AAJI Daily News - 26 Oktober 2021


Selasa 26 Oktober 2021                                                                                                                                   

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.     Penguatan Ekonomi, AAJI Terus Edukasi Keuangan dan Asuransi
  2. Prudential dorong inklusi keuangan yang ideal lewat peningkatan literasi
  3. Lewat Edukasi, Prudential Indonesia Bangun Bisnis yang Berkelanjutan
  4. Tingkatkan Literasi Keuangan
  5. Pemenang Asuransi Awards 2021
  6. Allianz Life Indonesia Tawarkan Solusi Perlindungan dan Perencanaan Tujuan Keuangan
  7. Allianz Life Gandeng Maybank Indonesia dan BTPN Tawarkan Produk Unit Link
  8. Semua akan Pensiun Pada Waktunya, Yuk! Persipakan dengan DPLK
  9. Solusi Keuangan Dengan Segala Kelebihannya
  10. Banyak Dicari! Ini Cara Berlangganan Asuransi di Allianz
  11. Astra Life Ungkap 5 Tipe Sandwich Generation, Apa Saja Perinciannya?
  12. FWD Insurance Gandeng Bank Commonwealth Luncurkan FWD Treasury Armor Link
  13. Si Bijak, Andalan Baru Sun Life Indonesia
  14. Tugu Insurance Dorong Perkembangan Asuransi Syariah
  15. Sadar Kesehatan Meningkat saat Pandemi, Pahami Prinsip Dasar Asuransi
  16. Ingin Miliki Proteksi Asuransi? Simak Dulu Penjelasan ini
  17. Kebocoran Data Lagi, Kominfo Ingatkan Ada Sanksi Seperti Tokopedia
  18. Mengakhiri Tarik Ulur RUU Perlindungan Data Pribadi

TENTANG AAJI

Penguatan Ekonomi, AAJI Terus Edukasi Keuangan dan Asuransi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI ) bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) menguatkan komitmennya dalam mendorong literasi keuangan dan asuransi. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI ) Budi Tampubolon meyakini bahwa kampanye inklusi dan literasi asuransi yang masif masih perlu dilakukan karena faktanya baru sekitar 6,5 persen penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi jiwa.

Suaramerdeka.com/25-10-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Prudential dorong inklusi keuangan yang ideal lewat peningkatan literasi

Prudential Indonesia melalui inisiatif Community Investment secara berkelanjutan melaksanakan beragam pelatihan literasi keuangan kepada sejumlah target yang sangat potensial untuk berkembang dan berperan penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah, dan UMKM. Komitmen edukasi ini juga kian digencarkan untuk turut menyukseskan Bulan Inklusi Keuangan 2021 & Hari Asuransi 2021 sepanjang Oktober. 

Kontan.co.id/25-10-2021

Lewat Edukasi, Prudential Indonesia Bangun Bisnis yang Berkelanjutan

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menyelenggarakan pelatihan literasi keuangan dengan target potensial yaitu perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah, dan UKM. Pelatihan yang diusung melalui inisiatif Community Investment ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi keuangan masyarakat. Lebih dari itu, perusahaan juga sedang membangun keberlanjutab bisnisnya di masa depan.

Marketeers.com/25-10-2021

Tingkatkan Literasi Keuangan

Prudential Indonesia kembali melaksanakan beragam pelatihan literasi keuangan kepada sejumlah target yang sangat potensial untuk berkembang. Komitmen edukasi ini juga kian digencarkan untuk turut menyukseskan Bulan Inklusi Keuangan 2021 & Hari Asuransi 2021 sepanjang Oktober. Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia, Indrijati Rahayoe dalam keterangan resminya mengatakan bahwa masih terdapat kesenjangan yang cukup besar antara indeks inklusi dan literasi keuangan.

