AAJI Daily News - 5 September 2024


Kamis, 5 September 2024                                                                                                                     

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

1

Dorong Likuidasi Jiwasraya

2

DANA PENSIUN

3

Masa Cair Dana Pensiun

4

Pencairan Diperketat, Dana Pensiun Lebih Bermanfaat

5

Dana Pensiun Tidak Bisa Cair Sebelum 10 Tahun

6

Taspen Terus Komitmen Berikan Pelayanan Prima

7

Mandiri Inhealth Gelar “We Care Your Healthy Journey”

8

Reasuransi Atur Strategi Penuhi Aturan Permodalan

9

Hari Pelanggan Nasional: AXA Mandiri dan AXA Insurance Hadirkan Berbagai Persembahan dan Cek Kesehatan Gratis Untuk Nasabah

10

BCA Life Beri Terobosan Inovasi di Hari Pelanggan Nasional

11

Hingga Juli 2024, Klaim & Manfaat Dibayar oleh Sequis Life Mencapai Rp892,97 Miliar

12

Sequis Tawarkan Berbagai Saluran Kontak untuk Nasabah dalam Memperingati Hari Pelanggan Nasional

13

Sentra Medika Hospital Minut, Pelindo Bitung, dan Mandiri Inhealth Gelar Health Talk, Ini Tujuannya

14

BRI Life Raih Penghargaan"Most Popular Brand of The Year 2024" Kategori Asuransi Jiwa

15

Berita Foto - Peresmian Customer Care Centre

16

Berita Foto - Layanan Digital

17

Berita Foto - PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS PRUDENTIAL SYARIAH

18

Iklan - Pengumuman Rencana Kerja Pendirian Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk

INDUSTRI & ASURANSI

Dorong Likuidasi Jiwasraya

Malut Post, hal 16, 04/09/2024

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoarmodjo mengatakan, pihaknya bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mendorong likuidasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dalam likuidasi ini akan terdapat tim likuidasi yang bertugas akan membagi sisa aset kepada pemegang polis yang tidak ikut program restrukturisasi. Pria yang akrab disapa Tiko itu menjelaskan, penyertaan modal negara (PMN) telah diberikan untuk menyelesaikan pemegang polis. Manajemen Jiwasraya mencatat sebanyak 313.490 polis atau setara 2,4 juta peserta mengikuti program restrukturisasi sampai dengan 31 Juli 2024. Sementara, yang masih belum mengikuti program restrukturisasi sekitar 298 peserta dari pemegang polis korporasi dan bancassurance. Dengan begitu, program tersebut telah diikuti 99,7 persen dari total seluruh pemegang polis Jiwasraya. Manajemen Jiwasraya optimistis jumlah peserta akan terus bertambah seiring dengan upaya yang dilakukan melalui upaya jemput bola dari tim pelayanan.

DANA PENSIUN

Tribun Timur, hal 4, 04/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerapkan kebijakan baru terkait dana pensiun, di mana mulai Oktober 2024, dana pensiun tidak dapat dicairkan sebelum peserta mencapai usia kepesertaan minimal 10 tahun. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK, Ogi Prastomiyono menerangkan bahwa peserta wajib memilih perusahaan asuransi jiwa untuk membeli produk anuitas, apabila 80% saldo manfaat pensiun peserta lebih dari Rp 500 juta setelah memperhitungkan PPh 21. Produk anuitas ini adalah produk asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara bulanan kepada peserta yang telah mencapai usia pensiun, serta kepada janda/duda atau anak, untuk jangka waktu tertentu atau secara berkala.

Masa Cair Dana Pensiun

Kontan, hal 15, 05/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerapkan kebijakan baru terkait dana pensiun, di mana mulai Oktober 2024, dana pensiun tidak dapat dicairkan sebelum peserta mencapai usia kepesertaan minimal 10 tahun. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK, Ogi Prastomiyono menerangkan bahwa peserta wajib memilih perusahaan asuransi jiwa untuk membeli produk anuitas, apabila 80% saldo manfaat pensiun peserta lebih dari Rp 500 juta setelah memperhitungkan PPh 21. Produk anuitas ini adalah produk asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara bulanan kepada peserta yang telah mencapai usia pensiun, serta kepada janda/duda atau anak, untuk jangka waktu tertentu atau secara berkala. Produk anuitas tersebut nantinya akan menjadi sumber pendapatan utama bagi penerima dana pensiun di masa depan.

Pencairan Diperketat, Dana Pensiun Lebih Bermanfaat

Kontan, hal 1, 05/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nampaknya makin serius mengembalikan marwah program dana pensiun sebagai sumber penghasilan hari tua. Pasalnya regulator akan memperketat pencairan manfaat pensiun, khususnya untuk peserta yang memiliki saldo manfaat pensiun minimal Rp 500 juta, setelah dikurangi PPh 21. Dalam pasal 56 Peraturan OJK nomor 27 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Usaha Dana Pensiun ditegaskan, pembayaran manfaat pensiun bagi peserta, janda atau duda hingga anak peserta harus dilakukan secara berkala, baik lewat dana pensiun maupun pembelian anuitas dari perusahaan asuransi jiwa.

