AAJI Daily News - 9 Desember 2022


Kamis, 8 Desember 2022                                                            

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Pemegang Saham Buron, Tim Likuidasi Juga Belum Jelas
  2. Ada 13 Asuransi Masuk Pengawasan Khusus OJK
  3. Panin Dai-Ichi Life Kembali bayar Pertanggungan Kesehatan
  4. Peluncuran Produk Asuransi Terbaru
  5. Kinerja Makin Lesu, Ini Langkah OJK Memulihkan Kinerja Industri Asuransi Jiwa
  6. OJK Izinkan Perusahaan Asuransi Baru Beroperasi, Asuransi Untuk Semua

INDUSTRI & ASURANSI

Pemegang Saham Buron, Tim Likuidasi Juga Belum Jelas

09/12/22 Kontan Pencabutan izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha Life (Wanaartha Life) telah menimbulkan pertanyaan baru para pemegang polisnya. Sebab, pembentukan tim likuidasi dikhawatirkan menyusahkan mereka untuk mengharapkan dananya kembali. Sebagai informasi, saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memerintahkan pemegang saham menyelenggarakan rapat umum pemegang saham (RUPS) dengan agenda pembubaran badan hukum dan pembentukan tim likuidasi, paling lambat 30 hari sejak pencabutan izin usaha Wanaartha Life.

Halaman : 10

Ada 13 Asuransi Masuk Pengawasan Khusus OJK

09/12/22 Kontan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam waktu dekat berencana untuk mengkaji dana meninjau ulang produk asuransi saving plan yang ditawarkan perusahaan. Perlu diketahui, Saving plan merupakan salah satu jenis produk asuransi yang menawarkan asuransi jiwa dalam jangka waktu tertentu sekaligus manfaat tabungan atau investasi yang dapat dicairkan Pengamat asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, sejak kasus Jiwasraya dengan saving plan belum ada larangan untuk produk ini sama sekali. Saving plan menjadi perhatian OJK setelah Wanaartha Life juga memiliki masalah dengan produk asuransi serupa.

Halaman : 10

Panin Dai-Ichi Life Kembali bayar Pertanggungan Kesehatan

09/12/22 Investor daily Business Development Director Panin Dai-ichi Life Rosni Tanutama (kiri), didampingi Owner General Agency Unity Mitra Abadi Sulastri (kanan) dan President Agency Manager Jhosefp Jupiter (kedua kiri) secara simbolis menyerahkan klaim kepada perwakilan ahli waris nasabah dengan total nilai Rp 7,8 Miliar di Medan, Sumatera Utara, Kamis, 8 Desember 2022. Klaim ini merupakan salah satu manfaat dari produk Additional Crisis Cover, Optima Crisis Cover Plus, Waiver of Premium yang dipasarkan melalui jalur keagenan. Per 30 September 2022, total aset konvensional Panin Dai-ichi Life tercatat sebesar Rp 9,1 Triliun dengan tingkat solvabilitas (RBC) di level 1.516,10%, jauh lebih besar dari ketentuan OJK. Sepanjang tahun dari bulan Januari sampai dengan September 2022, Panin Dai-ichi Life telah membayarkan klaim dengan total nilai lebih dari Rp 536 Miliar yang meliputi klaim Kesehatan, Tutup Usia, dan Penyakit Kritis.

Halaman : 20

Peluncuran Produk Asuransi Terbaru

09/12/22 Bisnis Indonesia – PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali meluncurkan produk terbaru asuransi kesehatan, BCA Life Perlindungan Kesehatan Ultima. Peluncuran BCA Life Perlindungan Kesehatan Ultima demi menjawab kebutuhan industri asuransi di dalam negeri. BCA Life meluncurkan BCA Life Perlindungan Kesehatan Ultima,asuransi kesehatan cashless dengan tawaran manfaat komprehensif, flexible dengan premi terjangkau untuk menambah kenyamanan proteksi Kesehatan di Indonesia.

Halaman : 15

Kinerja Makin Lesu, Ini Langkah OJK Memulihkan Kinerja Industri Asuransi Jiwa

09/12/22 Warta Ekonomi – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan penguatan pada sektor industri asuransi jiwa. Hal ini dilakukan setelah industri asuransi jiwa tak mampu meraih kinerja positif hingga Oktober 2022. Otiritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan premi industri asuransi jiwa mencapai Rp 157,42 triliun pada Oktober 2022. Nilai itu turun 5,76% jika dibandingkan dengan realisasi tahun lalu (yoy). Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, pihaknya terus berupaya agar industri asuransi jiwa bisa tumbuh dan berkembang ke depannya. Diantaranya dengan menyiapkan beberapa langkah untuk memulihkan kinerja industri asuransi jiwa.

Link : https://finance.wartaekonomi.co.id/read15903/kinerja-makin-lesu-ini-langkah-ojk-memulihkan-kinerja-industri-asuransi-jiwa

OJK Izinkan Perusahaan Asuransi Baru Beroperasi, Asuransi Untuk Semua

09/12/22 CNN – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan izin usaha baru untuk perusahaan asuransi umum kepada PT Asuransi Untuk Semua. Pemberian izin usaha ini tertuang dalam surat KEP-56/D.05/2022 tertanggal 7 November 2022 seperti dilansir situs OJK pada Jumat (9/12). Asuransi Untuk Semua beralamat di One Pacific Place 10th Floor Unit C, SCBD, Jakarta Selatan. Permohonan izin perusahaan di bidang asuransi umum telah sesuai dengan ketentuan Pasal 9 ayat 1 POJK Nomor 67/POJK.05/2016 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Reasuransi, dan Reasuransi Syariah.

Link : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221209133018-78-885157/ojk-izinkan-perusahaan-asuransi-baru-beroperasi-asuransi-untuk-semua

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.547

IHSG (per 9 Desember 2022)

7.022

BI Rate

-

 

 

 

 

 

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, Investor Daily, CNN, Warta Ekonomi.

DOWNLOAD PDF