AAJI Daily News - 15 Februari 2021


Tanggal terbit (15 / 02 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 15 Februari 2021

HEADLINE NEWS

  1. Insentif Pajak Bagi Pemegang Polis Dinanti di Tengah Pagebluk Covid-19
  2. Insentif Pajak Bagi Pemegang Polis Dinanti di Tengah Pagebluk Covid-19
  3. Lembaga Penjamin Polis Mendesak Dibentuk
  4. Bank Kalsel Teken MoU dengan Taspen Life
  5. [Foto] Market & Feng Shui Outlook Allianz Indonesia
  6. OJK Minta Pemilik Polis Bumiputera Ikuti Aturan
  7. Nasabah Asuransi di Purbalingga Tuntut Pencairan Klaim
  8. Ini yang Perlu Diketahui Nasabah Sebelum Membeli Produk Asuransi Jiwa Unit Link
  9. Kejaksaan Agung Diminta Usut Agen Nakal Jiwasraya
  10. Nasabah Geruduk Kantor Asuransi Bumiputera Malang
  11. Dukung Pemulihan Ekonomi, Bank Kalsel Gandeng Taspen dan Asuransi Jiwa Taspen
  12. Tuntut Klaim Asuransi, Puluhan Nasabah Geruduk Kantor AJB Bumiputera
  13. Kasus Gagal Bayar, BPKN Pertanyakan Kepastian Hukum Perlindungan Konsumen Asuransi
  14. Nasabah Jiwasraya Minta Ketemu Jokowi, Moeldoko Janjikan Mediasi dengan BUMN
  15. Korban Dugaan Penipuan Investasi Jiwasraya Minta Dipertemukan Langsung dengan Presiden
  16. Marak Kasus Gagal Bayar Asuransi, Lembaga Penjamin Polis Didorong
  17. Bapak-Ibu Nasabah Jiwasraya Dengar Baik-baik, Moeldoko Janjikan Hal Ini
  18. Asuransi Pendidikan Bumiputera: Produk Unggulan Berujung Petaka
  19. Marak Kasus Gagal Bayar Asuransi, BPKN: Pemerintah Harus Segera Ambil Tindakan
  20. Nasabah Asuransi Jiwa Bumiputera Unjuk Rasa Tuntut Dana Klaim yang Belum Dibayar Sejak 2018!
  21. KSP Janjikan Mediasi Nasabah Jiwasraya dengan BUMN
  22. Terkendala Masalah Klaim, Nasabah AJB Bumiputera Sampaikan Aspirasi
  23. Mantan Direktur AJB Bumiputera Mengaku Ditahan, Ini Penjelasan Kejari Jaksel
  24. Ditahan di Bareskrim, Bekas Direksi Bumiputera 1912 Tulis Surat Mengharu Biru, Ini Isinya!
  25. Kasus Gagal Bayar, BPKN Pertanyakan Kepastian Hukum Perlindungan Konsumen Asuransi
  26. Cari solusi, KSP akan pertemukan nasabah Jiwasraya-Kementerian BUMN
  27. Kasus Gagal Bayar Asuransi Bertambah, BPKN: Negara Harus Turun Tangan
  28. Marak Gagal Bayar Asuransi, Lembaga Penjamin Polis Harus Segera Dibentuk
  29. 6 Terdakwa Seumur Hidup Bui Kasus Jiwasraya Mulai Diadili di Tingkat Banding
  30. BPKN Turun Tangan Kasus Gagal Bayar Asuransi
  31. BKPN Soroti Kepastian Hukum Perlindungan Konsumen Asuransi
  32. Ini yang Perlu Diketahui Nasabah Sebelum Membeli Unit Link
  33. Tren Baru dengan Asuransi Jiwa

TENTANG AAJI

Insentif Pajak Bagi Pemegang Polis Dinanti di Tengah Pagebluk Covid-19

AAJI mengungkapkan, butuh dukungan pemerintah berupa insentif pajak untuk para pemegang polis dan turut mendorong percepatan pembentukan lembaga penjamin pemegang polis (LPPP). Keberadaan lembaga itu untuk memberikan kepastian perlindungan bagi nasabah. Industri asuransi merasakan tekanan usaha akibat pagebluk Covid-19. Sepanjang tahun 2020, pendapatan premi anjlok. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan tumbuh di masa pagebluk Covid-19. Akan tetapi, tidak terlalu mendongkrak industri asuransi jiwa.

