AaJI Daily News - 11 Februari 2022
Jumat, 11 Februari 2022
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
- AAJI Sarankan Nasabah Unit Link yang Bersengketa Diselesaikan di LAPS SJK
- AAJI: LAPS SJK Saluran Resmi dan Independen Penyelesaian Masalah Asuransi
- Soal Sengketa Unit Link, AAJI Nilai Nasabah Bisa Selesaikan Lewat LAPS SJK
- AAJI : LAPS SJK Saluran Resmi dan Independen
- Sesuai Ketentuan UU, Korban Asuransi Unit Link Diharapkan Selesaikan Sengketa di LAPS SJK
- Selesaikan Persoalan Asuransi, Ini Jalur yang Bisa Ditempuh Nasabah
- Sesuai UU, Korban Asuransi Unit Link Diharapkan Selesaikan Sengketa di LAPS SJK
- Astra Life Gandeng PermataBank Hadirkan AVA iLife Protection
- AVA iLife Protection, Asuransi Jiwa Murni dengan Uang Pertanggungan hingga Rp 5 Miliar
- Masyarakat Perlu Diedukasi Asuransi Jiwa
- Masyarakat Anggap Asuransi Jiwa-Kesehatan Semakin Penting
- Tingkatkan Keamanan Transaksi Online, BCA Life Raih Sertifikat ISO 27001:2013
- Korban Unit Link Masih Perjuangkan Hak, di Mana Peran Perlindungan Hukum Bagi Konsumen?
- Kejagung Periksa 2 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Asuransi Jiwa Taspen
- Usut Korupsi Taspen, Kejagung Periksa Dua Orang Saksi
- Kasus Korupsi Asuransi Jiwa Taspen, Kejagung Periksa 2 Petinggi Perusahaan
- Dampingi Saat Risiko Tinggi, Proteksi Kesehatan Komprehensif Diluncurkan
- Asuransi Jiwa Fleksibel Menyesuaikan Kebutuhan Nasabah
- Astra Life Menggandeng Bank Permata Pasarkan Asuransi Jiwa Murni Baru
- Edukasi Pentingnya Asuransi, Bhinneka Life Galakkan Program Customer Reward
- Edukasi Pentingnya Asuransi, Bhinneka Life Gelar ProgramCustomer Reward
- Edukasi Asuransi, Bhinneka Life Gelar Program Customer Reward
- Perusaaan Asuransi Jiwa Genjot Premi dari Bancassurance
- AVA iLife Protection Tawarkan Pertanggungan hingga Rp5 Miliar
- Era Digital, Agen Tetap Jadi Pendorong Pertumbuhan Industri Asuransi
- Astra Life dan PermataBank Hadirkan AVA iLife Protection dengan Uang Pertanggungan hingga Rp5 Miliar
- OJK: Industri Asuransi Masih dalam Mode Survival
- OJK: Industri Asuransi Masih dalam Survival Mode
- Edukasi Asuransi, Bhinneka Life Gelar Program Customer Reward
- Asuransi Jiwa Genjot Premi dari Bancassurance
- Anak harus Dilindungi Ekstra Saat PTM Di Masa Covid-19 Kembali Naik
- Asuransi Jiwa Gencar Menjual produk Bancassurance
- Jadi Kebutuhan Pokok
- Aturan Terbaru Unit Link Segera Terbit
TENTANG AAJI
AAJI Sarankan Nasabah Unit Link yang Bersengketa Diselesaikan di LAPS SJK
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyarankan para nasabah asuransi produk unit link yang bersengketa dengan perusahaan asuransi, menyelesaikan di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, nasabah diharapkan bersedia menyelesaikan persoalannya di LAPS SJK, jika memang ada niatan untuk mengatasi permasalahan secara baik-baik sesuai dengan peraturan yang berlaku di industri keuangan.
Tribunnews.com /10-02-2022
AAJI: LAPS SJK Saluran Resmi dan Independen Penyelesaian Masalah Asuransi
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyarankan para nasabah asuransi produk unit link yang bersengketa dengan perusahaan asuransi, menyelesaikan di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, nasabah diharapkan bersedia menyelesaikan persoalannya di LAPS SJK, jika memang ada niatan untuk mengatasi permasalahan secara baik-baik sesuai dengan peraturan yang berlaku di industri keuangan.