Batam Pos/25-10-2021

Pemenang Asuransi Awards 2021

News Director Beritasatu Media Holdings Primus Dorimulu bersama Ketua Dewan Juri Firdaus Djaelani, Budi W. Suharto, Diah Sofiyanti, Tri Joko Santoso, Kapler Marpaung serta para peraih penghargaan diantaranya  Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon yang meraih penghargaan Asuransi Awards 2021 untuk kategori Webinar Financial Innovation

Majalah Investor/26-10-2021

Allianz Life Indonesia Tawarkan Solusi Perlindungan dan Perencanaan Tujuan Keuangan

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) menghadirkan solusi terbaru produk asuransi jiwa unit link yang memberikan perlindungan diri dan keluarga, sekaligus dapat mendukung tercapainya perencanaan keuangan yang dibuat oleh nasabah. Allianz Life Indonesia menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah dua mitra perbankan, yaitu "MyProtection Supreme" untuk nasabah Bank Maybank Indonesia dan "Guardia Supreme Life" untuk nasabah Bank BTPN.

Kabarbangka.com/25-10-2021

Allianz Life Gandeng Maybank Indonesia dan BTPN Tawarkan Produk Unit Link

Allianz Life Indonesia menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah dua mitra perbankan, yaitu produk MyProtection Supreme untuk nasabah Bank Maybank Indonesia dan produk Guardia Supreme Life untuk nasabah Bank BTPN . Bianto Surodjo, Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia menjelaskan, produk ini dapat memberikan ketenangan ketika nasabah sedang dalam usia produktif dan memberikan perlindungan asuransi jiwa sampai dengan usia 100 tahun.

Bisnis.com/26-10-2021

Semua akan Pensiun Pada Waktunya, Yuk! Persipakan dengan DPLK

Allianz Indonesia mengelola produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Bianto Surojo, Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia dalam Podcast "Semua akan Pensiun pada Waktunya - Banyak Investasi Bahagia Nanti" mengatakan, DPLK ini sangat penting terlebih saat ini tren usia kematian bergeser menjadi lebih panjang. Dengan DPLK ini, kita tidak perlu khawatir kesulitan untuk menabung dana pensiun. Berbeda jika menabungnya secara mandiri.

Nova.grid.id/25-10-2021

Solusi Keuangan Dengan Segala Kelebihannya

Ada banyak produk asuransi syariah yang ditawarkan, salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah AlliSya Protection Plus dari Asuransi Allianz Life Indonesia. AlliSya Protection Plus merupakan asuransi jiwa unit link syariah yang akan memberikan perlindungan maksimal plus potensi nilai investasi. Kelebihan lain dari produk ini sudah dibekali dengan fitur wakaf, yang memungkinkan peserta dapat berbuat kebaikan agar memperoleh pahala yang terus mengalir. Allianz Life pun menyediakan asuransi kesehatan tambahan, Hospital & Surgical Care Premier Syariah Plus.

Majalah Investor/26-10-2021

Banyak Dicari! Ini Cara Berlangganan Asuransi di Allianz

Allianz selaku salah satu perusahaan asuransi besar di dunia memberikan beberapa saran bagi keluarga muda dalam memilih asuransi yang diunggah pada laman webnya allianz.co.id. Tips yang diberikan terkait tentang penjelasan dari produk-produk asuransi yang beredar di pasaran sehingga konsumen yang hendak berlangganan asuransi bisa memilih sesuai kebutuhannya. Dalam halaman web Allianz yang berjudul "Cara Ideal Memilih Asuransi bagi Keluarga Muda" menerangkan ada lima jenis asuransi yang tersedia di pasaran. Setiap jenis asuransi menanggung kerugian yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Tagar.id/25-10-2021

Astra Life Ungkap 5 Tipe Sandwich Generation, Apa Saja Perinciannya?

PT Asuransi Jiwa Astra ( Astra Life ) menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen - Dimulai Dari Kita. Melalui kampanye ini Astra Life ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam Sandwich generation , untuk memulai perubahan menjadi Sandwich generation yang lebih baik. Salah satunya, dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial. Ini karena, tentunya kita tidak mau mengurangi tanggung jawab kepada keluarga.

Cerdasbelanja.grid.id/25-10-2021

FWD Insurance Gandeng Bank Commonwealth Luncurkan FWD Treasury Armor Link

PT FWD Insurance Indonesia, asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, hari ini menghadirkan produk perlindungan jiwa terbaru, FWD Treasury Armor Link, dimana produk ini dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance dengan PT. Bank Commonwealth ("Bank Commonwealth"). Produk ini bertujuan untuk memberikan perlindungan seumur hidup dan menjadikannya cara untuk membantu meningkatkan kesejahteraan finansial melalui investasi demi memenuhi tujuan jangka panjang keluarga Indonesia.

