AAJI Daily News - 28 Agustus 2024
Rabu, 28 Agustus 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
TENTANG AAJI
TAA Wujud Dedikasi AAJI Memajukan Industri Asuransi Jiwa
Media Asuransi, hal 38, 27/08/2024
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) konsisten setiap tahun mengadakan event bergengsi bagi para tenaga pemasar dengan mengadakan pemilihan agen terbaik di industri asuransi jiwa. Kegiatan Top Agent Awards (TAA) tahun ini diselenggarakan di sebuah kota yang berbatasan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia. Bagi industri asuransi jiwa, tenaga pemasar tetap memegang peranan penting. TAA memberikan penghargaan kepada agen-agen terbaik yang telah bekerja keras dan mencapai target. Pengakuan ini tidak hanya memotivasi agen yang bersangkutan tetapi juga mendorong agen lain untuk meningkatkan kinerja mereka. Acara seperti TAA membantu meningkatkan profesionalisme dalam industri asuransi jiwa dengan memberikan contoh-contoh terbaik dari kinerja yang unggul.
‘Harmoni untuk Negeri’ TAA AAJI Hadir di Kota Batam
Media Asuransi, hal 36&37, 27/08/2024
Top Agent Awards Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (TAA AAJI) ke 37 sudah dipersiapkan diselenggarakan di kota Batam pada 7-9 Agustus 2024. Panitia TAA AAJI 2024 memilih menjadikan kota yang bersebelahan dengan negara Singapura dan Malaysia ini sebagai ajang pertemuan bagi para tenaga pemasar asuransi jiwa berprestasi yang datang dari berbagai perusahaan asuransi jiwa. Tema "Harmoni untuk Negeri" yang diangkat dalam TAA 37 mempunyai makna mendalam yang mencerminkan upaya dan kontribusi industri asuransi jiwa dalam membangun kesejahteraan dan stabilitas sosial di Indonesia. Dengan mengangkat tema "Harmoni untuk Negeri", TAA AAJI 2024 diharapkan dapat memperkuat peran industri asuransi jiwa dalam menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, stabil, dan harmonis.
INDUSTRI & ASURANSI
2.300 Eks Pekerja Tuntut Jiwasraya Bayar Pensiun
Waspada, hal A2, hal A2
Sebanyak 2.300 mantan pekerja PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) mengadu ke DPRRI untuk menuntut pembayaran uang pensiun Rp 371 miliar. Ketua Perkumpulan Pensiunan Jiwasraya Pusat, De Yong Adrian mengaku keberatan dengan rencana likuidasi Jiwasraya. Pasalnya, ada ancaman kewajiban Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) Jiwasraya tak bakal dibayar. Dengan belum dibayarkannya Rp 371 miliar ini, kami para pensiunan bersikap, kami tidak bisa menerima likuidasi sebelum kewajiban pemberi kerja kepada dana pensiun dibayarkan dulu, ujar De Yong dalam Audiensi dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Senin (26/7/8).
Ngadu ke DPR, 2.300 Eks Pekerja Tuntut Jiwasraya Bayar Pensiun Rp371 M
Ambon Express, hal 2, 27/08/2024
Sebanyak 2.300 mantan pekerja PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengadu ke DPR RI untuk menuntut pembayaran uang pensiun Rp 371 miliar.Ketua Perkumpulan Pensiunan Jiwasraya Pusat, De Yong Adrian mengaku keberatan dengan rencana likuidasi Jiwasraya. Pasalnya, ada ancaman kewajiban Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) Jiwasraya tak bakal dibayar. Dengan belum dibayarkannya Rp 371 miliar ini, kami para pensiunan bersikap, kami tidak bisa menerima likuidasi sebelum kewajiban pemberi kerja kepada dana pensiun dibayarkan dulu, jelas De Yong dalam Audiensi dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Senin (26/8). Total kewajiban Jiwasraya itu didapatkan dari perhitungan aktuaria senilai Rp 467 miliar, lalu dikurangi pergerakan kekayaan untuk pendanaan sebesar Rp 96 miliar. Sehingga muncul kewajiban Jiwasraya yang diklaim merupakan data terbaru per 31 Desember 2023.
