AAJI Daily News - 19 Januari 2022


Rabu, 19 Januari 2022                                                                                                                                   

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Industri Asuransi Jiwa Dinilai Perlu Tingkatkan Pengawasan dan Tata Kelola
  2. AAJI: Perusahaan Asuransi Jiwa Berkomitmen Bayarkan Klaim Terkait Covid-19
  3. Ada Omicron, Klaim Covid Masih Terus Bergulir
  4. Ada Omicron, Klaim Covid Masih Terus Bergulir
  5. Punya Nama Baru, PertaLife Insurance Optimistis Laba Meroket 148%
  6. Rebranding, Pertalife Targetkan Laba Tumbuh 148%
  7. OJK: Prudential cs Siapkan Konsinyasi untuk Mediasi dengan Pemegang Polis
  8. Nasabah Tuntut Uang Kembali hingga Nginep di Kantor, Prudential Bilang Begin
  9. Tuntaskan Persoalan Asuransi, Masyarakat Disarankan Selesaikan di LAPS SJK
  10. Ini Solusi dari Grace Bintang bagi Nasabah Bersengketa dengan Perusahaan Asuransi
  11. Prudential Indonesia Gandeng Kipin School Tingkatkan Literasi Keuangan pada Anak
  12. Penjelasan Prudential Indonesia Tanggapi Aksi Belasan Nasabah Unit Link Tuntut Premi Kembali
  13. Tuntut Uang Kembali, Puluhan Nasabah Nginep di Depan Kantor Prudential
  14. Melalui Literasi Keuangan, Allianz Indonesia Dorong Kesiapan Persalinan
  15. Ingin Beli Asuransi Jiwa Unit Link? Ini 3 hal yang Harus Dipahami
  16. Berita Foto - BRAND BARU ASURANSI JIWA TUGU MANDIRI
  17. Berita Foto - Ganti Nama
  18. Taspen Life Komitmen Ikuti Proses Hukum di Kejagung
  19. Soal Dugaan Korupsi Rp 161 M, Taspen Life Berikan Respons Begini
  20. Prudential Indonesia Tangani Keluhan Nasabah Sesuai Aturan
  21. Qoala Genjot Pemasaran Asuransi Secara Digital
  22. Punya Masalah dengan Perusahaan Asuransi? Begini Saran Penyelesaiannya
  23. Penjelasan Prudential yang Kantornya Digeruduk Nasabah
  24. Penetrasi Pacu Sosialisasi Asuransi
  25. Taspen Life tegaskan Penyidikan Tipikor tak Pengaruhi Kinerja
  26. Qoala Incar Tumbuh 5 Kali Lipat
  27. Berita Foto - AGENCY KICK OFF 2022
  28. Asuransi Cigna Kembangkan Karyawan, A Never Ending Process

TENTANG AAJI

Industri Asuransi Jiwa Dinilai Perlu Tingkatkan Pengawasan dan Tata Kelola

Citra industri asuransi jiwa beberapa waktu belakangan tercoreng dengan beberapa kasus yang dialami oleh nasabah. Contohnya perkara yang menimpa Jiwasraya dan Asabri. Serta yang terbaru ada dugaan korupsi di Taspen Life. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI menjelaskan, terkait beberapa permasalahan pada perusahaan asuransi jiwa yang terjadi dalam beberapa waktu lalu, pihaknya senantiasa menghormati proses yang sedang berjalan, baik oleh OJK dan lembaga-lembaga terkait dalam melaksanakan dan mengambil langkah strategis dalam penyelesaian masalah-masalah tersebut.

Kontan.co.id /18-01-2022

AAJI: Perusahaan Asuransi Jiwa Berkomitmen Bayarkan Klaim Terkait Covid-19

Perusahaan asuransi jiwa masih terus membayarkan klaim terkait Covid-19. Berdasarkan catatan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), secara industri, total klaim Covid-19 periode Maret 2020 hingga September 2021 mencapai Rp 7,36 triliun. Salah satu pemain yang siap membayarkan klaim tersebut ialah BNI Life. Anak usaha Bank BNI ini, sejak awal masa pandemi sampai dengan Desember 2021 telah membayarkan klaim Covid-19 lebih dari Rp 370 miliar.