Sindonews.com / 11-02-2021

Insentif Pajak Bagi Pemegang Polis Dinanti di Tengah Pagebluk Covid-19

AAJI mengungkapkan, butuh dukungan pemerintah berupa insentif pajak untuk para pemegang polis dan turut mendorong percepatan pembentukan lembaga penjamin pemegang polis (LPPP). Keberadaan lembaga itu untuk memberikan kepastian perlindungan bagi nasabah. Industri asuransi merasakan tekanan usaha akibat pagebluk Covid-19. Sepanjang tahun 2020, pendapatan premi anjlok. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan tumbuh di masa pagebluk Covid-19. Akan tetapi, tidak terlalu mendongkrak industri asuransi jiwa.

Matain.id / 11-02-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Lembaga Penjamin Polis Mendesak Dibentuk

Badan Perlindungan Konsumen Nasional atau BPKN menilai pemerintah harus segera merealisasikan pembentukan Lembaga Penjamin Polis (LPP) seiring banyaknya kasus gagal bayar asuransi. Ketua BPKN Rizal E. Halim mengatakan bahwa kasus gagal bayar asuransi jiwa menjadi sorotan publik dalam beberapa tahun terakhir, terutama di AJB Bumiputera 1912, PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Jiwa Kresna, dan PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha.  Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN Firman Turmantara menilai kasus gagal bayar asuransi tak lepas dari lemahnya pengawasan regulator.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 15-02-2021

Bank Kalsel Teken MoU dengan Taspen Life

PT Bank Pembangunan Daerah membuat memorandum of understanding (MoU) dengan PT Taspen (Persero) dan PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin, dengan selaku Kepala Taspen Cabang Utama Jakarta Ariyandi, dan Direktur Pemasaran dan Umum Asuransi Jiwa Taspen Fachri Adnan di Kantor Pusat Bank Kalsel, Senin (8/2/2021). Nota kesepahaman ini akan ditindaklanjuti dalam suatu perjanjian kerja sama yakni peningkatan layanan yang meliputi program tabungan hari tua, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi para peserta Taspen.

Investor Daily, hal. 23 / 15-02-2021

[Foto] Market & Feng Shui Outlook Allianz Indonesia

Pakar Feng Shui Erwin Yap, Direktur & Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Cui Cui, Chief Investment Officer Allianz Indonesia Ni Made Daryanti dan tim investment Allianz Indonesia mengadakan webinar “Market & Feng Shui Outlook” dalam rangka Tahun Baru Imlek 2572. Lebih dari 700 nasabah Allianz meregistrasikan diri melalui aplikasi program loyalty Allianz Smart Point (ASP).

Investor Daily, hal. 23 / 15-02-2021

OJK Minta Pemilik Polis Bumiputera Ikuti Aturan

OJK meminta pemegang polis AJB Bumiputera 1912 agar kooperatif. OJK mengingatkan para pemegang polis tidak menambah kompleks masalah di perusahaan asuransi tersebut. OJK menolak pembentukan BPA tandingan oleh Perkumpulan Pemegang Polis Bumiputera karena tidak sesuai aturan. Sehingga tidak akan diproses pihak OJK. Hal tersebut tercantum dalam surat OJK bernomor S-7/NB.23/2021 tentang Tanggapan atas Pernyataan Sikap Perkumpulan Pemegang Polis Bumiputera Indonesia. Surat itu diterbitkan otoritas pada Senin (8/2) lalu.

