AAJI Daily News - 9 September 2024


Senin, 9 September 2024                                                                                                                      

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

1

Karena Aturan Baru, Anuitas Makin Diburu

2

Berita Foto - PENINGKATAN PENDAPATAN PREMI

3

OJK Bakal Terapkan Kebijakan Baru

4

Prudential Syariah Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

5

Mandiri Inhealth Ajak Senam Karyawan PT TWCPBRB

6

Usia Kepesertaan Harus 10 Tahun

7

Bidik Pelanggan Mandiri dan UMKM

8

Cair Setelah Kepesertaan 10 Tahun

9

Allianz Life Luncurkan Blue eagle Network

10

Mandiri Inhealth Lounge, Kini Hadir di Primaya Hospital Hertasning Makassar

11

Cuplikan Berita - Kesuksesan adalah Perjalanan, Bukan Tujuan

12

Hobi Membaca hingga Miliki Perpustakaan Pribadi

13

Juli, Pendapatan Premi Asuransi Komersial Tumbuh 7,38%

14

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

15

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

16

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

17

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

18

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

19

MERIAH PISAHKAN BISNIS SYARIAH

20

Dana Pensiun Tak Bisa Dicairkan Sebelum 10 Tahun

21

Dana Pensiun Tak Bisa Dicairkan Sebelum 10 Tahun

22

OJK Klarifikasi soal Dana Pensiun

23

OJK Klarifikasi soal Dana Pensiun

24

Kesuksesan adalah Perjalanan, Bukan Tujuan

25

BNI Life Semarakkan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan Berbagai Kegiatan untuk Nasabah

26

Aset Industri Asuransi Rp1.132,27 Triliun, Tumbuh 1,11% pada Juli 2024

27

Mandiri Inhealth Campus Fit Ajak Putri Indonesia 2022 Kunjungi Poltekes Kemenkes Semarang

28

Mandiri Inhealth-EMC Healthcare Kerjasama Digitalisasi Layanan Kesehatan Agar Lebih Cepat dan Mudah

29

Prudential Indonesia Berikan Penawaran Khusus Layanan Tambahan untuk Nasabah

30

Dorong Imbal Hasil Unitlink Saham, Begini Strategi Tokio Marine Life

31

Rayakan Harpelnas, BRI Life Gelar BRILian Appreciation Week 2024

32

OJK beri 173 sanksi administratif terhadap LJK di sektor PPDP

33

Business Judgement Rule jadi Pilar Penting dalam Tata Kelola Indonesia Re

34

Allianz Syariah Tingkatkan Akses Perlindungan Lewat Program AzPro

35

Kantongi Restu OJK, MSIG Life Segera Spin Off Unit Usaha Syariah

36

OJK Minta Jiwasraya Segera Selesaikan Kewajiban ke Pemegang Polis

37

BCA Life Luncurkan Service Value LOYAL

TENTANG AAJI

Karena Aturan Baru, Anuitas Makin Diburu

Kontan, hal 6, 07/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pembayaran manfaat pensiun peserta dana pensiun dibayarkan secara berkala. Salah satu opsinya adalah membeli produk anuitas asuransi jiwa. Aturan tersebut diyakini akan mendorong penjualan produk tersebut. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu menilai produk anuitas akan membantu pensiunan mengamankan kondisi finansial usai memasuki usia pensiun. Pasalnya nasabah akan mendapat pendapatan rutin tiap bulan untuk memenuhi kebutuhan. Produk anuitas juga memberi manfaat yang lain. Semisal, nasabah meninggal dunia, maka seluruh pendapatannya akan tetap dibayarkan kepada ahli waris. Sejauh ini, Togar menyebut, kinerja produk dengan manfaat anuitas cukup positif. Di mana pada semester 1-2024, preminya mencapai Rp 795,6 miliar. Jumlah tersebut meningkat sekitar 80% secara tahunan.

