AAJI Daily News - 2 Maret 2022


Rabu, 2 Maret 2022                                                                                                                                   

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. AAJI Bagikan Tips Cerdas Memilih Produk Financial
  2. Tips Atur Keuangan Biar Masa Depan Tak Suram
  3. Pengamat: Literasi asuransi perlu dilakukan bersamaan dengan pemasaran
  4. Pengamat Minta Literasi Asuransi Makin Diperluas Guna Daya Saing Sehat
  5. Bakal 'Ngebut', IFG Life Targetkan Rilis 26 Produk Tahun Ini
  6. Luncurkan Hanwha Smart CI Plus, Hanwha Life Berikan Proteksi Untuk 66 Penyakit Kritis
  7. KSP pantau proses pembayaran klaim COVID-19 untuk rumah sakit
  8. Sengkarut Asuransi Unit Link dan Proses Arbitrase di LAPS SJK
  9. Berita Foto - Klaim Asuransi Jiwa
  10. Klaim Asuransi Jiwa Naik 10 Kali Lipat
  11. OJK dan Pekerjaan Rumah di Industri Asuransi
  12. Unit Link Equity Life Terhits Lagi
  13. AXA Mandiri Raja Dunia Maya 8 Tahun Beruntun
  14. Produk Baru IFG Life
  15. Penyelesaian Bumiputera, Menilik Opsi Penyehatan Asuransi Mutual
  16. Rapor Merah Bumiputera: Halusinasi Mutual Tak Menyelesaikan Masalah, Bro!
  17. Atensi Warganet, Tertinggi untuk Capital Life Syariah
  18. Literasi Asuransi Perlu Dilakukan Bersamaan dengan Pemasaran

TENTANG AAJI

AAJI Bagikan Tips Cerdas Memilih Produk Financial

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mewujudkan komitmen dalam peningkatan literasi keuangan dan asuransi dengan menggelar webinar bertajuk "Cerdas Memilih Produk Financial #PahamiPerlindunganmu". Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK 2019, indeks literasi keuangan Indonesia baru mencapai 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Angka ini masih dinilai relatif rendah. Hal ini membuat AAJI menguatkan komitmennya untuk membantu meningkatkan literasi keuangan dan asuransi agar perlindungan asuransi jiwa dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat. Selain itu, Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia, juaga menjelaskan produk Unit Link yang merupakan suatu produk yang bisa memberikan empowerment finansial, di mana produk asuransi jiwa ini menggabungkan proteksi dengan nilai cash produk yang terhubung dengan aset investasi seperti pasar uang, obligasi, saham dan lainnya untuk tujuan perlindungan jangka panjang.

Topbusiness.id /01-03-2022

TIPS ATUR KEUANGAN BIAR MASA DEPAN TAK SURAM

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mewujudkan komitmen dalam peningkatan literasi keuangan dan asuransi dengan menggelar webinar bertajuk "Cerdas Memilih Produk Financial #PahamiPerlindunganmu". Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK 2019, indeks literasi keuangan Indonesia baru mencapai 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Angka ini masih dinilai relatif rendah. Hal ini membuat AAJI menguatkan komitmennya untuk membantu meningkatkan literasi keuangan dan asuransi agar perlindungan asuransi jiwa dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat. Selain itu, Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia, juaga menjelaskan produk Unit Link yang merupakan suatu produk yang bisa memberikan empowerment finansial, di mana produk asuransi jiwa ini menggabungkan proteksi dengan nilai cash produk yang terhubung dengan aset investasi seperti pasar uang, obligasi, saham dan lainnya untuk tujuan perlindungan jangka panjang.

Radar Banten /01-03-2022

INDUSTRI & ASURANSI

Pengamat: Literasi asuransi perlu dilakukan bersamaan dengan pemasaran

Pengamat asuransi yang juga Chairman Financial Planning Standards Boards Indonesia (FPSBI), Tri Djoko Santoso mengatakan literasi keuangan terkait asuransi perlu dilakukan bersamaan dengan pemasaran produk asuransi, baik melalui agen asuransi, perbankan, dan platform digital yang telah memiliki pasar sendiri sehingga jangkauan literasinya lebih luas. Ia mencontohkan, PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life yang akan memfokuskan pemasaran pada pasar captive mereka, yaitu BUMN, dapat sekaligus melakukan literasi asuransi untuk pasar itu. Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Toto Pranoto mengatakan potensi captive market IFG Life dari sinergi BUMN dan jaringan kementerian dan lembaga cukup besar.

