AAJI Daily News - 17 Maret 2022


Kamis, 17 Maret 2022                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Kapan Aturan Unitlink Keluar? Ini Kata OJK
  2. Tumbuh 11,9%, Industri Asuransi Bayar Klaim Dan Manfaat Rp159,43 Triliun Di Tahun 2021
  3. Indonesia:COVID-19 pandemic dents the ranks of insurance agents
  4. Produk Asuransi Harus Diperjelas
  5. Hingga Januari, Reksadana Masih Jadi Pilihan Utama Asuransi Jiwa dalam Berinvestasi
  6. Januari, Asuransi Jiwa bukukan Premi Rp 15,09 Triliun
  7. Investasi Besar Asuransi Jiwa di Reksadana
  8. Aturan Unitlink Akan Diterbitkan Pekan Ini, Berikut Poin Baru yang Diatur
  9. Agen Unit Link Tolak LAPS, Mengadu Ke Bareskrim
  10. Pantau Kondisi Pasar, Begini Strategi Allianz Life Indonesia di 2022
  11. Allianz Pertahankan Kinerja Dana Investasi Positif Selama Pandemi
  12. Allianz Indonesia Pertahankan Kinerja Dana Investasi Positif di 2021
  13. Jangan Tertipu, Kenali 5 Modus Agen Asuransi Nakal 
  14. Mengenal Asuransi Jiwa dan Jenis Asuransi Lain di Indonesia
  15. Chubb Life Berikan Perlindungan Asuransi Jiwa untuk Nasabah Syailendra Capital
  16. Asik! Chubb Life Indonesia Gandeng Syailendra Capital Berikan Perlindungan Asuransi Jiwa
  17. Sidang di PN Jakarta Selatan : AIA Tidak Datang, Sutomo Kecewa Berat
  18. Selain BPJS, Ini Sejumlah Asuransi Kesehatan yang Bisa Jadi Pilihan
  19. Simak Tips Ini Sebelum Membeli Produk Asuransi
  20. 214.922 warga Kota Bitung jadi peserta JKN-KIS
  21. Transfer Polis ke IFG Life Capai 67,84%
  22. IFG Life Luncurkan layanan Digital Lifia
  23. IFG Life Luncurkan Layanan Customer Care LIFIA. Apa Keunggulannya?
  24. Aturan Baru Unit-Linked, OJK Melarang Asuransi Iming-iming Imbal Hasil
  25. Soal Unit Link Kini Perusahaan Asuransi Dilarang Menawarkan Imbalan Hasil Tetap
  26. Aturan Unitlink Bakal Terbit di Pekan Ini

TENTANG AAJI

Kapan Aturan Unitlink Keluar? Ini Kata OJK

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) 1A OJK, Dewi Astuti mengatakan aturan baru terkait unit link akan terbit tak lama lagi. Bahkan, ia menyebutkan bahwa aturan tersebut bisa terbit pekan ini. Kabarnya, dalam aturan baru tersebut akan mengatur hal-hal yang sebelumnya belum pernah diatur untuk produk unitlink. Salah satunya terkait aturan yang membatasi biaya akuisisi dan biaya admin yang sebelumnya belum ada. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen bilang pihaknya telah menerima rancangan dari peraturan baru OJK tersebut. Sementara itu, Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon bilang bahwa pihaknya juga menantikan aturan baru tersebut. Selama ini pihaknya telah banyak berkomunikasi dengan OJK terkait aturan tersebut dan memberikan beberapa pendapat terkait aturan baru tersebut.

Kontan.co.id /16-03-2022

Tumbuh 11,9%, Industri Asuransi Bayar Klaim Dan Manfaat Rp159,43 Triliun Di Tahun 2021

Industri asuransi jiwa kembali menunjukan capaian kinerja positif pada tahun 2021 yang mengalami pertumbuhan 11,9%. Sejalan dengan pencapaian tersebut, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga dan berperan serta dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia. Berdasarkan Laporan Kinerja Tahun 2021 dari 58 perusahaan anggota AAJI, industri asuransi jiwa berhasil membukukan pendapatan mencapai Rp241,17 triliun. Angka tersebut menunjukkan tren positif, dimana total pendapatan periode yang sama tahun 2020 mengalami perlambatan sebesar 8,6% atau Rp215,44 triliun.