Kontan.co.id /18-01-2022

Ada Omicron, Klaim Covid Masih Terus Bergulir

Perusahaan asuransi jiwa masih terus membayarkan klaim terkait Covid-19. Berdasarkan catatan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), secara industri, total klaim Covid-19 periode Maret 2020 hingga September 2021 mencapai Rp 7,36 triliun. Salah satu pemain yang siap membayarkan klaim tersebut ialah BNI Life. Anak usaha Bank BNI ini, sejak awal masa pandemi sampai dengan Desember 2021 telah membayarkan klaim Covid-19 lebih dari Rp 370 miliar.

Kontan.co.id /19-01-2022

Ada Omicron, Klaim Covid Masih Terus Bergulir

Perusahaan asuransi jiwa masih terus membayarkan klaim terkait Covid-19. Berdasarkan catatan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), secara industri, total klaim Covid-19 periode Maret 2020 hingga September 2021 mencapai Rp 7,36 triliun. Salah satu pemain yang siap membayarkan klaim tersebut ialah BNI Life. Anak usaha Bank BNI ini, sejak awal masa pandemi sampai dengan Desember 2021 telah membayarkan klaim Covid-19 lebih dari Rp 370 miliar.

Kontan /19-01-2022

INDUSTRI & ASURANSI

Punya Nama Baru, PertaLife Insurance Optimistis Laba Meroket 148%

PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri resmi berganti nama dan brand menjadi PertaLife Insurance. Dengan brand baru, PertaLife Insurance optimistis dapat menggenjot laba perseroan tumbuh hingga 148% di tahun ini. Direktur Keuangan dan Investasi PertaLife Insurance, Yuzran Bustamar, mengatakan menentukan target perusahaan berdasarkan laba November 2021 dan ia targetkan tumbuh 148%. Lebih lanjut katanya, pada November 2021, perseroan mampu meraih laba bersih sebesar Rp27,30 miliar, meningkat 48,53 persen dibandingkan sepanjang 2020 sebesar Rp18,38 miliar.

Wartaekonomi.co.id /17-01-2022

Rebranding, Pertalife Targetkan Laba Tumbuh 148%

PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri resmi berganti nama dan brand menjadi PertaLife Insurance. Dengan brand baru, PertaLife Insurance optimistis dapat menggenjot laba perseroan tumbuh hingga 148% di tahun ini. Direktur Keuangan dan Investasi PertaLife Insurance, Yuzran Bustamar, mengatakan menentukan target perusahaan berdasarkan laba November 2021 dan ia targetkan tumbuh 148%. Lebih lanjut katanya, pada November 2021, perseroan mampu meraih laba bersih sebesar Rp27,30 miliar, meningkat 48,53 persen dibandingkan sepanjang 2020 sebesar Rp18,38 miliar.

Ekonomi Neraca /18-01-2022

OJK: Prudential cs Siapkan Konsinyasi untuk Mediasi dengan Pemegang Polis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) angkat bicara soal polemik yang masih terjadi antara tiga perusahaan asuransi, Prudential, AXA Mandiri dan AIA Financial dengan sejumlah nasabah pemegang polis. Prudential misalnya, kemarin mengatakan telah menjadwalkan mediasi melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) dengan para nasabah pada Senin, 17 Januari 2022. LAPS juga sudah lebih dulu dihubungi oleh ketiga perusahaan dan berharap pemegang polis bersedia untuk berunding melalui mediasi ini.

Tempo.co /18-01-2022

Nasabah Tuntut Uang Kembali hingga Nginep di Kantor, Prudential Bilang Begin

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) angkat bicara soal polemik yang masih terjadi antara tiga perusahaan asuransi, Prudential, AXA Mandiri dan AIA Financial dengan sejumlah nasabah pemegang polis. Prudential misalnya, kemarin mengatakan telah menjadwalkan mediasi melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) dengan para nasabah pada Senin, 17 Januari 2022. LAPS juga sudah lebih dulu dihubungi oleh ketiga perusahaan dan berharap pemegang polis bersedia untuk berunding melalui mediasi ini.

Detik.com /18-01-2022

Tuntaskan Persoalan Asuransi, Masyarakat Disarankan Selesaikan di LAPS SJK

Sejumlah nasabah yang mengatasnamakan dari Komunitas Korban Asuransi menggelar aksi demo hingga bermalam di kantor perusahaan asuransi pada Jumat, 14 Januari lalu. Aksi demo tersebut mendapat tanggapan dari Piter Abdullah, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE). Ia, mengatakan aksi turun ke jalan tidak akan menyelesaikan masalah. Piter menyarankan nasabah dan perusahaan asuransi melakukan dialog yang dijembatani pihak yang netral, salah satunya bisa diselesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK).

