AAJI Daily News - 20 Desember 2022


Selasa, 20 Desember 2022                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Jamin Hak Nasabah, Industri Asuransi Terapkan Standar Perilaku Pemasaran Unit Link
  2. Sasar Anak Muda, Great Eastern Life Gandeng Qoala Pasarkan GREAT ProInsure Life
  3. Kesadaran Pentingnya Berasuransi di Masyarakat Kian Meningkat
  4. BNI Life kantongi peringkat idAA+ dari Pefindo
  5. Saling Tuduh di AJB Bumiputera 1912, Kornas: OJK Harus Bersikap Tegas
  6. 450 Nelayan di Bangka Tengah Dapat Asuransi Jaminan Sosial Gratis
  7. Sinarmas MSIG Life Resmikan Kantor Keagenan Grow
  8. BCA Life Salurkan Donasi Korban Gempa Cianjur – Berita Foto
  9. Peserta Asuransi Masih Rendah, Askrindo Gencar Sosialisasi Asuransi Digital
  10. ACC Syariah tawarkan pembiayaan perjalanan haji
  11. Bareskrim Diwanti-wanti Supaya Datang Sidang
  12. Strategi Penguatan Operasional Melalui Implementasi Transformasi Digital
  13. Penerapan PSAK 74 Asuransi Mulai 2023, AXA Financial : Susah, Tapi Kami Siap
  14. Peluang Industri Asuransi Tetap Besar
  15. Surat Utang Jadi Incaran Pemodal Kakap
  16. Resesi Berpotensi Dongkrak Industri Asuransi
  17. LPS Diberi Waktu 5 Tahun Siapkan Tugas Baru, Cukup Gak?

TENTANG AAJI

Jamin Hak Nasabah, Industri Asuransi Terapkan Standar Perilaku Pemasaran Unit Link

Dari industri asuransi, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI ) mencatat jumlah tertanggung asuransi jiwa mencapai 80,85 juta orang selama periode Januari - September 2022 atau naik 28% dari periode yang sama tahun 2021. Secara rinci, sebanyak 25,97 juta orang adalah tertanggung perorangan yang naik 33,5% dibanding periode yang sama tahun 2021. Sementara total tertanggung kumpulan tercatat berjumlah 54,88 juta orang, meningkat 25,6%.

kontan.co.id /19-12-2022

INDUSTRI & ASURANSI

Sasar Anak Muda, Great Eastern Life Gandeng Qoala Pasarkan GREAT ProInsure Life

Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya berasuransi saat ini kian meningkat. Hal ini terbukti dari pertumbuhan tertanggung asuransi jiwa yang meningkat sebesar 28% di kuartal ketiga 2022 dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Untuk terus meningkatkan pengetahuan dan akses masyarakat tentang asuransi serta beradaptasi dengan perkembangan masa, para pelaku industri asuransi pun mulai bertransformasi secara digital, baik dari sisi penyediaan produk hingga layanan. Hal tersebut sejalan dengan roadmap industri asuransi jiwa yang telah resmi diluncurkan AAJI, yakni bertujuan mendorong transformasi digital. Dengan mengedepankan customer centricity, customer protection , dan digital experience, kemudahan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan produk atau layanan asuransi seolah telah menjadi kebutuhan.

kontan.co.id /19-12-2022

Kesadaran Pentingnya Berasuransi di Masyarakat Kian Meningkat

Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya berasuransi saat ini kian meningkat. Hal tersebut terbukti dari pertumbuhan tertanggung asuransi jiwa yang meningkat sebanyak 28 persen di kuartal ketiga 2022 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Untuk terus meningkatkan pengetahuan dan akses masyarakat tentang asuransi serta beradaptasi dengan perkembangan masa, para pelaku industri asuransi harus mulai bertransformasi secara digital, baik dari sisi penyediaan produk maupun layanan. Harapannya agar bisa terus menumbuhkan laju bisnisnya di masa mendatang.

medcom.id /19-12-2022

BNI Life kantongi peringkat idAA+ dari Pefindo

Peringkat tersebut mencerminkan status perusahaan sebagai anak perusahaan strategis dari pemegang sahamnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Perusahaan Asuransi Sumitomo Life " (didukung) Sinergi bisnisnya yang sangat kuat dengan BNI, permodalan yang kuat, dan likuiditas yang kuat," tulis Pefindo dikutip Senin (19/12).

kontan.co.id /19-12-2022

Saling Tuduh di AJB Bumiputera 1912, Kornas: OJK Harus Bersikap Tegas

Kornas Pemegang polis AJB Bumiputera 1912 menilai di tengah Rencana Penyehatan Keuangan Perusahaan (RPKP), ternyata masih ada pihak-pihak yang mengail di air keruh dan membuat kondisi semakin runyam.

Setelah Kornas melakukan klarifikasi melalui manajemen internal AJB Bumiputera 1912, ternyata menemukan, beredar berita pencairan klaim Polis Ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) periode Agustus-Desember 2022, yaitu Polis atas nama Muhammad Idaham, S.H, M.Si (Dengan 3 Polis Habis kontrak atau HK).

pasjabar.com /19-12-2022

450 Nelayan di Bangka Tengah Dapat Asuransi Jaminan Sosial Gratis

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui dinas perikanan memberikan asuransi jaminan sosial secara gratis kepada para nelayan. Pemberian asuransi itu dilakukan secara bertahap untuk para nelayan dari berbagai wilayah di seluruh kecamatan. Secara keseluruhan, total sudah ada sebanyak 450 orang nelayan di Bangka Tengah yang mendapatkan asuransi tersebut.

bangka.tribunnews.com /19-12-2022

Sinarmas MSIG Life Resmikan Kantor Keagenan Grow

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life) meresmikan pembukaan kantor keagenan atau Agency Kantor Mandiri (AKM) Grow di Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat. Acara peresmian dihadiri Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life, Wianto Chen, didampingi oleh Direktur Sinarmas MSIG Life Herman Sulistyo dan Andrew Bain selaku Direktur serta pemilik Agency Grow, Rustan Tjong.

sinarharapan.id /19-12-2022

BCA Life Salurkan Donasi Korban Gempa Cianjur – Berita Foto

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) salurkan donasi tunai sebesar Rp100.000.000 untuk korban gempa yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melalui lembaga non-profit Habitat for Humanity Indonesia di Jakarta, Senin 19 Desember 2022. Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis oleh Christine Setyabudhi, Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life didampingi oleh Sukawati Lubis, Direktur & Chief Compliance Officer (CCO) BCA Life kepada Abraham Tulung, General Manager Habitat for Humanity Indonesia.

beritasatu.com /19-12-2022

Peserta Asuransi Masih Rendah, Askrindo Gencar Sosialisasi Asuransi Digital

Minimnya jumlah peserta asuransi merupakan dampak dari rendahnya indeksi literasi atau pengetahuan masyarakat tentang asuransi dan manfaatnya. Untuk itu, PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) turut berperan aktif untuk terus memberikan pemahaman-pemahaman mendasar tentang asuransi kepada publik. Langkah ini dilakukan agar makin banyak masyarakat yan sadar akan pentingnya asuransi, terutama para pelaku usaha.

mediabumn.com /20-12-2022

ACC Syariah tawarkan pembiayaan perjalanan haji

Perusahaan pembiayaan Astra Credit Companies Syariah (ACC Syariah) menawarkan Pembiayaan Haji Khusus kepada masyarakat, melalui kolaborasi dengan agen perjalanan ESQ Tours Travel (ESQ Group) yang telah berpengalaman dalam hal itu. Produk Pembiayaan Haji Khusus ini dihadirkan bagi masyarakat yang ingin segera melaksanakan ibadah haji ke tanah suci karena memiliki masa tunggu haji yang lebih cepat sekitar 5 sampai 8 tahun dibandingkan haji reguler.

headtopics.com /20-12-2022

Bareskrim Diwanti-wanti Supaya Datang Sidang

Kepolisian siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukkan tersangka Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life), Kurniadi Sastrawinata. Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, gugatan praperadilan merupakan hak tersangka. Sidang perdana gugatan praperadilan ini sedianya digelar pada Rabu, 14 Desember 2022. Namun pihak Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri tidak. Sidang pun ditunda. Hakim memerintahkan Termohon (Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim) dipanggil dengan peringatan. Supaya hadir dalam sidang Senin, 4 Januari 2023.

Rakyat Merdeka /20-12-2022

Strategi Penguatan Operasional Melalui Implementasi Transformasi Digital

Strategi penguatan operasional saat ini ditunjukkan oleh perusahaan melalui implementasi transformasi digital. Karena itu PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) terus mengupayakan kemudahan jangkauan dan dekat dengan masyarakat. Demikian diungkapkan Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life, Wianto Chen, didampingi oleh Herman Sulistyo dan Andrew Bain selaku Direktur serta pemilik Agency Grow, Rustan Tjong, pada peresmian pembukaan kantor keagenan atau Agency Kantor Mandiri (AKM) Grow di Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (20/12/2022).

krjogja.com /20-12-2022

REGULASI ASURANSI JIWA

Penerapan PSAK 74 Asuransi Mulai 2023, AXA Financial : Susah, Tapi Kami Siap

Perusahaan asuransi jiwa PT AXA Financial Indonesia mengaku telah siap menerapkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan terbaru alias PSAK 74 pada 2023.

Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav mengakui bahwa penerapan standar pembukuan baru yang merupakan adopsi dari International Financial Accounting Standard (IFRS) 17 memang terbilang menantang.

bisnis.com /19-12-2022

Peluang Industri Asuransi Tetap Besar

CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland, dalam keterangan resmi, Senin, 19 Desember 2022.

Dia jelaskan, menurut Survei Manulife Asia Care 2022, sebanyak 83 persen responden melihat pentingnya memiliki asuransi, dan 76 persen berkeinginan membeli produk asuransi. Sementara itu, Head of Product Management Manulife Indonesia, Richard Sondakh, mengakui bahwa tahun depan merupakan tahun yang menantang. Richard menjelaskan, hasil survei Manulife Asia Care 2022 menyebutkan tiga produk asuransi yang cocok untuk dihadirkan ke nasabah pada masa mendatang. Produk asuransi itu yakni asuransi pendidikan anak, asuransi kesehatan, serta asuransi jiwa dan penyakit kritis. Produk tersebut akan menjadi produk asuransi pilihan dan menjadi prioritas utama

Ekonomi Neraca /20-12-2022

Surat Utang Jadi Incaran Pemodal Kakap

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan investasi pada instrumen surat utang, khususnya Surat Berharga Negara (SBN) pada 2023 bakal meningkat. Menurutnya, investasi pada instrumen buatan pemerintah pada 2023 bertolak pada beberapa alasan. Pertama, SBN menjadi salah satu instrumen incaran untuk mengisi portofolio pada 2023 karena imbal hasilnya yang menarik. Seperti diketahui, langkah kenaikan suku bunga acuan bakal berlanjut sehingga mendorong kupon SBN. Kedua, ancaman resesi global menjadi penentu untuk memilih instrumen aman. Asosiasi menilai bahwa instrumen SBN bisa memberikan kinerja ciamik kala risiko menanjak akibat dampak resesi global pada 2023.

Bisnis Indonesia /20-12-2022

Resesi Berpotensi Dongkrak Industri Asuransi

Potensi industri asuransi di Indonesia pada 2023 dinilai masih sangat besar. Halitu didasarkan pada meningkatnya kesadaran masyarakat akan perlunya perlindungan (proteksi) kesehataan dan finansial jika terjadi krisis ekonomi dunia. Di sisi lain, jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa juga menjadi peluang pasar yang sangat besar bagi perusahaan asuransi. Berdasar data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah, hanya berkisar 18 persen. Menurut Survei Manulife Asia Care 2022, sebanyak 83 persen respondens di Indonesia melihat pentingnya memiliki asuransi pada, dan 76 persen respondens berkeinginan membeli produk asuransi untuk menjaga dari segala kemungkinan buruk yang terjadi pada tahun depan.

Radar Banjarmasin /20-12-2022

LPS Diberi Waktu 5 Tahun Siapkan Tugas Baru, Cukup Gak?

Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK) memberikan waktu lima tahun bagi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menyiapkan diri menjalankan mandat penjaminan asuransi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu menuturkan bahwa waktu lima tahun diberikan agar LPS bisa memiliki persiapan. Sejalan dengan itu, Febrio menegaskan bahwa industri asuransi di Tanah Air harus sehat terlebih dahulu.

cnbcindonesia.com /20-12-2022

 

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.629,05

IHSG (per 20 Desember 2022)

6.729,05

BI Rate

5,25%

 

 

 

 

 

Sumber Media: kontan.co.id, bangka.tribunnews.com, sinarharapan.id, medcomid, mediabumn.com, headtopics.com, krjogja.com, mediaasuransinews.co.id, cnbcindonesia.com, beritasatu.com, dan rakyat merdeka, bisnis.com, dan ekonomi neraca, dan bisnis indonesia, dan radar banjarmasin.

DOWNLOAD PDF