Kontan.co.id /10-02-2022
Soal Sengketa Unit Link, AAJI Nilai Nasabah Bisa Selesaikan Lewat LAPS SJK
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyarankan para nasabah asuransi produk unit link yang bersengketa dengan perusahaan asuransi, menyelesaikan di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, nasabah diharapkan bersedia menyelesaikan persoalannya di LAPS SJK, jika memang ada niatan untuk mengatasi permasalahan secara baik-baik sesuai dengan peraturan yang berlaku di industri keuangan.
Rctiplus.com /10-02-2022
AAJI : LAPS SJK Saluran Resmi dan Independen
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyarankan para nasabah asuransi produk unit link yang bersengketa dengan perusahaan asuransi, menyelesaikan di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, nasabah diharapkan bersedia menyelesaikan persoalannya di LAPS SJK, jika memang ada niatan untuk mengatasi permasalahan secara baik-baik sesuai dengan peraturan yang berlaku di industri keuangan.
Investor.id /10-02-2022
Sesuai Ketentuan UU, Korban Asuransi Unit Link Diharapkan Selesaikan Sengketa di LAPS SJK
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengharapkan para nasabah korban asuransi unit link yang kini tengah bersengketa dengan perusahaan asuransi perlu menyelesaikan sesuai ketentuan perundang-undangan yang ada. Salah satunya di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR Ela Siti Nuryamah menilai penyelesaian terkait klaim unit link di beberapa perusahaan asuransi, seperti AIA dan Prudential, sebenarnya mudah diselesaikan, mengingat nilainya tidak terlalu besar.
Medcom.id /10-02-2022
Selesaikan Persoalan Asuransi, Ini Jalur yang Bisa Ditempuh Nasabah
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu angkat suara terkait para nasabah produk unit link yang kini tengah memiliki sengketa dengan perusahaan asuransi. Dia menilai penyelesaian perlu sesuai ketentuan perundang-undangan yang ada. Salah satunya, menyelesaikan di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Sementara itu, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) akan mulai melakukan proses penyelesaian keluhan terkait unit link secara bertahap dengan masing masing individu pada 15 Februari mendatang.
Rctiplus.com /10-02-2022
Sesuai UU, Korban Asuransi Unit Link Diharapkan Selesaikan Sengketa di LAPS SJK
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu angkat suara terkait para nasabah produk unit link yang kini tengah memiliki sengketa dengan perusahaan asuransi. Dia menilai penyelesaian perlu sesuai ketentuan perundang-undangan yang ada. Salah satunya, menyelesaikan di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Sementara itu, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) akan mulai melakukan proses penyelesaian keluhan terkait unit link secara bertahap dengan masing masing individu pada 15 Februari mendatang.
Merdeka.com /10-02-2022
INDUSTRI & ASURANSI
Astra Life Gandeng PermataBank Hadirkan AVA iLife Protection
Memasuki tahun 2022, kesadaran serta kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan layanan proteksi jiwa semakin tinggi. Hal ini tercermin dari data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat peningkatan premi asuransi jiwa mencapai Rp184,32 triliun sepanjang tahun 2021. Di sisi lain, asuransi jiwa juga perlu beradaptasi dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Sejalan dengan itu, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk. (PermataBank) menghadirkan produk asuransi AVA iLife Protection.
Marketeers.com /10-02-2022
AVA iLife Protection, Asuransi Jiwa Murni dengan Uang Pertanggungan hingga Rp 5 Miliar
Memasuki tahun 2022, kesadaran serta kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan layanan proteksi jiwa semakin tinggi. Hal ini tercermin dari data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat peningkatan premi asuransi jiwa mencapai Rp184,32 triliun sepanjang tahun 2021. Di sisi lain, asuransi jiwa juga perlu beradaptasi dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Sejalan dengan itu, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk. (PermataBank) menghadirkan produk asuransi AVA iLife Protection.
Investor.id /10-02-2022
Masyarakat Perlu Diedukasi Asuransi Jiwa
PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) mendorong edukasi pentingnya asuransi jiwa bagi masyarakat. Apalagi data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat tingkat penetrasi asuransi jiwa mencapai sekitar 7,4 persen dari jumlah populasi masyarakat Indonesia pada kuartal II-2021. Regional Sales Manager Bhinneka Life Kantor Regional Pemasaran (KPR) Semarang Juwit Ismail mengatakan, Bhinneka Life meningkatkan literasi masyarakat melalui Bhinneka Assurance Protection.
