AAJI Daily News - 7 Desember 2022


Jumat, 7 Januari 2022                                                                                                                                   

 FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Strategi Industri Asuransi Jiwa Hadapi Dampak Tapering
  2. Kisruh Unit Link di Mata Pelaku Industri
  3. Kisruh Unit Link di Mata Pelaku Industri
  4. Asuransi Unit Link, Apa Sih Manfaatnya?
  5. Asuransi Digital Jadi Tren 2022, Apa Untung dan Risikonya?
  6. Berita Foto - BCA-AIA-Sampoerna Foundation Selenggarakan Webinar Celengan Guru
  7. Genjot Pemasaran Digital BCA Life Gandeng Qoala
  8. Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Lebih Melek Asuransi
  9. Prudential Indonesia Ulang Tahun ke-26
  10. Berita Foto - Sequis Financial dan Bank CTBC Indonesia Luncurkan Rider
  11. IFG Beli 10 Persen Saham Jasindo di InHealth
  12. Berita Foto - Kerja Sama Asuransi Jiwa Kredit
  13. Sequis Life Luncurkan Sequis Super Easy Health
  14. Literasi Asuransi Masih Rendah Menjadi Tantangan
  15. Dorong Literasi, Industri Asuransi Terus Memperkuat Digitalisasi
  16. Tingkatkan Kolaborasi dan inovasi, insurtech Lanjutkan Momentum Pertumbuhan
  17. Berita Foto - Industri Asuransi Jiwa Optimistis
  18. Berita Foto - Manfaat Asuransi Jiwa Syariah
  19. Berita Foto - Kerjasama Penyaluran Wakaf
  20. Berita Foto - KERJA SAMA PENYALURAN WAKAF
  21. Manulife Indonesia dan IPB Jalin Kerja Sama Penyaluran Wakaf dari Manfaat Polis Asuransi Jiwa Syariah
  22. Berita Foto - Penyaluran Wakaf

TENTANG AAJI

Strategi Industri Asuransi Jiwa Hadapi Dampak Tapering

Industri asuransi jiwa optimistis kondisi investasi pada tahun macan air akan lebih baik, meski dibayangi berbagai risiko ketidakpastian global, termasuk dampak kebijakan tapering off oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS). Ketua Bidang Keuangan, Pajak, dan Investasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Simon Imanto mengatakan, strategi pengelolaan investasi industri asuransi jiwa tidak terlepas dari profil liabilitas yang dimiliki perusahaan. Oleh karena itu, asset liability management menjadi kunci penting dalam mengatur strategi investasi.

Bisnis.com /06-01-2022

Kisruh Unit Link di Mata Pelaku Industri

Polemik yang menyelimuti produk asuransi unit link belum tuntas. Ratusan korban asuransi unit link terus berupaya meminta kejelasan setoran premi yang sudah dibayarkan. Para nasabah itu tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi AIA Financial (AIA), Prudential, dan AXA Mandiri. Menyikapi polemik unit link, Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), mengaku, aturan dan ketentuan tentang unit link sebenarnya sudah ketat. Sementara, Michellina Laksmi Triwardhany, President Director Prudential Indonesia mengatakan, pihaknya memastikan setiap pengaduan dan keluhan nasabah ditangani satu per satu secara serius dan sesuai aturan yang berlaku.

Infobanknews.com /06-01-2022

Kisruh Unit Link di Mata Pelaku Industri

Polemik yang menyelimuti produk asuransi unit link belum tuntas. Ratusan korban asuransi unit link terus berupaya meminta kejelasan setoran premi yang sudah dibayarkan. Para nasabah itu tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi AIA Financial (AIA), Prudential, dan AXA Mandiri. Menyikapi polemik unit link, Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), mengaku, aturan dan ketentuan tentang unit link sebenarnya sudah ketat. Sementara, Michellina Laksmi Triwardhany, President Director Prudential Indonesia mengatakan, pihaknya memastikan setiap pengaduan dan keluhan nasabah ditangani satu per satu secara serius dan sesuai aturan yang berlaku.

Rctiplus.com /06-01-2022

INDUSTRI & ASURANSI

Asuransi Unit Link, Apa Sih Manfaatnya?

Produk asuransi unit link merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dan memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan serta investasi yang juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali mengatakan, diperlukan waktu untuk memahami produk keuangan, termasuk asuransi. Untuk itu, para calon nasabah disarankan untuk mempelajari dan memahami produk asuransi jiwa, terutama produk asuransi unit link, sebelum memutuskan untuk membeli. Berdasarkan data AAJI, per semester I/2021, pendapatan premi produk asuransi unit link mencapai Rp64,44 triliun atau tumbuh 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sehingga kontribusinya mencapai 62 persen terhadap total pendapatan premi industri asuransi jiwa.

Detik.com /06-01-2022

Asuransi Digital Jadi Tren 2022, Apa Untung dan Risikonya?