 

Berita Foto - PENINGKATAN PENDAPATAN PREMI

Bisnis Indonesia, hal 15, 09/09/2024

INDUSTRI & ASURANSI

OJK Bakal Terapkan Kebijakan Baru

Tribun Jabar, hal 3, 06/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerapkan kebijakan baru terkait dana pensiun. Mulai Oktober 2024 nanti, dana pensiun tidak dapat dicairkan sebelum peserta mencapai usia kepesertaan minimal 10 tahun. Peserta wajib memilih perusahaan asuransi jiwa untuk membeli Produk Anuitas, apabila 80 persen saldo Manfaat Pensiun Peserta lebih dari Rp 500 juta setelah memperhitungkan PPh 21. Perencana Keuangan Ahmad Gozali menilai aturan ini ingin mengembalikan proses pensiun anuitas sesuai dengan skema aslinya, yaitu para peserta bisa mendapatkan penghasilan pensiun secara bulanan seperti halnya pensiun PNS. Produk anuitas ini adalah produk asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara bulanan kepada peserta yang telah mencapai usia pensiun, serta kepada janda/duda atau anak, untuk jangka waktu tertentu atau secara berkala.

Prudential Syariah Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Bhirawa, hal 10, 06/09/2024

PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesehatan masyarakat Indonesia. Dengan menggelar aksi sosial berupa layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di pusat layanan Prudential Centre, Kota Kasablanka, Lantai 15 Jakarta. Dalam program ini, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai pemeriksaan kesehatan, mulai dari cek gula darah, kolesterol, hingga asam urat. Bekerja sama dengan rumah sakit rekanan, kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi masalah kesehatan sejak dini dan mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Mandiri Inhealth Ajak Senam Karyawan PT TWCPBRB

Kedaulatan Rakyat, hal 3, 07/09/2024

Sejumlah karyawan PT Taman Wisata Candi Prambanan Borobudur dan Ratu Boko (TWCPBRB) mengikuti senam sehat yang diselenggarakan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) di lapangan depan kantor pusat Prambanan, Jumat (6/9). Kegiatan in jadi rangkaian peringatan Hari Pelanggan Nasional 2024 bagi Tertanggung Asuransi Mandiri Inhealth. Mengusung tema We Care Your Healthy Journey, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara online dan offline mulai tanggal 1 sampai dengan 8 September 2024. Meliputi Olahraga Bersama, Sapa Pelanggan, Customer Visit, Health Talk serta Podcast Kesehatan yang menghadirkan Fitness Practitioner, Ade Rai.

Usia Kepesertaan Harus 10 Tahun

Koran Kaltim, hal 16, 07/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal melarang pencairan dana pensiun (dapen) sebelum usia kepesertaan menginjak 10 tahun. Aturan ini akan berlaku mulai Oktober 2024. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono menilai hal itu dilakukan lantaran selama ini industri Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) cenderung kurang berkembang. Pasalnya, 80 persen tertanggungnya langsung mencairkan di muka. Ini yang membuat statistik dana pensiun dari DPPK itu tidak pernah naik, karena begitu (dana) masuk, keluar dari PPIP (Program Pensiun Iuran Pasti) masuk anuitas, dan dicairkan hanya kurang dari sebulan, meskipun kena penalty cukup besar.

Bidik Pelanggan Mandiri dan UMKM

Sumatera Ekspres, hal 5, 07/09/2024

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) membidik pasar pelanggan mandiri dan komunitas kecil, seperti UMKM. Jika selama ini asuransi BUMN tersebut dikenal khusus bermain di pasar korporasi, sekarang dengan produk Mandiri Khusus Rawat Inap, sasaran market diperluas, termasuk segmentasi bidang pendidikan hingga komunitas kecil seperti UMKM. Kepala Kantor Operasional Mandiri Inhealth Palembang, Msy Fadilla mengatakan jumlah kepesertaan Mandiri InHealth di wilayah Kantor Cabang Palembang saat ini berkisar 15 ribu, dan sekitar 1 juta diseluruh Indonesia. Di luar korporasi, sejak Oktober 2023 sebenarnya perusahaan sudah memiliki produk baru yaitu My Care Ultimate khusus rawat inap untuk kepesertaan mandiri/ individu.

Cair Setelah Kepesertaan 10 Tahun

Bangka Pos, hal 1&7, 08/09/2024

Selain bakal mewajibkan iuran dana pensiun bagi pekerja dengan kriteria tertentu, pemerintah juga bakal menerapkan kebijakan baru terkait dana pensiun. Aturan anyar itu adalah ketentuan bahwa mulai Oktober 2024 dana pensiun tidak lagi bisa dicairkan sebelum usia kepesertaan peserta mencapai minimal 10 tahun. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjamiran dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono mengatakan, kebijakan itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga keberlangsungan industri dana pensiun nasional di tengah maraknya pencairan di muka oleh para peserta.

