AAJI Daily News - 25 November 2022


Jumat, 25 November 2022                                                                                  

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Digitalisasi Asuransi dan Rekomendasi Forum B20 Bali
  2. Menkes Telusuri Pengguna BPJS Kesehatan
  3. RBC Asuransi Jiwa
  4. Pemerintah Mengusulkan Asuransi Wajib
  5. Kondisi Kesehatan Asuransi Menurun
  6. Wanaartha Life
  7. Literasi Asuransi dan Mitigasi Finansial
  8. MNC Life Andalkan Bisnis Kecil dan Menengah
  9. Gelapkan Dana Rp 17 T, Ini Profil Pemilik Wanaartha Life
  10. AXA Mandiri Bayar Klaim dan Manfaat Rp 5,87 Triliun di Kuartal II 2022

INDUSTRI & ASURANSI

Digitalisasi Asuransi dan Rekomendasi Forum B20 Bali

25/11/22 Investor Daily Pentingnya peningkatan teknologi digital dalam industri asuransi itu juga ditekankan oleh Menteri keuangan Sri Mulyani, dan berharap industri asuransi dapat lebih fleksibel untuk mengadopsi perubahan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Harapannya dengan begitu asuransi jiwa dapat lebih inklusif. Keuntungan lain dari digitalisasi asuransi yang berfokus pada penjualan online melengkapi saluran distribusi pemasaran produk. Namun digitalisasi juga bisa merugikan perusahaan – perusahaan asuransi. Belum semua masyarakat merasa nyaman berasuransi lewat digital.

Halaman : 2

Menkes Telusuri Pengguna BPJS Kesehatan

25/11/22 Investor Daily – Berita  Gambar

Halaman : 3

RBC Asuransi Jiwa

25/11/22  Investor Daily – Berita Gambar

Halaman: 20

Pemerintah Mengusulkan Asuransi Wajib

25/11/22 Kontan – Pemerintah mengusulkan ada ketentuan baru terkait program asuransi wajib dalam rencangan undang – undang penguatan dan pengembangan sektor keuangan. Salah satu poin yang diusulkan adalah membolehkan pemerintah untuk membentuk program asuransi wajib sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, pemerintah memiliki kewenangan untuk mewajibkan keikutsertaan program tersebut pada masyarakat. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu menjelaskan asuransi yang wajib diharapkan adalah asuransi yang berjalan secara kompetetif.

Halaman : 10

Kondisi Kesehatan Asuransi Menurun

25/11/22 Kontan – Alarm kesehatan Industri Asuransi berbunyi. Meski masih dalam batas yang aman, terlihat ada sedikit penurunan rasio kesehatan perusahaan asuransi, yang kerap dikenal dengan risk based capital. Secara industri, tren penurunan RBC memang sudah mulai terlihat dalam beberapa bulan terakhir. Secara kuartal per kuartal, misalnya RBC asuransi jiwa turun dari kuartal kedua tahun ini. Seiring berjalan, RBC Industri asuransi umum juga memiliki tren terkoreksi.

Halaman : 10

Wanaartha Life

Kontan – Badan Reserse kriminal atau Bareskrim Polri sedang mengejar aset senilai Rp 1,4 triliun yang dimiliki oleh anak bungsu dari salah satu pemilik PT Asuransi Jiwa Wanaartha Life. Kepala Sub Direktorat Industri Keuangan Non bank (IKNB) Bareskrim Polri Ma’mum menyampaikan, di sosialisasi waspada investasi dan pinjol ilegal di IPB Univesrity Bogor, bahwa Bareskrim tengah mencari anak bungsu dari salah satu pemilik Wanaaertha Life yang saat ini sedang di luar negeri dan tengah meminta bantuan Biro Investigasi Federal (FBI)

Halaman : 16

Literasi Asuransi dan Mitigasi Finansial

Bisnis Indonesia – Head of Sequis Digital Channel Antonius Tan saling berbincang dengan Founder of Lady Boss Project Kelly Patricia (tengah), dan founder of Gatherich ken  Hendersen mengenai Resesi Global : Kesempatan atau Ancaman di Jakarta. Super you by sequis online menggelar talkshow tersebut untuk memberikan literasi asuransi sekaligus menyadarkan masyarakat tentang perlunya melakukan mitigasi finansial dalam kondisi apapun termasuk saat resesi.

Halaman : 5

MNC Life Andalkan Bisnis Kecil dan Menengah

25/11/22 Bisnis Indonesia – PT MNC Life Assurance atau MNC Life mengandalkan segmen bisnis kecil dan menengah untuk meraih target pendapatanan yang dipatok Rp 350 miliar sepanjang tahun ini. Corporate Secretary MNC Life Septika Helena mengatakan bahwa besarnya peluang dari kebutuhan usaha kecil dan menengah terhadap asuransi kesehatan karyawannya membuat perusahaan optimis target tahun ini bisa tercapai.

Halaman : 15

Gelapkan Dana Rp 17 T, Ini Profil Pemilik Wanaartha Life

25/11/22 CNBC Indonesia – Badan Reserse Kriminal Polri Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus telah menetapkan Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) Yanes Yaneman Matulatuwa dan enam petinggi perusahaan sebagai tersangka kasus pemalsuan dokumen yang diberikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Belakangan muncul kabar jika Bareskrim Polri sedang mengejar aset senilai Rp 1,4 triliun yang dimiliki oleh anak bungsu dari salah satu pemilik perusahaan tersebut.

Link : https://www.cnbcindonesia.com/market/20221125141529-17-391251/gelapkan-dana-rp-17-t-ini-profil-pemilik-wanaartha-life

AXA Mandiri Bayar Klaim dan Manfaat Rp 5,87 Triliun di Kuartal II 2022

25/11/22 Warta Ekonomi – PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) telah membayarkan klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp 5,87 triliun kepada nasabah hingga kuartal II 2022. Dari nilai tersebut perseroan telah melayani lebih dari 4 juta masyarakat di seluruh Indonesia. Regional Sales Head Sharia AXA Mandiri Yusuf Maulana mengatakan,  bahwa pembayaran tersebut sebagai wujud komitmen perseroan dalam memberikan manfaat asuransi jiwa kepada nasabah.

Link : https://finance.wartaekonomi.co.id/read14849/axa-mandiri-bayar-klaim-dan-manfaatrp-587-triliun-di-kuartal-ii-2022

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.713

IHSG (per 25 November 2022)

7.053

BI Rate

-

 

 

 

 

 

Sumber Media: Investor Daily, Kontan, Bisnis Indonesia, CNBC Indonesia, Warta Ekonomi.

DOWNLOAD PDF