AAJI Daily News - 15 Oktober 2024
Selasa, 15 Oktober 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
INDUSTRI & ASURANSI
Aset DPLK Pertalife Naik
Kontan, hal 10, 15/10/2024
Aset program wajib Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) PertaLife tumbuh 14% secara tahunan menjadi Rp 4,3 triliun per Agustus 2024. Pengurus Business & Quality Assurance DPLK Pertalife, Deny Kuriniawan bilang, aset yang dikelola lewat program bernama Dana Kompensasi Pascakerja ini naik berkat meningkatnya pendanaan terhadap kewajiban imbalan pascakerja. Di sisi lain, bertambahnya jumlah karyawan yang dibarengi oleh perubahan kebijakan usia pensiun normal di beberapa perusahaan juga turut menambah nilai kewajiban imbalan pascakerja. Deny menyebut pendapatan investasi DPLK Pertalife yang tumbuh 10% secara tahunan pada Agustus juga turut mendorong kenaikan aset perusahaan. Hingga akhir tahun 2024, DPLK Pertalife menargetkan aset dana kelolaan bisa mencapai Rp 6,7 triliun. Untuk mengejar target tersebut, DPLK Pertalife akan melanjutkan sinergi dengan Pertamina Grup hingga melakukan cross selling program dari klien yang ada.
Kolaborasi Penanaman 1.500 Pohon Mangrove
tribunnews.com, 14/10/2024
Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life, Christine Setyabudhi memberikan sambutan disela-sela kolaborasi penanaman 1.500 pohon mangrove di Jakarta, Senin (14/10/2024). PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), melanjutkan 10 tahun komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dan masyarakat dimana tahun ini kembali berkolaborasi dengan Yayasan Lindungi Hutan dalam penanaman 1500 pohon mangrove di Pesisir Pantai Tangkolak, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Aktivitas ini merupakan bagian dari kampanye '1 POLIS = 1 POHON', yang merupakan implementasi salah satu pilar Environment, Social, & Governance (ESG) untuk ekonomi keuangan berkelanjutan Indonesia.
Apik Kelola HCMS, Kinerja Hahwha Life Meningkat
topbusiness.id, 14/10/2024
PT Hanwha Life Insurance Indonesia merupakan perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan asal Korea yang memiliki visi menjadi Perusahaan Asuransi No. 1 yang menggunakan Insure-Tech & TOP 15 Agency with 500K Hanwha Friends. Dalam memasarkan produknya, Hanwha Life memiliki bermacam lini penjualan seperti; Lini Keagenan, Lini Bancassurance, Lini Direct Marketing, Lini Group Health dan Layanan Nasabah. Mengikuti penjurian dalam ajang Top HC Awrds 2024 oleh Majalah Top Business, Alexander Febriano Widjanarko selaku Director & CCO PT Hanwha Life Insurance Indonesia memaparkan sejumlah langkah dan strategi meningkatkan pertumbuhuan kinerja bisnis, salah satunya penerapan Human Capital Management System. PT Hanwha Life Insurance Indonesia memiliki sejumlah program guna mendukung pertumbuhan bisnis, diantaranya yaitu Sistem Talent Management. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan talenta terbaik. Fitur-fitur seperti perencanaan suksesi, penilaian kinerja, dan pengembangan karir sangat penting untuk memastikan kesinambungan bisnis. Adapula Platform Pembelajaran Online atau LMS. LMS menyediakan akses mudah bagi karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan. Dengan LMS, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan bisnis yang terus berubah.
Pentingnya Transparansi dalam Akuntansi Manajerial: Kasus Wanaartha Life
kompasiana.com, 14/10/2024
Kasus Wanaartha Life muncul setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan adanya ketidaksesuaian dalam laporan keuangan perusahaan. Wanaartha dilaporkan tidak mencatat polis asuransi senilai Rp 12,1 triliun dalam laporan kewajibannya, sehingga menciptakan kesan bahwa kondisi keuangan perusahaan lebih baik dari yang sebenarnya. Perusahaan menggunakan Kantor Akuntan Publik (KAP) Crowe Indonesia untuk audit laporan mereka dari tahun 2014 hingga 2019, tetapi manipulasi ini baru terungkap setelah pemeriksaan mendalam oleh OJK. OJK mengambil tindakan tegas dengan mencabut izin operasi Wanaartha Life, dan Kementerian Keuangan membekukan izin akuntan publik yang terkait dalam kasus ini. Tindakan ini menunjukkan komitmen regulator untuk menjaga integritas dan transparansi di sektor keuangan. Kasus Wanaartha Life adalah contoh nyata bagaimana kurangnya transparansi dan pengawasan internal dapat menyebabkan kerugian besar. Di sinilah akuntansi manajerial memiliki peran penting.Akuntansi manajerial membantu manajemen dalam memahami dan mengendalikan keuangan perusahaan melalui sistem pelaporan yang akurat, analisis biaya, dan evaluasi kinerja.