Medcom.id /10-02-2022
Masyarakat Anggap Asuransi Jiwa-Kesehatan Semakin Penting
Di tengah risiko pandemi yang belum berakhir, Generali meluncurkan asuransi kesehatan unit-link, BeSMART. Perusahaan klaim, produk ini siap mendampingi nasabah di berbagai kondisi. Selain proteksi kesehatan, BeSMART juga terus mengoptimalkan nilai investasi premi nasabah. Asuransi ini dilengkapi RoboARMS yang menjaga dan mengoptimalkan nilai investasi polis di segala kondisi. Sebagai informasi, data AAJI menunjukkan bahwa kinerja pendapatan industri asuransi jiwa pada Q3-2021 mencapai Rp171,36 triliun. Berdasarkan tren klaim Generali, sepanjang tahun 2021 perusahaan telah membayarkan komitmen klaim sebesar lebih dari Rp1 Triliun.
Analisa Daily /10-02-2022
Tingkatkan Keamanan Transaksi Online, BCA Life Raih Sertifikat ISO 27001:2013
BCA Life terus berkomitmen memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabahnya dalam bertransaksi. Salah satunya dengan penyediaan layanan penjualan asuransi online mylifeguard.id. Selain memberikan kemudahan, BCA Life juga tetap memastikan keamanan nasabah saat bertransaksi secara online tersebut. Terbaru, anak usaha Bank BCA ini telah mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 khususnya bagi layanan penjualan asuransi online mylifeguard.id.
Kontan.co.id /10-02-2022
Korban Unit Link Masih Perjuangkan Hak, di Mana Peran Perlindungan Hukum Bagi Konsumen?
Para korban asuransi unit link masih belum menyerah memperjuangkan hak-hak mereka. Sejumlah korban yang bergabung dalam Komunitas Korban Asuransi Unit Link akan menggelar aksi damai di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Jumat, 11 Februari 2021. Dalam unjuk rasa ini, mereka akan menyuarakan intensi mereka yang terdiri dari empat poin utama. Mereka meminta pertanggungjawaban pihak asuransi yang tidak mengembalikan dana secara penuh sesuai dengan yang dijanjikan oleh agen asuransi. Dalam hal ini, pihak asuransi yang dimaksud adalah PT Prudential Life Assurance, PT AIA Financial, dan PT AXA Mandiri.
Rctiplus.com /10-02-2022
Kejagung Periksa 2 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Asuransi Jiwa Taspen
Kejaksaan Agung atau Kejagung masih terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi atas kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan dana investasi di PT. Asuransi Jiwa Taspen Tahun 2017-2020. Kali ini, ada dua saksi terdiri dari direktur dan kepala divisi investasi perusahaan yang diperiksa oleh Kejagung. Para saksi dimintai keterangan terkait dengan klarifikasi atas sejumlah transaksi keuangan.
Liputan6.com /10-02-2022
Usut Korupsi Taspen, Kejagung Periksa Dua Orang Saksi
Kejaksaan Agung atau Kejagung masih terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi atas kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan dana investasi di PT. Asuransi Jiwa Taspen Tahun 2017-2020. Kali ini, ada dua saksi terdiri dari direktur dan kepala divisi investasi perusahaan yang diperiksa oleh Kejagung. Para saksi dimintai keterangan terkait dengan klarifikasi atas sejumlah transaksi keuangan.
Merdeka.com /10-02-2022
Kasus Korupsi Asuransi Jiwa Taspen, Kejagung Periksa 2 Petinggi Perusahaan
Kejaksaan Agung atau Kejagung masih terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi atas kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan dana investasi di PT. Asuransi Jiwa Taspen Tahun 2017-2020. Kali ini, ada dua saksi terdiri dari direktur dan kepala divisi investasi perusahaan yang diperiksa oleh Kejagung. Para saksi dimintai keterangan terkait dengan klarifikasi atas sejumlah transaksi keuangan.
Merdeka.com /10-02-2022
Dampingi Saat Risiko Tinggi, Proteksi Kesehatan Komprehensif Diluncurkan
Di tengah risiko pandemi yang belum berakhir, Generali meluncurkan asuransi kesehatan unit-link, BeSMART. Perusahaan klaim, produk ini siap mendampingi nasabah di berbagai kondisi. Selain proteksi kesehatan, BeSMART juga terus mengoptimalkan nilai investasi premi nasabah. Asuransi ini dilengkapi RoboARMS yang menjaga dan mengoptimalkan nilai investasi polis di segala kondisi. Sebagai informasi, data AAJI menunjukkan bahwa kinerja pendapatan industri asuransi jiwa pada Q3-2021 mencapai Rp171,36 triliun. Berdasarkan tren klaim Generali, sepanjang tahun 2021 perusahaan telah membayarkan komitmen klaim sebesar lebih dari Rp1 Triliun.