Dana Pensiun Tidak Bisa Cair Sebelum 10 Tahun

Lampung Post, hal 3, 05/09/2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan dana pensiun tidak dapat cair sebelum masa kepesertaan mencapai 10 tahun. Kebijakan itu bakal mulai berlaku pada Oktober 2024. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK, Ogi Prastomiyono mengatakan peserta wajib memilih perusahaan asuransi jiwa. Hal itu untuk membeli produk anuitas jika 80 persen saldo manfaat pensiun peserta mencapai Rp500 juta setelah potongan PPh 21. Dia menjelaskan, anuitas sebagai asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara bulanan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, janda, duda, atau anak, dalam waktu tertentu dan secara berkala.

Taspen Terus Komitmen Berikan Pelayanan Prima

Haluan Padang, hal 9, 05/09/2024

PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) Persero Cabang Padang merayakan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2024 dengan tajuk Andal Melayani". Dalam perayaan tersebut, PT Taspen Tetap berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi para peserta Taspen. PT Taspen melakukan kolaborasi bersama Bank Mandiri Taspen (Mantap) dan Taspen Life untuk menyemarakkan perayaan tersebut serta melakukan beberapa kegiatan positif dan kolaboratif guna memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan atau peserta.

 

Mandiri Inhealth Gelar “We Care Your Healthy Journey”

Bali Tribune, hal 13, 05/09/2024

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terahadap pelanggan setia, PT Asuransi Inhelath Indonesia (Mandiri Inhelath) menggelar rangkaian acara Hari Pelanggan Nasional 2024 bagi Tertanggung Asuransi Mandiri Inhealth. Mengusung Tema “We Care Your Healthy Journey”, rangkaian kegiatan dilaksanakan secara online dan offline (1-8 September) meliputi olahraga Bersama, sapa pelanggan, customer visit, health talk, serta podcast kesehatan yang menghadirkan fitness practitioner Ade Rai. Kegiatan dilaksanakan di 11 wilayah Kantor Operasional (Jakarta, Bogor-Tangerang-Bekasi (Botabek), Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar).

Reasuransi Atur Strategi Penuhi Aturan Permodalan

Kontan, hal 10, 05/09/2024

Sejumlah perusahaan reasuransi terus bersiap memenuhi aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait batasan ekuitas minimum. Dalam POJK Nomor 23 Tahun 2023, ekuitas minimum perusahaan reasuransi akan dinaikkan secara bertahap. Di 2026, ekuitas minimum ditetapkan harus mencapai Rp 500 miliar. Pada 2028, ekuitas minimum perusahaan reasuransi yang masuk Kelompok Perusahaan Perasuransian Berdasarkan Ekuitas (KPPE) 1 dipatok sebesar Rp 1 triliun dan untuk KPPE 2 sebesar Rp 2 triliun. PT Maskapai Reasuransi Indonesia alias Marein menjadi salah satu pemain yang optimistis bisa memenuhi aturan tersebut. Optimisme juga disuarakan Direktur Utama PT Reasuransi Maipark Indonesia Kocu Andre Hutagalung. Ia yakin bisa memenuhi batas ekuitas sebesar Rp 2 triliun pada 2028 dari posisi saat ini yang sebesar Rp 746 miliar. PT Reasuransi Nasional Indonesia atau Nasre juga yakin bisa meningkatkan ekuitas secara organik.

Hari Pelanggan Nasional: AXA Mandiri dan AXA Insurance Hadirkan Berbagai Persembahan dan Cek Kesehatan Gratis Untuk Nasabah

radarbandung.id, 04/09/2024

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) dan PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance) menempatkan pelanggan atau nasabah sebagai inspirasi untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas produk dan layanan. Sebagai contoh, AXA Mandiri dan AXA Insurance kembali menghadirkan berbagai kegiatan dan hadiah menarik untuk para nasabahnya di Hari Pelanggan Nasional 2024. AXA Mandiri membagikan minuman bergizi bagi nasabah yang mendatangi Customer Care Centre AXA Mandiri dan, khusus pada Customer Care Centre di Jakarta, akan ada pemeriksaan kesehatan gratis pada Hari Pelanggan Nasional 2024 yang jatuh pada 4 September 2024.

BCA Life Beri Terobosan Inovasi di Hari Pelanggan Nasional

investor.id, 04/09/2024

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), merayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan beragam kegiatan untuk mengapresiasi pelanggan. BCA Life terus memberikan terobosan inovasi terkini, yaitu peluncuran service values LOYAL. Christine Setyabudhi, Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life mengatakan, BCA Life berkomitmen untuk semakin dekat, bermanfaat, dan terus memberikan nilai tambah positif bagi pelanggan. Kenyamanan nasabah selalu menjadi fokus utama, di momen spesial Hari Pelanggan Nasional ini dan dengan semangat Let Us be LOYAL to You, BCA Life mengusung service values Leading, Openness, Yielding, Agile, & Leveraging (LOYAL) untuk memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan inklusif bagi para nasabah.