Insurance Market Leaders Award 2024
Media Asuransi, hal 49&50&51, 27/08/2024
Media Asuransi menyelenggarakan acara Insurance Market Leaders Award 2024 guna memberikan penghargaan kepada 73 perusahaan perasuransian yang diselenggarakan di Jakarta, 30 Juli 2024. Penerima penghargaan terdiri dari 15 asuransi umum, 15 asuransi jiwa, 3 reasuransi, 15 pialang asuransi, 15 pialang reasuransi, 5 asuransi umum syariah, dan 5 asuransi jiwa syariah sebagai penguasa pasar asuransi di Indonesia. Acara yang dihadiri lebih dari seratus undangan dari puluhan perusahaan perasuransian.
Malam Penghargaan Insurance Market Leaders Award 2024
Media Asuransi, hal 46&47&48, 27/08/2024
Media Asuransi menyelenggarakan acara tahunan Insurance Market Leaders Award 2024. Acara bergengsi ini khusus bagi perusahaan asuransi konvensional maupun syariah, reasuransi serta pialang asuransi dan reasuransi. Kegiatan yang sudah berjalan untuk keenam kalinya ini diadakan di Jakarta, 30 Juli 2024. Pada tahun ini Media Asuransi memberikan apresiasi tertinggi kepada 73 perusahaan di industri perasuransian di Tanah Air. Ada 30 perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang berhasil meraih kinerja terbaiknya dalam pengumpulan premi di sepanjang 2023. Kemudian, ada tiga perusahaan reasuransi atas kinerja terbaik dalam pengumpulan premi 2023.Selanjutnya, ada 10 asuransi jiwa dan asuransi umum berbasis syariah (full fledged dan unit syariah) atas pencapaian terbaik dari sisi kontribusi 46 bruto, serta 30 perusahaan pialang asuransi dan reasuransi untuk kinerja terbaik dalam perolehan brokerage fee di 2022.
Great Eastern Life Indonesia Resmikan Program Medical Check Up Cashless dengan Klinik Utama Biotest
Media Asuransi, hal 44&45, 27/08/2024
Great Eastern Life Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan Klinik Utama Biotest. Merupakan salah satu laboratorium terlengkap di Indonesia dengan hasil yang tepat, cepat dan akurat. Kerja sama ini diresmikan langsung dengan penandatanganan plakat kerja sama oleh Ibu Nina Ong, Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia dan Ibu Lelarati Lukman, Pendiri dan Presiden Direktur Klinik Utama Biotest. Kerja sama ini dilatarbelakangi oleh kesamaan visi antara Great Eastern Life Indonesia dan Klinik Utama Biotest untuk mendukung program pemerintah dalam menggaungkan budaya hidup sehat sebagai tindakan preventif untuk mengendalikan biaya kesehatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Great Eastern Life Indonesia terus berkomitmen menjalankan program wellness bagi para peserta Asuransi Kesehatan Kumpulan yang bertujuan memberikan kesadaran pentingnya menjalankan gaya hidup sehat sebagai tindakan preventif terhadap potensi timbulnya penyakit dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Oleh karena itu, Great Eastern Life Indonesia menggandeng Klinik Utama Biotest sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kualitas hidup peserta asuransi melalui upaya-upaya preventif pemeriksaan kesehatan.
Indonesia Re International Conference 2024 ok
Media Asuransi, hal 42, 27/08/2024
Reasuransi Indonesia Utama (Persero) menggelar Indonesia Re International Conference (IIC) 2024 dengan tema “Accelerating Transformation in Insurance Industry: Driving Growth, Strengthening Resilience”, pada 24-25 Juli 2024 di The Westin, Jakarta. Konferensi ini menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri. Selain itu, Indonesia juga mengadakan perhelatan penghargaan The Reception Dinner Awards 2024. Malam itu, Indonesia Re memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan asuransi jiwa maupun asuransi umum dengan kontribusi terbaik.