Okezone.com / 10-02-2021

Nasabah Asuransi di Purbalingga Tuntut Pencairan Klaim

Sejumlah nasabah mendatangi kantor cabang AJB Bumiputera 1912 Purbalingga di Jalan Jenderal Soedirman Timur, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, hari ini. Mereka mempertanyakan nasib klaim asuransi yang tak kunjung cair. Perwakilan nasabah, Tri Sucahyadi menjelaskan, seharusnya sesuai dengan kontrak AJB Bumiputera 1912, pada tahun 2018 lalu klaim asuransi sudah cair. Namun, hingga 2021 ini klaim asuransinya tak kunjung cair. Nasabah yang lain, Kartika, menceritakan sesuai dengan kontrak dia semestinya dapat mencairkan asuransi pada tahun 2019 yang lalu. Namun, saat dirinya menagih klaim sesuai kontrak tidak cair.

Detik.com / 11-02-2021

Ini yang Perlu Diketahui Nasabah Sebelum Membeli Produk Asuransi Jiwa Unit Link

Saat ini masih banyak orang yang membeli produk asuransi jiwa unit link karena tertarik dengan sisi investasi dan potensi imbal hasilnya. Sebagai gambaran dasar, unit link adalah produk perlindungan yang dilengkapi manfaat investasi dengan beragam alokasi dana investasi, yang dapat dipilih sesuai profil risiko. Namun, unit link sejatinya merupakan produk asuransi jiwa. Sehingga, yang perlu betul-betul diperhatikan adalah manfaat dasar asuransi jiwanya, yakni uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia, sakit kritis, dan manfaat tambahan lainnya seperti manfaat rawat inap, pembebasan premi akibat cacat total/tetap, dan seterusnya.

Industry.co.id / 11-02-2021

Kejaksaan Agung Diminta Usut Agen Nakal Jiwasraya

Selain praktik korupsi dan gratifikasi, gagal bayar yang dialami PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinilai tak terlepas dari permainan kotor yang dilakukan agen asuransi dan pejabat lama yang mengakali penerimaan fee dengan nilai luar kewajaran. Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan, ia mengindikasi ada oknum pejabat Jiwasraya yang merangkap sebagai agen asuransi dan menerima fee yang sangat besar. Sehingga, dirinya mendesak jajaran Kejaksaan Agung segera memeriksa dan menjerat oknum pejabat lama yang diduga menerima fee besar dari hasil penjualan produk asuransi Jiwasraya.

Jawapos.com / 11-02-2021

Nasabah Geruduk Kantor Asuransi Bumiputera Malang

Puluhan nasabah asuransi ramai-ramai menggeruduk Kantor Wilayah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera di Kota Malang, pada Kamis (11/2). Mereka menuntut kejelasan nasib polis yang terancam tak cair. Terlebih, kini kantor tersebut dilanda kasus korupsi hingga konflik internal berkepanjangan. Puluhan nasabah yang menamakan diri Nasabah Korban AJB Bumiputera Wilayah Jatim 2 ini, meluruk kantor wilayah untuk meminta audiensi hingga meluapkan emosi dengan berbagai macam aksi.

Kumparan.com / 11-02-2021

Dukung Pemulihan Ekonomi, Bank Kalsel Gandeng Taspen dan Asuransi Jiwa Taspen

Bank Kalsel menandatangani kontrak kerja sama dengan PT Taspen (Persero) dan PT Asuransi Jiwa Taspen. Kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk nyata tindak lanjut sinergi dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional. Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin menjelaskan, dengan adanya Mou antara Bank Kalsel dengan Taspen dan Asuransi Jiwa Taspen ini dapat menjadi sinergi yang apik karena saling menguntungkan semua pihak. Penandatanganan Mou ini akan menjadi landasan kerja sama peningkatan pelayanan dan kepesertaan pada program Taspen Life, dengan prinsip saling menghargai bidang usaha masing-masing dan saling menguntungkan.