Bentengsumbar.com /16-03-2022

Indonesia:COVID-19 pandemic dents the ranks of insurance agents

The COVID-19 pandemic has resulted in a reduction in the number of licensed insurance agents in the country, the Indonesian Life Insurance Association (AAJI) has said. The total number of licensed agents fell 5.5% last year to 574,003, reported Kontan citing AAJI data. A spokesman for the Indonesian Insurance Agents Association (PAAI), Deddy Karyanto, said that the COVID-19 pandemic had affected many businesses and made it difficult for insurance agents to attract new business. Several left the sector because of poor sales.

Asiainsurancereview.com /16-03-2022

Produk Asuransi Harus Diperjelas

Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) mengingatkan para agen asuransi agar mengenalkan produk asuransi kepada calon nasabah dengan detail dan logika yang mudah diterima. Sementara para calon nasabah harus benar-benar memahami kontrak polis asuransi sebelum menandatangani atau membeli produk asuransi. Founder PAAI, Wong Sandy Surya, mengimbau kepada para agen asuransi untuk bergabung dalam wadah PAAI sehingga setiap agen punya pemahaman yang sama. Dia menambahkan, seperti data AAJI, jumlah agen tersertifikasi mengalami penurunan di masa pandemi. Hal itu berdampak pada kontribusi pendapatan premi dari jalur keagenan. Namun, katanya, pandemi memberi tantangan dan pelajaran bagi banyak bisnis.

Radar Sulbar /16-03-2022

Hingga Januari, Reksadana Masih Jadi Pilihan Utama Asuransi Jiwa dalam Berinvestasi

Dalam mengelola aset investasinya, industri asuransi jiwa masih banyak menempatkan aset di instrumen reksadana. Per Januari 2022, aset reksadana memiliki kontribusi terbesar mencapai 31,15% dari keseluruhan total portofolio investasi. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesi (AAJI), Fauzi Arfan mengatakan, penempatan investasi selama ini menunjukkan bahwa industri asuransi memiliki peran cukup besar di industri pasar modal. Strategi memilih aset reksadana juga menjadi pilihan utama bagi BNI Life. Kontribusinya bisa mencapai 61% dari total aset investasi di Februari 2022 yang mencapai Rp 20,6 triliun. Naik 7,6% dibandingkan periode sebelumnya.

Kontan.co.id /16-03-2022

Januari, Asuransi Jiwa bukukan Premi Rp 15,09 Triliun

Pendapatan premi asuransi jiwa pada Januari 2022 turun 20,93% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi sebesar Rp 15,09 triliun. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Fauzi Arfan menyampaikan, ada kecenderungan orang-orang cukup waspada meskipun Omicron yang merebak di awal tahun ini tidak memberi dampak mendalam pada kasus kematian. Hal itu juga yang membuat pertemuan antara nasabah dan agen menjadi tertunda dan mengganggu produktivitas. Di sisi lain, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen menyampaikan, pihaknya mencatatkan pertumbuhan premi bruto unit link sebesar 12% pada tahun 2021. Sedangkan dari sisi jumlah nasabah, Allianz Life mencatat pertumbuhan sebesar 6% menjadi 696.641 nasabah.

Investor Daily /17-03-2022

Investasi Besar Asuransi Jiwa di Reksadana

Dalam mengelola aset investasinya, industri asuransi jiwa masih banyak menempatkan aset di instrumen reksadana. Per Januari 2022, aset reksadana memiliki kontribusi terbesar mencapai 31,15% dari keseluruhan total portofolio investasi. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesi (AAJI), Fauzi Arfan mengatakan, penempatan investasi selama ini menunjukkan bahwa industri asuransi memiliki peran cukup besar di industri pasar modal. Strategi memilih aset reksadana juga menjadi pilihan utama bagi BNI Life. Kontribusinya bisa mencapai 61% dari total aset investasi di Februari 2022 yang mencapai Rp 20,6 triliun. Naik 7,6% dibandingkan periode sebelumnya.

Kontan /17-03-2022

INDUSTRI & ASURANSI

Agen Unit Link Tolak LAPS, Mengadu Ke Bareskrim

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) masih terus memantau perkembangan kasus agen unit link antara nasabah dengan pihak perusahaan asuransi. Namun hingga hari ini masih belum ada jalan tengah mengenai kasus tersebut. Maria Trihartati selaku Koordinator Komunitas Korban Asuransi Unit Link menolak mengajukan penyelesaian melalui LAPS SJK. Ia menilai penyelesaian melalui LAPS SJK hanya mengulur waktu dan bertele-tele. Maria dan komunitas korban akan mencoba berencana mengadukan kasus ini ke Bareskrim Polri untuk membuat laporan resmi. Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) memberi tanggapan bahwa kasus unit-link merupakan cerminan kurangnya edukasi masyarakat mengenai produk investasi. Duta PAAI Deddy Karyanto menyatakan masyarakat harus paham kontrak polis sebelum membeli dan menandatanganinya.