Indonesia Re International Conference 2024: Transformasi dan Inovasi Menuju Keberlanjutan Industri Perasuransian Indonesia
Media Asuransi, hal 40&41, 27/08/2024
PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau dikenal dengan Indonesia Re, terus berkomitmen menjadi Center of Excellence and Knowledge di industri perasuransian nasional. Salah satu wujud nyatanya mengadakan kegiatan konferensi internasional bertajuk 'Indonesia Re International Conference (IIC) 2024', dengan tema "Accelerating Transformation in Insurance Industry: Driving Growth, Strengthening Resilience". Acara diadakan pada tanggal 24 - 25 Juli 2024 di The Westin, Jakarta. Ajang bergengsi Indonesia Re yang telah berjalan untuk ketiga kalinya ini turut menghadirkan tokoh pemerintahan. Para pembicara dari dalam maupun luar negeri, mulai dari kementerian, regulator, pemerintahan Indonesia, pakar industri asuransi, legislatif, akademisi hingga mitra bisnisnya dari Kadin dan Apindo.
Upaya Menyiapkan SDM Berkualitas dan Kompeten Lewat Kehadiran LSP Perasuransian
Media Asuransi, hal 10&11, 27/08/2024
Upaya Menyiapkan SDM Berkualitas dan Kompeten Lewat Kehadiran LSP Perasuransian Di tengah perkembangan teknologi digital yang kian massif, sumber daya manusia (SDM) yang unggul menjadi kian penting bagi industri perasuransian. SDM termasuk tenaga pemasar tetap sebagai aset utama bagi industri jasa keuangan ini. Namun, ketersediaan tenaga yang mumpuni dan berkualitas tinggi tersebut masih di bawah harapan. Hal ini pula yang menjadikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki concern dengan memasukkan pengembangan SDM dalam roadmap Perasuransian Indonesia 2023-2027.Hingga saat ini industri perasuransian terus berbenah dalam pengembangan SDM yang berkualitas dan kompeten. Asosiasi dan perusahaan di industri perasuransian sedang menyiapkan perangkat, baik dalam bentuk lembaga maupun personal ahli yang akan menjadi pilar pembangunan tenaga kerja berkualitas.
Kembangkan Potensi Generasi Muda, Sun Life Indonesia Gelar Pelatihan Color You Up
Harian Metropolitan, hal 4, 28/08/2024
Sun Life Indonesia menggelar program Color You Up sebagai komitmen membantu generasi muda menghadapi tantangan lapangan kerja, dengan mengembangkan diri dan mencapai financial freedom. Tidak hanya memberikan pembekalan dan pelatihan, Color You Up juga menjadi sarana untuk membangun karier, terutama di industri bancassurance Indonesia. Program Color You Up dengan semangat #PastiladiLebih menjadi bentuk nyata dedikasi perusahaan dalam menyediakan pelatihan memadai untuk generasi muda di Jakarta. Kami juga menyediakan kesempatan untuk mereka bisa bergabung sebagai Insurance Advisor di Sun Life Indonesia, kata Danning Wikanti selaku Chief Distribution Officer & Sharia Director Sun Life Indonesia, Selasa (27/8).
Mantan Karyawan Jiwasrava Lapor ke DPR
Kupang Pos, hal 3, 28/08/2024
Sebanyak 2.300 mantan karyawan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengadu ke DPR RI soal pembayaran uang pensiun senilai Rp 371 miliar. Ketua Perkumpulan Pensiunan Jiwasraya Pusat, De Yong Adrian berujar, rencana likuidasi Jiwasraya ditakutkan akan terjadi tidak dibayarnya kewajiban Dana Pensiun Pemberi Kerja Jiwasraya. De Yong mengatakan, belum dibayarkannya Rp 371 miliar ini, para pensiunan bersikap, tidak bisa menerima likuidasi. Sebelum kewajiban pemberi kerja kepada dana pensiun dibayarkan dulu, ujar De Yong saat Audiensi dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (26/8). De Yong meminta bantuan kepada DPR agar persoalan tersebut menjadi perhatian khusus karena menyangkut nasib hidup kelanjutan dari 7.000 orang. Karena dari 2.300 sekian orang itu kan pesertanya, mereka punya istri dan tanggungan, ucap De Yong. Saat ini, rata-rata yang diterima kurang lebih manfaat pensiun Rp 1,3 juta sebulan. Dia menyebut para pensiunan sudah mengabdi di Jiwasraya sekitar 30 tahun. Menurutnya, jika DPPK Jiwasraya dilikuidasi, para pensiunan berharap mereka bisa mendapatkan manfaatnya di setiap bulan.
