AAJI Daily News - 20 Januari 2022
Kamis, 20 Januari 2022
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
- Togar Pasaribu
- Asuransi Jiwa Bayarkan Klaim terkait Covid-19
- Total Klaim tembus Rp 7,36 Triliun
- Pengetatan Unit Link, Pebisnis Pusing
- Jaga Asa Asuransi Jiwa
- Korban Unit Link Muncul Lagi, Nasabah Prudential Ngaku Rugi Rp 6 M
- ARAH POSITIF ASURANSI UNTUK MEMENUHI JANJI
- Kisah Pilu Korban Unit Link yang Nginap di Depan Kantor Prudential
- Duduk Perkara Nasabah Geruduk Sampai Nginep di Depan Kantor Prudential
- Upaya Mediasi Gagal, Nasabah Datangi Kantor Prudential Tanpa Pemberitahuan
- Unit Link Lagi-lagi Makan Korban, Ini Saran dari Pakar
- Qoala Incar Pertumbuhan Premi Lima Kali Lipat
- Kehadiran "insurtech" diharapkan bisa perluas inklusi keuangan
- Perta Life Insurance Incar Pertumbuhan Laba 148%
- Diperiksa Kejagung, Taspen Life Pastikan Klaim dan Premi Nasabah Tak Terganggu
- OJK NTB Menangani 191 Pengaduan Konsumen Jasa Keuangan Pada 2021
- Ini Respon Prudential Tanggapi Aksi Demo
- Cerita Korban Unit-Link Bermalam Lagi di Kantor Prudential, AIA dan AXA Mandiri Berikutnya
- Klarifikasi Prudential soal Isu-Aksi Keluhan Nasabah Unit Link
- Ini Kata Pakar Biar Sengketa Asuransi Tuntas
- Sengketa Asuransi, Ini Kata Pakar agar Sengketa Nasabah dan Asuransi Tuntas
- Generali dan Prodia Luncurkan Digital Medical Check Up
- Astra Life Raih Premi 4 Triliun
TENTANG AAJI
Togar Pasaribu
Jumlah klaim Covid terus bertambah sepanjang pandemi berlangsung. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
Kontan /19-01-2022
Asuransi Jiwa Bayarkan Klaim terkait Covid-19
Jumlah klaim Covid terus bertambah sepanjang pandemi berlangsung. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
Tribun Medan /19-01-2022
Total Klaim tembus Rp 7,36 Triliun
Jumlah klaim Covid terus bertambah sepanjang pandemi berlangsung. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
Tribun Lampung /19-01-2022
Pengetatan Unit Link, Pebisnis Pusing
Masih maraknya kasus asuransi terutama produk unit link memaksa otoritas untuk menerbitkan aturan yang lebih ketat. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menyetujui apabila hal tersebut harus diatur kembali karena bisa berdampak positif terhadap ekosistem industri asuransi nasional. Sementara itu, Koordinator Korban Asuransi Unit Link Maria Trihartati mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai usaha seperti mendatangi OJK maupun kantor perwakilan asuransi seperti Prudential, AIA, maupun Axa Mandiri dan berharap bisa mendapatkan dukungan. Di lain pihak, CEO Asuransi Jiwa Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan, adanya berbagai komplain terkait unit link tidak lantas membuat produk itu harus ditinggalkan. Edy menyarankan untuk membeli asuransi berdasarkan perhatian terhadap perlindungan diri dan keluarga.
Stabilitas /19-01-2022
Jaga Asa Asuransi Jiwa
Hingga September, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat total pendapatan yang dibukukan industri mencapai Rp 171,36 triliun. Angka tersebut setara dengan pertumbuhan sebesar 38,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Dalam laporan kinerja 58 perusahaan asuransi jiwa, terlihat bahwa tekanan penurunan pendapatan akibat pandemi mulai mereda. Bahkan kinerja pendapatan kuartalan yang dirilis AAJI pada 8 Desember 2021 lalu sudah melampaui kinerja pada 2019 saat pandemi belum terjadi. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menjelaskan, konsistensi kinerja pendapatan industrinya ditopang oleh meningkatnya kesadaran masyarakat soal perencanaan keuangan baik untuk memperoleh perlindungan asuransi jiwa maupun perencanaan investasi.