Suaramerdeka.com /10-02-2022
Asuransi Jiwa Fleksibel Menyesuaikan Kebutuhan Nasabah
Memasuki tahun 2022, kesadaran serta kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan layanan proteksi jiwa semakin tinggi. Hal ini tercermin dari data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat peningkatan premi asuransi jiwa mencapai Rp184,32 triliun sepanjang tahun 2021. Di sisi lain, asuransi jiwa juga perlu beradaptasi dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Sejalan dengan itu, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk. (PermataBank) menghadirkan produk asuransi AVA iLife Protection.
SWA.co.id /10-02-2022
Astra Life Menggandeng Bank Permata Pasarkan Asuransi Jiwa Murni Baru
Memasuki tahun 2022, kesadaran serta kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan layanan proteksi jiwa semakin tinggi. Hal ini tercermin dari data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat peningkatan premi asuransi jiwa mencapai Rp184,32 triliun sepanjang tahun 2021. Di sisi lain, asuransi jiwa juga perlu beradaptasi dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Sejalan dengan itu, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk. (PermataBank) menghadirkan produk asuransi AVA iLife Protection.
Theiconomics.com /10-02-2022
Edukasi Pentingnya Asuransi, Bhinneka Life Galakkan Program Customer Reward
Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) suskes menggelar program customer reward bertajuk Pahlawan Kebaikan Keluarga. Program tersebut merupakan bagian dari kegiatan kampanye produk tradisional asuransi jiwa, yang mengedepankan kepastian manfaat untuk keluarga Indonesia. Program ini telah berlangsung sejak Agustus sampai Desember 2021. Setiap pembelian produk Bhinneka Assurance Protection selama periode program dengan minimum premi 300 ribu rupiah per bulan atau 3 juta rupiah per tahun, polis nasabah berhak diikusertakan dalam undian hadiah bulanan selama periode program dan grand prize di akhir periode program.
Suara.com /10-02-2022
Edukasi Pentingnya Asuransi, Bhinneka Life Gelar ProgramCustomer Reward
Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) suskes menggelar program customer reward bertajuk Pahlawan Kebaikan Keluarga. Program tersebut merupakan bagian dari kegiatan kampanye produk tradisional asuransi jiwa, yang mengedepankan kepastian manfaat untuk keluarga Indonesia. Program ini telah berlangsung sejak Agustus sampai Desember 2021. Setiap pembelian produk Bhinneka Assurance Protection selama periode program dengan minimum premi 300 ribu rupiah per bulan atau 3 juta rupiah per tahun, polis nasabah berhak diikusertakan dalam undian hadiah bulanan selama periode program dan grand prize di akhir periode program.
Investor.id /10-02-2022
Edukasi Asuransi, Bhinneka Life Gelar Program Customer Reward
Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) suskes menggelar program customer reward bertajuk Pahlawan Kebaikan Keluarga. Program tersebut merupakan bagian dari kegiatan kampanye produk tradisional asuransi jiwa, yang mengedepankan kepastian manfaat untuk keluarga Indonesia. Program ini telah berlangsung sejak Agustus sampai Desember 2021. Setiap pembelian produk Bhinneka Assurance Protection selama periode program dengan minimum premi 300 ribu rupiah per bulan atau 3 juta rupiah per tahun, polis nasabah berhak diikusertakan dalam undian hadiah bulanan selama periode program dan grand prize di akhir periode program.
Beritasatu.com /10-02-2022
Perusaaan Asuransi Jiwa Genjot Premi dari Bancassurance
Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), industri asuransi jiwa mencatatkan premi dari bancassurance senilai Rp 70,34 triliun atau meningkat 11,8% yoy pada kuartal III-2021. Kanal ini menyumbang porsi terbesar yakni 47,1% dari total premi industri. Pertumbuhan premi bancassurance sejalan dengan ramainya kerja sama antara perusahaan asuransi dengan bank untuk memasarkan produk proteksi ke nasabah. Yang terbaru, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk (PermataBank) melalui jalur distribusi bancassurance dengan meluncurkan produk asuransi AVA iLife Protection. Eben Esser, Direktur Keuangan BNI Life menyebut, kontribusi kanal bancassurance memang lebih besar daripada kanal keagenan karena BNI Life melakukan sinergi dengan perusahaan induk yakni BNI untuk mengoptimalkan potensi market yang ada di BNI dalam memasarkan produk asuransi jiwa. Sementara itu, Generali Indonesia saat ini memilki multi kanal distribusi, baik dari jalur keagenan, kemitraan dengan bank atau institusi lainnya, serta melalui jalur pemasaran langsung. Saat ini, dari seluruh kanal distribusi, keagenan masih mendominasi perolehan total premi.
