AAJI Daily News - 20 Desember 2024
Jumat, 20 Desember 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
TENTANG AAJI
AAJI Optimistis Industri Asuransi Jiwa Masih Bisa Terus Bertumbuh (kontan.co.id, 20/12/2024)
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) optimistis industri asuransi jiwa masih bisa terus bertumbuh sampai akhir 2024. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan optimisme itu berkaca dari kinerja industri asuransi jiwa sejauh ini. Adapun data AAJI menunjukkan industri asuransi jiwa berhasil membukukan pendapatan premi per kuartal III-2024 sebesar Rp 132,27 triliun. Nilai itu meningkat tipis sebesar 0,2%, jika dibandingkan periode sama tahun lalu.
INDUSTRI & ASURANSI
Lancarkan dunia pendidikan dengan pinjaman BRIguna pendidikan, plafon hingga Rp 500 juta dan tenor 6 tahun. Pendidikan merupakan salah satu elemen penting yang menjadi pondasi bagi perkembangan anak, baik secara karakter, sosial, minat, maupun bakatnya. Sebagai orang tua, tentu kita ingin memberikan pendidikan terbaik agar anak dapat meraih cita-citanya dan menghadapi masa depan dengan percaya diri. Namun, di balik keinginan mulia ini, ada satu tantangan besar yang harus dihadapi, yaitu tingginya biaya pendidikan.
PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) bersama PT Bank QNB Indonesia Tbk (Bank QNB Indonesia) menghadirkan Allianz Life Secure PINTAR sebagai inovasi perlindungan finansial baru untuk persiapan dana pendidikan anak yang dilengkapi dengan proteksi asuransi jiwa. Prioritas yang diutamakan setiap keluarga adalah mempersiapkan yang terbaik sebagai bekal bagi anaknya di masa depan. Untuk memastikan persiapan yang terarah dan matang, pendidikan merupakan faktor penting untuk memastikan terjaganya kualitas hidup seseorang meski disertai tantangan seperti tren biaya pendidikan yang meningkat setiap tahun.
PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghadirkan produk Safety Guard Critical Cover (STAR). Produk ini merupakan asuransi penyakit krisis tradisional yang memberikan perlindungan terhadap 135 kondisi penyakit kritis dan perlindungan jiwa. Adapun Uang Pertanggungan yang ditawarkan mulai dari Rp500 juta hingga Rp2 miliar. STAR merupakan bentuk komitmen BCA 2Life dan BCA untuk memberikan solusi proteksi bagi masyarakat Indonesia. Produk ini menawarkan perlindungan finansial dari risiko penyakit kritis dan jiwa kepada diri, pasangan, dan keluarga. Kehadiran STAR ini juga merespons tren peningkatan jumlah pasien penyakit kritis seperti kanker, stroke, serangan jantung, diabetes, dan gagal ginjal di Indonesia.
Berita terkait:
Strategi Industri Asuransi Tingkatkan Literasi di Daerah (Realitas, 19/12/2024)
Realitas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong literasi asuransi yang masih di bawah level Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Literasi asuransi berada di level 31,7% dan inklusi di level 16,656. Pencapaian ini masih jauh di bawah perbankan, di mana literasi mencapai 49,9% dan inklusi di level 74,096. Sejalan dengan arahan OJK untuk perusahaan asuransi agar bergerak secara massive melakukan kegiatan literasi edukasi asuransi.
Astra Life Bayar Penuh Klaim Nasabah Senilai Rp 5 Miliar (koranindopos.com, 19/12/2024)
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) memenuhi kewajiban perusahaan kepada tertanggung melalui pembayaran klaim senilai Rp5 miliar untuk keluarga Alm. Ibu Fitri Fardia yang merupakan nasabah individu di jalur bancassurance. Nico Tahir selaku Presiden Direktur Astra Life mengungkapkan, “Sebagai perusahaan asuransi jiwa, kami memegang teguh janji dan komitmen untuk memberikan manfaat asuransi kepada nasabah. Kami memberikan manfaat asuransi untuk ahli waris tertanggung atas nama Alm. Ibu Fitri Fardia dengan total nilai klaim sebesar Rp5 miliar.