Liputan6.com / 11-02-2021

Tuntut Klaim Asuransi, Puluhan Nasabah Geruduk Kantor AJB Bumiputera

Klaim asuransi tak kunjung cair selama bertahun-tahun, puluhan pemegang polis AJB duduki Kantor AJB Bumiputera, Jalan Iskandar Muda, Medan, Sumatera Utara, Kamis (11/2) siang. Koordinator Aksi, Ahmad Suriadi menjelaskan, ada beberapa nasabah yang sedang dalam perawatan di rumah sakit, bahkan yang meninggal dunia, namun klaimnya juga tidak terbayarkan oleh pihak AJB Bumiputera. Para pemegang polis sudah berulang kali melakukan aksi, namun belum ada kejelasan dari pihak asuransi.

Okezone.com / 11-02-2021

Kasus Gagal Bayar, BPKN Pertanyakan Kepastian Hukum Perlindungan Konsumen Asuransi

BPKN menyoroti kasus gagal bayar perusahaan asuransi jiwa menjadi sorotan publik belakangan ini. Kasus gagal bayar yang paling baru terjadi, yakni Kresna Life. Ketua BPKN RI Rizal E Halim menegaskan bahwa BPKN mendorong pemerintah untuk merealisasikan pembentukan Lembaga Penjamin Polis, guna menjamin kepastian hukum perlindungan terhadap konsumen industri asuransi. Seperti yang telah diamanatkan olehundang-undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian.

Akurat.co / 14-02-2021

Nasabah Jiwasraya Minta Ketemu Jokowi, Moeldoko Janjikan Mediasi dengan BUMN

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko siap memediasi korban korupsi Jiwasraya dengan Kementerian BUMN jika diperlukan. Hal itu disampaikan Moeldoko menanggapi permintaan Ana Rustiana dari Forum Korban BUMN Jiwasraya untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena menilai opsi restrukturisasi sama sekali tidak menguntungkan nasabah korban Jiwasraya. Program restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinilai sebagai solusi terbaik bagi nasabah, karena memberikan peluang pengembalian polis yang lebih baik dibandingkan dengan pilihan lainnya.

Tempo.co / 11-02-2021

Korban Dugaan Penipuan Investasi Jiwasraya Minta Dipertemukan Langsung dengan Presiden

Kepala Staf Presiden, Moeldoko menyarankan agar kasus Jiwasraya diserahkan kepada Kementerian BUMN. Hal itu dikatakan Moeldoko saat  warga korban korupsi asuransi Jiwasraya meminta bertemu Presiden Jokowi. Dia menyarankan agar korban Jiwasraya berkoordinasi langsung dengan Kementerian BUMN yang membawahi Jiwasraya. Apabila tidak berhasil atau belum puas, maka KSP akan menjembatani pertemuan dengan Kementerian BUMN.

Tribunnews.com / 11-02-2021

Marak Kasus Gagal Bayar Asuransi, Lembaga Penjamin Polis Didorong

Gagal bayar perusahaan asuransi, apalagi asuransi jiwa, jadi sorotan publik. Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN, Firman Turmantara berpendapat kasus gagal bayar perusahaan asuransi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir disebabkan oleh lemahnya pengawasan dari regulator. Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN, Johan Efendi menyampaikan, Pasal 1 Angka 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu pemerintah dalam hal ini lembaga/regulator yang menaungi kebijakan polis asuransi harus segera mengambil tindakan penegakan proses hukum untuk melindungi konsumen.

Wartaekonomi.co.id / 11-02-2021

Bapak-Ibu Nasabah Jiwasraya Dengar Baik-baik, Moeldoko Janjikan Hal Ini

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, berjanji akan menjembatani komunikasi nasabah asuransi Jiwasraya dengan Kementerian BUMN. Menurut Moeldoko, hingga saat ini pihaknya belum bisa memenuhi pertemuan dengan Presiden Jokowi seperti yang diminta oleh salah satu nasabah bernama Ana Rustiana saat beraudiensi dengan tema 'KSP Mendengar'. Mantan Panglima TNI itu pun bilang, lembaganya membuka diri terhadap apa yang sekiranya menjadi uneg-uneg atau masukan dari masyarakat kepada pemerintah. 