Kontan.co.id /10-02-2022
AVA iLife Protection Tawarkan Pertanggungan hingga Rp5 Miliar
Memasuki tahun 2022, kesadaran serta kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan layanan proteksi jiwa semakin tinggi. Hal ini tercermin dari data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat peningkatan premi asuransi jiwa mencapai Rp184,32 triliun sepanjang tahun 2021. Di sisi lain, asuransi jiwa juga perlu beradaptasi dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Sejalan dengan itu, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk. (PermataBank) menghadirkan produk asuransi AVA iLife Protection.
Jurnalnusantara.com /10-02-2022
Era Digital, Agen Tetap Jadi Pendorong Pertumbuhan Industri Asuransi
Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life Wianto Chen menyampaikan, di era digital yang juga sudah menjadi bagian dari industri asuransi , peran tenaga pemasar atau agen asuransi tetaplah penting. Bahkan agen asuransi disebutnya sebagai pendorong pertumbuhan industri asuransi. Di Sinarmas MSIG Life sendiri, selain terus mengembangkan berbagai layanan yang bisa memudahkan nasabah dengan memanfaatkan platform digital, program-program peningkatan kualitas agen asuransi juga tetap menjadi perhatian utama.
Beritasatu.com /10-02-2022
Astra Life dan PermataBank Hadirkan AVA iLife Protection dengan Uang Pertanggungan hingga Rp5 Miliar
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) bersama dengan PT Bank Permata Tbk (PermataBank) menghadirkan produk asuransi AVA iLife Protection. Produk ini memberikan manfaat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga Rp5 miliar.
Wartaekonomi.co.id /10-02-2022
OJK: Industri Asuransi Masih dalam Mode Survival
Deputi Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) Kristianto Andi Handoko menyampaikan, meskipun industri asuransi di 2021 secara aset mengalami pertumbuhan 8,7% yang ditopang oleh pertumbuhan investasi, namun industri asuransi disebutnya masih dalam mode "survival". Untuk premi asuransi jiwa memang tumbuh cukup baik hingga 7%. Namun di asuransi umum dan reasuransi justru mengalami kontraksi hingga 3%.
Beritasatu.com /10-02-2022
OJK: Industri Asuransi Masih dalam Survival Mode
Deputi Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) Kristianto Andi Handoko menyampaikan, meskipun industri asuransi di 2021 secara aset mengalami pertumbuhan 8,7% yang ditopang oleh pertumbuhan investasi, namun industri asuransi disebutnya masih dalam mode "survival". Untuk premi asuransi jiwa memang tumbuh cukup baik hingga 7%. Namun di asuransi umum dan reasuransi justru mengalami kontraksi hingga 3%.
Investor.id /10-02-2022
Edukasi Asuransi, Bhinneka Life Gelar Program Customer Reward
Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) suskes menggelar program customer reward bertajuk Pahlawan Kebaikan Keluarga. Program tersebut merupakan bagian dari kegiatan kampanye produk tradisional asuransi jiwa, yang mengedepankan kepastian manfaat untuk keluarga Indonesia. Program ini telah berlangsung sejak Agustus sampai Desember 2021. Setiap pembelian produk Bhinneka Assurance Protection selama periode program dengan minimum premi 300 ribu rupiah per bulan atau 3 juta rupiah per tahun, polis nasabah berhak diikusertakan dalam undian hadiah bulanan selama periode program dan grand prize di akhir periode program.
Indonesiaterkini.com /10-02-2022
Asuransi Jiwa Genjot Premi dari Bancassurance
Memasuki tahun 2022, kesadaran serta kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan layanan proteksi jiwa semakin tinggi. Hal ini tercermin dari data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat peningkatan premi asuransi jiwa mencapai Rp184,32 triliun sepanjang tahun 2021. Di sisi lain, asuransi jiwa juga perlu beradaptasi dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Sejalan dengan itu, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk. (PermataBank) menghadirkan produk asuransi AVA iLife Protection.
