AAJI Daily News - 5 Januari 2022


Rabu, 5 Januari 2022                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

 

  1. Gonjang-Ganjing Unit Link: Prudential Bilang Ditangani Serius
  2. Gonjang-Ganjing Unit Link: Prudential Bilang Ditangani Serius
  3. 10 Dosa Unit Link
  4. Begini Cara AIA Tangani Keluhan Nasabah Unit Link
  5. Unit Link: Stop Saja atau Dilanjutkan dengan Banyak Catatan
  6. Unit Link Turmoil Continuing to Grow Amid the Disappointment of Customers
  7. Yuk, Beres-beres Unit Link!
  8. Prudential Indonesia Gandeng Kipin School untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Pada Anak
  9. BPJS Kesehatan Luncurkan Layanan Syariah
  10. Penyelenggaraan Program JKN-KIS Sesuai Syariah
  11. Transformasi Berkelanjutan BRI, 126 Tahun Memberi Makna Indonesia
  12. OJK pastikan Stabilitas Jasa Keuangan
  13. IFG Terima PMN Rp20 Triliun untuk Penguatan Modal Asuransi Jiwa
  14. IFG Bakal Gunakan PMN untuk Penguatan Modal IFG Life
  15. OJK Catat Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga
  16. OJK Catat Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga
  17. Tips Memilih Asuransi Jiwa Bagus Sesuai Kebutuhan Anda
  18. Berita Foto - Kontribusi Pendapatan Premi
  19. Berita Foto - Klaim Axa Mandiri
  20. Edukasi Efektif
  21. Strategi Komunikasi untuk Peningkatan Penjualan

INDUSTRI & ASURANSI

Gonjang-Ganjing Unit Link: Prudential Bilang Ditangani Serius

Bagaimana cara Prudential menangani keluhan nasabah? Kepada Infobank, Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia memberikan penjelasan, akhir Desember 2021. Prudential pastikan bahwa seluruh pengaduan dan keluhan yang disampaikan oleh nasabah, kami tangani satu per satu secara serius dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan Dalam proses pembelian, sebelum memutuskan atau bahkan setelah membeli polis, nasabah akan mendapatkan informasi tentang manfaat polis, biaya, serta asumsi nilai tunai beserta ilustrasinya. Minat masyarakat terhadap produk asuransi unit link pun masih tumbuh, data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pertumbuhan pendapatan premi dari produk asuransi jiwa unit link sebesar 9% secara tahunan (year on year/YoY) hingga akhir kuartal III-2021.

Rctiplus.com /04-01-2022

Gonjang-Ganjing Unit Link: Prudential Bilang Ditangani Serius

Bagaimana cara Prudential menangani keluhan nasabah? Kepada Infobank, Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia memberikan penjelasan, akhir Desember 2021. Prudential pastikan bahwa seluruh pengaduan dan keluhan yang disampaikan oleh nasabah, kami tangani satu per satu secara serius dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan Dalam proses pembelian, sebelum memutuskan atau bahkan setelah membeli polis, nasabah akan mendapatkan informasi tentang manfaat polis, biaya, serta asumsi nilai tunai beserta ilustrasinya. Minat masyarakat terhadap produk asuransi unit link pun masih tumbuh, data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pertumbuhan pendapatan premi dari produk asuransi jiwa unit link sebesar 9% secara tahunan (year on year/YoY) hingga akhir kuartal III-2021.

Infobanknews.com /04-01-2022

10 Dosa Unit Link

Unit link terlihat sebagai sebuah produk yang "berbahaya" dan akan menimbulkan kerugian pada masyarakat selaku pembeli atau konsumen. Selain konsumen asuransi yang secara langsung dirugikan, tentu perusahaan asuransi dan praktisi perasuransian yang telah melakukan perannya dengan baik ikut tercoreng reputasi dan nama baik mereka. Saat ini masyarakat sangsi dan ragu dalam bertransaksi asuransi. Mereka khawatir pengalaman pahit yang dialami korban Jiwasraya, Bumiputera, Kresna Life, Wanaarta Life, Prudential, AXA Mandiri, atau AIA juga akan mereka alami. Ya, industri dan praktisi perasuransian terkena dampak kekeliruan pemasaran dan dosa-dosa unit link ini.