Tribunnews.com /18-01-2022

Ini Solusi dari Grace Bintang bagi Nasabah Bersengketa dengan Perusahaan Asuransi

Sejumlah nasabah yang mengatasnamakan dari Komunitas Korban Asuransi menggelar aksi demo hingga bermalam di kantor perusahaan asuransi pada Jumat, 14 Januari lalu. Aksi demo tersebut mendapat tanggapan dari Piter Abdullah, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE). Ia, mengatakan aksi turun ke jalan tidak akan menyelesaikan masalah. Piter menyarankan nasabah dan perusahaan asuransi melakukan dialog yang dijembatani pihak yang netral, salah satunya bisa diselesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK).

Jpnn.com /18-01-2022

Prudential Indonesia Gandeng Kipin School Tingkatkan Literasi Keuangan pada Anak

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan Kipin School, aplikasi sarana belajar berbasis digital untuk sekolah-sekolah di Indonesia untuk memperluas jangkauan kurikulum Cha-Ching, guna membantu mengatasi masalah rendahnya kesadaran literasi keuangan di Indonesia. Kurikulum Cha-Ching merupakan program dari Prudence Foundation yang mengajarkan konsep dasar keuangan untuk anak usia 7 sampai 12 tahun. Empat konsep dasar tersebut adalah Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate).

Kontan.co.id /18-01-2022

Penjelasan Prudential Indonesia Tanggapi Aksi Belasan Nasabah Unit Link Tuntut Premi Kembali

PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia memberikan penjelasan dan klarifikasi terkait aksi sekelompok nasabah dan mantan nasabahnya yang mendatangi kantor Prudential di Prudential Tower, Jakarta, pada pukul 10.34 WIB, Jumat (14/1/2022) lalu. Terdapat beberapa hal yang perlu Prudential perlu luruskan mengenai kabar yang beredar. Seperti diketahui, terdapat kelompok nasabah dan mantan nasabah Prudential, AXA Mandiri, dan AIA Financial yang dipimpin oleh Ibu Maria Tri Hartati (MT) yang menyuarakan tuntutan pengembalian premi 100 persen. Sebanyak 16 nasabah dan/atau mantan nasabah dari kelompok tersebut mendatangi kantor Prudential di Prudential Tower Jakarta pada Jumat 14 Januari pukul 10.34 WIB tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, dan juga mendatangi kantor pusat AIA Financial dan AXA Mandiri di waktu yang berbeda.

Liputan6.com /18-01-2022

Tuntut Uang Kembali, Puluhan Nasabah Nginep di Depan Kantor Prudential

PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia memberikan penjelasan dan klarifikasi terkait aksi sekelompok nasabah dan mantan nasabahnya yang mendatangi kantor Prudential di Prudential Tower, Jakarta, pada pukul 10.34 WIB, Jumat (14/1/2022) lalu. Terdapat beberapa hal yang perlu Prudential perlu luruskan mengenai kabar yang beredar. Seperti diketahui, terdapat kelompok nasabah dan mantan nasabah Prudential, AXA Mandiri, dan AIA Financial yang dipimpin oleh Ibu Maria Tri Hartati (MT) yang menyuarakan tuntutan pengembalian premi 100 persen. Sebanyak 16 nasabah dan/atau mantan nasabah dari kelompok tersebut mendatangi kantor Prudential di Prudential Tower Jakarta pada Jumat 14 Januari pukul 10.34 WIB tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, dan juga mendatangi kantor pusat AIA Financial dan AXA Mandiri di waktu yang berbeda.

Detik.com /18-01-2022

Melalui Literasi Keuangan, Allianz Indonesia Dorong Kesiapan Persalinan

Bagi pasangan muda yang sedang menuju persalinan, bukan hanya persiapan mental saja yang perlu disiapkan. Namun persiapan keuangan juga menjadi faktor utama yang sama penting. Bianto Surodjo selaku Business Director Allianz Life Indonesia menyarankan, untuk mewujudkan stabilitas finansial, calon orang tua perlu mulai menabung dan mempersiapkan dana darurat sedini mungkin.

Marketeers.com /18-01-2022

Ingin Beli Asuransi Jiwa Unit Link? Ini 3 hal yang Harus Dipahami

Produk asuransi jiwa unit link beberapa waktu belakangan makin sering diperbincangkan, apalagi makin banyaknya orang yang melek akan pentingnya memiliki asuransi di masa pandemi. Berbeda dengan asuransi biasa, asuransi jiwa unit link menawarkan manfaat potensi hasil investasi. Dengan kelebihannya tersebut, tak heran banyak konsumen yang tertarik dengan produk asuransi jiwa unit link dibandingkan asuransi jiwa tradisional. Prudential Indonesia pun berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Termasuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai produk asuransi jiwa unit link.