Tribun Medan /11-02-2022
Anak harus Dilindungi Ekstra Saat PTM Di Masa Covid-19 Kembali Naik
Kegiatan PTM terbatas tetap dilakukan di tengah meningkatnya kembali kasus Covid-19 pada Februari 2022. Untuk itu, anak harus dilindungi ekstra dan pahami hal-hal apa yang harus dilakukan demi mencegah anak tertular Covid-19, baik Delta maupun Omicron. beberapa sekolah yang sempat ditutup kembali dibuka dan PTM tetap dilakukan secara terbatas sesuai anjuran pemerintah untuk menjaga keamanan kegiatan belajar mengajar. dr. Tubagus Argie FSS, S.H., AHCS Claim Management, Allianz Life Indonesia, mengatakan semua pihak, termasuk guru dan petugas sekolah, serta siswa/i harus mematuhi aturan SKB 4 menteri agar kegiatan PTM berlangsung aman dan tidak menimbulkan cluster Covid-19 di sekolah. Selain itu, PTM terbatas sekolah akan menjadi aman apabila dapat berjalan sesuai rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).
Investor Daily /11-02-2022
Asuransi Jiwa Gencar Menjual produk Bancassurance
Pemain di industri asuransi jiwa tak surut meluncurkan produk baru. Kerjasama dengan bank atau yang biasa disebut bancassurance merupakan jalur yang kini diandalkan asuransi jiwa untuk merilis produk anyar. Yang terbaru, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk (PermataBank) melalui untuk meluncurkan produk asuransi bertajuk AVA iLife Protection. Windawati Tjahjadi selaku Presiden Direktur Astra Life mengungkapkan, awal tahun ini banyak masyarakat yang mulai kembali ke aktivitas normalnya, hingga menjadi momentum yang tepat dengan meluncurkan AVA iLife Protection. Generali Indonesia juga akan gencar meluncurkan produk baru. Saat ini, dari seluruh kanal distribusi, keagenan masih mendominasi perolehan total premi. Marketing and Cornmunication Group Head Generali Indonesia, Vivin Arbianti mengatakan saat ini, Generali sudah bekerja sama dengan sembilan bank, baik bank nasional maupun multinasional. Sementara itu, per Januari 2022, kanal bancassurance milik BNI Life memberikan kontribusi sebesar 44% dari total perolehan premi. Adapun realisasi total pendapatan premi dari kanal bancassurance di tahun 2021 mencapai Rp 3,2 triliun.
Kontan /11-02-2022
Jadi Kebutuhan Pokok
Generali Indonesia saat ini memilki multi kanal distribusi, baik dari jalur keagenan, kemitraan dengan bank atau institusi lainnya, serta melalui jalur pemasaran langsung. Saat ini, dari seluruh kanal distribusi, keagenan masih mendominasi perolehan total premi. Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia, Vivin Arbianti, mengatakan pihaknya berharap adanya kombinasi kanal distribusi ini akan mendukung penetrasi asuransi, dan melindungi lebih banyak masyarakat. Sesuai dengan terus membaiknya kondisi ekonomi, diharapkan akan memberi stimulus untuk menggerakan pertumbuhan asuransi. Generali menghadirkan solusi melalui produk baru, BeSMART. BeSMART memiliki 3 fitur andalan, yaitu 100% pengembalian premi, fitur jaminan anti lapse yang memastikan polis tetap aktif selama selama 10 tahun dan juga RoboARMS yang telah terbukti kinerjanya dalam menjaga dan mengoptimalkan nilai investasi polis di segala kondisi.
Tribun Medan /11-02-2022
REGULASI & KEBIJAKAN
Aturan Terbaru Unit Link Segera Terbit
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan surat edaran (SE) terbaru mengenai produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link segera terbit. SEOJK itu mengatur lebih ketat unit link, mulai dari profil konsumen hingga porsi minimal penempatan investasi. Industri asuransi mendukung penerapan SEOJK itu, karena dapat mendorong perusahaan sektor ini lebih inovatif. Hanya saja, pelaku usaha asuransi meminta pengaturan unit link dapat menyeimbangkan kepentingan konsumen dan pertumbuhan industri asuransi.
Investor Daily /11-02-2022
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
14.366 |
IHSG (per 10 Februari 2022) |
6.823,64 |
BI Rate |
3,50% |
Sumber Media: Tribunnews.com, Kontan.co.id, Rctiplus.com, Investor.id, Medcom.id, Merdeka.com, Marketeers.com, Analisa Daily, Liputan6.com, Suaramerdeka.com, SWA.co.id, Theiconomics.com, Suara.com, Beritasatu.com, Jurnalnusantara.com, Wartaekonomi.co.id, Indonesiaterkini.com, Tribun Medan, Investor Daily, Kontan
