AAJI Daily News - 20 Februari 2024


Selasa, 20 Februari 2024                                                                                                                               

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

1

AAJI Sebut Pemilu Bakal Pengaruhi Minat Investor ke Industri dalam Negeri

2

AAJI Jabarkan Sejumlah Kewajiban yang Harus Dilakukan Tenaga Pemasar kepada Konsumen

3

Apresiasi Agen, Manulife Rilis Program Manulife Pro

4

Indonesia Re Targetkan. Transformasi Berjalan Positif

5

INSURTECH KEREK BELANJA MODAL

6

Simak Arah Kebijakan OJK dalam Menjaga Stabilitas Jasa Keuangan

7

SWA Dan Business Digest Apresiasi Pelaku Bisnis Puaskan Pelanggan Melalui Teknologi

8

IFG Life Ungkap Digitalisasi Sebagai Strategi Dongkrak Nasabah

9

Manulife Indonesia Beri Kisi-Kisi Spin-Off UUS, Kapan Terlaksana?

10

Berita Foto - Manulife Pro

11

Berita Foto - Manulife Pro

12

Berita Foto - Penghargaan Life Planners

TENTANG AAJI

AAJI Sebut Pemilu Bakal Pengaruhi Minat Investor ke Industri dalam Negeri         

kontan.co.id, 19/02/2024

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan dengan penyelenggaraan pemilu yang berlangsung aman dan damai diyakini bakal memberi keyakinan ke para investor yang sebagian besar memilih wait and see kala pemilu berlangsung. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, dengan meningkatnya aktifitas investasi memberikan dampak positif kinerja industri keuangan termasuk asuransi.

AAJI Jabarkan Sejumlah Kewajiban yang Harus Dilakukan Tenaga Pemasar kepada Konsumen                 

kontan.co.id, 19/02/2024

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan, ada sejumlah kewajiban yang harus dilakukan tenaga pemasar kepada konsumen. Mengenai hal itu, Kepala Departemen Hubungan Internasional AAJI Rista Qatrini Manurung mengatakan tenaga pemasar harus menjual produk asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan calon konsumen. "Kalau ternyata nasabah belum memiliki kebutuhan suatu polis produk asuransi, jangan dilakukan penjualan. Itu namanya salah sasaran. Jadi, harus benar-benar dibutuhkan konsumen dan memastikan terjadinya berkelanjutan pembayaran produk asuransi," katanya dalam webinar AAJI, Kamis (15/2). Rista menyampaikan, jangan ada misrepresentasi. Dia merinci, tenaga pemasar wajib memberikan informasi mengenai produk asuransi secara jelas, akurat, jujur, mudah diakses, dan tidak berpotensi menyesatkan.

INDUSTRI & ASURANSI

Apresiasi Agen, Manulife Rilis Program Manulife Pro                                                    

Kontan, hal 10, 20/02/2024

Perusahaan asuransi PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia meluncurkan program Manulife Pro. Program ini dihadirkan untuk meningkatkan kualitas kinerja tenaga pemasar atau life planners. Novita Rumngangun, Wakil Direktur Utama & General Manager Agency Manulife Indonesia mengatakan, Manulife Pro merupakan program khusus apresiasi bagi para tenaga pemasar Manulife Indonesia. "Pada peluncuran perdana ini ada 500 tenaga pemasar," jelas Novita, Senin (19/2). Hingga saat ini, Manulife memiliki lebih dari 12.000 tenaga pemasar. Novita berharap jumlah tenaga pemasar tahun ini akan bertambah. Dengan begitu, akan makin banyak tenaga pemasar yang melayani nasabah.

Indonesia Re Targetkan. Transformasi Berjalan Positif                                                  

Ekonomi Neraca, hal 5, 20/02/2024

PT Reasuransi Indonesia Utama (IndonesiaRe) menggelar pertemuan awal tahun (kickoffmeeting) untuk memberikan arahan kepada karyawan terkaitstrategi baru dan target transformasi perusahaan pada 2024. Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntumengatakanmanajemenmemberikanarahan sekaligus pembekalan kepadakaryawan dengantujuan pengenalanstrategi baru, peningkatanketerlibatandan kolaborasi, serta pengenalan inovasi dan perubahan.

