AAJI Daily News - 10 September 2024
Selasa, 10 September 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
INDUSTRI & ASURANSI
Antisipasi Inflasi Medis, AXA Kenalkan Produk Asuransi Health Protector
Ekonomi Neraca, hal 5, 10/09/2024
AXA Financial Indonesia (AFI) meluncurkan AXA Health Protector sebagai solusi terbaru asuransi kesehatan kepada masyarakat di tanah air. Kami yakin bahwa produk ini akan membawa gelombang kepercayaan dan keyakinan baru bagi nasabah kami, dan akan membuat asuransi kesehatan lebih inklusif di Indonesia, ujar Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav di Jakarta, Senin (9/9). AFI berkomitmen menghadirkan manfaat perlindungan kesehatan yang inovatif bagi nasabah dengan mekanisme pengendalian kenaikan premi di masa depan, Artinya, apabila terjadi inflasi medis, biaya premi nasabah tetap berada pada level yang terjaga.
FWD Insurance dan OCBC Kerjasama Bancassurance
Ekonomi Neraca, hal 4, 10/09/2024
Genjot pertumbuhan penjualan, PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) perluas pemasaran produk asuransi. Teranyar, menjalin kemitraannya dengan PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC). Kerja sama ini merupakan komitmen menghadirkan berbagai solusi proteksi yang komprehensif, sesuai dengan kebutuhan perlindungan para nasabah OCBC dan menghadirkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan sejalan dengan visi perusahaan dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang, asuransi, kata Desy N. Widjaya, Direktur Utama FWD Insurance dalam siaran persnya di Jakarta. FWD Insurance akan menyediakan produk asuransi seperti FWD Treasury Legacy Protection dengan fitur utama perlindungan seumur hidup, perencanaan warisan dan persiapan dana hari tua, serta FWD Multiple Protection untuk perlindungan penyakit kritis. Produk-produk tersebut tersedia di kantor-kantor cabang OCBC di seluruh Indonesia melalui Insurance Consultant FWD Insurance.
Inflasi Medis Tinggi, Klaim Asuransi Melonjak
Jawa Pos, hal 3, 10/09/2024
Inflasi medis di Indonesia termasuk yang tertinggi di dunia. Merujuk survei Mercer Marsh Benefits (MMB), kenaikannya mencapai 13,6 persen pada 2023. Hal itu berdampak terhadap klaim asuransi kesehatan. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat rasio klaim terhadap premi asuransi kesehatan mencapai 105,7 persen pada semester 1-2024. Angka itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 103,7 persen. Nilai klaim asuransi meningkat 26 persen sebanyak Rp 11,83 triliun. Terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi kenaikan klaim kesehatan perusahaan asuransi. Di antaranya, dugaan fraud, jumlah pasien yang semakin banyak, dan kemajuan teknologi medis. Juga, adanya overtreatment yang dilakukan serta kenaikan biaya rumah sakit.
Inflasi Medis Tinggi, Klaim Asuransi Melonjak
Fajar, hal 3, 10/09/2024
Inflasi medis di Indonesia termasuk yang tertinggi di dunia. Kenaikannya mencapai 13,6 persen pada 2023. Hal itu berdampak terhadap klaim asuransi kesehatan. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat rasio klaim terhadap premi asuransi kesehatan mencapai 105,7 persen pada semester I 2024. Angka itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 103,7 persen. Nilai klaim asuransi meningkat 26 persen sebanyak Rp 11,83 triliun. “Situasi ini berdampak secara langsung terhadap kenaikan klaim asuransi," kata Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav di Jakarta. Realisasi tersebut turut mencerminkan semakin banyak orang yang memanfaatkan layanan asuransi jiwa untuk kebutuhan medis. Ditambah tren penyakit kritis di Indonesia kian meningkat. Bahkan, menyerang usia muda akibat pola dan gaya hidup tidak sehat.
Klaim Kesehatan Asuransi Jiwa Meningkat pada Juli 2024
Tribun Medan, hal 3, 10/09/2024
Sejumlah perusahaan asuransi jiwa mencatat peningkatan klaim kesehatan pada Juli 2024. Berdasarkan data terakhir Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yaitu pada semester I-2024 peningkatan klaim kesehatan tercatat meningkat sebesar 26% secara (YoY) menjadi senilai Rp 11,83 triliun. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, salah satu penyebab peningkatan klaim asuransi kesehatan ini karena semakin tingginya biaya kesehatan yang dipengaruhi oleh inflasi medis. Inflasi biaya medis yang meningkat mempengaruhi biaya obat-obatan, perawatan, hingga layanan rumah sakit. Akibatnya, beban finansial yang ditanggung oleh perusahaan asuransi semakin besar dan menyebabkan klaim asuransi meningkat.
Risiko dan Inflasi Kesehatan Dinilai Makin Tinggi
Suara Merdeka, hal 3, 10/09/2024
Sepanjang Januari-Agustus 2024, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia), telah membayarkan klaim senilai Rp 866,5 miliar. Besaran tersebut untuk lebih dari 189.000 kasus klaim yang terdiri dari klaim meninggal dunia, klaim kesehatan dan klaim penyakit kritis. Secara total klaim, tejadi peningkatan sebesar 13,8 persen (year on year) dibandingkan dengan periode yang sama ditahun sebelumnya. Dari total klaim ini, 79 persennya merupakan klaim kesehatan. Meningkatnya pembayaran klaim, khususnya pada klaim kesehatan, ini membuktikan masih tingginya risiko kesehatan. Hal ini dibarengi dengan tingginya inflasi medis yang memicu kenaikan harga obat-obatan maupun layanan medis, kata Head of Corporate Communications Generali Indonesia, Windra Krismansyah.
Biaya Rumah Sakit di Singapura Rp 777 Juta Tidak Ditanggung, Pasien Gugat Asuransi
Radar Tuban, hal 16, 10/09/2024
Biaya Rumah Sakit di Singapura Rp 777 Juta tidak ditanggung, pasien gugat asuransi Effendi menggugat PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia. Dia berkeberatan karena perusahaan asuransi itu menolak klaim asuransi saat dirinya dirawat di rumah sakit Singapura senilai SGD 70.792,37 atau setara Rp 777,5 juta.
Pemain Antisipasi Inflasi
Bisnis Indonesia, hal 15, 10/09/2024
Perusahaan asuransi tengah berupaya mengantisipasi inflasi kesehatan yang menjadi penyebab kenaikan klaim asuransi kesehatan yang cukup signifikan. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat klaim kesehatan industri asuransi jiwa mencapai sebanyak Rp 11,83 triliun. Angka tersebut naik 26% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 9,39 triliun pada Januari-Juni 2024. Perusahaan asuransi jiwa, PT Prudential Life Assurance sampai semester 1/2024 telah membayarkan total klaim dan manfaat asuransi konvensional sebesar Rp8,6 triliun. Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan pembayaran tersebut naik jika dibanding periode yang sama tahun lalu.
Klaim Kesehatan Bakal Terus Naik
Kontan, hal 10, 10/09/2024
Klaim asuransi kesehatan yang naik pesat menjadi beban bagi perusahaan asuransi jiwa. Di semester I tahun ini, klaim asuransi kesehatan secara industri naik 26% secara tahunan jadi Rp 11,83 triliun. Kondisi ini juga terjadi di masing-masing perusahaan asuransi jiwa. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu mengakui penyebab utama peningkatan klaim asuransi kesehatan ini adalah semakin tingginya biaya kesehatan, yang dipengaruhi oleh inflasi medis. Inflasi biaya medis yang meningkat mempengaruhi biaya obat-obatan, perawatan, hingga layanan rumah sakit. Akibatnya, beban finansial yang ditanggung oleh perusahaan asuransi semakin besar dan menyebabkan klaim asuransi meningkat.
Kampanye Rethink Healthy AIA Ubah Pola Pikir & Perilaku Masyarakat agar Lebih Sehat
jpnn.com, 09/09/2024
Regional Wellness Report dari PT AIA Financial (AIA) mengungkapkan banyak konsumen di Asia merasa kesehatan sulit dicapai dan tidak dapat dijangkau. Disebutkan 80% merasa tidak sehat dan 57% gagal membuat perubahan untuk memperbaiki kesehatan. Melalui Rethink Healthy, AIA ingin mendorong definisi baru tentang kesehatan yang lebih inklusif dan relevan bagi semua orang. Dr. Sophia Hage, SPKO, health & wellness expert, mengungkapkan untuk mencapai kondisi kesehatan yang baik tidak dapat fokus pada satu aspek saja, seperti kesehatan fisik.
Business Judgement Rule Jadi Pilar Penting dalam Tata Kelola Perusahaan Indonesia Re
jpnn.com, 09/09/2024
PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re mengadakan pelatihan khusus yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang "Business Judgement Rule (BJR)" bagi para anggota Direksi (Board of Directors/BoD) dan Komisaris (Board of Commissioners/BoC) di lingkungan Indonesia Re Group. Pelatihan yang diadakan pada 27 Agustus 2024 ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Indonesia Re dalam memperkuat tata kelola perusahaan dan memastikan bahwa seluruh organ perseroan memiliki pemahaman yang selaras dalam menjalankan tugas mereka. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta, terdiri dari BoC dan BoD Indonesia Re, Reasuransi Syariah Indonesia, dan ASEI.
Peluncuran Allianz Blue Eagle Network: Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Nasabah di Hari Pelanggan Nasional 2024
jawapos.com, 09/09/2024
menyambut perayaan Hari Pelanggan Nasional 2024, PT Asuransi Allianz life Indonesia (Allianz Life) meluncurkan layanan terbaru, Allianz Blue Eagle Network. Sebuah jaringan rumah sakit tepercaya kerja sama antara Allianz Life dan mitra rumah sakit untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah ketika mendapatkan perawatan di rumah sakit. Pada peluncuran Allianz Blue Eagle Network ini, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Alexander Grenz menyampaikan bahwa, Allianz memahami kebutuhan nasabah akan ketenangan dan kepastian saat harus ke rumah sakit. Bekerja sama dengan jaringan mitra rumah sakit tepercaya, Allianz Blue Eagle Network akan menjadi solusi layanan dan memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah saat harus menjalani perawatan kesehatan.
Moxa Catatkan Lebih Dari 4.300 Pengguna Baru Selama GIIAS 2024
jambione.com, 09/09/2024
Moxa berkolaborasi dengan unit bisnis Astra Financial, yaitu FIFGROUP dan Astra Life untuk memberikan penawaran terbaik, khusus pengunjung GIIAS 2024. Moxa menawarkan beragam promo menarik, seperti cashback hingga Rp 2,067 juta untuk pembiayaan motor Honda baru di FIFGROUP beserta hadiah langsung asuransi jiwa senilai Rp 10 juta dari Astra Life.
Pembayaran Rp4,5 M Klaim Nasabah Pengidap Kanker di Tengah Tingginya Inflasi Kesehatan
inews.id, 09/09/2024
Terkait dengan pembayaran klaim, sepanjang Januari Agustus 2024, Generali Indonesia telah membayarkan klaim senilai Rp866,5 Miliar untuk lebih dari 189.000 kasus klaim yang terdiri dari klaim meninggal dunia, klaim kesehatan dan klaim penyakit kritis.
Kontribusi Tak Sampai 10%, AXA Financial Lepas UUS ke Perusahaan Lain
cnbcindonesia.com, 09/09/2024
PT AXA Financial (AFI) memilih untuk melepas Unit Usaha Syariahnya (UUS) ke perusahaan lain. Hal ini terjadi mengingat kontribusi lini bisnis syariah perusahaan asuransi ini berkontribusi tidak sampai 10%. Direktur AXA Financial Indonesia Arta Magdalena mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima persetujuan spin off dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Decision dari AXA Finansial Indonesia sebenarnya tidak mendirikan perusahaan asuransi baru, tetapi kita akan mentransfer portfolio syariah kita ke perusahaan yang sudah berlisensi syariah," jelas Arta saat peluncuran AXA Health Protector di Jakarta, Senin, (9/9/2024).
BNI UI Half Marathon 2024 Diikuti 10.000 Pelari
antaranews.com, 09/09/2024
Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Okki Rushartomo menyatakan BNI UI Half Marathon (HM) 2024 diikuti oleh 10.000 pelari. Peserta BNI UI Half Marathon bisa mendapatkan free asuransi kecelakaan diri Digimicro Protection serta mengikuti program free Mini Health Check di booth BNI Life. Bagi pemenang pelari semua kategori berupa polis asuransi dari BNI Life dan saham BNI dari BNI Securitas. Adapun bagi nasabah yang membeli produk asuransi langsung di booth BNI Life bisa memperoleh hadiah voucher MCU dan merchandise.
AFI luncurkan AXA Health Protector sebagai solusi asuransi kesehatan
antaranews.com, 09/09/2024
AXA Financial Indonesia (AFI) meluncurkan AXA Health Protector sebagai solusi terbaru asuransi kesehatan kepada masyarakat di tanah air. “Kami yakin bahwa produk ini akan membawa gelombang kepercayaan dan keyakinan baru bagi nasabah kami, dan akan membuat asuransi kesehatan lebih inklusif di Indonesia," ujar Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav di Jakarta, Senin.
