AAJI Daily News - 22 Januari 2021


Tanggal terbit (22 / 01 / 2021)

Jumat, 22 Januari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. DJP: Tidak Ada Perubahan Pengaturan dan Pemajakan atas Industri Asuransi Jiwa
  2. Alasan AAJI Tak Sepakat Dengan Penerapan Pajak Klaim Asuransi
  3. Soal PPh di Klaim Asuransi, Ini Penjelasan Ditjen Pajak
  4. Ditjen Pajak Pastikan Formula PPh Klaim Asuransi Sudah Tepat
  5. Hampir separuh pendapatan premi asuransi jiwa berasal dari kanal bancassurance
  6. Bank Hana Gandeng Allianz Indonesia Optimalkan Bisnis Bancassurance
  7. Strategi Allianz Memperkuat Kanal Bancassurance
  8. Nasabah Kresna Life Depresi, Minta Tolong OJK Setop PKPU
  9. Rilis PRUWarisan, Kini Ahli Waris Bisa Dapat Manfaat Asuransi Jiwa
  10. Melalui Asuransi Jiwa PruWarisan, Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Miliki Harta Warisan Berharga yang Optimal
  11. Aset Bumiputera turun, begini penjelasan Badan Perwakilan Anggota
  12. 3 Produk Allianz Life untuk Nasabah Bank Hana
  13. Prudential Indonesia Asuransi Jiwa Terbaik Hadirkan PRUWarisan
  14. Asuransi Jiwa PRUWarisan, Cara Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Miliki Harta Warisan Berharga yang Optimal

TENTANG AAJI

DJP: Tidak Ada Perubahan Pengaturan dan Pemajakan atas Industri Asuransi Jiwa

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyatakan dalam Undang-Undang No.11 tahun 2020 tidak terdapat perubahan pengaturan dan pemajakan atas industri asuransi jiwa di Indonesia. Sebelumnya, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) keberatan dengan rumusan dalam Pasal 111, angka 2 UUCK yang merevisi ketentuan dalam pasal 4 ayat (3) huruf e Undang-Undang No. 36 Tahun  2008 tentang Pajak Penghasilan. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mempertanyakan rumusan baru dalam UUCK ini karena menimbulkan interpretasi bahwa manfaat non proteksi dari produk asuransi yang dibayarkan kepada nasabah dikenakan pajak penghasilan. DJP, tambahnya sudah memberikan jawaban dan mengirimkannya kepada Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Sebelumnya, AAJI mengirimkan surat ke sejumlah lembaga termasuk DJP terkait rumusan baru dalam UUCK ini.

Theiconomics.com / 21-01-2021

Alasan AAJI Tak Sepakat Dengan Penerapan Pajak Klaim Asuransi

AAJI berpandangan bahwa aturan pengenaan pajak pada klaim asuransi sulit diterapkan pada produk unitlink atau endowment. Mengingat premi nasabah yang terbagi antara proteksi dan investasi maka perhitungan pajak di akhir masa asuransi akan membingungkan karena akan terjadi penegnaan pajak double, sehingga AAJI kurang sepakat dengan kebijakan ini.

Cnbcindonesia.com / 21-01-2021

Soal PPh di Klaim Asuransi, Ini Penjelasan Ditjen Pajak

Pemerintah menjawab pertanyaan mengenai pengenaan PPh terhadap sejumlah klaim asuransi. Direktur Penyuluhan & Pelayanan Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama menyebutkan bahwa objek klaim asuransi yang dikenai pajak adalah asuransi yang berakhir masa asuransinya dan dana premi dikembalikan beserta manfaatnya. Sehingga PPh yang ditarik adalah selisih antara premi yang dibayar dan manfaat yang diterima.

Cnbcindonesia.com / 21-01-2021

Ditjen Pajak Pastikan Formula PPh Klaim Asuransi Sudah Tepat

Terkait aturan pajak klaim asuransi, Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu meminta pemerintah melalui Ditjen Pajak memberikan aturan turunan sehingga bisa memberikan kepastian dalam pelaksanaanya. Sementara dari Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Hastanto Sri Margi Widodo mengharapkan perluasan edukasi agar sosialisasi dan pemahanan masyarakat dan industri akan semakin jelas terkait PPh klaim asuransi.