Antaranews.com /01-03-2022

Pengamat Minta Literasi Asuransi Makin Diperluas Guna Daya Saing Sehat

Pengamat asuransi yang juga Chairman Financial Planning Standards Boards Indonesia (FPSBI), Tri Djoko Santoso mengatakan literasi keuangan terkait asuransi perlu dilakukan bersamaan dengan pemasaran produk asuransi, baik melalui agen asuransi, perbankan, dan platform digital yang telah memiliki pasar sendiri sehingga jangkauan literasinya lebih luas. Ia mencontohkan, PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life yang akan memfokuskan pemasaran pada pasar captive mereka, yaitu BUMN, dapat sekaligus melakukan literasi asuransi untuk pasar itu. Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Toto Pranoto mengatakan potensi captive market IFG Life dari sinergi BUMN dan jaringan kementerian dan lembaga cukup besar.

Suara.com /01-03-2022

Bakal 'Ngebut', IFG Life Targetkan Rilis 26 Produk Tahun Ini

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) akan 'ngebut' pada tahun ini. Perusahaan BUMN asuransi jisa ini, menyatakan bakal meluncurkan 26 produk baru berbasis proteksi sepanjang 2022. Program ini tentunya disertai bersama pembayaran polis kepada eks nasabah Jiwasraya. Mahendra Djoko Prasetyo, Plh Head of Corporate Secretary IFG Life mengatakan, untuk mendukung pengembangan bisnis, IFG Life akan melakukan pengembangan produk dengan menciptakan produk yang berorientasi pada konsumen (customer centric) berbasis proteksi, dengan tarif yang kompetitif dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tribunnews.com /01-03-2022

Luncurkan Hanwha Smart CI Plus, Hanwha Life Berikan Proteksi Untuk 66 Penyakit Kritis

Hanwha Life Insurance Indonesia (Hanwha Life) memperkenalkan Hanwha Smart CI Plus sebagai proteksi terhadap 66 penyakit kritis dan serius hingga usia 80 tahun. Agency Channel Head Hanwha Life Insurance Indonesia Umbu Prabawa mengatakan, Hanwha Smart CI Plus memberikan perlindungan penyakit kritis dengan biaya perawatan berkisar ratusan juta hingga miliaran rupiah dan asuransi penyakit kritis.

Kontan.co.id /01-03-2022

KSP pantau proses pembayaran klaim COVID-19 untuk rumah sakit

Kantor Staf Presiden (KSP) berupaya untuk terus memastikan pembayaran pelayanan kesehatan COVID-19 tepat sasaran dan segera tuntas dilaksanakan. Salah satu upaya tersebut yakni dengan membuka keran komunikasi dan siap menerima aspirasi/laporan dari rumah sakit yang menangani COVID-19. Tenaga Ahli Utama KSP, dr. Noch T. Mallisa, mengatakan Presiden meminta agar biaya perawatan COVID-19 sebesar 25,1 Triliun bisa segera dibayarkan kepada rumah sakit yang telah melayani masyarakat. KSP akan mengawal proses ini dan menjamin keterbukaan terhadap masukan/kritik penerima klaim.

Kabarbisnis.com /01-03-2022

Sengkarut Asuransi Unit Link dan Proses Arbitrase di LAPS SJK

Sejumlah korban yang bergabung dalam Komunitas Korban Asuransi Unit Link telah menggelar aksi damai di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Jumat, 11 Februari 2021 lalu. Dalam unjuk rasa tersebut, mereka menyuarakan intensi mereka yang terdiri dari empat poin utama. Mereka meminta pertanggungjawaban pihak asuransi yang tidak mengembalikan dana secara penuh sesuai dengan yang dijanjikan oleh agen asuransi. Dalam hal ini, pihak asuransi yang dimaksud adalah PT Prudential Life Assurance, PT AIA Financial, dan PT AXA Mandiri. Sebelumnya, Maria bersama komunitasnya telah mencoba untuk meminta pembelaan hukum dari para otoritas keuangan yang berwenang, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Komisi XI DPR RI. Namun, kata Maria, otoritas keuangan tidak menunjukkan sikap yang optimal dalam upaya memberikan perlindungan terhadap korban.