Allianz Life Luncurkan Blue eagle Network

Kompas, hal 9, 09/09/2024

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) meluncurkan layanan terbarunya, Allianz Blue Eagle NetWork, Selasa (3/9/2024). Layanan ini sejalan dengan komitmen Allianz untuk melindungi masa depan masyarakat Indonesia, terutama melalui proteksi kesehatan. Allianz Blue Eagle Network merupakan inisiatif baru hasil kerja sama dengan 24 rumah sakit tepercaya di Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Salah satu manfaat yang tersedia adalah prioritas untuk proses penerimaan dan pemulangan rawat inap. Proses ini merupakan salah satu perhatian utama yang akan meningkatkan kenyamanan nasabah saat berada di rumah sakit. Nasabah juga bisa menikmati peningkatan jenis kamar tanpa biaya tambahan. Manfaat lainnya adalah penanggung jawab khusus yang akan mendampingi dan membantu nasabah, terutama terkait proses administrasi. Hal ini sangat penting agar nasabah dapat fokus pada penyembuhan diri saat di rumah sakit.

Mandiri Inhealth Lounge, Kini Hadir di Primaya Hospital Hertasning Makassar

Bisnis Sulawesi, hal 3, 09/09/2024

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) dan Primaya Hospital Hertasning Makassar meresmikan Mandiri Inhealth Lounge, Senin, 02 September 2024. Sebuah Lounge yang khusus dipergunakan bagi tertanggung asuransi Mandiri Inhealth, khususnya tertanggung Mandiri Inhealth Medical Care (Managed Care) untuk Plan Diamond dan Plan Platinum serta Tertanggung Mandiri Inhealth Indemnity. Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan Tertanggung Mandiri Inhealth dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Primaya Hospital Hertasning Makassar. Mandiri Inhealth Lounge dapat digunakan oleh Tertangggung sebagai sumber informasi, penanganan keluhan, pengendalian layanan terpadu, serta kenyamanan fasilitas lainnya.

Cuplikan Berita - Kesuksesan adalah Perjalanan, Bukan Tujuan

Investor Daily, hal 1, 09/09/2024

Meniti karier di usia yang tak lagi muda, tidak menghalangi langkah Christine Setyabudhi untuk mencapai posisi saat ini yakni sebagai presiden direktur dan CEO PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life).

Hobi Membaca hingga Miliki Perpustakaan Pribadi

Investor Daily, hal 14, 09/09/2024

Meskipun hari-harinya selalu disibukan oleh urusan pekerjaan, namun Presiden Direktur dan CEO PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) Christine Setyabudhi masih sempat meluangkan di waktu senggangnya untuk membaca. Ya, membaca buku memang sudah menjadi kegemaran Christine sejak berpuluh-puluh tahun silam. “Dengan membaca, saya merefleksikan diri, bahwa apa yang saya capai belum sebesar orang lain," jelas beliau. Seiring dengan peningkatan kariernya, buku yang dibacanya juga terus berkembang. Misalnya saat menjabat posisi division head di salah satu perusahaan, Christine memilih untuk membaca buku berisikan strategi-strategi bisnis. Sejumlah penulis buku yang menjadi favoritnya kala itu, yakni Peter Drucker hingga Philip Kotler. Dengan membaca, dirinya mempelajari strategi manajemen dalam sebuah tim. Sedangkan saat ini, di mana Christine menduduki posisi CEO, ia lebih memilih untuk membaca buku yang menceritakan terkait filosofi hidup manusia.

Juli, Pendapatan Premi Asuransi Komersial Tumbuh 7,38%

Investor Daily, hal 3, 09/09/2024

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono mengatakan akumulasi pendapatan premi asuransi komersial mencapai Rp 193,06 triliun, atau naik 7,38% year on year (yoy) per Juli 2024. Akumulasi pendapatan premi tersebut terdiri dari premi asuransi jiwa yang tumbuh sebesar 2,14% yoy dengan nilai sebesar Rp 104,30 triliun, dan premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh 14,28% yoy dengan nilai sebesar Rp 88,77 triliun. Dari sisi asuransi komersial, total aset mencapai Rp 911,99 triliun atau naik 2,08% yoy.

