AAJI Daily News - 01 Februari 2021


Tanggal terbit (01 / 02 / 2021)

Senin, 1 Februari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Investasi Saham, Perusahaan Asuransi Harus Lakukan Analisis Matang
  2. Allianz: Klaim Terkait Covid-19 Terus Meningkat
  3. Tersandung Kasus Jiwasraya, Eks Pejabat OJK Fakhri Hilmi Diadili Pekan Depan
  4. Ahli Waris Menang di Pengadilan, Prudential Harus Bayar Rp 750 Juta
  5. AXA Mandiri bayar klaim pasien Covid-19 lebih dari Rp 460 juta
  6. Terkesan Dipaksakan, Tersangka Kasus AJB Bumiputera Dijerat UU yang Sudah Tak Berlaku
  7. Pengacara nasabah Kresna Life ungkap ketidakberesan proses PKPU

TENTANG AAJI

Investasi Saham, Perusahaan Asuransi Harus Lakukan Analisis Matang

AAJI menilai perusahaan asuransi harus selalu melakukan investasi saham dengan analisis matang. Kerugian jangka pendek dinilai AAJI tidak menjadi masalah besar jika investasi berorientasi jangka panjang. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menilai investasi asuransi di pasar modal tidak lepas dari berbagai risiko yang membayangi. Pengelolaan dana milik nasabah melalui investasi harus mengutamakan kehati-hatian dengan tetap berorientasi profit jangka panjang.

Bisnis.com / 29-01-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Allianz: Klaim Terkait Covid-19 Terus Meningkat

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menyatakan bahwa klaim terkait Covid-19 terus mengalami peningkatan. Perusahaan asuransi pun dinilai harus memberikan pelayanan maksimal saat penyebaran virus Corona kian merebak. Chief Marketing Officer Allianz Karin Zulkarnaen mengatakan penjualan produk asuransi jiwa dan kesehatan mengalami pertumbuhan positif. Di sisi lain, pembayaran klaim terkait Covid-19 mengalami peningkatan seiring terus bertambahnya kasus positif. Karin menyebutkan semua kasus terkait Covid-19 diproses sesuai ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi.

Bisnis.com / 31-01-2021

Tersandung Kasus Jiwasraya, Eks Pejabat OJK Fakhri Hilmi Diadili Pekan Depan

Eks pejabat OJK Fakhri Hilmi segera menjalani sidang perdana atas dugaan keterlibatannya dalam perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Sebelum disidang, penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menahan tersangka mantan Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi terkait perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Fakhri Hilmi ditetapkan sebagai tersangka sejak 25 Juni 2020 lalu dan baru ditahan pada hari ini Senin 12 Oktober 2020 selama 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Bisnis.com / 30-01-2021

Ahli Waris Menang di Pengadilan, Prudential Harus Bayar Rp 750 Juta

Perjuangan untuk mendapatkan manfaat atas polis asuransi Prudential almarhum Waozaro Harefa oleh ahli waris berbuah manis. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Rimilah Harefa dan Abadi Harefa anak yang juga ahli waris dari almarhum Waozaro Harefa kepada PT Prudential Life Insurance. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali telah menerima laporan terkait putusan pengadilan atas gugatan Waozaro. Namun, Prudential masih menunggu salinan resmi putusan tersebut dari pengadilan.

Jawapos.com / 30-01-2021

AXA Mandiri bayar klaim pasien Covid-19 lebih dari Rp 460 juta

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) telah membayarkan klaim berupa biaya perawatan pasien Covid-19 lebih dari Rp 460 juta. Ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada nasabah di Surabaya. Pembayaran klaim ini secara simbolis diserahkan kepada Syamsul Hariadi, penyintas Covid-19 di Surabaya selaku pemegang polis Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah. Setelah verifikasi biaya pengobatan dan perawatan yang telah dikeluarkan rumah sakit, ia mengaku hanya perlu menunjukkan kartu asuransi ke kasir untuk melakukan pembayaran.

Kontan.co.id / 30-01-2021

Terkesan Dipaksakan, Tersangka Kasus AJB Bumiputera Dijerat UU yang Sudah Tak Berlaku

Himpunan Pemegang Polis Bumiputera meluruskan kabar seputar perkembangan kasus PT AJB Bumiputera. Salah satunya terkait penahanan beberapa orang mantan pejabat dan pejabat aktif AJB Bumiputera yang menurut mereka diframing sebagai kasus korupsi dan penipuan. Bahkan terkesan menjadi sebab Bumiputera mengalami kondisi kesulitan keuangan saat ini. Ketua Himpunan Pemegang Polis Bumiputera Jaka Irwanta menegaskan bahwa tidak benar kasus tersebut merupakan kasus korupsi. Para tersangka dijerat oleh OJK dengan UU No. 2 Tahun 1992 yang telah tidak berlaku lagi, mengenai Turut Serta dalam Penggelapan Kekayaan Perusahaan.

Akurat.co / 31-01-2021

Pengacara nasabah Kresna Life ungkap ketidakberesan proses PKPU

Kontroversi soal dikabulkannya permohonan PKPU Kresna Life masih terus berlanjut. Muncul dugaan ada sesuatu yang tak beres dalam proses dari permohonan hingga dikabulkannya permohonan PKPU Kresna Life pada 10 Desember 2020 lalu. Kuasa Hukum Nasabah Kresna Life Alvin Lim menjelaskan meskipun OJK tidak menjawab permohonan dari pemohon suatu keputusan dan/tindakan badan atau pejabat pemerintahan (OJK) dalam 10 hari kerja, tidak lantas memberikan hak kepada pemohon untuk mengajukan permohonan PKPU ke Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Kontan.co.id / 31-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.030

IHSG (per 29 Januari 2021)

   5.862,35

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Akurat.co, Bisnis.com, Jawapos.com, Kontan.co.id, Tempo.co.

DOWNLOAD PDF