Aset Wanaartha Life Dalam Blokir Pidana, Tim Likuidasi Lakukan Upaya Non Litigasi
keuangan.kontan.co.id, 27/08/2024
Tim Likuidasi PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Dalam Likuidasi) menyampaikan kabar terbaru soal aset Wanaartha Life yang bermasalah. Ketua Tim Likuidasi Wanaartha Life Harvardy Muhammad Iqbal menerangkan seluruh aset berupa tanah dan bangunan Wanaartha Life saat ini masih dalam blokir pidana. "Kami masih melakukan upaya hukum non litigasi dengan pihak penyidik untuk membuka blokir terhadap aset-aset yang seharusnya tidak berkaitan dengan dugaan tindak pidana pencucian uang sebagaimana dalam proses penyidikan di Bareskrim Polri,". Selain itu, Harvardy mengatakan aset reksadana dengan nilai sekitar Rp 300 miliar juga ada yang sudah dalam status dirampas negara dan ada yang dalam status sita eksekusi oleh pihak Kejaksaan (Kejaksaan Agung melalui Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat). Harvardy menjelaskan menurut pihak Kejaksaan, seluruh aset reksadana tersebut disita karena masuk di dalam satu Single Investor Identification (SID) Wanaartha yang telah dirampas negara sebesar Rp 2,7 triliun.
Ada Aturan Baru OJK, BNI Life Perkuat Sistem Anti-Fraud
finansial.bisnis.com, 27/08/2024
PT BNI Life Insurance (BNI Life) menyambut positif Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12 Tahun 2024 tentang Penerapan Strategi Anti Fraud Bagi Lembaga Jasa Keuangan, yang akan berlaku mulai 31 Oktober mendatang. BNI Life menilai bahwa peraturan ini memiliki dampak yang sangat baik dan positif, terutama sebagai langkah mitigasi untuk meminimalisir terjadinya fraud. Plt Direktur Utama BNI Life, Neny Asriany menyatakan bahwa penguatan sistem pengendalian internal berupa strategi anti-fraud sangat diperlukan. Neny menambahkan bahwa perusahaan telah menerapkan strategi anti-fraud sejak tahun 2017, dan penerapan ini mengacu pada ketentuan regulator yang mencakup empat pilar utama, yaitu pencegahan, deteksi, investigasi, pelaporan dan sanksi, serta evaluasi, monitoring, dan tindak lanjut. Sesuai dengan aturan baru, BNI Life akan terus melakukan upaya perbaikan dan penyesuaian pada kebijakan dan ketentuan internal perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap POJK tersebut.
Merdeka Finansial Bersama Hanwha Optimal Protection Excellence
analisadaily.com, 27/08/2024
Hanwha Life, perusahaan asuransi jiwa terbesar ke dua di Korea Selatan yang telah satu dekade beroperasi di Indonesia, pada kuartal III - 2024 meluncurkan Hanwha Optimal Protection Excellence. Hanwha Optimal Protection Excellence (HOPE) sengaja disusun untuk mewujudkan harapan untuk meraih kemerdekaan finansial, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk asuransi jiwa unit link dengan manfaat investasi optimal dan manfaat perlindungan maksimal hingga usia 99 tahun. Tujuh manfaat Hanwha Optimal Protection Excellence dapat mewujudkan harapan masyarakat Indonesia untuk memiliki perencanaan finansial yang baik. Apalagi, HOPE memiliki jangkauan yang luas dengan usia masuk pemegang polis mulai dari 18 tahun dan tertanggung mulai dari 30 hari sampai 70 tahun, serta premi dasar yang terjangkau mulai dari Rp 500 ribu dan premi top-up mulai Rp 100 ribu per bulan.
Iklan - INSURANCE DIRECTORY PT ASURANSI JIWA ASTRA
Media Asuransi, hal 67, 27/08/2024
Iklan - Insurance Directory
Media Asuransi, hal 66&67&68&69&70&71&72&73&74&75&76, 27/08/2024
Iklan - PT Great Eastren Life Indoesia
Media Asuransi, hal 53, 27/08/2024
Iklan - Asuransi JMA Syariah
Media Asuransi, hal 53, 27/08/2024
Iklan Top Agent Awards AAJI 2024
Media Asuransi, hal 37, 27/08/2024
Iklan Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke - 16 PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia 8 Agustus 2008 - 8 Agustus 2024
Media Asuransi, hal 35, 27/08/2024
Berita Foto - KINERJA POSITIF UNIT LINKED PASAR UANG
Bisnis Indonesia, hal 13, 28/08/2024
INSURANCE ON THE GLOBAL NEWS
Reinsurers well-positioned despite Japan’s Megaquake warning, says J.P. Morgan
reinsurancene.ws, 23/08/2024
Despite the Japanese government’s issuance of its first-ever Megaquake warning in August, reinsurers are well-positioned to absorb losses from major events, including a large Japanese earthquake, according to J.P. Morgan’s latest report. The warning, issued by the Japan Meteorological Agency (JMA) in early August and lifted on August 15th, has heightened concerns about earthquake risks in Japan, which remains one of the top five global perils for property and casualty insurers.