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

Jawa Pos, hal 10, 09/09/2024

Effendi sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit Mount Alvernia Hospital Singapura pada Mei tahun lalu. Pria 58 tahun itu menghabiskan biaya SGD 70.792,37 atau setara Rp 777,5 juta. Dia lantas mengklaimkan biaya tersebut ke PT Tokio Marine Life Insurance karena telah menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut. Namun Kaimnya ditolak Effendi yang keberatan dengan penolakan itu lantas menggugat perusahaan asuransi tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya. Pengacara Effendi, Joni Iwansyah mengatakan, kliennya menjadi nasabah asuransi tersebut sejak 2021 dengan jenis produk TM Link Proteksiku dan Exclusive HosPital and Surgery.

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

Jawa Pos, hal 17, 09/09/2024

Effendi sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit Mount Alvernia Hospital Singapura pada Mei tahun lalu. Pria 58 tahun itu menghabiskan biaya SGD 70.792,37 atau setara Rp 777,5 juta. Dia lantas mengklaimkan biaya tersebut ke PT Tokio Marine Life Insurance karena telah menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut. Namun Kaimnya ditolak Effendi yang keberatan dengan penolakan itu lantas menggugat perusahaan asuransi tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya. Pengacara Effendi, Joni Iwansyah mengatakan, kliennya menjadi nasabah asuransi tersebut sejak 2021 dengan jenis produk TM Link Proteksiku dan Exclusive HosPital and Surgery.

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

Radar Bojonegoro, hal 16, 09/09/2024

Effendi sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit Mount Alvernia Hospital Singapura pada Mei tahun lalu. Pria 58 tahun itu menghabiskan biaya SGD 70.792,37 atau setara Rp 777,5 juta. Dia lantas mengklaimkan biaya tersebut ke PT Tokio Marine Life Insurance karena telah menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut. Namun Kaimnya ditolak Effendi yang keberatan dengan penolakan itu lantas menggugat perusahaan asuransi tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya. Pengacara Effendi, Joni Iwansyah mengatakan, kliennya menjadi nasabah asuransi tersebut sejak 2021 dengan jenis produk TM Link Proteksiku dan Exclusive HosPital and Surgery.

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

Radar Mojokerto, hal 16, 09/09/2024

Effendi sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit Mount Alvernia Hospital Singapura pada Mei tahun lalu. Pria 58 tahun itu menghabiskan biaya SGD 70.792,37 atau setara Rp 777,5 juta. Dia lantas mengklaimkan biaya tersebut ke PT Tokio Marine Life Insurance karena telah menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut. Namun Kaimnya ditolak Effendi yang keberatan dengan penolakan itu lantas menggugat perusahaan asuransi tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya. Pengacara Effendi, Joni Iwansyah mengatakan, kliennya menjadi nasabah asuransi tersebut sejak 2021 dengan jenis produk TM Link Proteksiku dan Exclusive HosPital and Surgery.

Klaim Berobat Ditolak, Nasabah Gugat Asuransi

Radar Tuban, hal 16, 09/09/2024

Effendi sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit Mount Alvernia Hospital Singapura pada Mei tahun lalu. Pria 58 tahun itu menghabiskan biaya SGD 70.792,37 atau setara Rp 777,5 juta. Dia lantas mengklaimkan biaya tersebut ke PT Tokio Marine Life Insurance karena telah menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut. Namun Kaimnya ditolak Effendi yang keberatan dengan penolakan itu lantas menggugat perusahaan asuransi tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya. Pengacara Effendi, Joni Iwansyah mengatakan, kliennya menjadi nasabah asuransi tersebut sejak 2021 dengan jenis produk TM Link Proteksiku dan Exclusive HosPital and Surgery.

MERIAH PISAHKAN BISNIS SYARIAH

Bisnis Indonesia, hal 15, 09/09/2024

Perusahaan asuransi ramai-ramai bergerak melakukan pemisahan atau spin-off unit usaha syariah (UUS) jelang target yang ditentukan otoritas pada 2026. OJK mengungkap bahwa ada 41 perusahaan asuransi dan reasuransi telah menyampaikan Rencana Kerja Pemisahan Unit Syariah (RKPUS). Hal tersebut sesuai ketentuan pemisahan UUS sesuai POJK No.11/2023 paling lambat akhir 2026. Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara mengungkapkan dari total tersebut, terdapat 29 UUS yang melanjutkan bisnis asuransi atau reasuransi syariah dengan mendirikan perusahaan sendiri per Juli 2024. Sedangkan 12 UUS lainnya memutuskan untuk mengalihkan portofolio unit syariah kepada perusahaan asuransi/ reasuransi syariah lainnya.