Infobrand.id/25-10-2021

Si Bijak, Andalan Baru Sun Life Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Lie Indonesia) memiliki dua produk andalan baru yang dinamai Si Bijak Hari Tua dan Si Bijak Warisan. Keduanya dinilai cocok untuk solusi persiapan hari tua karena fitur-fitur yang dimilikinya. Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty menuturkan, Sun Life Indonesia terus mendorong pemahaman pentingnya perlindungan kesehatan bagi orang-orang di usia produktif dan masa pensiun.

Majalah Investor/26-10-2021

Tugu Insurance Dorong Perkembangan Asuransi Syariah

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) pun kembali memberikan penawaran menarik bagi nasabahnya melalui promo #TuguShariaSemangatl010 yang berlangsung sejak 10 hingga 31 Oktober 2021. Bagi para nasabah, Tugu Insurance' menawarkan perlindungan Kecelakaan Diri untuk periode satu tahun dengan limit sebesar Rp 10 juta.

Ekonomi Neraca/25-10-2021

Sadar Kesehatan Meningkat saat Pandemi, Pahami Prinsip Dasar Asuransi

Deputi Direktur Pengawasan Asuransi 2 OJK Kristianto Andi Handoko menyebutkan telah terjadi peningkatan pengguna asuransi hingga 3,11% selama pandemi hingga periode Juli 2021. Dalam masa pandemi, masyarakat makin menyadari pentingnya asuransi untuk menjamin kesehatan dan jiwa mereka. Melalui peningkatan pemahaman asuransi serta prinsip-prinsip asuransi, masyarakat diharapkan akan terhindar dari kesalahpahaman. Prinsip-prinsip tersebut adalah;  Insurable Interest, Utmost Good Faith, Indemnity, Subrogation, dan Contribution

Sindonews.com/25-10-2021

Ingin Miliki Proteksi Asuransi? Simak Dulu Penjelasan ini

Menurut Mohamad Andoko, perencana keuangan dan presiden direktur OneShildt Financial Planning, asuransi menjadi produk finansial yang dicari saat pandemi karena fungsinya yang dapat melindungi kondisi finansial seseorang agar terhindar dari pengeluaran yang besar saat terjadi risiko kehidupan. Sebelum memilih asuransi, perlu dipahami konsep transfer risiko (transfer risk) di mana perlindungan diberikan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomi dari nasabah atau tertanggung kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko.

Marketing.co.id/25-10-2021

Kebocoran Data Lagi, Kominfo Ingatkan Ada Sanksi Seperti Tokopedia

Kasus kebocoran data pribadi marak terjadi belakangan ini. Kasus terbaru adalah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Bank Jatim. Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) mengingatkan ada sanksi bagi pihak yang lalai melindungi data pribadi penggunanya. Deretan kebocoran data terjadi di Indonesia, mulai dari kasus 91 juta pengguna Tokopedia, BPJS Kesehatan, BRI Life, eHac, hingga terbaru KPAI, serta Bank Jatim. Dari daftar tersebut, Kominfo mencontohkan Tokopedia menjadi kasus yang sudah selesai ditangani.

Detik.com/25-10-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Mengakhiri Tarik Ulur RUU Perlindungan Data Pribadi

Kasus kebocoran data pribadi merupakan sebuah fenomena baru yang diakibatkan oleh kian berkembangnya teknologi Informasi. Kehadiran rancangan undang-undang tentang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) setidaknya mampu memberikan sedikit kelegaan atas ancaman pencurian hingga penyalahgunaan informasi pribadi milik masyarakat, walaupun hingga saat ini rancangan undang-undang tersebut tak kunjung disahkan. Salah satu faktor yang membuat pembahasan RUU PDP masih menggantung adalah perbedaan persepsi tentang posisi otoritas perlindungan data pribadi (OPDP).

Detik.com/25-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.162.00

IHSG (per 25 Oktober 2021)

6.640,05

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF