AAJI Daily News - 28 Januari 2021


Kamis, 28 Januari 2021

HEADLINE NEWS

  1. Dugaan korupsi dana investasi BPJS Ketenagakerjaan 'mirip kasus Jiwasraya', bukti 'lemahnya pengawasan OJK'
  2. Jaksa Agung Sebut Korupsi BPJS TK Tak Terkait Kasus Jiwasraya
  3. Kasus Penggelapan AJB Bumiputera, 3 Tersangka Dilimpahkan ke Kejari Jaksel
  4. Sah, PT FWD Life Indonesia dan PT FWD Insurance Indonesia Akhirnya Merger
  5. Melebihi Jiwasraya, kerugian korupsi Asabri capai Rp 22 triliun
  6. FWD Life Indonesia dan FWD Insurance Indonesia Resmi Melebur
  7. Terungkap Kasus Korupsi AJB Bumiputera
  8. Jiwasraya Jadi Model Penyelamatan Polis Asuransi
  9. FWD Insurance Siap Tingkatkan Layanan Asuransi Nasabah

INDUSTRI & ASURANSI

Dugaan korupsi dana investasi BPJS Ketenagakerjaan 'mirip kasus Jiwasraya', bukti 'lemahnya pengawasan OJK'

Terungkapnya dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp43 triliun disebut pengamat kian menegaskan lemahnya pengawasan oleh Dewan Pengawas dan OJK. Pengamat asuransi, Irvan Rahardjo, mengatakan jika bersandar pada penjelasan Kejaksaan Agung yang menyebut dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan mirip dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya, maka semakin menguatkan lemahnya pengawasan oleh lembaga independen seperti OJK.

Bbc.com / 27-01-2021

Jaksa Agung Sebut Korupsi BPJS TK Tak Terkait Kasus Jiwasraya

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyatakan kasus dugaan korupsi di PT BPJS Ketenagakerjaan tidak berhubungan dengan penanganan kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Pernyataan itu disampaikan Burhanuddin merespons pertanyaan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Taufik Basari dalam Rapat Kerja Jaksa Agung dengan Komisi III DPR. ia menerangkan bahwa pihaknya sudah memeriksa 20 orang terkait kasus dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan. Ia pun meminta semua pihak untuk bersabar terkait penetapan tersangka dalam kasus ini.

Cnnindonesia.com / 27-01-2021

Kasus Penggelapan AJB Bumiputera, 3 Tersangka Dilimpahkan ke Kejari Jaksel

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan menerima pelimpahan tahap II tersangka kasus dugaan penggelapan AJB Bumiputera 1912. Para tersangka dan barang buktinya dilimpahkan dari penyidik OJK. Para tersangka melakukan tindak pidana perasuransian berupa penggelapan dengan cara mengalihkan, menjaminkan, dan/atau mengagunkan tanpa hak, kekayaan perusahaan asuransi jiwa dan/atau menerima, menadah, membeli, atau mengagunkan, atau menjual kembali kekayaan perusahaan yang diketahuinya atau patut diketahuinya bahwa barang-barang tersebut adalah kekayaan perusahaan asuransi jiwa.

Detik.com / 27-01-2021

Sah, PT FWD Life Indonesia dan PT FWD Insurance Indonesia Akhirnya Merger

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) dan PT FWD Insurance Indonesia telah menuntaskan proses penggabungan atau merger. Kedua entitas tersebut kini melebur yang selanjutnya disebut PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance). Setelah melebur, FWD Insurance akan menghadirkan pengalaman yang berbeda dengan berbagai produk yang mudah dipahami dan berfokus pada nasabah. Hal itu dilakukan dengan didukung teknologi digital sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin melek teknologi.