Infobanknews.com /16-03-2022

Pantau Kondisi Pasar, Begini Strategi Allianz Life Indonesia di 2022

PT Asuransi Allianz Life Indonesia akan terus memantau kondisi pasar dan menyesuaikan strategi investasi dengan kondisi pasar di 2022. Head of Equity Allianz Life Indonesia Arie Haryoko memaparkan strategi investasi di tahun ini, terutama untuk instrumen investasi saham dan obligasi. Allianz Life berpandangan bahwa tren di masa mendatang untuk Indonesia akan berfokus pada dua sektor, yakni green economy dan digital economy, ditandai dengan adanya prospek aliran dana asing terhadap proyek baterai kendaraan listrik, yang akan menjadikan Indonesia sebagai produsen baterai terbesar di dunia dan memegang peran penting di rantai produksi EV.

Bisnis.com /16-03-2022

Allianz Pertahankan Kinerja Dana Investasi Positif Selama Pandemi

Allianz Life Indonesia berkomitmen memberikan perlindungan asuransi melalui solusi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sebagai perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang menyediakan produk asuransi jiwa unitlink, Allianz juga menerapkan pendekatan fundamental dengan penelitian sebagai dasar untuk semua keputusan investasi. Berdasarkan laporan keuangan perseroan kuartal IV/ 2021, Allianz Life Indonesia mencatatkan asset under management (AUM) sebesar Rp44,2 triliun, yang bertumbuh sebesar 3,52% secara year on year.

Tirto.id /16-03-2022

Allianz Indonesia Pertahankan Kinerja Dana Investasi Positif di 2021

Allianz Life Indonesia berkomitmen memberikan perlindungan asuransi melalui solusi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sebagai perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang menyediakan produk asuransi jiwa unitlink, Allianz juga menerapkan pendekatan fundamental dengan penelitian sebagai dasar untuk semua keputusan investasi. Berdasarkan laporan keuangan perseroan kuartal IV/ 2021, Allianz Life Indonesia mencatatkan asset under management (AUM) sebesar Rp44,2 triliun, yang bertumbuh sebesar 3,52% secara year on year.

Mediaasuransinews.co.id /16-03-2022

Jangan Tertipu, Kenali 5 Modus Agen Asuransi Nakal 

Sebagai suatu produk finansial, sebagian besar produk asuransi ditawarkan kepada masyarakat melalui agen pemasar. Kehadiran agen pemasar ini bisa menolong para calon nasabah untuk lebih memahami suatu produk asuransi. Namun, terlepas dari peran positif yang dilakukan oleh para agen asuransi ini, ada pula oknum tidak bertanggung jawab yang kadang melakukan penyalahgunaan perannya sebagai agen. Jadi, jika Anda hendak membeli asuransi, kenali modus-modus penipuan yang dilakukan oleh oknum agen asuransi tadi. Tujuannya supaya Anda terhindar dari kerugian yang besar dan agar tidak kapok membeli asuransi.

Mediaasuransinews.co.id /16-03-2022

Mengenal Asuransi Jiwa dan Jenis Asuransi Lain di Indonesia

Asuransi untuk jiwa merupakan jenis asuransi yang memberi uang pertanggungan sebagai pengganti dari hilangnya sumber pendapatan seseorang akibat yang tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat (disabilitas) sehingga tidak memungkinkan bagi dirinya untuk bekerja dan berpenghasilan kembali. Secara sederhana asuransi jiwa membantu seorang pencari nafkah atau tulang punggung keluarga menyiapkan dana bagi keluarga yang dicintainya. Jenis asuransi untuk jiwa selanjutnya adalah asuransi unit link yang merupakan gabungan asuransi khusus jiwa dan investasi. Jadi premi yang dibayarkan nasabah sebagian masuk ke uang asuransi dan sebagian lagi untuk produk investasi.