Prudential Indonesia Berikan Penawaran Khusus Layanan Tambahan untuk Nasabah
sumut.suara.com, 09/09/2024
PT Prudential Life Assurance ( Prudential Indonesia ) mengadakan serangkaian kegiatan untuk nasabah yang mengunjungi layanan walk-in customer di Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Prudential Indonesia untuk selalu mendengarkan kebutuhan nasabah, dengan tujuan menjadi mitra terpercaya dalam memberikan perlindungan finansial di setiap tahap kehidupan. Nasabah dapat menikmati pemeriksaan kesehatan gratis dari rumah sakit mitra Prudential, dan berpartisipasi dalam permainan dengan hadiah menarik di booth Pulse by Prudential. Selain itu, beberapa perwakilan manajemen turut hadir untuk menyapa nasabah dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada perusahaan.
Lewat Program Color You Up, Sun Life Beri Pelatihan Kerja di Semarang
jateng.tribunnews.com, 09/09/2024
Sun Life Indonesia memilih kota Semarang sebagai kota terakhir yang mendapatkan rangkaian program 'Color You Up'. Chief Distribution Officer & Sharia Director Sun Life Indonesia Danning Wikanti menjelaskan, acara yang berlangsung sejak Agustus kemarin, menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung generasi muda untuk mengembangkan potensi diri dan membangun karier mereka, khususnya di industri asuransi. Disebutkan, saat ini pengangguran masih menjadi tantangan di berbagai daerah, termasuk di kota Semarang.
Minat Masyarakat Terhadap Asuransi Meningkat, Manulife Tingkatkan Layanan dengan Relokasi Kantor
jabar.tribunnews.com, 09/09/2024
Minat masyarakat terhadap asuransi meningkat. Sepanjang 2023, Manulife Indonesia telah membayarkan total klaim di Bandung lebih dari Rp29 miliar. Hal itu diungkapkan Ryan Charland, Presiden Direktur Manulife Indonesia, saat peresmian relokasi kantor cabang Bandung di Jalan Pasir Kaliki No.81, Kota Bandung, Senin (9/9/2024). Saat ini, pihaknya berupaya meningkatkan layanan dengan merolokasi kantornya ke Jalan Pasir Kaliki No.81, Kota Bandung.
Prudential Catat Premi Rp10,07 Triliun dan Klaim Rp8,6 Triliun per Juni 2024
finansial.bisnis.com, 09/09/2024
Perusahaan asuransi jiwa PT Prudential Life Assurance sampai semester I/2024 telah membayarkan total klaim dan manfaat asuransi konvensional sebesar Rp 8,6 triliun. Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan pembayaran tersebut naik jika dibanding periode yang sama tahun lalu. Kemudian dari sisi premi, Prudential Indonesia mencatat total pendapatan premi sebesar Rp 10,07 triliun, atau tumbuh 2% year-on-year (yoy) dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
Allianz Indonesia Diganjar Penghargaan di Bidang CSR dan Keberlajutan
asianpost.id, 09/09/2024
Allianz Indonesia di bawah Allianz Group, terus mempertahankan kinerja dan tanggung jawab perusahaan untuk selalu berdampak secara sosial dan lingkungan.Allianz Group sendiri dikenal sebagai pemimpin aspek berkelanjutan berdasarkan penilaian 2023 Standard & Poor Global Corporate Sustainability Assessment dan rangking Dow Jones Sustainability Index 2023. Melalui peran dan komitmen yang kuat dalam aspek keberlanjutan dan juga CSR, Allianz Indonesia telah mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat.Komitmen ini telah dibuktikan dengan diterimanya berbagai penghargaan oleh Allianz Indonesia untuk program CSR dan inisiatif keberlanjutan di tahun ini. Seperti penghargaan CSR Program of The Year yang diterima melalui perlombaan Sustainable Marketing Excellence 2024 dari Marketeers. Kemudian, The Best Execution Winner in Insurance Category & Outstanding Achievement in Sustainability & Governance pada acara tahunan SPEx2 Award "Sustainability" dari ONE GML & Kontan.
Appreciation Week 2024
jawapos.com, 10/09/2024
Memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) BRI Life mengadakan serangkaian kegiatan bertajuk "BRILian Appreciation Week 2024" untuk mengapresiasi nasabah dan menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik. Rangkaian kegiatan Harpelnas 2024 meliputi "Sweet gratitude" yakni memberikan paket gift sebagai apresiasi kepada nasabah yang melakukan walk in atau kunjungan di kantor layanan BRI Life seluruh Indonesia di Hari Pelanggan.
