AAJI Daily News - 03 Oktober 2022


Senin, 03 Oktober 2022                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Jumlahnya Terus Menyusut, Apakah Kehadiran Agen Asuransi Masih Dibutuhkan?
  2. Asuransi jiwa berjangka Pasar 2022 menyoroti Tren Terbaru, Pertumbuhan Pasar, dan Peluang Bisnis hingga 2028
  3. IFG dan IFG Life Berkolaborasi dalam Program Insurance Goes to Campus
  4. Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa
  5. Aset Sitaan Jiwasraya & Asabri Jadi Suntikan Modal IFG

INDUSTRI & ASURANSI

Jumlahnya Terus Menyusut, Apakah Kehadiran Agen Asuransi Masih Dibutuhkan?

Jumlah tenaga pemasar asuransi dari kanal keagenan terus menyusut. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per Semester I/2022 jumlahnya hanya mencapai 507.206 atau turun 3,5% dari tahun sebelumnya yang mencapai 525.694. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan, penurunan jumlah agen disebabkan oleh sejumlah faktor, diantaranya rekrutmen agen yang memang membutuhkan proses panjang, tidak mudah, dan membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Selain itu juga, masa berlaku lisensi agen yang hanya dua tahun telah habis, agen melakukan resign atau meninggal dunia.

Link https://keuangan.kontan.co.id/news/jumlahnya-terus-menyusut-apakah-kehadiran-agen-masih-dibutuhkan

Asuransi jiwa berjangka Pasar 2022 menyoroti Tren Terbaru, Pertumbuhan Pasar, dan Peluang Bisnis hingga 2028

03/10/22 PramukaPos.com – Laporan Pasar Asuransi jiwa berjangka mencakup informasi mengenai pangsa pasar, prospek pertumbuhan, dan ruang lingkup industri. Laporan ini memberikan tujuan penelitian, gambaran rinci, status impor/ekspor, segmentasi pasar dan penilaian ukuran pasar. Laporan tersebut mengamati banyak faktor pendorong yang mendalam dan berpengaruh yang menggambarkan pasar dan industri. Laporan ini juga memberikan pandangan pasar yang komprehensif, termasuk analisis rantai nilai, analisis historis, peluang, kemajuan teknologi, pengembangan produk, penggerak dan kendala pasar, dan kendala masa depan.

Link : https://pramukapos.com/2022/10/02/asuransi-jiwa-berjangka-pasar-2022-menyoroti-tren-terbaru-pertumbuhan-pasar-dan-peluang-bisnis-hingga-2028/

IFG dan IFG Life Berkolaborasi dalam Program Insurance Goes to Campus

03/10/22 Republika – Pada Rabu (28/9/2022) Indonesia Financial Group (IFG) selaku BUMN Holding Asuransi, Penjaminan, dan Investasi menggandeng salah satu anak perusahaannya, yaitu PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menginisiasi kegiatan literasi keuangan. Agenda ini bertajuk Insurance Goes to Campus (IGTC) 2022 dengan tema Share Your Dreams: Life After Graduates. Kegiatan Insurance Goes to Campus 2022 ini diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI). Acara dikemas secara fun dan interaktif sebagai bagian peningkatan literasi keuangan, khususnya sektor asuransi di kalangan generasi muda.

Link : https://www.republika.co.id/berita/rj5u5l459/ifg-dan-ifg-life-berkolaborasi-dalam-program-insurance-goes-to-campus

Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa

03/10/22 Neraca – PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life Indonesia”) melalui kerja sama bancassurance dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) kini memperluas jangkauan produknya dengan menghadirkan Sun Proteksi Jiwa (Si Jiwa) bagi nasabah CIMB Niaga. Sun Proteksi Jiwa merupakan produk asuransi jiwa tradisional dengan premi terjangkau dan fleksibel yang disesuaikan untuk generasi produktif. Menawarkan beragam keunggulan dan manfaat perlindungan, Sun Proteksi Jiwa dapat dimanfaatkan sebagai pengganti penghasilan atau dana warisan jika terjadi risiko pada kepala keluarga sehingga kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan tetap terpenuhi dan tujuan finansial keluarga di masa mendatang tetap tercapai.

Link: https://www.neraca.co.id/article/169399/sun-life-indonesia-dan-cimb-niaga-hadirkan-sun-proteksi-jiwa  

Aset Sitaan Jiwasraya & Asabri Jadi Suntikan Modal IFG

03/10/22 Bisnis Indonesia – Pemerintah berencana menggulirkan penyertaan modal negara (PMN) kepada holding BUMN Asuransi, Indonesia Financial Group atau IFG yang berasal dari asset sitaan kasus PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero). Direktur Utama IFG Robertus Bilitea mengatakan rencana pemerintah memberikan PMN menjadi modal yang memperkuat kondisi keuangan PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life sebagai pengelola polis hasil restrukturisasi dari Jiwasraya. Sementara itu, modal dari asset Asabri akan disalurkan kepada Asabri.

Halaman : 15

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.288

IHSG (per 3 Oktober 2022)

7.009

BI Rate

-

 

 

 

 

 

Sumber Media: Kontan, PramukaPos.com, Republika, Neraca, Bisnis Indonesia.

 

DOWNLOAD PDF