AAJI Daily News - 23 Oktober 2024
Rabu, 23 Oktober 2024
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
1 Kinerja Kanal Digital Terus Meningkat
2 TUAH PROGRAM PRABOWO DI ASURANSI
3 Penguatan Kanal Digital Jadi Solusi untuk Atasi Penurunan Penetrasi Asuransi Jiwa
4 AAJI: Aksi Bajak-Membajak Aktuaris Jarang Terjadi
5 Bisnis Manajer Investasi Lesu Tergerus Aturan Unitlink
6 Jiwasraya Catat Program Restrukturisasi Bertambah 648 Polis
7 Jelang Pembubaran Perseroan, Peserta Program Restrukturisasi Jiwasraya Bertambah 648 Polis
8 179 Lembaga Keuangan Dianugerahi Penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024
9 Allianz Jadi Brand Asuransi Nomor 1 di Dunia&Perkuat Valuasi Brand dengan Inisiatif
10 Lansia di Asia Tidak Terlalu Tertarik Punya Asuransi Jiwa, Kenapa?
11 Nat cat insured losses up 5% from 10-year average
12 World Economic Outlook, October 2024: Policy Pivot, Rising Threats
13 IAIS sets strategic direction for 2025-2029
14 Strategic Plan and Roadmap
TENTANG AAJI
Kinerja Kanal Digital Terus Meningkat
Kontan, hal 10, 23/10/2024
Perusahaan asuransi jiwa akan terus melakukan penguatan kanal digital dalam mendorong penetrasi. Maklum, kanal ini dianggap efektif dalam meningkatkan penetrasi pasar, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, kanal digital efektif mendorong penetrasi asuransi jiwa karena mempermudah akses bagi pemegang polis.
TUAH PROGRAM PRABOWO DI ASURANSI
Bisnis Indonesia, hal 15, 23/10/2024
Sejumlah program unggulan Presiden Prabowo Subianto bakal menjadi berkah bagi sektor asuransi seiring residen terpilih setidaknya memiliki sejumlah program prioritas yang terkait dengan sektor asuransi. Ambil contoh, program pengadaan 3 juta unit rumah. Program ini tentu bakal dibarengi dengan peningkatan penetrasi asuransi properti hingga kredit.
Penguatan Kanal Digital Jadi Solusi untuk Atasi Penurunan Penetrasi Asuransi Jiwa
kontan.co.id, 22/10/2024
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai bahwa penguatan kanal digital bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi penurunan penetrasi di industri asuransi jiwa. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu mengatakan, kanal digital mempermudah akses bagi pemegang polis, memungkinkan mereka untuk mencari informasi dan membeli produk asuransi kapan saja dan di mana saja. Terlebih, penguatan melalui digital dianggap akan efektif, hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah pendapatan premi dari kanal distribusi e-commerce.
AAJI: Aksi Bajak-Membajak Aktuaris Jarang Terjadi
infoekonomi.id, 22/10/2024
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menegaskan bahwa aksi bajak-membajak aktuaris dalam industri asuransi jiwa sangat jarang terjadi. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu, menjelaskan bahwa perusahaan asuransi jiwa lebih memilih untuk fokus pada pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia, khususnya aktuaris.
INDUSTRI & ASURANSI
Bisnis Manajer Investasi Lesu Tergerus Aturan Unitlink
Kontan, hal 1, 23/10/2024
Perusahaan asing yang hengkang dari pasar modal Indonesia berpotensi bertambah. Sebelumnyaada RHB Sekuritas yang menjual unit usaha ke Allianz Life dan Aberdeen Standard Investments Indonesia yang hengkang dari pasar Indonesia. Kini ada kabar Schroders Pic akan melepas bisnis aset manajemen di Indonesia. BNI Asset Management dikabarkan berniat meminang bisnis perusahaan asal Inggris ini. Yang terbaru, ada kabar PT Ashmore Asset Management Indonesia juga berniat hengkang dari Indonesia.
Jiwasraya Catat Program Restrukturisasi Bertambah 648 Polis
Ekonomi Neraca, hal 5, 23/10/2024
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat peserta program restrukturisasi bertambah 618 polis menjelang pembubaran perusahaan asuransi tersebut. Direktur yang melaksanakan tugas Direktur Utama Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan pada periode September 2024, terdapat 648 polis yang awalnya menyatakan tidak bersedia, akhirnya memutuskan untuk mengikuti Program Restrukturisasi Jiwasraya.
Jelang Pembubaran Perseroan, Peserta Program Restrukturisasi Jiwasraya Bertambah 648 Polis
kompas.com, 22/10/2024
Jelang pembubaran perseroan, jumlah peserta Program Restrukturisasi Jiwasraya dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatatkan peningkatan yang signifikan. Per September 2024, sebanyak 648 pemegang polis yang sebelumnya menolak, kini memutuskan untuk bergabung dalam program tersebut.