Cnbcindonesia.com / 21-01-2021

Hampir separuh pendapatan premi asuransi jiwa berasal dari kanal bancassurance

Industri asuransi jiwa masih mengandalkan kanal distribusi bancassurance dalam menjalankan bisnis. Sebab kanal ini mampu menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan premi asuransi jiwa. Wakil Ketua Dewan Pengurus AAJI Maryoso Sumaryono menyebutkan, hingga September 2020, kanal distribusi bancassurance menyumbang 46,95%, agen 36,10%, telemarketing 1,88%, dan lainnya sebesar 15,06%. Bahkan pendapatan premi dari bancassurance masih tumbuh 4,8%.

Kontan.co.id / 21-01-2021

Bank Hana Gandeng Allianz Indonesia Optimalkan Bisnis Bancassurance

Bank Hana berharap Allianz Life Indonesia bisa membantu pencapaian target dalam lingkup bisnis bancassurance yang ditetapkan sebesar Rp25 miliar di sepanjang 2021 ini. Target itu salah satunya diimplementasikan melalui kerja sama di antara keduanya melalui tiga produk berbasis bancassurance. Kerja sama yang terjalin tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan nasabah terutama dari sisi produk asuransi. Target premi yang harapkan bisa mengumpulkan Rp25 miliar untuk 2021 ini. Allianz diharapkan dapat membantu target sekitar 20-30 persen dari total target di 2021.

Medcom.id / 21-01-2021

Strategi Allianz Memperkuat Kanal Bancassurance

Bancassurance masih tercatat sebagai kanal yang paling potensial di industri asuransi. Merujuk catatan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), kanal bancassurance mampu menyumbang 42,7% dari total premi industri asuransi, yakni mencapai Rp 84,08 triliun pada tahun 2019. Jumlah tersebut meningkat 5,4% dari realisasi 2018 yang berada di angka Rp 79,77 triliun. “Hampir separuh bisnis Allianz dikontribusi oleh kanal bancassurance. Artinya, kontribusi kanal bancassurance terhadap gross writing premium (GWP) Allianz Life Indonesia mencapai 50%, ” kata Bianto Surodjo, Director & Chief of Partnership Distribution Allianz Life Indonesia. Tepat hari ini (21/1), Allianz resmi mengumumkan kerja sama strategisnya dengan Bank Hana untuk menyediakan solusi perlindungan asuransi melalui jalur distribusi bancassurance.

Mix.co.id / 21-01-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Kresna Life Depresi, Minta Tolong OJK Setop PKPU

Para nasabah Kresna Life dikabarkan mulai stres, depresi, dan jatuh sakit di tengah proses panjang perjuangan mengembalikan dana mereka yang hingga kini prosesnya malah berujung ke PKPU. Sebab itu para nasabah Kresna Life, meminta agar OJK menghentikan PKPU yang sedang berlangsung, karena para nasabah menilai PKPU tersebut tampak direkayasa untuk kepentingan Kresna Life. Selain itu, mereka juga mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta kepada OJK agar apapun transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas.

Cnbcindonesia.com / 21-01-2021

Rilis PRUWarisan, Kini Ahli Waris Bisa Dapat Manfaat Asuransi Jiwa

Riset Gobear Financial Healthy Index menemukan masyarakat berusia 35 tahun mengaku belum merencanakan keuangan. Melihat fakta ini, Prudential Indonesia membantu masyarakat untuk merencanakan keuangan jangka panjang. Prudential bahkan membuat terobosan dengan merilis produk asuransi yang bisa diwariskan kepada anggota keluarga lewat PRUWarisan. Presiden Direktur Prudential Indonesia, Jens Reisch mengatakan, masyarakat biasanya berpikir warisan berupa aset seperti rumah, tanah, dan emas. Dengan produk barunya, masyarakat bisa memberikan warisan berupa asuransi jiwa.