Gandeng MNC Life, Bank Dassa Hadirkan Perlindungan Jiwa bagi Nasabah
inews.id, 14/10/2024
Bank Dassa resmi bekerja sama dengan PT MNC Life Assurance, anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) pada, Senin (14/10/2024). Kolaborasi ini dijalin untuk memberikan perlindungan menyeluruh kepada nasabah. Direktur Utama Bank Dassa, Pahala David menjelaskan, perlindungan diberikan dalam bentuk jaminan pelunasan sisa kredit apabila nasabah meninggal dunia atau mengalami cacat tetap sebelum kewajiban kreditnya terpenuhi. Dia menambahkan, kemitraan dengan MNC Life memberikan nilai tambah bagi nasabah Bank Dassa. Menurutnya, program ini juga mencerminkan komitmen perusahaan untuk menyediakan solusi keuangan yang menyeluruh dan mendukung kebutuhan nasabah dalam jangka panjang. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT MNC Life Assurance, Risye Dillianti mengatakan, MNC Life terus melakukannya kolaborasi dan sinergi dengan partner-partner yang bisa bertumbuh bersama. Dia meyakini kerja sama dengan Bank Dassa bisa membuahkan manfaat bagi masyarakat dan juga kedua belah pihak.
Rampungkan Akuisisi, Kitabisa Hadirkan Layanan Asuransi Jiwa Syariah
idxchannel.com, 14/10/2024
PT Asuransi Jiwa Kita Bisa resmi meluncurkan produk asuransi jiwa syariah dengan nama Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa. Langkah ini menjadi ekspansi terbaru yang dilakukan Asuransi Kitabisa, usai merampungkan proses akuisisi PT Asuransi Jiwa Syariah Amanah Githa. Selanjutnya, lembaga asuransi tersebut diubah namanya menjadi PT Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa, yang telah mengantongi izin dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut Chief Executive Officer Asuransi Kitabisa, Bryan Silfanus, praktik bisnis asuransi pada dasarnya merupakan sekumpulan orang yang saling menjaga ketika ada musibah. "Hal ini sejalan dengan tolong-menolong yang selama ini Kitabisa fasilitasi di platform digital," ujar Bryan. Menurut Bryan, Asuransi Kitabisa membawa pendekatan baru dalam industri asuransi dengan menekankan semangat tolong-menolong. Tak hanya itu, Kitabisa juga aktif dalam upaya edukasi bahwa asuransi tidak hanya tentang risiko finansial, namun juga tentang membangun komunitas yang saling membantu dan berbagi beban bersama.
Raih Best Reinsurance, Indonesia Re perkuat posisi pemimpin pasar
antaranews.com, 14/10/2024
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), Indonesia Re, meraih penghargaan sebagai Best Reinsurance dalam ajang Insurance Award 2024 yang semakin mengukuhkan posisi Indonesia Re sebagai pemimpin pasar reasuransi di Indonesia. Penghargaan tersebut juga menunjukkan kontribusi signifikan Indonesia Re dalam mendukung pertumbuhan dan stabilitas industri asuransi di Indonesia. Direktur Keuangan dan Aktuaria Indonesia Re, Maria Elvida Rita Dewi dalam keterangan pers pada Senin mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim dalam menjaga kualitas layanan dan kinerja perusahaan. Indonesia Re terus berkomitmen untuk memberikan solusi reasuransi yang inovatif dan handal, serta mendukung pertumbuhan industri asuransi di Indonesia.