Wartaekonomi.co.id / 11-02-2021

Asuransi Pendidikan Bumiputera: Produk Unggulan Berujung Petaka

Hari ini, Jumat (12/2) berbarengan dengan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili, AJB Bumiputera 1912 merayakan ulang tahun ke-109. Tepat sehari sebelumnya, para nasabah ramai-ramai menggeruduk tiap kantor cabang perusahaan asuransi mutual ini, seperti diberitakan banyak media massa untuk mengingatkan kembali janganlupa  membayar tanggung jawabnya kepada nasabah. Berdasarkan pengamatan Bisnis, kebanyakan kisah pilu yang diungkap nasabah bersumber dari kekecewaannya terhadap gagal bayar dari produk asuransi terkait pendidikan.

Bisnis.com / 12-02-2021

Marak Kasus Gagal Bayar Asuransi, BPKN: Pemerintah Harus Segera Ambil Tindakan

Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN, Johan Efendi mengatakan, kasus asuransi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir disebabkan oleh lemahnya pengawasan regulator. Hal ini menyebabkan kesenjangan antara ketatnya aturan dengan lemahnya pengawasan di lapangan oleh OJK. Oleh karena itu, pemerintah perlu turun tangan memastikan hak semua nasabah terpenuhi. Di sisi lain pada tahun 2019, BPKN sudah memberikan rekomendasi terkait asuransi kepada presiden RI Joko Widodo dalam Perpres No. 50/2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.

Kompas.com / 14-02-2021

Nasabah Asuransi Jiwa Bumiputera Unjuk Rasa Tuntut Dana Klaim yang Belum Dibayar Sejak 2018!

Belasan nasabah Asuransi Jiwa Bumiputera, berunjuk rasa di Kediri , Jawa Timur. Mereka menuntut pencairan dana klaim, yang belum dibayar sejak 2018. Unjuk rasa nasabah Asuransi Jiwa Bumiputera dikawal ketat polisi, di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Akibat klaim asuransi belum dibayar, sejumlah anak nasabah Asuransi Jiwa Bumiputera, tak bisa melanjutkan pendidikan mereka. Rata-rata nasabah sudah membayar polis asuransi jutaan rupiah dan total kerugian seluruh nasabah ditaksir lebih dari satu triliun rupiah.

Kompas.tv / 14-02-2021

KSP Janjikan Mediasi Nasabah Jiwasraya dengan BUMN

Kantor Staf Presiden (KSP) memberi ruang bagi nasabah Asuransi Jiwasraya untuk melakukan dialog secara langsung dengan perwakilan Kementerian BUMN. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, saat merespons permintaan perwakilan Forum Nasabah Korban Jiwasraya, Ana Rustiana, agar para nasabah bisa bertemu dan audiensi dengan Presiden Joko Widodo. Menjawab permintaan Ana, Moeldoko melihat permasalahan Jiwasraya lebih tepat bila langsung diadukan ke Kementerian BUMN.

Republika.co.id / 14-02-2021

Terkendala Masalah Klaim, Nasabah AJB Bumiputera Sampaikan Aspirasi

Nasabah AJB Bumiputera 1912 secara serentak menyampaikan aspirasi mereka dengan mendatangi kantor wilayah yang ada di beberapa daerah di Indonesia, kemarin. Termasuk Perwakilan Nasabah AJB Bumiputera 1912 Wilayah Pantura Jawa Tengah di Kantor Wilayah AJB Bumiputera 1912 di Jalan Ahmad Yani Semarang. Koordinator Perwakilan Nasabah AJB Bumiputera 1912 Wilayah Pantura Jateng, Budi Supriyatno mengatakan, aspirasi yang diutarakan terkait kendala masalah klaim. Dia mengungkapkan di wilayah Pantura Jateng ada sekitar 300 nasabah yang terkendala masalah tersebut dan terkumpul dalam wadah grup WhatsApp.