Dana Pensiun Tak Bisa Dicairkan Sebelum 10 Tahun

Buton Pos, hal 5, 09/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) buka suara soal dana pensiun yang tidak bisa cair jika kepesertaan belum mencapai 10 tahun. Adapun alasannya, agar para pekerja masih bisa menerima manfaat secara berkala alias bulanan saat sudah memasuki masa pensiun. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono menjelaskan ketika seseorang itu pensiun, maka diperkenankan 20 persennya itu bisa ditarik sekaligus pada saat yang bersangkutan pensiun. Tetapi, sebesar 80 persennya akan dilakukan pembayaran berkala secara bulanan. Pada intinya, tujuan daripada pelaksanaan program pensiun itu adalah menjaga kesinambungan penghasilan setelah memasuki usia pensiun.

Dana Pensiun Tak Bisa Dicairkan Sebelum 10 Tahun

Rakyat Aceh, hal 11, 09/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) buka suara soal dana pensiun yang tidak bisa cair jika kepesertaan belum mencapai 10 tahun. Adapun alasannya, agar para pekerja masih bisa menerima manfaat secara berkala alias bulanan saat sudah memasuki masa pensiun. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono menjelaskan ketika seseorang itu pensiun, maka diperkenankan 20 persennya itu bisa ditarik sekaligus pada saat yang bersangkutan pensiun. Tetapi, sebesar 80 persennya akan dilakukan pembayaran berkala secara bulanan. Pada intinya, tujuan daripada pelaksanaan program pensiun itu adalah menjaga kesinambungan penghasilan setelah memasuki usia pensiun

OJK Klarifikasi soal Dana Pensiun

Koran Kaltim, hal 4, 09/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi klarifikasi soal dana pensiun yang tak bisa cair jika kepesertaan belum mencapai 10 tahun.Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono mengatakan tujuan pelaksanaan program pensiun itu adalah menjaga kesinambungan penghasilan usai masuk usia pensiun. Jadi sebenarnya setelah usia pensiun, pensiunan itu menerima manfaat pensiun secara berkala bulanan. Itu prinsip daripada pensiunan, program pensiunan. Dalam ketentuan yang ada, saat seseorang pensiun maka diperkenankan menarik 20 persen. Lalu, 80 persen sisanya dilakukan pembayaran berkala bulanan oleh program dana pensiun pemberi kerja atau dana pensiun dalam produk anuitas yang diberikan perusahaan asuransi.

OJK Klarifikasi soal Dana Pensiun

Mata Banua, hal 7, 09/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi klarifikasi soal dana pensiun yang tak bisa cair jika kepesertaan belum mencapai 10 tahun.Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono mengatakan tujuan pelaksanaan program pensiun itu adalah menjaga kesinambungan penghasilan usai masuk usia pensiun. Jadi sebenarnya setelah usia pensiun, pensiunan itu menerima manfaat pensiun secara berkala bulanan. Itu prinsip daripada pensiunan, program pensiunan. Dalam ketentuan yang ada, saat seseorang pensiun maka diperkenankan menarik 20 persen. Lalu, 80 persen sisanya dilakukan pembayaran berkala bulanan oleh program dana pensiun pemberi kerja atau dana pensiun dalam produk anuitas yang diberikan perusahaan asuransi. Produk Anuitas merupakan salah satu instrumen asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara bulanan kepada peserta yang telah mencapai usia pensiun, janda/duda, anak untuk jangka waktu tertentu atau secara berkala.

Kesuksesan adalah Perjalanan, Bukan Tujuan

Investor Daily, hal 14, 09/09/2024

Meniti karier di usia yang tak lagi muda, tidak menghalangi Langkah Christine Setyabudhi untuk mencapai posisi saat ini yakni sebagai presiden direktur dan CEO PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life). Sarjana Sastra Inggris dari Universitas Kristen Petra, Surabaya tersebut memulai karier di usia 37 tahun dari level bawah sebagai tenaga pemasaran (financial advisor) di PT Asuransi Lippo Life atau AIG Lippo. Dalam kurun waktu yang relatif cepat yakni selama delapan tahun, karier perempuan kelahiran Surabaya, 12 Februari 1957 tersebut melesat hingga menduduki jabatan associate director untuk penjualan nasional di AIG Lippo. Meskipun sempat bekerja di sejumlah bank mulai dari Lippo Bank hingga PT Bank Central Asia (BCA) Tbk, Christine merasa asuransi jiwalah yang menjadi panggilan dalam hidupnya. Semua itu, kata dia, dilatarbelakangi oleh pengalaman dan pelajaran hidup di usianya yang sangat dini.