Astra Life Luncurkan AVA Asya Hasanah Proteksi
swa.co.id, 14/10/2024
Astra Life meluncurkan AVA Asya Hasanah Proteksi yang merupakan Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI) atau unit link sesuai prinsip Syariah yang dijual di kanal distribusi bancassurance bersama Unit Usaha Syariah Permata Bank. Nico Tahir selaku Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menuturkan, bahwa mereka optimistis dapat terus menjangkau lebih banyak nasabah melalui produk-produk yang akan diluncurkan sepanjang tahun 2024. "Kali ini, kami meluncurkan AVA Asya Hasanah Proteksi yang sesuai dengan prinsip syariah sebagai wujud upaya Astra Life untuk semakin melengkapi portofolio produk yang ditawarkan di kanal bancassurance Unit Usaha Syariah Permata Bank, setelah sebelumnya hadir melalui produk asuransi jiwa tradisional. AVA Asya Hasanah Proteksi memberikan perlindungan menyeluruh dan booster investasi untuk perencanaan keuangan. Produk ini juga telah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Great Eastern Life Indonesia Ajak Ratusan Siswa Solo Melek Finansial
marketing.co.id, 14/10/2024
Sebagai bagian dari rangkaian Bulan Inklusi Keuangan 2024, Great Eastern Life Indonesia mengadakan kegiatan literasi finansial di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat, Surakarta, pada Senin (7/10/2024). Diikuti 374 siswa, acara ini bertujuan membekali mereka keterampilan pengelolaan keuangan sejak dini agar dapat lebih bijak dalam menggunakan uang dan siap menghadapi tantangan keuangan di masa depan. Kegiatan dimulai dengan jalan sehat bersama seluruh siswa untuk membangun semangat dan memastikan kondisi fisik mereka tetap bugar. Jalan sehat ini memberikan energi tambahan sebelum para siswa mengikuti sesi literasi finansial, sehingga mereka lebih siap dan antusias dalam menerima materi. Aktivitas ini juga menekankan pentingnya keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental dalam mencapai tujuan keuangan dan hidup yang lebih baik. Kota Solo dipilih sebagai lokasi kegiatan karena daerah ini masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah dibandingkan beberapa wilayah lain di Jawa Tengah.
MSIG Life Catat Premi dari Unitlink Naik 11% Jadi Rp 896 Miliar pada Agustus 2024
keuangan.kontan.co.id, 14/10/2024
Perusahaan asuransi jiwa, PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (LIFE) mencatat premi dari produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (paydi) atau unitlink tumbuh 11% secara year on year (YoY) per Agustus 2024. Head of Customer and Marketing MSIG Life, Lukman Auliadi mengatakan, MSIG Life akan selalu melakukan strategi untuk meningkatkan premi unitlink. Diantaranya dengan adaptasi regulasi, memantau dan menyesuaikan operasi perusahaan dengan regulasi baru guna memastikan kepatuhan dan efisiensi. Selanjutnya, Lukman mengatakan, MSIG Life juga akan melakukan inovasi produk dengan mengintegrasikan umpan balik dari pelanggan dan tren pasar ke dalam pengembangan produk agar tetap relevan dan kompetitif.
Avrist dan Fuse Jalin Kerja Sama, Hadirkan Solusi Asuransi Jiwa
investor.id, 14/10/2024
PT Avrist Assurance (Avrist) kembali meluncurkan langkah strategis untuk memperluas cakupan asuransi digitalnya. Bekerja sama dengan perusahaan insurtech Fuse, Avrist memperkenalkan produk asuransi jiwa perorangan bernama MyLife Cover. Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Presiden Direktur Avrist, Simon Imanto, dan CEO Fuse, Ivan Sunandar, di Kantor Pusat Fuse, Jakarta, Kamis (10/10/2024). Turut hadir Kenji Jahja, Direktur Marketing & PR Fuse, Eries Taqwa, VP Distribution Support & Corporate Communication Avrist, Willy Handy Wijaya, Department Head of Digital Partnership Avrist, dan Anneke Rombot, Head of Sales Fuse. Presiden Direktur Avrist, Simon Imanto menyatakan bahwa kerja sama ini adalah langkah strategis untuk memperluas akses masyarakat terhadap asuransi dengan memanfaatkan teknologi. Melalui aliansi ini, mereka percaya bahwa teknologi menjadi salah satu kunci bagi mereka menghadirkan solusi perlindungan asuransi berbasis digital yang lebih relevan dengan kondisi masyarakat.
Rencana Akuisisi Allianz terhadap NTUC Income Batal, Pemerintah Singapura Intervensi?
internasional.kontan.co.id, 14/10/2024
Pada bulan Juli 2024, perusahaan asuransi asal Jerman, Allianz, mengumumkan rencana untuk mengakuisisi mayoritas saham NTUC Income, sebuah perusahaan asuransi sosial di Singapura. Rencana ini memicu reaksi keras dari masyarakat, termasuk beberapa tokoh terkemuka di Singapura, yang menyuarakan kekhawatiran terkait keberlanjutan misi sosial NTUC Income di bawah kepemilikan baru. Allianz berencana untuk membeli saham mayoritas NTUC Income dengan nilai transaksi sekitar US$1,6 miliar. Sejak pengumuman rencana ini, muncul kekhawatiran dari berbagai pihak bahwa akuisisi oleh perusahaan multinasional seperti Allianz dapat mengubah fokus NTUC Income dari misi sosialnya. NTUC Income dikenal sebagai lembaga yang memberikan perlindungan asuransi terjangkau bagi pekerja berpenghasilan rendah di Singapura, dan publik khawatir bahwa fokus ini akan tergeser oleh kepentingan komersial perusahaan besar asing. Menanggapi kekhawatiran publik dan berbagai masukan dari tokoh masyarakat, Menteri Kebudayaan, Komunitas, dan Pemuda, Edwin Tong, menyampaikan pernyataan resmi di parlemen pada 14 Oktober 2024. Dalam pernyataan tersebut, ia mengungkapkan bahwa setelah menilai rencana transaksi yang diajukan, pemerintah memutuskan bahwa transaksi tersebut tidak sesuai dengan kepentingan publik dalam bentuknya saat ini. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk menghentikan proses akuisisi tersebut.
Simpel Tapi Stylish, Intip Yuk Gaya Outfit Neny Asriany, Dirut BNI Life Insurance
herstory.co.id, 14/10/2024
Sosok Neny Asriany merupakan salah satu srikandi yang menginspirasi. Saat ini dirinya menjabat sebagai Direktur Utama PT BNI Life Insurance. Neny jadi salah satu wanita hebat yang menduduki jabatan strategis di BUMN. Bisa di posisi ini, Neny ternyata selalu mengimbangi kariernya dengan kapabilitas dan kompetensi yang mumpuni. Selain itu, meski jabatannya tinggi, Neny bisa multitasking dengan menjalankan perannya juga sebagai seorang ibu dan istri. Nah, karena kehebatan Neny sudah banyak yang bahas, Herstory hanya akan mengulas tentang gaya outfit Neny yang simpel dan stylish.
Asuransi Jiwa Baru Jangkau 6,6% Populasi RI per Semester I/2024
finansial.bisnis.com, 14/10/2024
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat bahwa per semester I/2024 penetrasi industri asuransi jiwa mencapai 0,8% dari produk domestik bruto (PDB). Sementara berdasarkan jangkauannya, penetrasi asuransi jiwa baru mencapai 6,6% dari populasi. Ketua Bidang Produk, Manajemen Risiko & GCG AAJI, Fauzi Arfan menjelaskan bahwa tantangan utama penghambat penetrasi asuransi jiwa adalah literasi masyarakat yang belum optimal. "Tantangan utama yang dihadapi industri adalah persepsi bahwa produk asuransi cenderung kompleks dan sulit dipahami. Hal ini membuat banyak orang ragu untuk membeli asuransi," kata Fauzi. Strategi AAJI untuk meningkatkan penetrasi asuransi jiwa adalah dengan aktif meningkatkan literasi keuangan melalui berbagai program edukasi yang menyasar beragam lapisan mulai dari seminar di kampus hingga komunitas ibu rumah tangga. Selain itu, industri asuransi jiwa juga merespons dengan terus melakukan pengembangan produk asuransi jiwa yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Fauzi mencotohkan produk seperti asuransi mikro atau produk unit-linked dapat memperluas jangkauan pasar. Menurutnya produk yang mudah dipahami dan terjangkau juga akan meningkatkan daya tarik asuransi jiwa bagi masyarakat luas.