AI drives insurance productivity, faces scaling challenges
insuranceasia.com, 24/08/2024
The adoption of artificial intelligence (AI) within the insurance industry has accelerated in recent months, with a particular focus on enhancing productivity, according to Laurent Doucet, Partner for Insurance Asia at Roland Berger. Doucet highlighted that while AI has been a part of the industry for years, recent advancements, particularly in generative AI, are enabling insurers to explore new use cases and improve various aspects of their operations. "Technology is evolving very, very quickly," Doucet said, "If we look at the adoption and the number of the benefits and adoption for insurers, most of the cases are in the productivity, so general personal productivity, customer services, claim, claim management, of course." Doucet also pointed out that generative AI is opening new avenues for insurers, particularly in the area of product development and marketing. He mentioned the development of virtual consumer panels, which allow insurers to create digital twins for product testing and marketing assessments.
Turkiye:Proposal raised aimed at narrowing quake protection gap
meinsurancereview.com, 26/08/2024
Compulsory earthquake insurance should be offered automatically to all homeowners in Turkiye with a sufficient level of coverage, a senior insurance executive has suggested. Sompo Insurance deputy general manager, Mr Ugur Ozer, said that in any case, any losses suffered in the event of an earthquake by those who cannot afford earthquake insurance would be covered by public funds. The premium paid for from public funds can be recovered during the sale of the home, reported Insurance Gazette quoting Mr Ozer.
Australia:Demand seen as the key to unlocking market for longevity solutions
asiainsurancereview.com, 26/08/2024
An increase in the demand for longevity solutions is necessary for insurers to be incentivised to develop a business case to invest in this arena, and accurately and sustainably price risks. Participants of the Australian Prudential Regulation Authority (APRA) annual life insurance CEO roundtable on 17 July 2024 noted that, if the demand challenge was addressed, there would be sufficient capital and support from life insurers’ parents to back the offering of those longevity solutions.
Indonesia:Insurance Council calls for improvements to be made in health insurance sector
asiainsurancereview.com, 26/08/2024
Collaboration is the key to improving access and quality of health insurance services for the Indonesian people, according to the chairman of the Indonesian Insurance Council (DAI), Mr Yulius Billy Bhayangkara. Speaking at the two-day 2024 Indonesia Insurance Summit in Bali last week organised by DAI, he stressed the importance of synergy between the Financial Services Authority (OJK) and insurance companies to advance the health insurance industry in Indonesia. He proposed that OJK work with a few selected insurance companies first to start improving the health insurance industry. He said, "Why wait for 16 insurance companies when we can start with just four? It will be easier and faster."
Latin America reinsurance on the uptick, but additional capacity will be necessary – AM Best
insurancebusinessmag.com, 26/08/2024
Reinsurance companies operating in Latin America continue to experience growth driven by the region's expanding GDP, though the effects of Hurricane Otis in 2023 underscore the ongoing need for additional reinsurance capacity, according to a new report from AM Best. According to the report, in the first half of 2024, reinsurers have continued to support primary insurers in Latin America. Some global reinsurers operating in the region have adjusted their risk appetites, driven by global mandates or increased risk aversion.
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.483,25 |
IHSG |
7.626,95 |
BI Rate |
6.25 % |
Sumber Media:
Media Asuransi, Waspada, Ambon Express, Harian Metropolitan, Kupang Pos, keuangan.kontan.co.id, finansial.bisnis.com, analisadaily.com, Bisnis Indonesia, reinsurancene.ws, insuranceasia.com, meinsurancereview.com, asiainsurancereview.com, insurancebusinessmag.com
DOWNLOAD PDF