 Info Bank /04-01-2022

Begini Cara AIA Tangani Keluhan Nasabah Unit Link

Keluhan soal produk asuransi unit link kembali ramai. Nama AIA Financial (AIA), sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa yang memasarkan unit link, disebut-sebut dalam permasalahan unit link ini. AIA menyebut, seluruh produknya, termasuk unit link sudah mengikuti ketentuan regulator. Dalam transaksi pemasaran polis, AIA berupaya memastikan agar nasabah telah mendapatkan penjelasan dari tenaga pemasar kami tentang produk yang dibeli, antara lain dengan mendapatkan pernyataan tertulis dari nasabah bahwa nasabah telah menerima penjelasan dari tenaga pemasar mengenai produk unit link yang ditawarkan dan hal-hal yang tercantum pada ilustrasi. AIA turut berperan dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi jiwa. AIA siap bekerja sama dengan pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AAJI, dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus meningkatkan pemahaman dan kepuasan nasabah terhadap produk dan layanan asuransi jiwa, khususnya unit link.

Rctiplus.com /04-01-2022

Unit Link: Stop Saja atau Dilanjutkan dengan Banyak Catatan

Menurut data Infobank Institute yang diolah dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dalam tiga tahun terakhir ini jumlah pengaduan ke OJK terkait unit link terus meningkat. Tahun 2015 pengaduan layanan mengenai asuransi 1.834, lalu menjadi 4.611 (pada Agustus 2021). Bahkan, kasus unit link ini masuk ke gedung wakil rakyat, DPR RI Komisi XI yang mengurusi sektor keuangan dan perbankan. Sejumlah anggota Komisi XI dengan senang menerima komplain dari para korban unit link ini. Lalu, terucap, perlu dilakukan moratorium penjualan unit link sampai masalahnya reda, atau dengan perbaikan.

Info Bank /04-01-2022

Unit Link Turmoil Continuing to Grow Amid the Disappointment of Customers

Unit links have created a commotion in the national insurance industry. Maria Trihartati together with hundreds of unit link customers of AIA Insurance, AXA Mandiri, and Prudential Life Assurance, created a forum to voice their demands to the police office and to the People's Representative Council (DPR). Some members of Commission XI of the House of Representatives (DPR) who have received many complaints from consumers in the insurance sector have also proposed a moratorium or temporary suspension of the sale of insurance products which are linked to investment (PAYDI). Currently, OJK and the insurance industry are conducting a study to respond to various problems that have emerged and suggestions that have been submitted by the public, including the moratorium on the selling of unit-linked products.

Info Bank /04-01-2022

Yuk, Beres-beres Unit Link!

Unit link merupakan produk asuransi yang advance. Unit link bukanlah produk yang sederhana karena sifatnya yang menggabungkan fitur proteksi dengan investasi. Dalam memasarkan asuransi, perlu pengetahuan dan komunikasi yang tepat supaya calon konsumen benarbenar mengerti untung rugi dari membeli unit link. Berkaca dari permasalahan unit link yang banyak muncul belakangan ini, jelas bahwa unit link harus dibenahi jika ingin produk ini ke depan tetap ada. Banyak aspek yang harus diperbaiki, seperti tentang produk, cara kerja, dan biaya.

Info Bank /04-01-2022

Prudential Indonesia Gandeng Kipin School untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Pada Anak

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan Kipin School, aplikasi sarana belajar berbasis digital untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Prudential Indonesia menjalin kerja sama dengan berbagai mitra termasuk Kipin School untuk memperluas jangkauan kurikulum Cha-Ching, guna membantu mengatasi masalah rendahnya kesadaran literasi keuangan di Indonesia. Kurikulum Cha-Ching merupakan program dari Prudence Foundation yang mengajarkan konsep dasar keuangan untuk anak usia 7 sampai 12 tahun. Dengan jangkauan digital Kipin School yang luas, Prudential Indonesia berharap semakin banyak juga anak-anak yang paham mengelola keuangan melalui kurikulum Cha-Ching.

Industry.co.id /03-01-2022

BPJS Kesehatan Luncurkan Layanan Syariah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Aceh meluncurkan layanan syariah program JKN-KIS di provinsi setempat. Peluncuran layanan syariah ini merupakan tindaklanjut dari implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap dengan peluncuran layanan syariah tersebut dapat memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan ekonomi syariah di Aceh.

