life Membayar Klaim

Direktur Panin Dai-ichi Life Andrew Bain bersama Direktur Panin Dai-ichi Life Akiharu Yamatani dan Chief of Agency Panin Dai-ichi Life Darwin Gunawan pada penyerahan klaim kepada keluarga salah satu nasabah sebesar Rp1,5 miliar.

Media Asuransi, Edisi November 2019, Hal 61

Sun Life Lakukan Pemutakhiran Aplikasi Nasabah

PT Sun Life Financial Indonesia kembali melakukan pemutakhiran pada aplikasi nasabah My Sun Life Indonesia. Melalui aplikasi ini, Sun Life Indonesia memberikan layanan akses secara digital bagi nasabah, terutama kalangan milenial. Elly Susanti, Chief Operating Officer Sun Life Indonesia, mengungkapkan bahwa penggunaan internet dan teknologi mutakhir tak bisa lepas dari karakter milenial, generasi yang saat ini mendominasi usia produktif Indonesia dan menjadi motor penggerak ekonomi negara. "Sebagai perusahaan jasa finansial yang konsisten melahirkan inovasi, Sun Life Indonesia menghadirkan aplikasi ’My Sun Life Indonesia‘ yang lebih mutakhir dengan layanan komplet yang praktis, cepat, dan aman," katanya.

Media Asuransi, Edisi November 2019, Hal 62

MNC Life Pacu Kinerja dengan Aplikasi Digital Hario

PT MNC Life Assurance atau MNC Life merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-9. Jelang satu dekade, perusahaan asuransi di bawah naungan MNC Group ini terus memacu kinerja dan penjualan melalui aplikasi digital Hario.

Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin mengatakan, selama sembilan tahun ini kinerja MNC Life terus membaik. “angka revenue pun bertumbuh 33% dibandingkan tahun lalu,”

Koran Sindo - 26/11/2019, Hal 15

Menelusuri “Benang Merah” Guru dan AJB Bumiputera 1912

Pengabdian dan jasa para guru diperingati bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang terbentuk 25 November 1945 atau seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelum PGRI, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan 1912.

Perusahaan AJB Bumiputera 1912 lahir empat tahun setelah Kebangkitan Nasional 1908. Perusahaan ini adalah alat perjuangan bangsa yang begitu gagah berani di tengah-tengah perjuangan bangsa dalam menghadapi penjajah

HE Neraca - 26/11/2019, Hal 2

Menelusuri "benang merah" guru dan AJB Bumiputera 1912

Pengabdian dan jasa para guru diperingati bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang terbentuk pada 25 November 1945 atau seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai bentuk penghormatan pada para guru, Pemerintah RI menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional. Sebagai perwujudan ikatan emosional dan sejarah, AJB Bumiputera 1912 menjadikan produk-produknya identik dengan pendidikan. Asuransi Beasiswa Berencana merupakan produk AJB Bumiputera 1912 yang paling populer dan melekat pada masyarakat. Sebagai perwujudan dari pengabdian guru, bukti nyata AJB Bumiputera 1912 menjadikan pendidikan sebagai produk unggulannya yang dimanfaatkan masyarakat banyak melalui pemegang polis.

Antaranews.com – 25/11/2019

Hari Guru dan Sejarah AJB Bumiputera

Pengabdian dan jasa para guru diperingati bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang terbentuk pada 25 November 1945 atau seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai bentuk penghormatan pada para guru, Pemerintah RI menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional. Sebagai perwujudan ikatan emosional dan sejarah, AJB Bumiputera 1912 menjadikan produk-produknya identik dengan pendidikan. Asuransi Beasiswa Berencana merupakan produk AJB Bumiputera 1912 yang paling populer dan melekat pada masyarakat. Sebagai perwujudan dari pengabdian guru, bukti nyata AJB Bumiputera 1912 menjadikan pendidikan sebagai produk unggulannya yang dimanfaatkan masyarakat banyak melalui pemegang polis.