Berita11.com /16-03-2022

Chubb Life Berikan Perlindungan Asuransi Jiwa untuk Nasabah Syailendra Capital

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia) kini menyediakan perlindungan Asuransi Jiwa untuk nasabah PT Syailendra Capital (Syailendra Capital) melalui program SBOF Protection Plus: Investasi Reksa Dana bonus Asuransi Bebas Premi. Hal ini sejalan dengan komitmen Chubb Life Indonesia dan Syailendra Capital untuk menjadi partner yang melindungi kesejahteraan keluarga Indonesia. Program SBOF Protection Plus menyediakan perlindungan dari produk Group Term Life yang memberikan manfaat perlindungan jiwa bagi nasabah baru Syailendra Capital.

Pasardana.id /16-03-2022

Asik! Chubb Life Indonesia Gandeng Syailendra Capital Berikan Perlindungan Asuransi Jiwa

PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia) kini menyediakan perlindungan Asuransi Jiwa untuk nasabah PT Syailendra Capital (Syailendra Capital) melalui program SBOF Protection Plus: Investasi Reksa Dana bonus Asuransi Bebas Premi. Hal ini sejalan dengan komitmen Chubb Life Indonesia dan Syailendra Capital untuk menjadi partner yang melindungi kesejahteraan keluarga Indonesia. Program SBOF Protection Plus menyediakan perlindungan dari produk Group Term Life yang memberikan manfaat perlindungan jiwa bagi nasabah baru Syailendra Capital.

Wartaekonomi.co.id /16-03-2022

Sidang di PN Jakarta Selatan : AIA Tidak Datang, Sutomo Kecewa Berat

Sidang lanjutan gugatan perdata yang dilayangkan oleh AKBP (Purn) Sutomo kepada asuransi AIA, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (16/3). Sayangnya pihak AIA tak hadir dalam sidang tersebut. Padahal, kasus ini telah berjalan sejak 2020. Dari hasil sidang, tergugat yang dipanggil akan memberikan jawaban pada sidang lanjutan 30 Maret 2022 mendatang. Sikap AIA, yang membuat Kuasa Hukum Ansari Lubis kecewa berat. Meski demikian, Ansari akan tetap fokus pada gugatan perdata, sebab hal itu pula yang diinginkan oleh kliennya.

Radardepok.com /16-03-2022

Selain BPJS, Ini Sejumlah Asuransi Kesehatan yang Bisa Jadi Pilihan

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan kepada pemegang polis. Produk penanggungan ini akan memberikan manfaat kepada pemegang polis yang membutuhkan perawatan kesehatan akibat suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, penyakit kritis, hingga kematian karena kecelakaan. selain BPJS Kesehatan, berikut sejumlah asuransi kesehatan swasta yang bisa jadi pertimbangan: Sinarmas, Simas Sehat Corporate. Manulife, MiUltimate HealthCare (MiUHC) AIA , Power Pro Lofe Prudential, PRUprime healthcare syariah, PRUhospital & surgical cover plus dan PRUhospital & surgical cover plus syariah Allianz, SmartHealth Maxi Violet BRI Life, BRI Life Simply HealthCare Sun Life, Sun Medical Platinum

Solopos.com /16-03-2022

Simak Tips Ini Sebelum Membeli Produk Asuransi

Edukasi dan informasi mengenaik asuransi tidak hanya perlu dipahami oleh masyarakat yang belum memiliki asuransi, tetapi juga bagi yang sudah menjadi nasabah asuransi. Tujuannya, agar mereka lebih paham perlindungan asuransi mereka masih relevan atau tidak. Allianz Life Indonesia sebagai perusahaan asuransi komitmen untuk menyediakan solusi sekaligus edukasi kepada nasabah. Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia mengatakan, pihaknya melakukan berbagai inisiatif dan edukasi secara berkelanjutan agar semakin banyak orang memahami produk asuransi sebelum membeli.

Momsmoney.id /16-03-2022

214.922 warga Kota Bitung jadi peserta JKN-KIS

Sebanyak 214.922 warga Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kepala Cabang BPJS Kesehatan Manado dr Meryta O. Rondonuwu, mengatakan terkait angka nyata warga Kota Bitung yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, masih akan divalidasi bersama-sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bitung. Dia berharap, validasi data kepesertaan ini bisa selesai sehingga bisa diketahui data masyarakat yang belum mengikuti program JKN-KIS di kota itu.

