AAJI Daily News - 20 Februari 2024
Selasa, 20 Februari 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
TENTANG AAJI
AAJI Sebut Pemilu Bakal Pengaruhi Minat Investor ke Industri dalam Negeri
kontan.co.id, 19/02/2024
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan dengan penyelenggaraan pemilu yang berlangsung aman dan damai diyakini bakal memberi keyakinan ke para investor yang sebagian besar memilih wait and see kala pemilu berlangsung. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, dengan meningkatnya aktifitas investasi memberikan dampak positif kinerja industri keuangan termasuk asuransi.
AAJI Jabarkan Sejumlah Kewajiban yang Harus Dilakukan Tenaga Pemasar kepada Konsumen
kontan.co.id, 19/02/2024
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan, ada sejumlah kewajiban yang harus dilakukan tenaga pemasar kepada konsumen. Mengenai hal itu, Kepala Departemen Hubungan Internasional AAJI Rista Qatrini Manurung mengatakan tenaga pemasar harus menjual produk asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan calon konsumen. "Kalau ternyata nasabah belum memiliki kebutuhan suatu polis produk asuransi, jangan dilakukan penjualan. Itu namanya salah sasaran. Jadi, harus benar-benar dibutuhkan konsumen dan memastikan terjadinya berkelanjutan pembayaran produk asuransi," katanya dalam webinar AAJI, Kamis (15/2). Rista menyampaikan, jangan ada misrepresentasi. Dia merinci, tenaga pemasar wajib memberikan informasi mengenai produk asuransi secara jelas, akurat, jujur, mudah diakses, dan tidak berpotensi menyesatkan.
INDUSTRI & ASURANSI
Apresiasi Agen, Manulife Rilis Program Manulife Pro
Kontan, hal 10, 20/02/2024
Perusahaan asuransi PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia meluncurkan program Manulife Pro. Program ini dihadirkan untuk meningkatkan kualitas kinerja tenaga pemasar atau life planners. Novita Rumngangun, Wakil Direktur Utama & General Manager Agency Manulife Indonesia mengatakan, Manulife Pro merupakan program khusus apresiasi bagi para tenaga pemasar Manulife Indonesia. "Pada peluncuran perdana ini ada 500 tenaga pemasar," jelas Novita, Senin (19/2). Hingga saat ini, Manulife memiliki lebih dari 12.000 tenaga pemasar. Novita berharap jumlah tenaga pemasar tahun ini akan bertambah. Dengan begitu, akan makin banyak tenaga pemasar yang melayani nasabah.
Indonesia Re Targetkan. Transformasi Berjalan Positif
Ekonomi Neraca, hal 5, 20/02/2024
PT Reasuransi Indonesia Utama (IndonesiaRe) menggelar pertemuan awal tahun (kickoffmeeting) untuk memberikan arahan kepada karyawan terkaitstrategi baru dan target transformasi perusahaan pada 2024. Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntumengatakanmanajemenmemberikanarahan sekaligus pembekalan kepadakaryawan dengantujuan pengenalanstrategi baru, peningkatanketerlibatandan kolaborasi, serta pengenalan inovasi dan perubahan.
INSURTECH KEREK BELANJA MODAL
Bisnis Indonesia, hal 15, 20/02/2024
Sejumlah perusahaan asuransi digital atau insurtech mengerahkan belanja modal lebih tinggi tahun ini untuk mendukung upaya menjaring makin banyak nasabah dari kalangan anak muda. belanja modal a.l. dialokasikan untuk pengadaan perangkat keras dan investasi kecerdasan buatan (artificial intelligence). PT Asuransi Simas Insurtech menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar RpS miliar tahun ini, naik 10% dari capex tahun lalu. “Ini untuk pengadaan hardware dan peningkatan kapasitas server,” kata Presiden Direktur Asuransi Simas Insurtech Teguh Aria Djana kepada Bisnis, baru-baru ini.
Simak Arah Kebijakan OJK dalam Menjaga Stabilitas Jasa Keuangan
cnbcindonesia.com, 19/02/2024
Stabilitas jasa keuangan di Indonesia terjaga dengan baik selama tahun 2023. Hal ini didukung oleh permodalan yang kuat dan profil risiko yang rendah. Perbankan tercatat menjadi salah satu sektor yang menunjukkan kondisi resilien dan berdaya saing kuat, didukung oleh permodalan solid, dengan capital adequacy ratio (CAR) tinggi mencapai 27,69%. Selain itu, kinerja intermediasi pada tahun 2023 juga tercatat tumbuh positif dengan kredit perbankan mencapai Rp 7.090 triliun atau tumbuh 10,38% secara tahunan (yoy). Adapun pertumbuhan tertinggi terjadi pada kredit modal kerja dan investasi masing-masing 10,05% dan 12,26% secara tahunan.
SWA Dan Business Digest Apresiasi Pelaku Bisnis Puaskan Pelanggan Melalui Teknologi
rm.id, 19/02/2024
SWA Media Group bekerja sama dengan Business Digest kembali memberikan apresiasi kepada pelaku bisnis yang sukses memberikan kepuasan kepada pelanggan. Salah satunya melalui pemanfaatan teknologi digital memiliki peran penting dalam strategi pemasaran. “Dengan memanfaatkan digital, perusahaan bisa meningkatkan aksesibilitas, kemudahan bertransaksi, dan personalisasi pengalaman pelanggan, sehingga pelanggan bisa lebih memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan,” kata Pemimpin Redaksi Majalah SWA Sujatmaka dalam keterangan resminya, Senin (19/2/2024).
IFG Life Ungkap Digitalisasi Sebagai Strategi Dongkrak Nasabah
kontan.co.id, 19/02/2024
PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life ungkapkan digitalisasi sebagai strategi jitu untuk memperlias jangkauan nasabah perorangan. Direktur Operasional dan Teknologi Informasi IFG Life Iskak Hendrawan, menjelaskan tren inovasi digital dari para pemain industri asuransi dapat mendorong penetrasi produk secara lebih luas di Indonesia. Ia mengungkapkan IFG Life telah melakukan pengembangan berbagai platform digital untuk mengoptimalkan bisnis.
Manulife Indonesia Beri Kisi-Kisi Spin-Off UUS, Kapan Terlaksana?
bisnis.com, 19/02/2024
Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) mengungkap perkembangan terkait rencana pemisahan (spin-off) unit usaha syariah (UUS) perusahaan. Wakil Presiden Direktur Manulife Indonesia Novita Rumngangun mengatakan bahwa saat ini perusahaan masih memiliki bisnis unit syariah UUS Manulife Indonesia. “Saat ini kami memang ada unit syariah yang bekerja sama dengan dua kanal bisnis kami, baik bancassurance dan agency,” kata Novita di Jakarta, Senin (19/2/2024). Adapun, Novita mengatakan bahwa saat ini perusahaan asuransi yang berdiri pada 1985 itu masih dalam tahap mengulas rencana spin-off UUS Manulife Indonesia.
Berita Foto - Manulife Pro
Investor Daily, hal 13, 20/02/2024
Berita Foto - Manulife Pro
Media Indonesia, hal 10, 20/02/2024
Berita Foto - Penghargaan Life Planners
Kontan, hal 10, 20/02/2024
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.654,30 |
IHSG |
7.333,72 |
BI Rate |
6.00 % |
Sumber Media:
Kontan, Ekonomi Neraca, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Media Indonesia, kontan.co.id, cnbcindonesia.com, rm.id, bisnis.com
DOWNLOAD PDF