AAJI Daily News - 14 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
TENTANG AAJI
Berita Foto - PREMI UNIT LINKED TURUN PADA 2023
Bisnis Indonesia, hal 15, 14/03/2024
INDUSTRI & ASURANSI
Nasabah Bumiputra di Kota Malang Keluhkan Klaim Asuransi Jiwa
jelajahperkara.com, 13/03/2024
Sundari, warga Tanjung di Jalan Ir. Rais, Tanjung, RT 01 RW 04, Kota Malang, mengeluhkan proses pengajuan klaim asuransi jiwa pada perusahaan Bumiputera. Menurut Sundari, ia menabung di Bumiputera untuk beasiswa sekolah anaknya. Namun setelah pihaknya melakukan pengajuan klaim hingga saat ini belum dikembalikan.
BCA Life Beberkan Tahapan Implementasi PSAK 117 Sejak Tahun 2022
investortrust.id, 13/03/2024
Pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 117 atau IFRS 17 terkait kontrak asuransi, secara resmi akan berlaku pada 1 Januari 2025 mendatang. Beberapa perusahaan asuransi tengah mempersiapkan implementasi tersebut, salah satunya BCA Life. Pada 2022, ada sejumlah fase yang dilewati BCA Life misalnya melakukan asesmen awal, yang dibantu konsultan internal. Kemudian dilanjut dengan gap assessment, lalu secara paralel melakukan technical position paper (TPP).
Dai-ichi Life, Mitra Grup Panin (PNLF) dari Jepang Akuisisi Platform Benefit One
kontan.co.id, 13/03/2024
Perusahaan asuransi jiwa Dai-ichi Life Holdings, Inc. telah mengakuisisi platform layanan kesehatan Benefit One Inc. Dai-ichi Life Holdings mengumumkan langkah akuisisi tersebut pada 12 Maret 2024. Perusahaan asuransi tersebut mengaku, harga pembelian akan mencapai JPY 292 miliar. Dengan akuisisi tersebut, Dai-ichi LIfe yakin, rasio solvabilitas perusahaan akan turun 8% dari posisi akhir tahun 2023 yang mencapai 222%.
Kondisi Kesehatan Perusahan Dongkrak Kinerja Industri Asuransi
kontan.co.id, 13/03/2024
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat aset industri asuransi meningkat sebesar 3,8% secara tahunan, dari Rp 869,45 triliun di Januari 2023 menjadi Rp 903,07 triliun pada Januari 2024. Pertumbuhan pada industri asuransi salah satunya didongkrak dengan kondisi kesehatan perusahaan asuransi saat ini.
MSIG Life Perkirakan Pertumbuhan Unitlink Tak Lagi Mendominasi di Tahun Ini
kontan.co.id, 13/03/2024
PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) memperkirakan pertumbuhan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (Paydi) alias unitlink tak lagi mendominasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Mengenai hal itu, Head of Customer and Marketing MSIG Life Lukman Auliadi mengatakan unitlink memiliki proses dan syarat pembelian yang lebih kompleks dibanding produk tradisional. Dengan demikian, membuat unitlink menjadi lebih terbatas dan tersegmentasi.
Premi Unit Link Diproyeksi Mulai Bertumbuh 5%
investor.id, 13/03/2024
Pendapatan premi unit link atau produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) diproyeksi tumbuh 5% pada tahun 2024. Namun demikian, pertumbuhan tersebut belum mampu mengangkat porsi unit link ke level yang lebih besar terhadap total pendapatan premi asuransi jiwa. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun (KE PPDP) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono menerangkan, sepanjang tahun 2023, premi atas produk PAYDI mengalami penurunan. Sementara itu premi atas produk tradisional pada periode yang sama mengalami pertumbuhan sebesar 9,5% year on year (yoy).
Fitch Afirmasi Peringkat Allianz Life AAA dengan Outlook Stabil
mediaasuransinews.co.id, 13/03/2024
Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) di ‘AAA(idn)’. Outlook adalah Stabil. “Peringkat Nasional ‘AAA’ menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama,” tulis Fitch dalam keterangan resmi yang dikutip, Rabu, 13 Maret 2024. Peringkat Allianz Life memperhitungkan pandangan Fitch bahwa perusahaan merupakan anak perusahaan yang ‘Important’ yang dimiliki oleh Allianz SE (IFS ‘AA’/Stabil). Perusahaan menggunakan branding Allianz, adaptasi prosedur dan proses dari grup, serta berbagi keahlian teknis dan sumber daya dengan grup.
Mahima Tankha Marwah Jadi Bos Pemasaran dan Pengalaman Pelanggan Sun Life di Asia
mediaasuransinews.co.id, 14/03/2024
Sun Life telah menunjuk Mahima Tankha Marwah sebagai kepala pengalaman pelanggan dan pemasaran di Asia, yang mulai berlaku efektif pada 15 Maret. Marwah akan melaporkan kepada David Broom, kepala klien dan distribusi untuk wilayah tersebut. Tugas utamanya adalah memimpin upaya perusahaan dalam meningkatkan kesadaran merek, memperdalam hubungan dengan klien, dan mengembangkan produk untuk lebih memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh Asia.
Berita Foto - Kinerja Asuransi
Kontan, hal 10, 14/03/2024
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.583,00 |
IHSG |
7.443,83 |
BI Rate |
6.00 % |
Sumber Media:
Bisnis Indonesia, Kontan, jelajahperkara.com, investortrust.id, kontan.co.id, investor.id, mediaasuransinews.co.id
DOWNLOAD PDF