179 Lembaga Keuangan Dianugerahi Penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024
infobanknews.com, 22/10/2024
Majalah digital The Finance yang merupakan bagian dari Infobank Media Group memberikan penghargaan kepada 179 lembaga keuangan dalam ajang “Top 20 Financial Institutions Award 2024” di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2024. Adapun lembaga keuangan yang mendapat penghargaan tersebut terdiri dari sektor perbankan, perusahaan asuransi jiwa dan umum, reasuransi, serta perusahaan pembiayaan.
Allianz Jadi Brand Asuransi Nomor 1 di Dunia&Perkuat Valuasi Brand dengan Inisiatif
pressrelease.kontan.co.id, 22/10/2024
Allianz terus melesat ke posisi teratas jajaran brand paling kuat di dunia pada tahun 2024, didorong oleh proposisi nilai karyawan yang kuat, komitmen untuk membangun kepercayaan melalui keberlanjutan, serta kemitraan bergengsi di bidang olahraga. Untuk pertama kalinya, Allianz dinobatkan sebagai salah satu dari 30 brand paling bernilai di dunia, naik dua peringkat ke posisi 29 dalam peringkat Best Global Brands dari Interbrand tahun ini. Allianz diakui sebagai brand jasa keuangan paling bernilai untuk keenam kalinya secara berturut-turut, dimana Allianz meningkatkan nilai brand-nya menjadi USD23,5 miliar (pada tahun 2023: USD20,85 miliar) dan mengungguli pertumbuhan sektor jasa keuangan sebesar 7%.
Lansia di Asia Tidak Terlalu Tertarik Punya Asuransi Jiwa, Kenapa?
mediaasuransinews.co.id, 22/10/2024
Sebanyak satu dari lima lansia tidak tertarik untuk memiliki asuransi jiwa. Hal itu terjadi meskipun hampir sepertiga populasi Asia Timur dan hampir sepertiga populasi Asia Selatan dan Barat diperkirakan berusia 65 tahun ke atas pada 2060, yaitu sekitar 1,2 miliar orang. Dilansir dari Insurance Asia, Selasa, 22 Oktober 2024, menurut laporan dari Reinsurance Group of America (RGA) berjudul ‘Ageing in Asia: Inclusive Insurance Study on Seniors‘, banyak pasar di Asia sangat menghargai layanan kesehatan publik.
INSURANCE ON THE GLOBAL NEWS
Nat cat insured losses up 5% from 10-year average
commercialriskonline.com, 17/10/2024
Insured losses from global natural catastrophes totalled at least $108bn through the first nine months of this year, just 5% higher than the ten-year average of $102bn, according to a report from Gallagher Re, the reinsurance brokerage of Arthur J Gallagher. The preliminary estimates do not include insured losses from Hurricane Milton, which made landfall in Florida on 9 October. Public and privately insured natural catastrophe losses for the first nine months were down 11% on the $122bn recorded in the first nine months of 2023. The US accounted for more than $77bn, or 71% of the nine-month insured loss total, above the region’s decadal average of $65bn.
World Economic Outlook, October 2024: Policy Pivot, Rising Threats
imf.org, 22/10/2024
Global growth is expected to remain stable yet underwhelming. However, notable revisions have taken place beneath the surface since April 2024, with upgrades to the forecast for the United States offsetting downgrades to those for other advanced economies, in particular, the largest European countries. Likewise, in emerging market and developing economies, disruptions to production and shipping of commodities—especially oil—conflicts, civil unrest, and extreme weather events have led to downward revisions to the outlook for the Middle East and Central Asia and that for sub-Saharan Africa.
IAIS sets strategic direction for 2025-2029
iaisweb.org, 22/10/2024
The International Association of Insurance Supervisors (IAIS) today published its Strategic Plan 2025-2029. The plan was developed through a rigorous process of engagement with IAIS members and stakeholders. “The 2025-2029 Strategic Plan builds on the achievements of the previous five-year period,” said IAIS Executive Committee Chair Shigeru Ariizumi. “Looking ahead, the IAIS will place a greater emphasis on implementation of our standards and on the themes of climate change, digital innovation and societal resilience.”
Strategic Plan and Roadmap
iaisweb.org, 22/10/2024
The Strategic Plan sets the strategic direction for the Association over the 2025-2029 period in support of its mission. It articulates the core objectives of the IAIS, identifies a set of strategic themes and sets out the operational priorities. Together, these elements will shape the IAIS’ activities over the five years 2025-2029. Under the Strategic Plan, the IAIS will deliver support for its members across the full range of supervisory mandates, including financial stability, policyholder protection, fair treatment of customers, financial inclusion and market development. The Strategic Plan also guides and sets priorities for the IAIS’ annual work programme, known as the Roadmap. The Roadmap prioritises IAIS projects and activities over a two-year period but undergoes annual adaptations to align with newly identified risks and trends.
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR 15.634,15
IHSG 7.777,52
BI Rate 6.00 %
Sumber Media:
Kontan, Bisnis Indonesia, kontan.co.id, infoekonomi.id, Ekonomi Neraca, kompas.com, infobanknews.com, pressrelease.kontan.co.id, mediaasuransinews.co.id, commercialriskonline.com, imf.org, iaisweb.org