Dream.co.id / 21-01-2021

Melalui Asuransi Jiwa PruWarisan, Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Miliki Harta Warisan Berharga yang Optimal

Mengawali 2021, Prudential Indonesia kembali meluncurkan solusi perlindungan yang inovatif yaitu Asuransi Jiwa PRUWarisan (PRUWarisan). Asuransi tradisional inovatif ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memiliki harta warisan yang optimal demi kesejahteraan masa depan orang tersayang. PRUWarisan dapat menjadi peninggalan berharga yang efektif dengan sejumlah manfaat seperti fleksibilitas masa pembayaran premi dan uang pertanggungan yang optimal selama masa perlindungan hingga 99 tahun.

Kontan.co.id / 21-01-2021

Aset Bumiputera turun, begini penjelasan Badan Perwakilan Anggota

Kinerja AJB Bumiputera 1912 semakin tertekan. Hal ini seiring dengan permasalahan finansial yang tak kunjung usai. Penurunan nilai aset mulai terjadi pada 2016 yakni menjadi sebesar Rp 13,4 triliun, lalu turun lagi menjadi Rp 11,9 triliun pada 2017. Berlanjut menjadi Rp 10,5 triliun pada 2018 dan Rp 10,2 triliun pada 2019. BPA Nurhasanah menyatakan penurunan itu terjadi ketika AJB Bumiputera diambil oleh OJK sebagai pengelola statuter. Ia memastikan aset-aset bangunan milik AJB Bumiputera belum ada yang dijual lantaran dilarang oleh OJK.

Kontan.co.id / 21-01-2021

3 Produk Allianz Life untuk Nasabah Bank Hana

Allianz Life Indonesia dan Bank Hana mengumumkan kerja sama strategis untuk menyediakan solusi perlindungan asuransi melalui jalur distribusi bancassurance. Director & Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, sebagai wujud komitmen yang melandasi kerja sama strategis ini, Allianz Life Indonesia dan Bank Hana memperkenalkan tiga produk: Allianz Wealthlink Prestige Life, Allianz Assetlink Maxima, dan Allianz Life Secure Pasti.

Liputan6.com / 21-01-2021

Prudential Indonesia Asuransi Jiwa Terbaik Hadirkan PRUWarisan

Prudential Indonesia  kembali mengeluarkan Asuransi Jiwa PRUWarisan (PRUWarisan) buat penuhi keperluan rencana harta warisan untuk warga. Menurut President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch, asuransi tradisionil inovatif ini datang selaku jawaban atas keperluan warga Indonesia untuk mempunyai harta peninggalan maksimal untuk kesejahteraan hari esok dan inilah salah satu tolak ukur produk asuransi jiwa terbaik ini hadir saat ini. PRUWarisan tawarkan keunggulan dengan masa pembayaran premi yang fleksibel. Yakni 5, 10 atau 15 tahun.

Masmedia.xyz / 21-01-2021

Asuransi Jiwa PRUWarisan, Cara Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Miliki Harta Warisan Berharga yang Optimal

Prudential Indonesia kembali meluncurkan solusi perlindunganyang inovatif yaitu Asuransi Jiwa PRUWarisan (PRUWarisan). Himawan Purnama, Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia menyampaikan bahwa, PRUWarisan dapat menjadi peninggalan berharga yang efektif dengan sejumlah manfaat seperti fleksibilitas masa pembayaran premi dan uang pertanggungan yang optimal selama masa perlindungan hingga 99 tahun.

Moeslimchoice.com / 21-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.000

IHSG (per 21 Januari 2021)

   6.413,89

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Cnbcindonesia.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Dream.co.id, Investor.id, Kontan.co.id, Liputan6.com, Masmedia.xyz, Moedlimchoice.com, Mix.co.id, Medcom.id, Theiconomics.com.

 

DOWNLOAD PDF