BNI Life Semarakkan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan Berbagai Kegiatan untuk Nasabah

inilah.com, 06/09/2024

Untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional, PT BNI Life Insurance (BNI Life) mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh nasabah atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan.Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) tahun ini mengusung tema 'AI Membuat Pelayanan Pelanggan Lebih Responsif dan Personal'. Selaras dengan tema Harpelnas tahun ini BNI Life senantiasa mengedepankan inovasi melalui digitalisasi yang dikembangkan oleh perusahaan dalam meningkatkan proses bisnis sehingga memberikan kecepatan dan ketepatan untuk melayani nasabah dengan hadirnya bPos layanan administrasi digital dari hulu ke hilir, Chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat membantu nasabah dalam mendapatkan informasi terkait produk dan layanan.

Aset Industri Asuransi Rp1.132,27 Triliun, Tumbuh 1,11% pada Juli 2024

bisnis.com, 06/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan aset industri asuransi mencapai Rp 1.132,27 triliun pada Juli 2024. Angka tersebut meningkat 1,11% secara tahunan (yoy) dari posisi yang sama pada tahun sebelumnya. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK, Ogi Prastomiyono mengungkap aset industri asuransi tersebut terdiri dari asuransi komersial yang mencapai Rp 911,99 triliun yang mana naik 2,08% yoy. Kemudian asuransi nonkomersil, yang total asetnya tercatat senilai Rp 220,28 triliun, turun 2,71% yoy. Dari sisi premi, Ogi menyebut akumulasi pendapatan premi asuransi komersial naik 7,38% yoy mencapai Rp 193,06 triliun. Terdiri dari premi industri asuransi jiwa yang tumbuh 2,14% yoy, dan premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh sebanyak 14,28% yoy.

Mandiri Inhealth Campus Fit Ajak Putri Indonesia 2022 Kunjungi Poltekes Kemenkes Semarang

jateng.tribunnews.com, 06/09/2024

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) menggelar Program "Mandiri Inhealth Campus Fit" bersama mahasiswa ilmu Kesehatan. Kali ini, Mandiri Inhealth Campus Fit menghadirkan kegiatan interaksi inspiratif "CeritaIn" bersama Putri Indonesia 2022 asal Jawa Tengah Catherine Widya Putri Stumer di Kampus Poltekes Kemenkes Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2024). Human Capital Division Head Mandiri Inhealth, Ariyo Putro menjelaskan, keterlibatan Putri Indonesia 2022 dalam aktivitas Mandiri Inhealth Campus Fit kali ini menjadi bagian dari aktivitas "CeritaIn" yang bertujuan untuk berbagi inspirasi dan semangat kepada mahasiswa.

Mandiri Inhealth-EMC Healthcare Kerjasama Digitalisasi Layanan Kesehatan Agar Lebih Cepat dan Mudah

bekasi.tribunnews.com, 06/09/2024

Mandiri Inhealth bersama EMC Healthcare melaksanakan penandatanganan pemantapan kerjasama digitalisasi layanan. Penandatanganan diwakili oleh Direktur Operasional Mandiri Inhealth, Jenni Wihartini dan Direktur Sales & Marketing EMC Healthcare drg. Nailufar, di Rumah Sakit EMC Pekayon, Bekasi pada Kamis (5/9/2024). Kerjasama ini dijalin untuk mendorong optimalisasi alur dan proses layanan kesehatan sehingga lebih cepat, mudah, transparan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pasien EMC Healthcare yang merupakan tertanggung asuransi Mandiri Inhealth. Langkah ini sejalan dengan komitmen kedua belah pihak dalam menerapkan bisnis yang berkelanjutan berdasarkan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance).