Suaramerdeka.com / 12-02-2021

Mantan Direktur AJB Bumiputera Mengaku Ditahan, Ini Penjelasan Kejari Jaksel

Pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan mengkonfirmasi penahanan mantan Direktur AJB Bumiputera Prasetya M. Brata.  Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Odit Megonondo menjelaskan mantan Direktur Bumiputera tersebut ditahan di Rutan Salemba cabang Bareskrim Polri karena alasan Covid-19. Dia memastikan bahwa eks-Direktur itu tidak ada perkara lain di Bareskrim Polri. Prasetya hanya dititipkan dari tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan ke Rutan Salemba cabang Bareskrim Polri.

Bisnis.com / 13-02-2021

Ditahan di Bareskrim, Bekas Direksi Bumiputera 1912 Tulis Surat Mengharu Biru, Ini Isinya!

Bekas jajaran direksi AJB Bumiputera 1912 Prasetya M. Brata ditahan di Bareskrim Polri terkait dengan sengkarut yang menyebabkan asuransi tersebut mengalami gagal bayar polis terhadap nasabahnya. Dari balik jeruji, Prasetya membagikan kisahnya. Dalam surat yang dikutip Bisnis, Sabtu (13/2), Prasetya membantah keterlibatannya atas kasus penyelewengan dan potensi korupsi dalam tubuh Bumiputera. Dia juga bercerita mengenai kejadian penahanannya ini telah memberikan pelajaran berharga baginya terutama dalam melihat harapan di tengah kegelapan.

Bisnis.com / 13-02-2021

Kasus Gagal Bayar Asuransi Bertambah, BPKN: Negara Harus Turun Tangan

Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN,Firman Turmantara berpendapat kasus gagal bayar perusahaan asuransi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir disebabkan oleh lemahnya pengawasan dari regulator. Hal ini menyebabkan kesenjangan antara ketatnya aturan dengan lemahnya pengawasan di lapangan oleh OJK. Ketua BPKN Rizal E Halim pun menegaskan bahwa BPKN mendorong pemerintah untuk merealisasikan pembentukan Lembaga Penjamin Polis untuk menjamin kepastian hukum perlindungan terhadap konsumen industry asuransi.

Okezone.com / 11-02-2021

Cari solusi, KSP akan pertemukan nasabah Jiwasraya-Kementerian BUMN

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan pihaknya akan membuka forum dialog antara nasabah korban gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan Kementerian BUMN untuk merumuskan solusi yang adil bagi semua pihak. Moeldoko mengatakan permasalahan Jiwasraya, sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu dengan Kementerian BUMN, selaku pemegang saham pengendali perusahaan asuransi itu. Kementerian BUMN telah menyatakan komitmennya menyelesaikan masalah Jiwasraya, yang mulai gagal bayar sejak 2018. Fokus dari restrukturisasi adalah pengurangan nilai pokok dan penurunan bunga.

Antaranews.com / 14-02-2021

Kasus Gagal Bayar Asuransi Bertambah, BPKN: Negara Harus Turun Tangan

Gagal bayar yang terjadi pada Kresna Life menambah deretan kasus asuransi jiwa di Indonesia setelah sebelumnya dialami nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi Johan Effendi mengatakan bahwa pada 2019 pihaknya sudah memberikan rekomendasi terkait asuransi kepada Presiden Joko Widodo. Johan menjelaskan bahwa BPKN akan terus berkomitmen pada perlindungan hak para korban Jiwasraya yang masih belum dibayar

Bisnis.com / 14-02-2021

Marak Gagal Bayar Asuransi, Lembaga Penjamin Polis Harus Segera Dibentuk

BPKN menilai pemerintah harus segera merealisasikan pembentukan LPP, seiring banyaknya kasus gagal bayar asuransi yang merugikan para nasabah. Ketua BPKN Rizal E. Halim menyatakan bahwa kasus gagal bayar perusahaan asuransi jiwa menjadi sorotan publik dalam beberapa tahun terakhir. Dia menilai bahwa adanya lembaga yang formal dapat menjamin kepastian hukum perlindungan terhadap konsumen asuransi dan mencegah terjadinya gagal bayar yang berdampak besar. Pencegahan itu perlu dilakukan untuk menyelamatkan reputasi industri asuransi.