Hingga Juli 2024, Klaim & Manfaat Dibayar oleh Sequis Life Mencapai Rp892,97 Miliar

pasardana.id, 04/09/2024

Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September adalah pengingat bagi berbagai perusahaan untuk berkomitmen dan konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Menurut Delima Malau selaku Section Head of POS Customer Relation Sequis, komitmen yang sama juga Sequis lakukan untuk nasabahnya. Mulai dari memenuhi kewajiban membayar klaim, menyediakan informasi terkait polis agar polis dapat bermanfaat melindungi finansial nasabah hingga memberikan kemudahan akses bagi nasabah saat akan menghubungi layanan nasabah, yakni Sequis Care. Salah satu komitmen Sequis untuk melayani nasabah adalah membayar klaim dan manfaat kepada nasabah selama sesuai ketentuan polis. Hingga Juli 2024, Klaim & Manfaat dibayar oleh Sequis Life sebesar Rp 892,97 miliar. Adapun Pendapatan Premi mencapai Rp 1,71 triliun. Total Aset mencapai Rp 18,75 triliun dan Rasio Pencapaian Tingkat Solvabilitas (RBC) sebesar 472%.

Sequis Tawarkan Berbagai Saluran Kontak untuk Nasabah dalam Memperingati Hari Pelanggan Nasional

marketing.co.id, 04/09/2024

Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional pada 4 September, Sequis Life menegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Hari Pelanggan Nasional ini mengingatkan perusahaan untuk memastikan aksesibilitas dan kualitas layanan kepada pelanggan mereka. Sequis Life menunjukkan komitmennya melalui berbagai saluran layanan untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Sequis memastikan proses klaim dan manfaat dilakukan dengan transparansi dan akuntabilitas, dengan total klaim dan manfaat yang dibayar mencapai Rp 892,97 miliar hingga Juli 2024. Sequis juga mempertahankan rasio pencapaian tingkat solvabilitas (RBC) sebesar 472% dengan total aset mencapai Rp 18,75 triliun.

Sentra Medika Hospital Minut, Pelindo Bitung, dan Mandiri Inhealth Gelar Health Talk, Ini Tujuannya

manado.tribunnews.com, 04/09/2024

Sentra Medika Hospital Minahasa Utara bekerjasama dengan Mandiri Inhealth dan PT Pelindo Bitung mengadakan kegiatan Health Talk. Health Talk dilaksanakan di Lokasi PT Pelindo Bitung, Selasa 03 Agustus 2024. Kegiatan dihadiri peserta dari manajemen dan seluruh karyawan PT Pelindo. Health Talk ini dengan materi "Keselamatan dan Kesehatan Kerja". Narasumber dokter dari Sentra Medika Hospital Minahasa Utara, dr. Hendra Kuganda. Direktur Sentra Medika Hospital Minahasa Utara, dr.Cecilia Naritha, menyampaikan dalam kegiatan tersebut menyediakan Free mini MCU yang mana dilakukan sebelum Health talk dimulai. Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangat penting di tempat kerja, karena berbagai alasan yang berkaitan dengan kesejahteraan karyawan, efisiensi operasional, dan tanggung jawab sosial

BRI Life Raih Penghargaan"Most Popular Brand of The Year 2024" Kategori Asuransi Jiwa

sonora.id, 05/09/2024

Asuransi BRI Life meraih penghargaan sebagai "7 Most Popular Brand of the Year 2024" kategori Keuangan Asuransi Jiwa, yang diberikan oleh Jawa Pos bekerjasama dengan Infovesta, salah satu perusahaan riset dan pengolahan data di Indonesia. Direktur Pemasaran BRI Life Sutadi hadir mewakili manajemen BRI Life untuk menerima penghargaan 7 brand terpopuler untuk 60 kategori sektor pilihan masyarakat Indonesia tersebut, yang diserahkan di Jakarta Selasa (3/9). BRI Life selalu berupaya untuk meningkatkan awarenees, dengan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan jasa asuransi agar lebih dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu perusahaan asuransi yang terpercaya, dalam memberikan solusi jaminan perlindungan asuransi jiwa dan Kesehatan.

Berita Foto - Peresmian Customer Care Centre

Investor Daily, hal 11, 05/09/2024

Berita Foto - Layanan Digital

Kontan, hal 10, 05/09/2024

Berita Foto - PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS PRUDENTIAL SYARIAH

Ekonomi Neraca, hal 9, 05/09/2024

Iklan - Pengumuman Rencana Kerja Pendirian Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk

Bisnis Indonesia, hal 7, 05/09/2024

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.420,39

IHSG

7.692,24

BI Rate

6.25 %

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Malut Post, Tribun Timur, Kontan, Lampung Post, Haluan Padang, Bali Tribune, radarbandung.id, investor.id, pasardana.id, marketing.co.id, manado.tribunnews.com, bogor-kita.com, sonora.id, Investor Daily, Ekonomi Neraca, Bisnis Indonesia

DOWNLOAD PDF