Stabilitas /19-01-2022
Korban Unit Link Muncul Lagi, Nasabah Prudential Ngaku Rugi Rp 6 M
Nasabah asuransi Prudential menggeruduk kantor perusahaan asuransi yang terletak di kawasan Sudirman. Mereka menuntut uang premi mereka kembali 100% seperti yang dijanjikan ketika penawaran produk. Persoalan ini menambah daftar nasabah yang mengaku rugi karena investasi unit link. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengungkapkan calon nasabah sebelum membeli produk asuransi harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya jika produk asuransi menawarkan nilai investasi, maka calon nasabah harus memahami jika investasi yang menawarkan imbal hasil tinggi juga memiliki risiko tinggi.
Detik.com /19-01-2022
ARAH POSITIF ASURANSI UNTUK MEMENUHI JANJI
Selama pandemi, klaim meninggal dan kesehatan yang dibayarkan asuransi meningkat. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menjelaskan, total pendapatan premi tumbuh 11,5%, sementara klaim meninggal dunia naik 65,7%, dan klaim kesehatan perorangan naik 43,6%. Besaran klaim tersebut menjadi bukti komitmen industri terhadap tertanggung, termasuk untuk pembayaran klaim terkait Covid-19 senilai Rp7,3 triliun. Allianz Life termasuk perusahaan yang memberikan pertanggungan terhadap risiko Covid-19, bahkan termasuk untuk isolasi mandiri. Perusahaan lain, Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) juga terbilang memberi perhatian terhadap risiko Covid-19 untuk para nasabahnya. Per Agustus 2021, nilai klaim terkait risiko Covid-19 mencapai Rp203 miliar.
Investor /20-01-2022
INDUSTRI & ASURANSI
Kisah Pilu Korban Unit Link yang Nginap di Depan Kantor Prudential
Nasabah Prudential yang tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi sudah beberapa hari terakhir menginap di pekarangan kantor asuransi tersebut. Mereka menuntut perusahaan asuransi itu mengembalikan uang mereka 100%. Koordinator Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati mengungkapkan ini adalah para korban asuransi unit link. Dulunya, mereka dijanjikan atau diiming-imingi oleh agen asuransi bahwa uang bisa kembali penuh dengan bunga dan manfaat. Diiming-imingi berbagai manfaat itu, Maria dkk tergiur. Mereka pun ramai-ramai ikut asuransi unit link. Maria mengungkapkan, nyatanya pada tahun ke 10 uang tak pernah kembali 100% melainkan cuma 30%.
Detik.com /19-01-2022
Duduk Perkara Nasabah Geruduk Sampai Nginep di Depan Kantor Prudential
Nasabah Prudential yang tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi sudah beberapa hari terakhir menginap di pekarangan kantor asuransi tersebut. Mereka menuntut perusahaan asuransi itu mengembalikan uang mereka 100%. Koordinator Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati mengungkapkan ini adalah para korban asuransi unit link. Dulunya, mereka dijanjikan atau diiming-imingi oleh agen asuransi bahwa uang bisa kembali penuh dengan bunga dan manfaat. Diiming-imingi berbagai manfaat itu, Maria dkk tergiur. Mereka pun ramai-ramai ikut asuransi unit link. Maria mengungkapkan, nyatanya pada tahun ke 10 uang tak pernah kembali 100% melainkan cuma 30%.
Detik.com /19-01-2022
Upaya Mediasi Gagal, Nasabah Datangi Kantor Prudential Tanpa Pemberitahuan
Nasabah Prudential yang tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi sudah beberapa hari terakhir menginap di pekarangan kantor asuransi tersebut. Mereka menuntut perusahaan asuransi itu mengembalikan uang mereka 100%. Koordinator Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati mengungkapkan ini adalah para korban asuransi unit link. Dulunya, mereka dijanjikan atau diiming-imingi oleh agen asuransi bahwa uang bisa kembali penuh dengan bunga dan manfaat. Diiming-imingi berbagai manfaat itu, Maria dkk tergiur. Mereka pun ramai-ramai ikut asuransi unit link. Maria mengungkapkan, nyatanya pada tahun ke 10 uang tak pernah kembali 100% melainkan cuma 30%.