Kumparan.com /18-01-2022

Berita Foto - BRAND BARU ASURANSI JIWA TUGU MANDIRI

Direktur Utama PT Perta Life Insurance Hanindio W. Hadi berbincang dengan Direktur Haris Anwar dan Direktur Yuzran Bustamar seusai acara konferensi pers rebranding PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri menjadi PT Perta Life Insurance di Jakarta, Senin (17/1). Perubahan nama perusahaan, merek dagang (brand) dan logo dilakukan sebagai upaya untuk menempatkan ulang identitas perusahaan selaras dengan transformasi berkelanjutan yang tengah berjalan.

Bisnis Indonesia /18-01-2022

berita Foto - Ganti Nama

Direktur Utama PT Perta Life Insurance Hanindio W. Hadi berbincang dengan Direktur Haris Anwar dan Direktur Yuzran Bustamar seusai acara konferensi pers rebranding PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri menjadi PT Perta Life Insurance di Jakarta, Senin (17/1). Perubahan nama perusahaan, merek dagang (brand) dan logo dilakukan sebagai upaya untuk menempatkan ulang identitas perusahaan selaras dengan transformasi berkelanjutan yang tengah berjalan.

Kontan /18-01-2022

Taspen Life Komitmen Ikuti Proses Hukum di Kejagung

PT Taspen Life meyakini bahwa semua direksi yang saat ini menjabat tidak terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi pengelolaan investasi yang tengah ditangani oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung). Sekretaris Perusahaan PT Taspen Ufe Melly Eka Chandra mengatakan bahwa penyidikan yang tengah berlangsung di Kejagung adalah terkait dengan Taspen Life, bukan PT Taspen (Persero) sebagai induk usaha.

Bisnis Indonesia /18-01-2022

Soal Dugaan Korupsi Rp 161 M, Taspen Life Berikan Respons Begini

PT Taspen Life meyakini bahwa semua direksi yang saat ini menjabat tidak terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi pengelolaan investasi yang tengah ditangani oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung). Sekretaris Perusahaan PT Taspen Ufe Melly Eka Chandra mengatakan bahwa penyidikan yang tengah berlangsung di Kejagung adalah terkait dengan Taspen Life, bukan PT Taspen (Persero) sebagai induk usaha.

Law-justice.co /18-01-2022

Prudential Indonesia Tangani Keluhan Nasabah Sesuai Aturan

Pengajar Ilmu Hukum dan praktisi Grace Bintang Hidayanti Sihotang menyarankan agar para nasabah asuransi yang bersikeras meminta pengembalian uangnya supaya menyalurkan tuntutannya melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS). Seperti diketahui sengketa antara nasabah asuransi yang meminta pengembalian uang polis unitlink kepada sejumlah perusahaan asuransi belum juga mencapai titik temu. Hingga Senin (17/1), belasan nasabah masih bertahan di gedung kantor PT Prudential untuk menyuarakan tuntutannya. Prudential merupakan salah satu dari tiga perusahaan asuransi selain AIA Financial dan AXA Mandiri yang dituntut untuk mengembalikan dana premi para nasabahnya 100 persen dari polis unit link yang dibeli.

Cnbcindonesia.com /18-01-2022

Qoala Genjot Pemasaran Asuransi Secara Digital

Qoala, perusahaan Insurtech menyatakan ada beberapa hal yang belum terjamah asuransi umum, itulah yang membuat perusahaan menggenjot asuransi di Indonesia. Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin mengatakan pihaknya memasarkan produk asuransi yang simple dan dibutuhkan masyarakat. Tirto Utomo, Direktur Bisnis Qoala Plus menyatakan lewat kehadiran Qoala Plus, pihaknya memungkinkan tenaga pemasar asuransi atau yang mereka sebut Mitra Qoala Plus, untuk menemukan produk asuransi terbaik, mulai dari asuransi HCP (hospital cash plan), asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi properti, hingga asuransi jiwa dan kesehatan. Selain itu, Deputi Chief Sales Officer Sompo Insurance Indonesia, Ken Sukasah, menyatakan, sejak 2020, Sompo Insurance telah bermitra dan berkolaborasi dengan Qoala Plus dalam mengembangkan produk asuransi terintegrasi.