Serambi Indonesia /04-01-2022

Penyelenggaraan Program JKN-KIS Sesuai Syariah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Aceh meluncurkan layanan syariah program JKN-KIS di provinsi setempat. Peluncuran layanan syariah ini merupakan tindaklanjut dari implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap dengan peluncuran layanan syariah tersebut dapat memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan ekonomi syariah di Aceh.

Analisa Daily /04-01-2022

Transformasi Berkelanjutan BRI, 126 Tahun Memberi Makna Indonesia

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BRI mengerahkan seluruh sumber dayanya untuk mendongkrak pemulihan ekonomi, terutama segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Upaya itu dibarengi sejumlah transformasi yang dilakukan BRI untuk memperkuat lini bisnisnya. Transformasi berkelanjutan yang dilakukan BRI, termasuk digitalisasi diyakini akan membuat perseroan makin tangguh dan mampu menjawab tantangan di era "metaverse". BRI tidak hanya memacu pertumbuhan bisnis secara organik, tapi juga anorganik. Selama pandemi, setidaknya BRI telah melakukan 3 aksi korporasi besar. Salah staunya melalui konsolidasi Bank Syariah Indonesia. Kedua adalah anak usaha di bidang asuransi jiwa, BRI Life, yang telah mencapai valuasi Rp7,5 triliun di tahun 2021.

Info Bank /04-01-2022

OJK pastikan Stabilitas Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan mencatat stabilitas sektor jasa keuangan hingga akhir 2021 tetap terjaga diiringi dengan fungsi intermedlasi perbankan dan penghimpunan dana di pasar modal yang terus membaik. Kondisi ini didorong oleh terkendalinya pandemi Co-vid-19, pulihnya mobilitas dan meningkatnya kegiatan perekonomian. Penghimpunan dana di pasar modal hingga 24 Desember tercatat sebesar Rp 358.4 triliun, merupakan nilai tertinggi sepanjang sejarah dengan emiten baru tercatat sebanyak 55 emiten. Penghimpunan dana ini mayoritas digunakan sebagai modal kerja. Sementara fungsi intermediasi perbankan pada November 2021 tumbuh sebesar 4.82 persen yoy atau 4.17 persen ytd didorong peningkatan pada kredit UMKM dan ritel. Di sektor IKNB, sektor asuransi berhasil menghimpun premi pada bulan November 2021 sebesar Rp26.1 triliun dengan premi Asuransi Jiwa sebesar Rp 16.3 triliun, serta Asuransi Umum dan Reasuransi sebesar Rp9.8 triliun.

Tribun Batam /04-01-2022

IFG Terima PMN Rp20 Triliun untuk Penguatan Modal Asuransi Jiwa

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), BUMN Holding asuransi dan penjaminan yang dikenal sebagai Indonesia Financial Group (IFG), menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melakukan penandatanganan komitmen penerimaan Penyertaan Modal Negara (PMN). Penandatanganan ini menyusul telah diterimanya PMN sebesar Rp20 triliun oleh IFG di tahun 2021. Dana PMN yang diterima dimanfaatkan bagi penguatan modal PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life). Momen bersejarah ini ditandai dengan Seremoni Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Key Performance Indikator Penyertaan Modal Negara (PMN) yang Bersumber dari APBN Tahun 2021.

Indonesiainside.id /04-01-2022

IFG Bakal Gunakan PMN untuk Penguatan Modal IFG Life

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), BUMN Holding asuransi dan penjaminan yang dikenal sebagai Indonesia Financial Group (IFG), menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melakukan penandatanganan komitmen penerimaan Penyertaan Modal Negara (PMN). Penandatanganan ini menyusul telah diterimanya PMN sebesar Rp20 triliun oleh IFG di tahun 2021. Dana PMN yang diterima dimanfaatkan bagi penguatan modal PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life). Momen bersejarah ini ditandai dengan Seremoni Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Key Performance Indikator Penyertaan Modal Negara (PMN) yang Bersumber dari APBN Tahun 2021.