Berita terkait:
- Astra Life Bayar Penuh Klaim Nasabah Senilai Rp 5 Miliar (binomedia.id, 19/12/2024)
- Astra Life Bayar Penuh Klaim Nasabah Senilai Rp 5 Miliar (mediakawasan.co.id, 19/12/2024)
Berikan bukti komitmen nyata kepada nasabah, Panin Dai-ichi Life kembali cairkan klaim tutup usia kepada perwakilan ahli waris salah satu nasabahnya dengan total nilai Rp 1,9 Miliar. Klaim ini merupakan salah satu manfaat dari produk Premier Multilinked Assurance dan Multilinked Assurance Syariah yang dipasarkan melalui jalur keagenan. Serah terima klaim dilakukan secara simbolis yang dihadiri oleh Manajemen Panin Dai-ichi Life serta perwakilan ahli waris nasabah di Kantor Sales Office Panin Dai-ichi Life Medan. Ibu Rosni Tanutama selaku Business Development Director Panin Dai-ichi Life, secara simbolis menyerahkan klaim kepada perwakilan ahli waris nasabah. Prosesi acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah.
PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menghadirkan produk asuransi perjalanan yang praktis dan terjangkau menjelang liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2024/2025. Kehadiran produk ini bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan selama melakukan perjalanan ke berbagai destinasi. Corporate Secretary IFG Life, Gatot Haryadi, menyampaikan bahwa momen liburan akhir tahun menjadi perhatian khusus bagi perusahaan, mengingat banyaknya masyarakat yang bepergian selama periode tersebut. “Tentu kita menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman untuk semuanya. Namun, peningkatan volume perjalanan juga berimbas pada naiknya risiko selama perjalanan. Ini yang menjadi perhatian kami di IFG Life. Kami ingin hadir dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para traveller melalui produk asuransi,” jelasnya.
Asosiasi Asuransi Jiwa (AAJI) menyebut bahwa Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) tak mengakui Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 117 yang akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2025, sehingga perusahaan asuransi harus membuat dua laporan terpisah. Perlakuan pajak pun merujuk pada metode lama, sehingga berpotensi tidak sejalan dengan metode PSAK 117, dimana ekuitas hingga laba asuransi yang berpotensi lebih rendah.
Berita terkait:
- Asuransi Harus Siapkan Dua Risalah Kinerja (Kontan, 20/12/2024)
- Pertalife Insurance Siap Implementasi PSAK 117, Tingkatkan Transparansi Asuransi (infobanknews.com, 19/12/2024)
MSIG, salah satu perusahaan asuransi umum terkemuka di Asia dan penyedia asuransi non-jiwa terbesar di ASEAN berdasarkan pendapatan premi/gross written premiums, menjadi salah satu sponsor top-tier untuk empat turnamen sepak bola untuk tim nasional dan klub utama, dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) — ASEAN Mitsubishi Electric Cup™ 2024, ASEAN Club Championship Shopee Cup™, ASEAN Women's Championship™, dan ASEAN U-23 Championship™ yang merupakan bagian dari brand ASEAN United FC. Kemitraan ini difasilitasi oleh agensi pemasaran olahraga global SPORTFIVE, mitra komersial eksklusif AFF. Sebagai bagian dari MS&AD Insurance Group Holdings Inc. dan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Mitsui Sumitomo Insurance Co. Ltd., MSIG menawarkan beragam produk dan solusi asuransi pribadi dan komersial. Berbasis di Tokyo, grup ini termasuk di antara kelompok asuransi non-jiwa terbesar di dunia berdasarkan pendapatan bruto. MSIG hadir di 48 negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk di sepuluh negara di ASEAN, yang merupakan wilayah pertumbuhan kunci.
Berita terkait:
- Dukung Sepak Bola di ASEAN, MSIG Menjadi Mitra Asuransi Resmi ASEAN UNITED FC Berita Lainnya Obsession Media Group (obsessionnews.com, 19/12/2024)
- MSIG Jadi Mitra Asuransi Resmi Turnamen Asean United FC (indopos.co.id, 19/12/2024)
- MSIG Menjadi Mitra Asuransi Resmi Turnamen ASEAN United FC, Mendukung Sepak Bola di ASEAN - Suara Karya (suarakarya.id, 19/12/2024)
- MSIG Resmi Jadi Mitra Asuransi Turnamen ASEAN United FC (djakarta.id, 19/12/2024)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan industri asuransi dan industri dana pensiun (dapen) akan tetap tumbuh seiring dengan optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2025. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, program Pemerintahan baru di bidang kesehatan (fasilitas & infrastruktur), pendidikan (bangunan sekolah) dan pembangunan perumahan rakyat akan menjadi peluang bagi industri asuransi untuk mendukung program-program tersebut.