Industry.co.id /18-01-2022

Punya Masalah dengan Perusahaan Asuransi? Begini Saran Penyelesaiannya

Sejumlah nasabah yang mengatasnamakan dari Komunitas Korban Asuransi menggelar aksi demo hingga bermalam di kantor perusahaan asuransi pada Jumat, 14 Januari lalu. Aksi demo tersebut mendapat tanggapan dari Piter Abdullah, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE). Ia mengatakan aksi turun ke jalan tidak akan menyelesaikan masalah. Piter menyarankan nasabah dan perusahaan asuransi melakukan dialog yang dijembatani pihak yang netral, salah satunya bisa diselesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK).

Medcom.id /18-01-2022

Penjelasan Prudential yang Kantornya Digeruduk Nasabah

Kantor Prudential digeruduk nasabah yang tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi. Para nasabah dan mantan nasabah ini meminta kepada perusahaan untuk mengembalikan uang mereka 100%. Menghadapi aksi ini, pihak Prudential buka suara dan menjelaskan jika Prudential sudah menempuh langkah persuasif terhadap kelompok tersebut agar bisa meninggalkan lokasi kantor Prudential. Prudential telah meminta para nasabah untuk menyampaikan keluhan melalui jalur resmi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Detik.com /19-01-2022

Penetrasi Pacu Sosialisasi Asuransi

Wabah virus corona yang melanda dunia selain merontokkan ekonomi juga menjadi momentum bagi pebisnis untuk meningkatkan layanan. Bisnis asuransi yang selama ini susah untuk terdongkrak menjadi salah satu industri yang mengalami momentum tersebut. Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia Sukarno membenarkan pandemi telah memicu secara signifikan peningkatan kesadaran masyarakat untuk membeli produk asuransi, baik asuransi umum maupun asuransi jiwa. Peningkatan itu membuat para pelaku usaha asuransi girang dan berupaya mempertahankan momentum itu, termasuk meningkatkannya.

Stabilitas /19-01-2022

Taspen Life tegaskan Penyidikan Tipikor tak Pengaruhi Kinerja

PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menegaskan bahwa penyidikan tindak pidana korupsi (tipikor) oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) lidak mempengaruhi kinerja dan integritas perseroan saat ini. Perseroan tetap berkomitmen untuk memenuhi kewajiban pembayaran manfaat kepada nasabah.

Investor Daily /19-01-2022

Qoala Incar Tumbuh 5 Kali Lipat

Platform penyedia layanan asuransi secara digital atau insurtech, Qoala, membidik pertumbuhan premi hingga lima kali lipat pada 2022. Qoala telah bermitra dengan lebih dari 30 mitra perusahaan asuransi, serta berkolaborasi dengan mitra korporat terbaik di seluruh Asia, termasuk sembilan perusahaan rintisan unicorn seperti Traveloka, Shopee, Dana, Tokopedia, JD.ID, Momo, Investree, dan Kredivo. Produk asuransi yang paling banyak dipasarkan lewat Qoala adalah asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, dan asuransi gadget. Perusahaan juga akan fokus ke produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa pada tahun ini.

Bisnis Indonesia /19-01-2022

Berita Foto - AGENCY KICK OFF 2022

Mengawali tahun 2022, Manulife Indonesia menggelar Agency Kick Off 2022 bertajuk Be the Best You, Do What Matters, Together. Melalui kesempatan ini Manulife Indonesia mendorong para tenaga pemasar untuk terus mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, khususnya dalam membantu keluarga Indonesia merancang solusi finansial yang tepat.

Bisnis Indonesia /19-01-2022

Asuransi Cigna Kembangkan Karyawan, A Never Ending Process

Setiap perusahaan pasti berusaha meningkatkan kemampuan karyawan dengan menggunakan strategi yang tepat sehingga mampu menunjukkan potensi kerja terbaiknya. Salah satunya adalah PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia). Perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dengan keunggulan produk dan layanan yang terjangkau ini dinilai berhasil meningkatkan kinerja dan potensi karyawannya berkat dukungan strategi talent management yang mumpuni.

SWA /19-01-2022

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.323

IHSG (per 18 Januari 2022)

6.614,06

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media: Kontan.co.id, Kontan, Wartaekonomi.co.id, Ekonomi Neraca, Tempo.co, Detik.com, Tribunnews.com, Jpnn.com, Liputan6.com, Marketeers.com, Kumparan.com, Bisnis Indonesia, Law-justice.co, Cnbcindonesia.com, Industry.co.id, Medcom.id, Stabilitas, Investor Daily, SWA

DOWNLOAD PDF