Theiconomics.com /04-01-2022

OJK Catat Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga

Otoritas Jasa Keuangan mencatat stabilitas sektor jasa keuangan hingga akhir 2021 tetap terjaga diiringi dengan fungsi intermediasi perbankan dan penghimpunan dana di pasar modal yang terus membaik didorong terkendalinya pandemi Covid 19, pulihnya mobilitas dan meningkatnya kegiatan perekonomian. Di sektor IKNB, sektor asuransi berhasil menghimpun premi pada bulan November 2021 sebesar Rp26,1 triliun dengan premi Asuransi Jiwa sebesar Rp 16,3 triliun, serta Asuransi Umum dan Reasuransi sebesar Rp9,8 triliun. Selain itu, Fintech peer to peer (P2P) lending pada November 2021 terus mencatatkan pertumbuhan outstanding pembiayaan sebesar 106,6% yoy atau meningkat Rp1,2 triliun (ytd: Rp13,8 triliun).

Hariansib.com /04-01-2022

OJK Catat Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga

Otoritas Jasa Keuangan mencatat stabilitas sektor jasa keuangan hingga akhir 2021 tetap terjaga diiringi dengan fungsi intermediasi perbankan dan penghimpunan dana di pasar modal yang terus membaik didorong terkendalinya pandemi Covid 19, pulihnya mobilitas dan meningkatnya kegiatan perekonomian. Di sektor IKNB, sektor asuransi berhasil menghimpun premi pada bulan November 2021 sebesar Rp26,1 triliun dengan premi Asuransi Jiwa sebesar Rp 16,3 triliun, serta Asuransi Umum dan Reasuransi sebesar Rp9,8 triliun. Selain itu, Fintech peer to peer (P2P) lending pada November 2021 terus mencatatkan pertumbuhan outstanding pembiayaan sebesar 106,6% yoy atau meningkat Rp1,2 triliun (ytd: Rp13,8 triliun).

Sinar Indonesia Baru /04-01-2022

Tips Memilih Asuransi Jiwa Bagus Sesuai Kebutuhan Anda

Ada sejumlah tips untuk memilih asuransi jiwa yang bagus dan murah sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai nasabah. Kriteria asuransi jiwa yang bagus bukan berdasarkan produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi melainkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, sejumlah kriteria asuransi jiwa yang bagus adalah beli asuransi jiwa yang sesuai penghasilan, uang pertanggungan sesuai kebutuhan, perusahaan asuransi mampu membayarkan klaim, dan beli asuransi jiwa di saat yang tepat.

Kontan.co.id /04-01-2022

Berita Foto - Kontribusi Pendapatan Premi

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per semester II 2021 menunjukkan kontribusi pendapatan premi sebesar 62,5% dari produk unit-link industri asuransi jiwa, atau mencapai Rp 93,3 triliun, tumbuh 9% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Investor Daily /05-01-2022

Berita Foto - Klaim Axa Mandiri

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) telah membayarkan sejumlah klaim pada para pemegang polis. Hingga September 2021, total klaim yang telah dibayar secara nasional mencapai Rp 6,2 triliun, naik hampir dua kali lipat dari periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp 3,7 triliun.

Investor Daily /05-01-2022

Edukasi Efektif

Pandemi COVID-19 semakin membuka mata masyarakat pada pentingnya asuransi jiwa. FWD Insurance sebagai salah satu pemain bergerak cepat menerapkan pemasaran 360° sebagai strategi untuk mengomunikasikan semua produk dan layanan yang mereka. FWD Insurance menghadirkan beragam inovasi pada setiap aspek bisnisnya. Salah satunya, dengan inisiatif Clarity yang bertujuan untuk menyederhanakan kata-kata dalam setiap dokumen resmi FWD Insurance. Hal ini sekaligus mampu menembus penilaian atas industri asuransi yang membosankan.

Marketeers /05-01-2022

Strategi Komunikasi untuk Peningkatan Penjualan

Industri asuransi jiwa terus menunjukkan persaingan ketat dalam memperebutkan market share di Indonesia. Di tengah ketatnya persaingan, cara berbeda justru ditunjukkan oleh PT Bhinneka Life Indonesia yang mengutamakan peningkatan corporate branding dalam melakukan penjualan. Beragam kampanye yang inovatif pun diciptakan di berbagai platform media sosial melalui aktivitas above the line (ATL) maupun below the line (BTL).

Marketeers /05-01-2022

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.270

IHSG (per 4 Januari 2022)

6.695,37

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media: Rctiplus.com, Infobanknews.com, Info Bank, Industry.co.id, Serambi Indonesia, Analisa Daily, Tribun Batam, Indonesiainside.id, Theiconomics.com, Hariansib.com, Sinar Indonesia Baru, Kontan.co.id, Investor Daily, Marketeers

DOWNLOAD PDF