Wartaekonomi.co.id /01-03-2022

Berita Foto - Klaim Asuransi Jiwa

Nasabah berada di kantor cabang Asuransi Generali, Jakarta, kemarin. Hingga kuartal III 2021, klaim dan manfaat yang telah dibayarkan kepada nasabah oleh perusahaan asuransi anggota AAJI sebesar Rp 107 triliun atau mengalami penurunan 2,0% dari periode sebelumnya sebesar Rp 109,6 triliun. Sementara pertumbuhan pendapatan premi hingga kuartal III 2021 disumbang terbesar oleh kenaikan premi bisnis baru sebesar 17,6%, dengan nilai total Rp 94,2 triliun dan premi lanjutan sebesar 2,4% dengan nilai total Rp 55,15 triliun.

Investor Daily /02-03-2022

Klaim Asuransi Jiwa Naik 10 Kali Lipat

Pandemi Covid-19 berdampak pada industri asuransi jiwa. Pembayaran meningkat signifikan pada tahun lalu jika dibandingkan pada 2020. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menyatakan, klaim asuransi jiwa memang terus bertambah tahun lalu. Pembayaran klaim tercatat Rp 170 miliar pada 2021. Klaim tersebut terdiri atas rawat jalan dan rawat inap senilai Rp 15 miliar. Serta, kematian sebesar Rp 155 miliar. Berdasar data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada periode Maret 2020 hingga September 2021, total klaim industri asuransi jiwa terkait dengan Covid-19 telah mencapai Rp7,36 triliun. Hal tersebut mendorong klaim meninggal tumbuh 65,7 persen menjadi Rp 14,58 triliun.

Jawa Pos /02-03-2022

OJK dan Pekerjaan Rumah di Industri Asuransi

Pemilihan calon anggota komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 sedang bergulir. Komisioner OJK --khususnya Kepala Eksekutif IKNB (Industri Keuangan Non Bank)-- menyisakan banyak sekali pekerjaan rumah, khususnya di industri asuransi. Hingga OJK jilid 2 mau berakhir, sejumlah masalah belum terselesaikan. Salah satunya persoalan asuransi Unit-Link yang melibatkan perusahaan-perusahaan besar seperti Prudential, AXA Mandiri Financial, AIA Financial; serta tentu saja deretan perusahaan bermasalah: Bumiputera, Jiwasraya, Asabri, Taspen Life, Wana Artha Life, Krisna, dan seterusnya. Semua itu tidak bisa dilepaskan dari fungsi pengaturan, pengawasan, dan perlindungan OJK.

Investor Daily /02-03-2022

Unit Link Equity Life Terhits Lagi

Di 2021 unit link Equity Life Indonesia (Equity Life) masih menjadi yang paling banyak diperbincangkan di dunia maya, sama seperti tahun sebelumnya. Dengan total indeks 1.194, produk unit link Equity Life didiskusikan (buzz) netizen sebanyak 1.268 kali di 2021. Produk unit link Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) juga cukup dikenal warganet. Dalam survei kali ini, unit link Prudential Indonesia mendapat total indeks 129. Perhatian warganet juga cukup banyak diberikan kepada unit link AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri). Pada survei kali ini, unit link AXA Mandiri mendapat total indeks 96 dan diperbincangkan warganet sebanyak 144 kali dalam setahun terakhir.

Info Bank /02-03-2022

AXA Mandiri Raja Dunia Maya 8 Tahun Beruntun

SURVEI digital brand makin mengukuhkan posisi AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) sebagai perusahaan asuransi jiwa paling ngetop di dunia maya. Selama delapan tahun berturut-turut, perusahaan asuransi jiwa ini menjadi yang paling banyak dibicarakan warganet. Tahun ini, perusahaan asuransi yang dipimpin Handojo Gunawan Kusuma sebagai direktur utama ini meraih total indeks 9.172.