Setelah fintech (financial technology) jadi ngetren di tengah masyarakat, kini muncul insurtech alias insurance technology. Salah satu contohnya Allianz eAZy Connect yang memungkinkan nasabah untuk mengakses, memantau informasi dan mengelola polis secara mandiri di mana saja dan kapan saja hanya dengan satu aplikasi. Meski begitu, asuransi digital pilihannya cukup terbatas. Menurut Karin Zulkarnaen, Direktur Allianz Life Indonesia, pilihan produk yang disajikan memang harus dibatasi agar tidak membingungkan ketika harus dipilih.

Nova /06-01-2022

Berita Foto - BCA-AIA-Sampoerna Foundation Selenggarakan Webinar Celengan Guru

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama dengan PT AIA Financial (AIA), dan Putera Sampoerna Foundation menyelengarakan webinar dengan tajuk ‘Celengan Guru’ (Cerdas Kelola Keuangan Guru). Webinar literasi keuangan ini diadakan sebagai apresiasi bagi para guru, pahlawan pendidikan, dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November 2021.

Media Asuransi /06-01-2022

Genjot Pemasaran Digital BCA Life Gandeng Qoala

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) dan PT Archor Technology Digital (Qoala) melakukan kerja sama pemasaran produk digital BCA Life melalui platform Qoala. BCA Life mengembangkan kerja sama pemasaran dengan Qoala, khususnya produk yang dipasarkan lewat jalur pemasaran digital. Pada kerja sama ini, produk yang diperkenalkan adalah produk asuransi jiwa berjangka, BCA Life Perlindungan Jiwa menyasar anak-anak muda di Indonesia.

Media Asuransi /06-01-2022

Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Lebih Melek Asuransi

Allianz Indonesia mengadakan webinar bertemakan Life and Health Insurance pada 8 November 2021. Allianz menyarankan perlunya kecermatan dan pemahaman lebih mendalam dari masyarakat di semua kalangan untuk memilih produk asuransi yang tepat agar kebutuhan perlindungan terpenuhi dan pengelolaan keuangan dapat lebih optimal. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen, mengatakan bahwa Allianz Life Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi masyarakat akan literasi seputar asuransi.

Media Asuransi /06-01-2022

Prudential Indonesia Ulang Tahun ke-26

Tahun ini genap 26 tahun perjalanan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) di industri perasuransian Tanah Air. Chief Marketing & Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali, mengungkapkan bahwa selama ini perseroan senantiasa mendorong dan memfasilitasi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan sejahtera. Perseroan juga memiliki inisiatif Community Investment Prudential Indonesia dalam bentuk edukasi literasi keuangan dan asuransi.

Media Asuransi /06-01-2022

Berita Foto - Sequis Financial dan Bank CTBC Indonesia Luncurkan Rider

PT Asuransi Jiwa Sequis Financial (Sequis Financial) dan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC) meluncurkan 2 produk rider (asuransi tambahan) baru, yaitu Q Payor Rider dan Q Hospital Rider. Peluncuran produk baru bancassurance ini dilakukan secara virtual oleh Presiden Direktur Sequis Financial, Edisjah dan Presiden Direktur Bank CTBC Indonesia, Iwan Satawidinata.

Media Asuransi /06-01-2022

IFG Beli 10 Persen Saham Jasindo di InHealth

BUMN Holding Perasuransian dan Penjaminan, Indonesia Financial Group (IFG) dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Conditional Sales and Purchase Agreement/CSPA) guna memperkuat posisi holding di pasar asuransi. Upaya ini diwujudkan melalui pembelian 10 persen saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (Mandiri InHealth) milik Jasindo oleh IFG. Direktur Utama IFG, Robertus BiIlitea, mengatakan bahwa pembelian saham Mandiri InHealth merupakan upaya serius IFG dalam menata fokus bisnis anak perusahaan, khususnya Jasindo, yang semakin memperkuat fokus bisnisnya di sektor asuransi umum.

Media Asuransi /06-01-2022

Berita Foto - Kerja Sama Asuransi Jiwa Kredit

(Kiri ke kanan) Ketua KOPNUS POS Joshua Rahmat, Bendahara KOPNUS POS, Tedja Surya Utara, Direktur Utama PT Perisai Bhakti Rahardjo (SAKTI) Dicky Wens, dan Direktur Bisnis PT Taspen Life Fachri Adnan, foto bersama usai penandatanganan kerja sama asuransi jiwa kredit, di Jakarta, 5 November 2021. KOPNUS POS sampai saat ini sudah memiliki sekitar 120 nasabah pensiunan, yang penyalurannya melalui kantor pos di seluruh Indonesia.

Media Asuransi /06-01-2022

Sequis Life Luncurkan Sequis Super Easy Health

Super You by Sequis, kanal asuransi digital dari PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis) meluncurkan Sequis Super Easy Health, sebuah produk asuransi kesehatan dasar yang memberikan perlindungan dengan premi murah dan nilai yang dibayar nasabah akan tetap selama masa perlindungan berlangsung. Head of Digital Channel Sequis, Antonius Tan, mengatakan bahwa Sequis Super Easy Health adalah produk asuransi kesehatan ketiga dari Super You by Sequis.