INSURTECH KEREK BELANJA MODAL                                                                                  

Bisnis Indonesia, hal 15, 20/02/2024

Sejumlah perusahaan asuransi digital atau insurtech mengerahkan belanja modal lebih tinggi tahun ini untuk mendukung upaya menjaring makin banyak nasabah dari kalangan anak muda. belanja modal a.l. dialokasikan untuk pengadaan perangkat keras dan investasi kecerdasan buatan (artificial intelligence). PT Asuransi Simas Insurtech menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar RpS miliar tahun ini, naik 10% dari capex tahun lalu. “Ini untuk pengadaan hardware dan peningkatan kapasitas server,” kata Presiden Direktur Asuransi Simas Insurtech Teguh Aria Djana kepada Bisnis, baru-baru ini.

Simak Arah Kebijakan OJK dalam Menjaga Stabilitas Jasa Keuangan                         

cnbcindonesia.com, 19/02/2024

Stabilitas jasa keuangan di Indonesia terjaga dengan baik selama tahun 2023. Hal ini didukung oleh permodalan yang kuat dan profil risiko yang rendah. Perbankan tercatat menjadi salah satu sektor yang menunjukkan kondisi resilien dan berdaya saing kuat, didukung oleh permodalan solid, dengan capital adequacy ratio (CAR) tinggi mencapai 27,69%. Selain itu, kinerja intermediasi pada tahun 2023 juga tercatat tumbuh positif dengan kredit perbankan mencapai Rp 7.090 triliun atau tumbuh 10,38% secara tahunan (yoy). Adapun pertumbuhan tertinggi terjadi pada kredit modal kerja dan investasi masing-masing 10,05% dan 12,26% secara tahunan.

SWA Dan Business Digest Apresiasi Pelaku Bisnis Puaskan Pelanggan Melalui Teknologi                  

rm.id, 19/02/2024

SWA Media Group bekerja sama dengan Business Digest kembali memberikan apresiasi kepada pelaku bisnis yang sukses memberikan kepuasan kepada pelanggan. Salah satunya melalui pemanfaatan teknologi digital memiliki peran penting dalam strategi pemasaran. “Dengan memanfaatkan digital, perusahaan bisa meningkatkan aksesibilitas, kemudahan bertransaksi, dan personalisasi pengalaman pelanggan, sehingga pelanggan bisa lebih memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan,” kata Pemimpin Redaksi Majalah SWA Sujatmaka dalam keterangan resminya, Senin (19/2/2024).

IFG Life Ungkap Digitalisasi Sebagai Strategi Dongkrak Nasabah                                 

kontan.co.id, 19/02/2024

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life ungkapkan digitalisasi sebagai strategi jitu untuk memperlias jangkauan nasabah perorangan. Direktur Operasional dan Teknologi Informasi IFG Life Iskak Hendrawan, menjelaskan tren inovasi digital dari para pemain industri asuransi dapat mendorong penetrasi produk secara lebih luas di Indonesia. Ia mengungkapkan IFG Life telah melakukan pengembangan berbagai platform digital untuk mengoptimalkan bisnis.

Manulife Indonesia Beri Kisi-Kisi Spin-Off UUS, Kapan Terlaksana?                            

bisnis.com, 19/02/2024

Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) mengungkap perkembangan terkait rencana pemisahan (spin-off) unit usaha syariah (UUS) perusahaan. Wakil Presiden Direktur Manulife Indonesia Novita Rumngangun mengatakan bahwa saat ini perusahaan masih memiliki bisnis unit syariah UUS Manulife Indonesia. “Saat ini kami memang ada unit syariah yang bekerja sama dengan dua kanal bisnis kami, baik bancassurance dan agency,” kata Novita di Jakarta, Senin (19/2/2024). Adapun, Novita mengatakan bahwa saat ini perusahaan asuransi yang berdiri pada 1985 itu masih dalam tahap mengulas rencana spin-off UUS Manulife Indonesia.

Berita Foto - Manulife Pro                                                                                                    

Investor Daily, hal 13, 20/02/2024

Berita Foto - Manulife Pro                                                                                                    

Media Indonesia, hal 10, 20/02/2024

Berita Foto - Penghargaan Life Planners                                                                            

Kontan, hal 10, 20/02/2024

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.654,30

IHSG

7.333,72

BI Rate

6.00 %

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan, Ekonomi Neraca, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Media Indonesia, kontan.co.id, cnbcindonesia.com, rm.id, bisnis.com

DOWNLOAD PDF