Info Bank /02-03-2022

Produk Baru IFG Life

Selain fokus mengebut pembayaran polis kepada eks Jiwasraya, di tahun 2022 ini PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) akan meluncurkan 26 produk baru berbasis proteksi. Plh Head of Corporate Secretary IFG Life, Mahendra Djoko Prasetyo mengatakan, untuk mendukung pengembangan bisnis, IFG Life akan melakukan pengembangan produk dengan menciptakan produk yang berorientasi konsumen (customer centric) berbasis proteksi, dengan tarif kompetitif dan fleksibel sesuai kebutuhan pasar.

Kontan /02-03-2022

Penyelesaian Bumiputera, Menilik Opsi Penyehatan Asuransi Mutual

Permasalahan keuangan yang melanda Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) hingga kini belum menemukan solusi. Bahkan isu likuidasi usaha asuransi mutual tersebut sempat mengemuka pada awal bulan lalu. Badan Keuangan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan menyoroti perlunya pengawas asuransi, perusahaan, dan stakeholder terkait untuk mengambil langkah cepat dan menentukan posisi yang solid terkait solusi dan arah penyelesaian permasalahan AJBB. Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan segera, aset perusahaan dan hak pemegang polis berpotensi akan semakin tergerus dan implementasi opsi penambahan pendanaan baru dapat terkendala.

Bisnis.com /02-03-2022

Rapor Merah Bumiputera: Halusinasi Mutual Tak Menyelesaikan Masalah, Bro!

Permasalahan keuangan yang melanda Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) hingga kini belum menemukan solusi. Bahkan isu likuidasi usaha asuransi mutual tersebut sempat mengemuka pada awal bulan lalu. Badan Keuangan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan menyoroti perlunya pengawas asuransi, perusahaan, dan stakeholder terkait untuk mengambil langkah cepat dan menentukan posisi yang solid terkait solusi dan arah penyelesaian permasalahan AJBB. Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan segera, aset perusahaan dan hak pemegang polis berpotensi akan semakin tergerus dan implementasi opsi penambahan pendanaan baru dapat terkendala.

Info Bank /02-03-2022

Atensi Warganet, Tertinggi untuk Capital Life Syariah

PERUSAHAAN ASURANSI JIWA syariah yang paling banyak diperbincangkan warganet adalah Capital Life Syariah. Netizen me-mention Capital Life Syariah sebanyak 34 kali. Semua buzz tersebut bernada netral dan sangat positif. Capital Life Syariah dibayangi Asuransi Takaful Keluarga di peringkat kedua yang mendapatkan total indeks 10. Adapun volume buzz yang didapat di 2021 sebanyak 14 kali. Berikutnya, menggenapi jajaran top 3 ada Asuransi Jiwa Syariah Al Amin dengan total indeks 5.

Info Bank /02-03-2022

Literasi Asuransi Perlu Dilakukan Bersamaan dengan Pemasaran

Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Toto Pranoto mengatakan potensi captive market IFG Life dari sinergi BUMN dan jaringan kementerian dan lembaga cukup besar. Jika upaya menggarap pasar dengan melakukan sinergi antar BUMN dan jaringan kementerian/lembaga tersebut berhasil, IFG Life dapat sekaligus melakukan literasi asuransi untuk masyarakat sehingga kepercayaan publik terhadap bisnis asuransi ke depan dapat meningkat. IFG Life dengan branding baru sebagai perusahaan asuransi jiwa yang mengedepankan aspek kehati-hatian dapat mengambil inisiatif edukasi publik soal berasuransi. IFG Life bisa mengedepankan pengalaman yang sudah terjadi di Jiwasraya sebagai bahan edukasi supaya masyarakat lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan terkait pemilihan produk dan jenis asuransi jiwa.

Ekonomi Neraca /02-03-2022

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.369

IHSG (per 1 Maret 2022)

6.921,44

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media: Topbusiness.id, Radar Banten, Antaranews.com, Suara.com, Tribunnews.com, Kontan.co.id, Kabarbisnis.com, Wartaekonomi.co.id, Investor Daily, Jawa Pos, Info Bank, Kontan, Bisnis.com, Ekonomi Neraca

DOWNLOAD PDF