Bisnis.com / 14-02-2021

6 Terdakwa Seumur Hidup Bui Kasus Jiwasraya Mulai Diadili di Tingkat Banding

Permohonan banding Benny Tjokrosaputro dkk mulai diadili oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta. Benny dihukum penjara seumur hidup karena dinilai terbukti korupsi kasus Jiwasraya lebih dari Rp 10 triliun. Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (SIPP PN Jakpus), Minggu (14/2). Benny diadili di tingkat banding dengan nomor perkara 7/PID.TPK/2021/PT.DKI. Duduk sebagai ketua majelis Singgih Budi Prakoso dengan anggota M Yusuf dan M Lutfi. Singgih merupakan mantan Ketua PN Bandung. Kala menjadi Ketua PN Bandung, wakilnya kena OTT KPK, yaitu Setyabudi Tedjocahyono. Setyabudi berkicau bahwa dia tidak main sendirian.

Detik.com / 14-02-2021

BPKN Turun Tangan Kasus Gagal Bayar Asuransi

Gagal bayar yang terjadi pada PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life menambah deretan kasus asuransi jiwa di Indonesia. Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengatakan pada 2019 pihaknya sudah memberikan rekomendasi terkait asuransi kepada Presiden Jokowi. BPKN melihat kasus gagal bayar perusahaan asuransi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir disebabkan oleh lemahnya pengawasan dari regulator. Hal ini menyebabkan kesenjangan antara ketatnya aturan dengan lemahnya pengawasan di lapangan oleh OJK.

Harianbisnis.co.id / 14-02-2021

BKPN Soroti Kepastian Hukum Perlindungan Konsumen Asuransi

Kasus gagal bayar perusahaan asuransi, khususnya asuransi jiwa menjadi sorotan publik belakangan ini. Kasus gagal bayar yang paling baru terjadi yakni PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life. Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E Halim menyampaikan akan terus berkomitmen pada perlindungan hak para korban Jiwasraya yang masih belum dibayarkan. BPKN mendorong pemerintah untuk- merealisasikan pembentukan Lembaga Penjamin Polis untuk menjamin kepastian hukum perlindungan terhadap konsumen industry asuransi.

Republika.co.id / 14-02-2021

Ini yang Perlu Diketahui Nasabah Sebelum Membeli Unit Link

Saat ini masih banyak orang yang membeli produk asuransi jiwa unit link karena tertarik dengan sisi investasi dan potensi imbal hasilnya. Sebagai gambaran dasar, unit link adalah produk perlindungan yang dilengkapi manfaat investasi dengan beragam alokasi dana investasi, yang dapat dipilih sesuai profil risiko. Namun, unit link sejatinya merupakan produk asuransi jiwa. Sehingga, yang perlu betul-betul diperhatikan adalah manfaat dasar asuransi jiwanya, yakni uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia, sakit kritis, dan manfaat tambahan lainnya seperti manfaat rawat inap, pembebasan premi akibat cacat total/tetap, dan seterusnya.

Kompas.com / 13-02-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Tren Baru dengan Asuransi Jiwa

Masuknya asuransi dalam tiga besar pilihan instrumen waris menjadi semacam tren baru. Bagi perencana keuangan Dani Rachmat, asuransi jiwa memberi keuntungan dan kemudahan karena memberikan kepastian nilai Uang Pertanggungan, sehingga perencanaan untuk ahli waris pun bisa lebih mudah. Dani membagikan tiga tips mengenai waris dengan asuransi jiwa: 1) siapkan dana waris sedini mungkin; 2) alihkan kebutuhan dana besar; dan 3) pilih perusahaan terpercaya.

Republika, hal. 2 / 13-02-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.760

IHSG (per 13 Februari 2020)

   6.882,26

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Media Indonesia, Investor Daily, Kontan, Republika, Sindonews.com, Matain.id, Okezone.com, Bisnis.com, Detik.com, Industry.co.id, Jawapos.com, Kumparan.com, Liputan6.com, Tempo.co, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id

 

 

DOWNLOAD PDF