AAJI Daily News - 13 Februari 2024
Selasa, 13 Februari 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
INDUSTRI & ASURANSI
Human Touch Tetap Penting
Marketing, hal 36&37, 13/02/2024
Teknologi memberikan berbagai manfaat positif, namun unsur human touch masih dibutuhkan dalam pelayanan di industri asuransi. Banyak perusahaan telah menginvestasikan uang dalam jumlah besar untuk menerapkan teknologi mutakhir, seperti chatbot, artificial intelligence (Al) dan machine learning, robotic process automation (RPA), virtual reality (VR), serta augmented reality (AR). Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan mereka. Hal ini menimbulkan pertanyaan, akankah teknologi menggantikan peran manusia? Menanggapinya, Benny Indra, Direktur Utama PT Bhinneka Life Indonesia, berpendapat bahwasanya teknologi akan banyak membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efisien, tetapi keberadaannya bukan untuk menggantikan peran manusia.
Penuh Empati dan Profesional
Marketing, hal 40&41, 13/02/2024
Transformasi digital di bisnis asuransi telah mengubah harapan dan permintaan pelanggan. Kini pelanggan lebih banyak menuntut perusahaan asuransi terkait kecepatan pelayanan, interaksi yang dipersonalisasi, responsif terhadap pertanyaan atau masalah, hingga pengalaman yang menyenangkan di semua saluran pelanggan. Menyikapinya, perusahaan asuransi sekarang kian agresif mengembangkan layanan digital demi mendorong kinerja dan layanan pelanggan. Hal ini pun dilakukan oleh Chubb Life Indonesia, perusahaan asuransi jiwa yang terus memperkuat layanan digital untuk mendapatkan perhatian dan loyalitas nasabahnya.
Sentuhan Manusia Dan Teknologi Dalam Pelayanan
Marketing, hal 28&29&30&31, 13/02/2024
Salah satu isu yang muncul dari dampak pesatnya perkembangan teknologi yakni digantikannya tenaga manusia oleh teknologi. Kita sering membaca kajian potensi hilangnya sebagian pekerjaan manusia karena akan diambil oleh teknologi, salah satu contohnya pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan. Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) diprediksi berpotensi menggeser fungsi beberapa jenis pekerjaan. Namun di tengah kekhawatiran akan hilangnya sebagian pekerjaan yang ditangani manusia, banyak yang meyakini teknologi tidak akan sepenuhnya menggantikan peran manusia. Pasalnya manusia memiliki "kualitas" yang tidak dipunyai teknologi, yakni aspek emosionalitas dan kemampuan dalam mengambil tanggung jawab.
RPK AJB BUMIPUTERA SIAP DIREVISI
Bisnis Indonesia, hal 15, 13/02/2024
Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 akan merevisi rencana penyehatan keuangan (RPK) perusahaan sebagai respons atas evaluasi yang dilakukan regulator terhadap pelaksanaan RPK. Sekretaris Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Hery Darmawansyah mengatakan perubahan RPK akan mencakup rencana penerimaan premi income dan optimalisasi aset untuk memenuhi kewajiban kepada pemegang polis.
Unitlink Pasar Uang Mencetak Return Terbaik
Kontan, hal 10, 13/02/2024
Mayoritas asuransi yang dikaitkan dengan investasi alias unitlink mencetak kinerja positif di Januari 2024. Unitlink pasar uang menjadi unitlink berkinerja terbaik. Berdasarkan data Infovesta Utama, unitlink pasar uang mencetak imbal hasil rata-rata 0,29% di Januari 2024. Di urutan kedua ada unitlink campuran, dengan return 0,21%.
Sekarang & Nanti, Hidup Tetap Terlindungi
tirto.id, 12/02/2024
Hidup terus berjalan, termasuk ketika kita menua dan pensiun. Untuk menghadapi masa tua yang tidak membebani sanak keluarga, ada baiknya kita bersiap sedari sekarang. Salah satu persiapan yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan produk asuransi, misalkan asuransi jiwa PRULink NextGen yang punya banyak keunggulan.
AIA Vitality Womens 10K, Akan Hadir Kembali dengan Playground Baru di Solo
rm.id, 12/02/2024
Dalam merayakan Hari Perempuan Internasional, PT AIA FINANCIAL (AIA) melalui program health & wellness AIA Vitality untuk kelima kalinya pada tahun 2024 menggelar AIA Vitality Women’s 10K dengan mengangkat tema #RiseUpYourPlayground yang akan dilaksanakan di Solo Jawa Tengah pada 3 Maret 2024 mendatang dengan mengajak 1500 perempuan.
Perkuat Penetrasi di Jawa Timur, Sun Life Buka Kantor Pemasaran Mandiri di Surabaya
kontan.co.id, 12/02/2024
Sun Life Indonesia kembali meneguhkan komitmen dalam memperkuat dan meningkatkan penetrasi pasar asuransi di wilayah Jawa Timur, dengan menambah Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di kota Surabaya. Berlokasi di Jalan Sumatra No. 108 - Gubeng, kehadiran KPM ini menjadi langkah strategis bagi Sun Life Indonesia untuk mempertegas komitmennya dalam menghadirkan kemudahan akses dan layanan asuransi yang lebih luas lagi bagi para tenaga pemasar serta nasabah di kota tersebut.
Allianz Life Proyeksikan Klaim Asuransi Kesehatan Tetap Meningkat pada 2024
kontan.co.id, 12/02/2024
PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) memproyeksikan klaim asuransi kesehatan tetap akan meningkat pada tahun ini. Mengenai hal itu, Head of Claim Support and Data Analytics Allianz Life Indonesia Tubagus Argie Sunartadirdja mengatakan salah satu faktor karena adanya inflasi medis. "Dengan demikian, terjadi penyesuaian harga di rumah sakit pascapandemi Covid-19. Meskipun demikian, fokus kami adalah senantiasa mengusahakan layanan perlindungan yang optimal bagi nasabah sesuai dengan komitmen kami untuk melindungi lebih banyak orang," ungkapnya kepada Kontan, Senin (12/2).
Berita Foto - PENDAPATAN PREMI BRUTO MENINGKAT
Bisnis Indonesia, hal 15, 13/02/2024
Cover Majalah Marketing 2, Februari 2024
Marketing, hal 1, 13/02/2024
Contact Center Service Excellence Index 2024
Marketing, hal 49&50&51&52&53&54&55&56&57&58&59&60&61&62&63&64&65&66&67, 13/02/2024
Excellent Service Experience Index 2024 Based On Experience Audit
Marketing, hal 69&70&71&72&73&74&75&76&77&78&79&80, 13/02/2024
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.584,00 |
IHSG |
7.235,20 |
BI Rate |
6.00 % |
Sumber Media:
Marketing, Bisnis Indonesia, Kontan, tirto.id, rm.id, kontan.co.id
DOWNLOAD PDF