Gencar Edukasi Literasi, BRI Life Yakin Brand Image Penting Bagi Industri Asuransi
idxchannel.com, 10/09/2024
Dalam industri jasa keuangan, kekuatan sebuah brand diyakini memiliki peran sangat penting dalam membangun image yang kuat dan positif di masyarakat. Seperti halnya industri perbankan yang kinerja bisnisnya sering kali disebut berlandaskan kepercayaan (based on trust), hal yang sama juga berlaku dalam industri asuransi. BRI Life didapuk sebagai menerima penghargaan 7 brand terpopuler untuk 60 kategori sektor pilihan masyarakat Indonesia. Penghargaan diberikan oleh perusahaan riset dan pengolahan data Indonesia, Invofesta, dan bekerja sama dengan salah satu media massa nasional. Penilaian dilakukan berdasarkan survei dengan menggunakan metode multistage area random sampling dengan parameter top of mind awareness yang dilakukan di 20 kota besar di Indonesia, dengan melibatkan 19 ribu responden usia produktif.
FWD Insurance Gandeng Bank OCBC Perluas Layanan Komprehensif
cnnindonesia.com, 10/09/2024
PT FWD Insurance Indonesia memperkuat kemitraan dengan PT Bank OCBC NISP Tbk melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pemasaran produk asuransi dengan kanal penjualan bancassurance bagi nasabah OCBC. Desy N. Widjaya selaku Direktur Utama FWD Insurance mengatakan kerja sama itu merupakan komitmen perusahaan itu untuk menghadirkan solusi proteksi komprehensif. "Ini sesuai dengan kebutuhan perlindungan para nasabah OCBC dan menghadirkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan sejalan dengan visi kami dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi," kata Desy dalam keterangannya, Senin (9/9).
Unitlink Saham BNI Life Catatkan Kinerja Positif Per Agustus 2024
keuangan.kontan.co.id, 10/09/2024
Data Infovesta secara year to date (YtD) per Agustus 2024 mencatatkan unitlink berbasis saham memberikan rata-rata imbal hasil (return) tertinggi dibanding jenis lain, yaitu sebesar 2,43%. Adapun produk unitlink saham milik PT BNI Life Insurance atau BNI Life juga menjadi salah satu yang mencatatkan return tinggi per Agustus 2024, yakni BLife Link Saham Aktif, sebesar 15,05%. Menanggapi hasil itu, Plt Direktur Utama BNI Life Neny Asriany mengatakan pemilihan sektor saham yang tepat membuat kinerja BLife Link Saham Aktif dapat mencatatkan return yang tinggi.
OJK Dorong Jiwasraya Segera Selesaikan Kewajiban Kepada Pemegang Polis
keuangan.kontan.co.id, 10/09/2024
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong PT Asuransi Jiwasraya (Persero) (Jiwasraya) untuk menyelesaikan penanganan penyelamatan pemegang polis secara komprehensif. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengatakan hingga saat ini, mayoritas pemegang polis atau 99,7% menyetujui skema restrukturisasi polis dan telah dialihkan polisnya kepada PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life). Guna mengatasi ketidakmampuan Jiwasraya memenuhi kewajiban kepada pemegang polis, OJK telah meminta manajemen Jiwasraya sejak 2020 untuk menyusun Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) yang telah mendapatkan persetujuan pemegang saham dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait.
Berita Foto - GENERALI INDONESIA BAYARKAN RP4,5 MILIAR KLAIM NASABAH PENGIDAP KANKER
Ekonomi Neraca, hal 5, 10/09/2024
Berita Foto - PELUNCURAN AXA HEALTH PROTECTOR
Bisnis Indonesia, hal 15, 10/09/2024
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.450,96 |
IHSG |
7.731,01 |
BI Rate |
6.25 % |
Sumber Media:
Ekonomi Neraca, Jawa Pos, Fajar, Tribun Medan, Suara Merdeka, Radar Tuban, Bisnis Indonesia, Kontan, jpnn.com, jawapos.com, jambione.com, inews.id, cnbcindonesia.com, antaranews.com, sumut.suara.com, jateng.tribunnews.com, jabar.tribunnews.com, finansial.bisnis.com, asianpost.id, idxchannel.com, cnnindonesia.com, keuangan.kontan.co.id
DOWNLOAD PDF