Prudential Indonesia Berikan Penawaran Khusus Layanan Tambahan untuk Nasabah

jpnn.com, 06/09/2024

Memeriahkan Hari Pelanggan Nasional 2024, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), melakukan beberapa kegiatan untuk nasabah yang datang ke layanan walk-in customer di Jakarta dan juga kantor perwakilan di Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. Kegiatan yang dilakukan merupakan wujud komitmen Prudential Indonesia untuk selalu mendengarkan nasabah, sejalan dengan aspirasi perusahaan menjadi mitra dan pelindung terpercaya dalam memberikan perlindungan finansial bagi nasabah di setiap tahap kehidupannya. Nasabah yang datang dapat memanfaatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan oleh rumah sakit rekanan Prudential Indonesia. Nasabah juga bisa mengikuti permainan dan mendapatkan berbagai macam hadiah menarik yang disediakan booth Pulse by Prudential.

Dorong Imbal Hasil Unitlink Saham, Begini Strategi Tokio Marine Life

kontan.co.id, 06/09/2024

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia menerapkan sejumlah strategi jitu untuk mendorong kinerja unitlink saham ke depannya. Dalam mengelola dana nasabah ke aset investasi yang berisiko tinggi, perseroan menerapkan standar tinggi terkait manajemen risiko. Pemilihan saham yang tepat akan menjadi faktor kunci dalam mencapai kinerja positif jangka panjang terkait unitlink saham. Manajer investasi perusahaan juga harus cermat memilih sektor dan saham-saham yang memiliki potensi pertumbuhan baik ke depannya, terutama di tengah meningkatnya probabilitas pemangkasan suku bunga oleh The Fed pada September 2024. Di bulan Juli lalu, produk unitlink saham milik PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia menjadi salah satu yang mencatatkan kinerja tertinggi.

Rayakan Harpelnas, BRI Life Gelar BRILian Appreciation Week 2024

suara.com, 07/09/2024

Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas yang diperingati setiap tanggal 4 September, menjadi momen penting bagi BRI Life untuk lebih dekat kepada nasabah dan stake holdernya melalui serangkaian kegiatan yang digelar dengan tajuk "BRILian Appreciation Week 2024". Rangkaian kegiatan yang digelar ini untuk memberikan apresiasi bagi nasabah sekaligus menegaskan komitmen BRI Life dalam memberikan pelayanan terbaik. Adapun agenda Harpelnas 2024 yang dilaksanakan BRI Life meliputi 4 kegiatan antara lain; "Sweet Gratitude" yakni memberikan paket gift sebagai apresiasi kepada Nasabah yang melakukan walk in/kunjungan di kantor layanan BRI Life seluruh Indonesia di Hari Pelanggan. "Thank You For Your Trust" atau penyerahan pembayaran Manfaat Klaim Meninggal Dunia di beberapa titik kantor layanan BRI Life, "Recognition Day" juga diadakan yaitu memberikan Medali dan Voucher sebagai apresiasi untuk pekerja di internal BRI Life atas kontribusinya yang berorientasi pada kepuasan nasabah dan terakhir adalah "Healing Heart" dimana Jajaran Direksi turut mengunjungi peserta askes yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan BRI Life.

OJK beri 173 sanksi administratif terhadap LJK di sektor PPDP

antaranews.com, 07/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sebanyak 173 sanksi kepada lembaga jasa keuangan (LJK) di sektor perasuransian, penjaminan, dan dana pensiun (PPDP) sepanjang Juli sampai dengan 25 Agustus 2024. "OJK melakukan pengenaan sanksi administratif kepada lembaga jasa keuangan di sektor PPDP sebanyak 173 sanksi, yang terdiri dari 103 sanksi peringatan/teguran dan 70 sanksi denda yang dapat diikuti dengan sanksi peringatan/teguran. OJK telah dan terus memonitor pelaksanaan supervisory action sesuai ketentuan bagi perusahaan yang belum memenuhi ketentuan, seperti peningkatan sanksi peringatan yang sebelumnya telah diberikan serta permintaan. Sejalan dengan upaya pengembangan sektor PPDP, sampai dengan Juli 2024 OJK terus melakukan berbagai upaya mendorong penyelesaian permasalahan pada LJK melalui pengawasan khusus terhadap dana pensiun dan delapan perusahaan asuransi dan reasuransi dengan harapan perusahaan dapat memperbaiki kondisi keuangannya untuk kepentingan pemegang polis.