Kabarindo.com /19-01-2022
Unit Link Lagi-lagi Makan Korban, Ini Saran dari Pakar
Pengajar Ilmu Hukum dan Praktisi Grace Bintang Hidayanti Sihotang menyarankan supaya nasabah yang terlibat sengketa dengan perusahaan asuransi dan meminta pengembalian uang polis unit link agar menyalurkan tuntutannya melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS). Langkah ini dinilai tepat karena LAPS diyakini mampu memberikan solusi dari permasalahan antara nasabah dan perusahaan asuransi.
Detik.com /19-01-2022
Qoala Incar Pertumbuhan Premi Lima Kali Lipat
Penyelenggara Insurance technology (insurtech) Qoala menargetkan produksi premi meningkat lima kali lipat pada tahun ini. Secara akumulatif, perseroan telah berhasil menutup sebanyak 30 juta polis asuransi sejak 2018 sampai tahun 2021. Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin menilai, berbagai solusi yang ditawarkan Qoala selama pandemi memberi dampak bagi tenaga pemasar. Proses penjualan asuransi berbasis digital bisa lebih cepat dan mudah tanpa tatap muka langsung.
Investor Daily /19-01-2022
Kehadiran "insurtech" diharapkan bisa perluas inklusi keuangan
Penyelenggara Insurance technology (insurtech) Qoala menargetkan produksi premi meningkat lima kali lipat pada tahun ini. Secara akumulatif, perseroan telah berhasil menutup sebanyak 30 juta polis asuransi sejak 2018 sampai tahun 2021. Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin menilai, berbagai solusi yang ditawarkan Qoala selama pandemi memberi dampak bagi tenaga pemasar. Proses penjualan asuransi berbasis digital bisa lebih cepat dan mudah tanpa tatap muka langsung.
Antaranews.com /19-01-2022
Perta Life Insurance Incar Pertumbuhan Laba 148%
PT Perta Life Insurance membidik pertumbuhan laba sekitar 148% dan pendapatan premi sekitar 20% pada 2022. Direktur Keuangan dan Investasi Perta Life Insurance Yuzran Bustamar mengatakan bahwa target peningkatan laba tersebut dibandingkan capaian perseroan per November 2021 senilai Rp27,3 miliar. Artinya, target laba perseroan diperkirakan mencapai Rp67,7 miliar pada tahun ini.
Bisnis Indonesia /19-01-2022
Diperiksa Kejagung, Taspen Life Pastikan Klaim dan Premi Nasabah Tak Terganggu
PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) dikabarkan sedang diselidiki terkait dugaan tindak pidana korupsi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Menanggapi hal tersebut, Taspen Life menyatakan premi nasabah aman dan tetap akan memenuhi pembayaran manfaat. Melly Eka Chandra, Sekretaris Perusahaan Taspen Life, mengatakan PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life), sebagai anak perusahaan PT Taspen (Persero) (Taspen) sentiasa berpegang kepada prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang dijalankan secara transparan dalam seluruh investasinya, dan dengan menaati seluruh aturan yang berlaku di Indonesia.
Kontan.co.id /19-01-2022
OJK NTB Menangani 191 Pengaduan Konsumen Jasa Keuangan Pada 2021
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nusa Tenggara Barat selama 2021 menangani sebanyak 191 pengaduan dari konsumen yang merasa tidak puas dengan layanan perusahaan jasa keuangan. Dari 191 pengaduan tersebut, sebanyak 95 pengaduan berasal dari nasabah bank umum konvensional. Ada juga dari nasabah BPR konvensional sebanyak sembilan pengaduan, asuransi jiwa tiga pengaduan, perusahaan pergadaian syariah dua pengaduan, dan perusahaan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi syariah satu pengaduan.
Antaranews.com /19-01-2022
Ini Respon Prudential Tanggapi Aksi Demo
Nasabah asuransi Prudential menggeruduk kantor perusahaan asuransi yang terletak di kawasan Sudirman. Mereka menuntut uang premi mereka kembali 100% seperti yang dijanjikan ketika penawaran produk. Persoalan ini menambah daftar nasabah yang mengaku rugi karena investasi unit link. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengungkapkan calon nasabah sebelum membeli produk asuransi harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya jika produk asuransi menawarkan nilai investasi, maka calon nasabah harus memahami jika investasi yang menawarkan imbal hasil tinggi juga memiliki risiko tinggi.