Indonesia Re Gelar Pelatihan Public Speaking untuk Tenaga Magang Beasiswa Berprestasi
jpnn.com, 15/10/2024
PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang pendidikan, khususnya bagi putra putri karyawan alih daya dan pelaksana. Hal itu diselenggarakan melalui kegiatan Capacity Building dan pelatihan Public Speaking yang ditujukan bagi tenaga magang berprestasi penerima beasiswa. Kepala Divisi TJSL dan ESG Indonesia Re, Mardian Adhitya mengatakan kegiatan itu tidak hanya sekadar pelatihan, tetapi juga untuk mempersiapkan generasi muda agar memiliki kemampuan komunikasi yang efektif dan mental siap bersaing di dunia kerja. "Kami ingin, peserta pelatihan dua hari ini bisa membawa pulang ilmu, wawasan, dan rancangan rencana karir mereka secara bertahap," ucap Adhitya. Dalam pelatihan public speaking, peserta diajak untuk mengasah keterampilan berkomunikasi secara lisan, mulai dari penyusunan ide hingga cara menyampaikan gagasan dengan jelas dan percaya diri di hadapan audiens. Kegiatan Capacity Building yang diadakan juga memberikan ruang bagi peserta untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan di bidang masing-masing. Sehingga, dapat meningkatkan potensi mereka dan mempersiapkan diri untuk lebih efektif dalam menghadapi tantangan di masa depan. Program ini merupakan tindak lanjut dari hasil rekomendasi Laporan Perhitungan Social Return on Investment (SROI) 2023 yang menunjukkan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan peserta beasiswa.
16.600 Pelari Jakarta Running Festival 2024 Dapat Jaminan Proteksi dari PertaLife Insurance by Pertamina
bumnreview.com, 15/10/2024
PertaLife Insurance, perusahaan asuransi jiwa, kesehatan dan pengelolaan dana pensiun yang merupakan perusahaan afiliasi dari PT Pertamina (Persero) kembali membuktikan diri sebagai perusahaan yang peduli dengan dunia olahraga dan kesehatan. PertaLife Insurance memberikan dukungannya pada ajang Jakarta Running Festival (JRF) 2024 yang berlangsung di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada 10-13 Oktober 2024 lalu. "Total 16.600 pelari yang berpartisipasi dalam acara bergengsi ini dapat berlari dengan lebih tenang, karena PertaLife Insurance memberikan perlindungan asuransi melalui produk Group Term Life yaitu bila selama masa pertanggungan, peserta meninggal dunia secara normal (natural death), meninggal akibat kecelakaan, cacat total akibat kecelakaan, maka peserta akan mendapatkan Uang Pertanggungan senilai Rp25.000.000/orang, sedangkan bila peserta mengalami kecelakaan akan mendapatkan biaya perawatan senilai Rp5.000.000/orang. Selain 16.600 pelari, PertaLife Insurance juga memberikan proteksi untuk Panitia penyelenggara yang terlibat." Jelas Ratih Wijaya , Corporate Communication PertaLife Insurance. Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi dalam kesempatan terpisah mengatakan, bahwa perusahaan sangat antusias mendukung JRF 2024 ini. Olahraga merupakan gaya hidup sehat yang perlu didukung, PertaLife Insurance akan berpartisipasi dengan penyediaan asuransi bagi peserta, dan juga penyelenggara.
Berita Foto - Program ESG BCA Life Tanam 1.500 Pohon MangroveA
Investor Daily, hal 8, 15/10/2024
Berita Foto - KOLABORASI
Ekonomi Neraca, hal 4, 15/10/2024
Berita Foto - Kampanye Lingkungan BCA Life
Kontan, hal 10, 15/10/2024
Iklan - LAPORAN KEUANGAN PT REASURANSI NASIONAL INDONESIA.VIII
Ekonomi Neraca, hal 4, 15/10/2024
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.576,65 |
IHSG |
7.602,90 |
BI Rate |
6.00 % |
Sumber Media:
Kontan, tribunnews.com, topbusiness.id, kompasiana.com, inews.id, idxchannel.com, antaranews.com, swa.co.id, marketing.co.id, keuangan.kontan.co.id, investor.id, internasional.kontan.co.id, herstory.co.id, finansial.bisnis.com, jpnn.com, bumnreview.com, Investor Daily, Ekonomi Neraca