Berita terkait:
- Begini Prospek Industri Asuransi dan Dana Pensiun di 2025 (wmhg.org, 19/12/2024)
- Industri Asuransi dan Dana Pensiun Masih Tetap Tumbuh, ini Faktor Pendukungnya (suaramerdeka.com, 19/12/2024)
- Outlook Industri Asuransi dan Dana Pensiun 2025: Peluang dan Sektor Unggulan (trenasia.com, 19/12/2024)
- Tantangan dan Peluang Industri Asuransi di Indonesia (kabarbursa.com, 19/12/2024)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, penawaran restrukturisasi manfaat polis atau pengalihan polis ke PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) terus-menerus dilakukan kepada para pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dalam perkembangannya, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengatakan pemegang polis yang telah menyetujui restrukturisasi sudah mencapai 99,9% dari total pemegang polis Jiwasraya.
Berita terkait:
- Bumiputera Bayarkan Klaim Rp 360, 12 Miliar (Investor Daily, 20/12/2024)
- Ini Perkembangan Terbaru Asuransi Bermasalah WanaArtha Life hingga AJBB (wmhg.org, 19/12/2024)
- Simak inilah Informasi TerbaruKasus 4 Perusahaan Asuransi Bermasalah: Wanaartha, Kresna, Bumiputera, Jiwasraya (wongkito.co, 19/12/2024)
- OJK Ungkap Perkembangan Restrukturisasi Jiwasraya (wmhg.org, 19/12/2024)
FWD Insurance Rekrut Bos Baru, Siap Goyang Industri Asuransi! (lintaswarta.co.id, 19/12/2024)
PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) baru saja mengumumkan dua direktur baru yang siap membawa angin segar bagi perusahaan. Slamet Riyoso ditunjuk sebagai Chief Technology & Operations Officer (CTO), sementara Ivan Librata Lili akan menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO). Pengumuman ini disampaikan Direktur Utama FWD Insurance, Desy N Widjaya, pada Rabu, 18 Desember 2024. Desy optimistis, pengalaman mumpuni keduanya akan menjadi kekuatan pendorong inovasi dan transformasi strategis FWD Insurance di pasar Indonesia yang kompetitif.
Berita terkait:
- FWD Insurance Tunjuk 2 Direksi Baru, Ini Profil Singkatnya (fin.co.id, 19/12/2024)
- FWD Insurance Tunjuk Dua Petinggi Baru, Perkuat Posisi di Industri (investor.id, 19/12/2024)
- OJK Optimis Asuransi Terus Berkembang dan Pimpinan Baru FWD (ekbis.co, 19/12/2024)
- OJK Optimis Asuransi Terus Berkembang dan Pimpinan Baru FWD (republika.co.id, 19/12/2024)
- FWD Insurance Tunjuk Slamet Riyoso Jadi Chief Technology & Operations Officer (olenka.id, 20/12/2024)
PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re telah mengungkapkan strategi investasi yang akan diterapkan pada tahun 2025. Kepala Divisi Finance & Investasi Indonesia Re, Jasnovaria, menjelaskan bahwa portofolio investasi perusahaan pada tahun depan tidak akan jauh berbeda dengan yang diterapkan sepanjang tahun ini. “Mungkin strategi umum yang akan kita terapkan yaitu masih mengandalkan likuiditas dan solvabilitas. Karena kedua itu tentunya berdampak ke aset-aset investasi,” ujar Jasnovaria dalam acara Media Partner Literation Day di Bogor pada Selasa (17/12).
PertaLife Ungkap Strategi Capai Modal Rp1 Triliun pada 2028 (bisnis.com, 19/12/2024)
Perusahaan asuransi jiwa PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) tengah mempersiapkan strategi untuk memenuhi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait peningkatan modal minimum industri asuransi jiwa. Menurut, Peraturan OJK (POJK) Nomor 23 Tahun 2023 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah, modal minimum yang harus dimiliki perusahaan asuransi sebesar Rp250 miliar pada 2026. Kemudian bertambah pada 2028, di mana modal minimum dibedakan menjadi dua, yakni untuk Kelompok Perusahaan Perasuransian Berdasarkan Ekuitas (KPPE) 1 dan KPPE 2.