Media Asuransi /06-01-2022

Literasi Asuransi Masih Rendah Menjadi Tantangan

Shadiq Akasya memiliki pengalaman berkecimpung di industri keuangan dan perbankan hampir selama 30 tahun. Sekarang ia memimpin sebuah perusahaan asuransi jiwa yakni PT BNI Life Insurance sebagai presiden direktur sejak tahun 2018. Menurut Shadiq, untuk saat ini masyarakat merasa lebih rentan terhadap isu kesehatan di tengah pandemi dan semakin sadar akan pentingnya memiliki proteksi jiwa dan kesehatan. Ini merupakan peluang bagi industri asuransi jiwa dengan menghadirkan manfaat dan layanan sesuai kebutuhan nasabah.

Media Asuransi /06-01-2022

Dorong Literasi, Industri Asuransi Terus Memperkuat Digitalisasi

Sektor asuransi terus bertransformasi ke arah digital untuk memberikan layanan terbaik dan menjaga kelangsungan bisnis ke depannya. Allianz Indonesia telah menghadirkan berbagai inisiatif untuk menciptakan pengalaman terdigitalisasi pada asuransi dengan menyesuaikan kebutuhan nasabah yang unik dan mengutamakan kemudahan. Salah satunya melalui Allianz eAZy Connect yang memungkinkan nasabah untuk mengakses, memantau informasi dan mengelola polis secara mandiri di mana saja dan kapan saja hanya dengan satu aplikasi.

Koran Sindo /07-01-2022

Tingkatkan Kolaborasi dan inovasi, insurtech Lanjutkan Momentum Pertumbuhan

Penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah tapi menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Hal itu menjadi sinyal positif bagi setiap penyelenggara insurance technology (insurtech) sebagai katalisator di industri asuransi untuk terus melakukan inovasi dan kolaborasi dalam rangka meningkatkan porsi bisnisnya. Co Founder Lifepal Benny Fajarai mengungkapkan, insurtech dapat memberikan porsi yang lebih besar terhadap total premi asuransi secara keseluruhan di 2022 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tentu dengan tetap menggencarkan edukasi kepada masyarakat, dukungan pemerintah, serta kolaborasi dari semua pihak.

Investor Daily /07-01-2022

Berita Foto - Industri Asuransi Jiwa Optimistis

Industri asuransi jiwa optimistis kondisi investasi pada tahun 2022 akan lebih baik, meski dibayangi berbagai risiko ketidakpastian global, termasuk dampak kebijakan tapering off oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Investor Daily /07-01-2022

Berita Foto - Manfaat Asuransi Jiwa Syariah

Manulife Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani kerjasama terkait penyaluran wakaf secara mandiri maupun donasi dari manfaat polis asuransi jiwa syariah. Kerjasama ini untuk menyasar para milenial, maupun mendorong kesadaran mereka untuk berasuransi sejak dini khususnya melalui asuransi syariah.

Koran Sindo /07-01-2022

Berita Foto - Kerjasama Penyaluran Wakaf

Manulife Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani kerjasama terkait penyaluran wakaf secara mandiri maupun donasi dari manfaat polis asuransi jiwa syariah. Kerjasama ini untuk menyasar para milenial, maupun mendorong kesadaran mereka untuk berasuransi sejak dini khususnya melalui asuransi syariah.

Kontan /07-01-2022

Berita Foto - KERJA SAMA PENYALURAN WAKAF

Manulife Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani kerjasama terkait penyaluran wakaf secara mandiri maupun donasi dari manfaat polis asuransi jiwa syariah. Kerjasama ini untuk menyasar para milenial, maupun mendorong kesadaran mereka untuk berasuransi sejak dini khususnya melalui asuransi syariah.

Bisnis Indonesia /07-01-2022

Manulife Indonesia dan IPB Jalin Kerja Sama Penyaluran Wakaf dari Manfaat Polis Asuransi Jiwa Syariah

Manulife Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani kerjasama terkait penyaluran wakaf secara mandiri maupun donasi dari manfaat polis asuransi jiwa syariah. Kerjasama ini untuk menyasar para milenial, maupun mendorong kesadaran mereka untuk berasuransi sejak dini khususnya melalui asuransi syariah.

Sindonews.com /07-01-2022

Berita Foto - Penyaluran Wakaf

Manulife Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani kerjasama terkait penyaluran wakaf secara mandiri maupun donasi dari manfaat polis asuransi jiwa syariah. Kerjasama ini untuk menyasar para milenial, maupun mendorong kesadaran mereka untuk berasuransi sejak dini khususnya melalui asuransi syariah.

Koran Jakarta /07-01-2022

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.365

IHSG (per 5 Januari 2022)

6.650,94

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media: Bisnis.com, Infobanknews.com, Rctiplus.com, Detik.com, Nova, Media Asuransi, Koran Sindo, Investor Daily, Kontan, Bisnis Indonesia, Sindonews.com, Koran Jakarta

DOWNLOAD PDF