Infobanknews.com /19-01-2022
Cerita Korban Unit-Link Bermalam Lagi di Kantor Prudential, AIA dan AXA Mandiri Berikutnya
Sudah tiga hari tiga malam, perwakilan Komunitas Korban Asuransi Unit-Link masih bertahan di depan Prudential Tower, kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (19/1/2022) sore. Bukan hanya Prudential, dua perusahaan asuransi lain juga akan menjadi sasaran, menilik beberapa anggota komunitas juga merupakan korban mis-selling produk unit-link besutan AIA dan AXA Mandiri.
Bisnis.com /19-01-2022
Klarifikasi Prudential soal Isu-Aksi Keluhan Nasabah Unit Link
Sudah tiga hari tiga malam, perwakilan Komunitas Korban Asuransi Unit-Link masih bertahan di depan Prudential Tower, kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (19/1/2022) sore. Bukan hanya Prudential, dua perusahaan asuransi lain juga akan menjadi sasaran, menilik beberapa anggota komunitas juga merupakan korban mis-selling produk unit-link besutan AIA dan AXA Mandiri.
Detik.com /19-01-2022
Ini Kata Pakar Biar Sengketa Asuransi Tuntas
Pengajar Ilmu Hukum dan praktisi Grace Bintang Hidayanti Sihotang menyarankan agar para nasabah asuransi yang bersikeras meminta pengembalian uangnya supaya menyalurkan tuntutannya melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS). Seperti diketahui sengketa antara nasabah asuransi yang meminta pengembalian uang polis unitlink kepada sejumlah perusahaan asuransi belum juga mencapai titik temu. Hingga Senin (17/1), belasan nasabah masih bertahan di gedung kantor PT Prudential untuk menyuarakan tuntutannya. Prudential merupakan salah satu dari tiga perusahaan asuransi selain AIA Financial dan AXA Mandiri yang dituntut untuk mengembalikan dana premi para nasabahnya 100 persen dari polis unit link yang dibeli.
Cnbcindonesia.com /19-01-2022
Sengketa Asuransi, Ini Kata Pakar agar Sengketa Nasabah dan Asuransi Tuntas
Pengajar Ilmu Hukum dan praktisi Grace Bintang Hidayanti Sihotang menyarankan agar para nasabah asuransi yang bersikeras meminta pengembalian uangnya supaya menyalurkan tuntutannya melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS). Seperti diketahui sengketa antara nasabah asuransi yang meminta pengembalian uang polis unitlink kepada sejumlah perusahaan asuransi belum juga mencapai titik temu. Hingga Senin (17/1), belasan nasabah masih bertahan di gedung kantor PT Prudential untuk menyuarakan tuntutannya. Prudential merupakan salah satu dari tiga perusahaan asuransi selain AIA Financial dan AXA Mandiri yang dituntut untuk mengembalikan dana premi para nasabahnya 100 persen dari polis unit link yang dibeli.
Mediaindonesia.com /20-01-2022
Generali dan Prodia Luncurkan Digital Medical Check Up
PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) dan Prodia berkolaborasi dan meluncurkan layanan inovatif Digital Medical Check Up. Layanan ini terkoneksi melalui aplikasi digital agen sehingga mempermudah proses pengajuan polis. Agen bisa mendaftarkan calon nasabah melakukan medical checkup disesuaikan dengan pilihan waktu dan lokasi laboratorium.
Investor /20-01-2022
Astra Life Raih Premi 4 Triliun
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatat pertumbuhan signifikan selama tahun 2021 meski kondisi bisnis masih dibayangi pandemi. Hingga kuartal ketiga, tercatat total premi mencapai Rp4 triliun atau bertumbuh 58% dibandingkan periode sama tahun lalu. Kemitraan bisnis dengan FIF Group untuk asuransi mikro, serta platform digital seperti Traveloka, Astra Pay, Qoala, MOXA, Trimegah menjadi bagian pendorong pertumbuhan tersebut.
Investor /20-01-2022
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
14.325 |
IHSG (per 19 Januari 2022) |
6.591,98 |
BI Rate |
3,50% |
Sumber Media: Kontan, Tribun Medan, Tribun Lampung, Stabilitas, Detik.com, Investor, Kabarindo.com, Investor Daily, Antaranews.com, Bisnis Indonesia, Kontan.co.id, Infobanknews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Mediaindonesia.com
DOWNLOAD PDF