Berita terkait:
- PertaLife Insurance Bersiap Hadapi Era Baru Industri Asuransi di 2025 (koran-jakarta.com, 20/12/2024)
- Ada 99,9% Pendapatan Premi PertaLife Insurance Berasal dari Produk Tradisional (kontan.co.id, 20/12/2024)
Keberhasilkan 'Allianz Life Changer' Cetak Entrepreneur Gen Z Sukses (cnnindonesia.com, 19/12/2024)
Allianz Indonesia melanjutkan memberi kesempatan khususnya bagi Gen Z untuk mengembangkan diri menjadi entrepreneur dalam industri asurasi melalui program Allianz Life Changer. Komitmen yang dimulai sejak 2018 itu kini mencatatkan tenaga pemasar Allianz yang berasal dari Gen Z sebanyak 16 ribu orang, atau 41 persen dari total jumlah tenaga pemasar per September 2024. Jika dihitung dengan tenaga pemasar milenial, maka jumlah agen generasi muda di Allianz mencapai 39 ribu. Agen Allianz Indonesia yang merupakan milenial dan Gen Z memberi kontribusi sebesar 68 persen dari total Annualized Net Premium (ANP) Allianz Life Indonesia pada periode Januari-Oktober 2024.
Berita terkait:
- Keberhasilkan 'Allianz Life Changer' Cetak Entrepreneur Gen Z Sukses (padangbulan.co.id, 19/12/2024)
Gaungkan Diversity, Equity dan Inclusion (Kedaulatan Rakyat, 19/12/2024)
Sebagai bagian dari salah satu grup asuransi terbesar dan terpercaya terkemuka di dunia, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia ("Generali Indonesia") terus mengedepankan aspek keberlanjutan (sustainability) yang menjadi pencetus dari strategi besar Generali. Beroperasi di 50 negara di dunia, Generali Group terdiri dari berbagai ragam budaya, suku, karakteristik dan latar belakang. Untuk itu DEI atau Diversity, Equity dan Inclusion menjadi salah satu fokus yang terus digaungkan.
Dalam rangka memperingati Hari Ibu pada Desember ini dan sebagai wujud komitmen keberlanjutan dalam pemberdayaan perempuan di Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkolaborasi bersama Supermom, sebuah platform data berbasis AI dengan komunitas digital terbesar di Asia untuk ibu dan perempuan, menghadirkan Kelas Financial Literacy through Project1MPACT. Kegiatan ini terdiri dari 4 sesi kelas mulai dari akhir November 2024 hingga awal 2025 yang diadakan secara tatap muka maupun online dan ditargetkan 5.000 peserta ibu-ibu dari berbagai wilayah di Indonesia yang akan hadir. Kegiatan ini menekankan pentingnya peran ibu dalam melengkapi diri dengan ilmu dan keahlian perencanaan keuangan untuk masa depan keluarga yang lebih baik. Melalui program ini, peserta juga diberikan pelatihan tentang bagaimana memperoleh penghasilan tambahan bagi kesejahteraan keluarga memanfaatkan platform digital.
Berita terkait:
- Peran Krusial Ibu dalam Menjamin Masa Depan Finansial Keluarga (suara.com, 19/12/2024)
- Prudential Indonesia edukasi keterampilan digital bagi 5.000 kaum ibu (antaranews.com, 19/12/2024)
- Prudential Indonesia edukasi keterampilan digital bagi 5.000 kaum ibu (tunjuk.id, 19/12/2024)
- Prudential Indonesia edukasi keterampilan digital bagi 5.000 kaum ibu (slamet.web.id, 19/12/2024)
- Prudential Pastikan Kasus Klaim Nasabah di Medan Sudah Selesai (tirto.id, 19/12/2024)
- Sambut Hari Ibu, Prudential Edukasi 5.000 Perempuan Tingkatkan Literasi Keuangan (liputan6.com, 19/12/2024)
- Tingkatkan Literasi Keuangan, Prudential Jangkau Lebih 240.000 Peserta (sindonews.com, 19/12/2024)
- Upaya Prudential Mendorong Perempuan Semakin Cerdas Mengelola Keuangan (kontan.co.id, 19/12/2024)
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
16.302,95 |
IHSG |
6.995,16 |
BI Rate |
6.00 % |
Sumber Media:
Realitas, Kontan, Investor Daily, Kedaulatan Rakyat, kontan.co.id, rbtv.disway.id, id.investing.com, trenasia.com, digitalbank.id, koranindopos.com, binomedia.id, mediakawasan.co.id, potretbisnis.com, infobanknews.com, industry.co.id, obsessionnews.com, indopos.co.id, suarakarya.id, djakarta.id, wmhg.org, suaramerdeka.com, kabarbursa.com, wongkito.co, lintaswarta.co.id, fin.co.id, investor.id, ekbis.co, republika.co.id, olenka.id, jagatbisnis.com, bisnis.com, koran-jakarta.com, cnnindonesia.com, padangbulan.co.id, mediaindonesia.com, suara.com, antaranews.com, tunjuk.id, slamet.web.id, tirto.id, liputan6.com, sindonews.com