Antaranews.com /16-03-2022

Transfer Polis ke IFG Life Capai 67,84%

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menyampaikan bahwa proses transfer polis hasil restrukturisasi dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) hingga saat ini masih terus berjalan dan telah mencapai 67,84 persen. Melalui siaran pers, IFG Life menyatakan hingga Rabu (16/3/2022), polis yang telah ditransfer mencapai 156.255 polis atau 67,84 persen. Di samping itu, IFG Life juga telah membayarkan klaim atau nilai manfaat mencapai Rp2,9 triliun. IFG Life berkomitmen untuk menyelesaikan pengalihan polis ini dengan memanfaatkan dana dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dengan penuh kehati-hatian.

Bisnis Indonesia /17-03-2022

IFG Life Luncurkan layanan Digital Lifia

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) meluncurkan layanan virtual assistant customer care bernama LIFIA (LifeFriends Assistant). Layanan berbasis digital ini sebagai perwujudan komitmen IFG Life dalam melayani dan membangun kedekatan dengan seluruh nasabah IFG Life dan masyarakat luas. LifeFriends, sapaan kepada seluruh nasabah IFG Life dan masyarakat luas, melalui LIFIA bisa mendapatkan informasi setiap hari dan sepanjang waktu (24 jam). Layanan dan solusinya antara lain informasi produk, cara pembayaran premi, syarat klaim, serta lokasi kantor layanan IFG Life.

Investor Daily /17-03-2022

IFG Life Luncurkan Layanan Customer Care LIFIA. Apa Keunggulannya?

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) meluncurkan layanan virtual assistant customer care bernama LIFIA (LifeFriends Assistant). Layanan berbasis digital ini sebagai perwujudan komitmen IFG Life dalam melayani dan membangun kedekatan dengan seluruh nasabah IFG Life dan masyarakat luas. LifeFriends, sapaan kepada seluruh nasabah IFG Life dan masyarakat luas, melalui LIFIA bisa mendapatkan informasi setiap hari dan sepanjang waktu (24 jam). Layanan dan solusinya antara lain informasi produk, cara pembayaran premi, syarat klaim, serta lokasi kantor layanan IFG Life.

Bisnis.com /17-03-2022

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Aturan Baru Unit-Linked, OJK Melarang Asuransi Iming-iming Imbal Hasil

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal merilis aturan baru mengenai produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit-linked). Salah satu poin dalam aturan itu melarang perusahaan asuransi menawarkan imbal hasil tetap. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan perusahaan asuransi dilarang memberikan jaminan imbal hasil tetap (return) pada unit-linked khususnya pada produk yang memiliki investasi pada pasar modal dan surat berharga.

Bisnis.com /16-03-2022

Soal Unit Link Kini Perusahaan Asuransi Dilarang Menawarkan Imbalan Hasil Tetap

Aturan baru terkait produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (paydi), termasuk unitlink bakal terbit. Aturan baru tersebut akan mengatur hal-hal yang sebelumnya belum pernah diatur untuk produk unitlink. Salah satunya terkait aturan yang membatasi biaya akuisisi dan biaya administrasi, yang sebelumnya belum ada. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, pihaknya telah menerima rancangan dari peraturan baru OJK tersebut. Diskusi internal sudah dilakukan Allianz terkait peraturan baru tersebut.

Kliklegal.com /16-03-2022

Aturan Unitlink Bakal Terbit di Pekan Ini

Aturan baru terkait produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (paydi), termasuk unitlink bakal terbit. Aturan baru tersebut akan mengatur hal-hal yang sebelumnya belum pernah diatur untuk produk unitlink. Salah satunya terkait aturan yang membatasi biaya akuisisi dan biaya administrasi, yang sebelumnya belum ada. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, pihaknya telah menerima rancangan dari peraturan baru OJK tersebut. Diskusi internal sudah dilakukan Allianz terkait peraturan baru tersebut.

Kontan /17-03-2022

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.321

IHSG (per 16 Maret 2022)

6.992,40

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media: Kontan.co.id, Bentengsumbar.com, Asiainsurancereview.com, Radar Sulbar, Investor Daily, Kontan, Infobanknews.com, Bisnis.com, Tirto.id, Mediaasuransinews.co.id, Berita11.com, Pasardana.id, Wartaekonomi.co.id, Radardepok.com, Solopos.com, Momsmoney.id, Antaranews.com, Bisnis Indonesia, Kliklegal.com

DOWNLOAD PDF