Bisnis.com – 25/11/2019

Rayakan Ultah Ke-9, MNC Life Dorong Penjualan Asuransi Lewat Hario Apps

PT MNC Life Assurance (MNC Life) hari ini merayakan ulang tahun ke-9. Dalam ulang tahunnya ini, MNC Life berupaya melakukan penetrasi pasar yang lebih dalam melalui aplikasi digital Hario (Hario Apps). Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin mengatakan, dengan diluncurkanny Hario Apps bulan lalu, MNC Life akan terus hadir melindungi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dengan memberikan perlindungan dan perencanaan keuangan yang tepat. Hario Apps merupakan produk inovasi digital yang didalamnya terdapat berbagai produk sesuai kebutuhan masyarakat. Khususnya kaum millenial yang tidak bisa jauh dari produk digital.

Inews.id – 25/11/2019

Ulang Tahun ke-9, MNC Life Dorong Penjualan Lewat Digitalisasi

PT MNC Life Assurance (MNC Life) hari ini merayakan ulang tahun ke-9. Dalam ulang tahunnya ini, MNC Life berupaya melakukan penetrasi pasar yang lebih dalam melalui aplikasi digital Hario (Hario Apps). Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin mengatakan, dengan diluncurkanny Hario Apps bulan lalu, MNC Life akan terus hadir melindungi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dengan memberikan perlindungan dan perencanaan keuangan yang tepat. Hario Apps merupakan produk inovasi digital yang didalamnya terdapat berbagai produk sesuai kebutuhan masyarakat. Khususnya kaum millenial yang tidak bisa jauh dari produk digital.

Okezone.com – 25/11/2019

Rayakan HUT ke-9, MNC Life Bidik Peningkatan Penjualan Asuransi dengan Hario Apps

PT MNC Life Assurance (MNC Life) hari ini merayakan ulang tahun ke-9. Dalam ulang tahunnya ini, MNC Life berupaya melakukan penetrasi pasar yang lebih dalam melalui aplikasi digital Hario (Hario Apps). Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin mengatakan, dengan diluncurkanny Hario Apps bulan lalu, MNC Life akan terus hadir melindungi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dengan memberikan perlindungan dan perencanaan keuangan yang tepat. Hario Apps merupakan produk inovasi digital yang didalamnya terdapat berbagai produk sesuai kebutuhan masyarakat. Khususnya kaum millenial yang tidak bisa jauh dari produk digital.

Sindonews.com – 25/11/2019

BNI Life Mendapatkan Penghargaan Insurance Market Leader 2019

BNI Life mendapatkan Penghargaan Insurance Market Leader 2019 serta pada acara Insurance Market Leaders Award 2019 & Insurance Outlook yang diselenggarakan oleh Majalah Media Asuransi. Keberhasilan BNI Life ini diperoleh berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) Media Asuransi untuk keenam kalinya terhadap laporan keuangan publikasi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia untuk menentukan yang berhasil lolos sebagai 15 Market Leaders 2019 dan BNI Life berhasil masuk di posisi 10 besar.

Tribunnews.com – 25/11/2019

Kursi BPA Bumiputera Kosong, Anggota Baru Dicari

Ketua Himpunan Pemegang Polis Bumiputera (Pempol Bumi) Jaka Irwanta menjelaskan bahwa saat ini terdapat kekosongan tiga kursi BPA seiring pengunduran diri beberapa anggota. Hal tersebut membuat BPA hanya memiliki delapan anggota, dari total 11 kursi di 11 daerah pemilihan (dapil). Menurut Jaka, kekosongan kursi akan bertambah pada penghujung tahun ini seiring habisnya masa jabatan tiga anggota BPA lainnya. Direktur Pengawas Asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ahmad Nasrullah menyampaikan bahwa memang terdapat anggota BPA yang akan habis masa jabatannya pada akhir tahun ini. Dia menjelaskan bahwa pengisian kursi BPA sepenuhnya berada di dalam kendali manajemen dan BPA.

Bisnis.com – 25/11/2019

Berita Foto: Perkuat Jaringan Pemasaran

Bisnis Indonesia – 26/11/2019, Hal 18

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR (25 November 2019)

14.086

IHSG (25 November 2019)

6.070,76

BI Rate

 


Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Kontan, Media Asuransi, Kontan.co.id, Suara Pembaruan, Koran SINDO, HE neraca, Rakyat Merdeka, Antaranews.com, Bisnis.com, Okezone.com, Sindonews.com, Tribunnews.com

DOWNLOAD PDF