Business Judgement Rule jadi Pilar Penting dalam Tata Kelola Indonesia Re

sindonews.com, 07/09/2024

PTReasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re mengadakan pelatihan khusus yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang "Business Judgement Rule (BJR)" bagi para anggota Direksi (Board of Directors/BoD) dan Komisaris (Board of Commissioners/BoC) di lingkungan Indonesia Re Group. Pelatihan yang diadakan pada 27 Agustus 2024 ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Indonesia Re dalam memperkuat tata kelola perusahaan dan memastikan bahwa seluruh organ perseroan memiliki pemahaman yang selaras dalam menjalankan tugas mereka. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta, terdiri dari BoC dan BoD Indonesia Re, Reasuransi Syariah Indonesia, dan ASEI.

Allianz Syariah Tingkatkan Akses Perlindungan Lewat Program AzPro

investor.id, 08/09/2024

PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan akses perlindungan ke seluruh masyarakat melalui program AzPro. Program AzPro sendiri bertujuan memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk bergabung dan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia agar terlindungi asuransi, membangun keamanan finansial, serta melindungi kesejahteraan generasi mendatang. Allianz Syariah diharapkan menjadi bagian penting untuk mendorong ekonomi dan keuangan syariah sebagai mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional. Sebagai bagian dari industri asuransi, asuransi syariah membawa kemaslahatan besar bagi umat karena pengelolaan risikonya dibangun di atas prinsip kebersamaan sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Kantongi Restu OJK, MSIG Life Segera Spin Off Unit Usaha Syariah

kontan.co.id, 08/09/2024

Emiten asuransi PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (LIFE) atau MSIG Life telah mengantongi persetujuan rencana pemisahan Unit Usaha Syariah (UUS) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Chief Compliance, Legal & Corporate Secretary MSIG Life Renova Siregar mengatakan, selanjutnya perusahaan akan mengajukan izn usaha atas pendirian Asuransi Jiwa Syariah baru kepada OJK dan melaksanakan seluruh proses sesuai dengan ketentuan OJK. Setelah izin usaha disetujui, seluruh portofolio kepesertaan UUS akan dialihkan dan dikelola oleh Perusahaan Asuransi Syariah baru dan proses pemisahan UUS ini ditargetkan selesai pada akhir kuartal III-2026.

OJK Minta Jiwasraya Segera Selesaikan Kewajiban ke Pemegang Polis

kompas.com, 08/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) mendorong PT Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk menyelesaikan penanganan penyelamatan pemegang polis secara komprehensif. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono menjelaskan, hingga saat ini mayoritas pemegang polis atau sekitar 99,7 persen menyetujui skema restrukturisasi polis dan telah dialihkan polisnya kepada PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life). Guna mengatasi ketidakmampuan Jiwasraya memenuhi kewajiban kepada pemegang polis, OJK telah meminta manajemen Jiwasraya sejak 2020 untuk menyusun Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) yang telah mendapatkan persetujuan pemegang saham dengan melibatkan kementerian atau lembaga terkait.

BCA Life Luncurkan Service Value LOYAL

mix.co.id, 09/09/2024

Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan BCA, meluncurkan service values LOYAL yang menjadi landasan perusahaan dalam meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan. Peluncuran itu berlangsung pada momen Hari Pelanggan Nasional 2024, yang jatuh setiap 4 September. LOYAL ditujukan agar nasabah dapat merasakan pengalaman yang lebih personal dimana frontliner BCA Life senantiasa siap membantu nasabah untuk memahami kebutuhan perlindungan setiap individu yang berbeda-beda, memberikan solusi yang tepat, dan memberikan layanan dengan penuh perhatian. Kenyamanan nasabah selalu menjadi fokus utama, di momen spesial Hari Pelanggan Nasional ini dan dengan semangat 'Let Us be LOYAL to You', BCA Life mengusung service values Leading, Openness, Yielding, Agile, & Leveraging (LOYAL) untuk memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan inklusif bagi para nasabah.

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.452,80

IHSG

7.657,24

BI Rate

6.25 %

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan, Tribun Jabar, Bhirawa, Kedaulatan Rakyat, Koran Kaltim, Sumatera Ekspres, Bangka Pos, Kompas, Bisnis Sulawesi, Investor Daily, Jawa Pos, Radar Bojonegoro, Radar Mojokerto, Radar Tuban, Bisnis Indonesia, Buton Pos, Rakyat Aceh, Mata Banua, inilah.com, bisnis.com, jateng.tribunnews.com, bekasi.tribunnews.com, jpnn.com, kontan.co.id, suara.com, antaranews.com, sindonews.com, investor.id, kompas.com, mix.co.id

DOWNLOAD PDF