Kompas.com / 27-01-2021

Melebihi Jiwasraya, kerugian korupsi Asabri capai Rp 22 triliun

Belum selesai kasus Jiwasraya, kini negara kembali dirugikan akibat dugaan korupsi di Asabri. Kejaksaan Agung (Kejagung) menyebut, kerugian negara akibat kasus Asabri mencapai Rp 22 triliun. Nilai lebih tinggi dibandingkan kasus korupsi Jiwasraya Rp 16,8 triliun. Kerugian itu terjadi karena kesalahan pengelolaan investasi Asabri pada periode 2012-2019. Kejaksaan juga telah memeriksa 18 orang saksi serta tujuh calon tersangka namun ia belum dapat mengungkapkan siapa saja mereka. Kasus ini masih terus berkembang karena masih tahap pendalaman. Dengan besarnya nilai kerugian itu, Komisi III DPR berencana kembali memanggil jajaran Kejagung untuk membahas kasus Asabri pada Panja Penegakan Hukum. Diperkirakan, yang akan datang adalah Jaksa Agung atau diwakili oleh Jampidsus.

Kontan.co.id / 27-01-2021

FWD Life Indonesia dan FWD Insurance Indonesia Resmi Melebur

FWD Life dan PT FWD Insurance Indonesia resmi menyelesaikan proses penggabungan. Merger kedua entitas menjadi satu ini selanjutnya disebut PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance). Penggabungan ini merupakan bukti keyakinan kami yang kuat terhadap potensi pasar asuransi Indonesia dalam jangka panjang. FWD Insurance dikatakan akan menawarkan berbagai produk yang mudah dipahami dan berfokus pada nasabah yang didukung oleh teknologi digital sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin paham teknologi.

Liputan6.com / 27-01-2021

Terungkap Kasus Korupsi AJB Bumiputera

Kasus korupsi perusahaan asuransi Indonesia kembali terungkap, kali ini korupsi di perusahaan AJB Bumiputera 1912. Beberapa mantan pejabat Bumiputera dikabarkan masuk tahanan dan sebagian lagi masih masa persidangan. Asisten Direktur Pemasaran Bumiputera Jaka Irwanta memberikan kabar bahwa sejak pekan lalu setidaknya terdapat tiga mantan pejabat Bumiputera yang ditahan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.Mereka adalah: Mantan Direktur Teknik dan Aktuaria (2013) Mohammad Irsyad, Mantan Kepala Divisi Syariah (2011) Yon Maryono, Mantan Chief Marketing Officer (2013) Agustiar Hendro, dan Kepala Bagian Aktuaria Hendro.

Okezone.com / 27-01-2021

Jiwasraya Jadi Model Penyelamatan Polis Asuransi

Pengamat BUMN Toto Pranoto menilai restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat menjadi model penyelamatan polis asuransi nasional yang bisa diadopsi untuk menyelesaikan masalah gagal bayar asuransi yang saat ini terjadi. Penyelesaian gagal bayar Jiwasraya saat ini sudah memiliki titik terang ketimbang perusahaan yang lain. Toto mengatakan opsi restrukturisasi dengan memindahkan eks pemegang polis yang setuju ke IFG Life merupakan pilihan terbaik ketimbang opsi likuidasi.

Republika.co.id / 27-01-2021

FWD Insurance Siap Tingkatkan Layanan Asuransi Nasabah

FWD Life dan PT FWD Insurance Indonesia telah menyelesaikan proses penggabungan yang membawa kedua entitas menjadi satu yang selanjutnya disebut PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance). FWD Insurance akan menghadirkan pengalaman yang berbeda dengan berbagai produk yang mudah dipahami dan berfokus pada nasabah yang didukung oleh teknologi digital sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin paham teknologi. Semua polis FWD Life dan FWD Insurance beserta syarat, ketentuan, dan manfaatnya tetap sama.

Suara.com / 27-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.760

IHSG (per 27 Januari 2021)

   5.882,26

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Bbc.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Okezone.com, Republika.co.id, Suara.com.

 

DOWNLOAD PDF