AAJI Daily News - 6 Desember 2021


Senin 06 Desember 2021                                                                                                                                   

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Tidak Merugi, Inilah Asuransi Jiwa yang Bisa Dipilih
  2. AXA Hadirkan Emma
  3. Sinergi BCA dan AIA Tingkatkan Literasi Keuangan Tenaga Pendidikan
  4. MNC Life Serahkan Klaim Asuransi MNC Safe Pro Senilai Rp500 Juta ke Nasabah
  5. MNC Life Serahkan Klaim Asuransi MNC Safe Pro Rp500 Juta ke Ahli Waris Nasabah
  6. Didorong Pandemi Covid-19, Manulife Gelontorkan Rp145,26 Miliar
  7. Generali Dukung Borobudur Marathon 2021, Cara Cerdas Pakai Asuransi
  8. BRI Life menyebut proses perekaman saat penawaran produk asuransi tidak efektif
  9. Pengaduan Nasabah ke OJK Meningkat
  10. OJK Paling Banyak Terima Aduan Fintech di 2021, Soal Apa?
  11. OJK Catat Pengaduan Konsumen di 2021 Mayoritas Terkait Fintech

INDUSTRI & ASURANSI

Tidak Merugi, Inilah Asuransi Jiwa yang Bisa Dipilih

Produk asuransi jiwa kian diminati semenjak pandemi Covid-19 merebak. Hal ini terefleksikan dari pertumbuhan jumlah polis asuransi jiwa nasional. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), hingga kuartal II-2021 jumlah polis asuransi jiwa mencapai 17,78 juta. Angka ini meningkat 1,8 persen secara tahunan (year on year/yoy). Saat ini di Indonesia sudah terdapat berbagai jenis asuransi jiwa dengan manfaat yang berbeda-beda. Berikut daftar lengkap jenis asuransi jiwa beserta penjelasannya.

Tagar.id /03-12-2021

AXA Hadirkan Emma

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri), PT AXA Financial Indonesia (AFI), dan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) meluncurkan Emma, layanan asuransi dan kesehatan digital menyeluruh yang dapat diakses melalui satu pintu. Emma menyediakan kemudahan dalam mengelola polis dan layanan kesehatan kepada lebih dari 1 juta nasabah entitas AXA di Indonesia. Emma menghadirkan pengalaman yang lebih personal layaknya seorang asisten virtual yang peduli dan selalu hadir untuk nasabah. Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen AXA Group untuk menjadi pemimpin dalam transformasi digital serta dalam bisnis proteksi dan kesehatan.

Batampos.co.id/03-12-2021

Sinergi BCA dan AIA Tingkatkan Literasi Keuangan Tenaga Pendidikan

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggandeng AIA dan Putera Sampoerna Foundation memberikan apresiasi dan mengajak para tenaga pendidikan dalam webinar literasi keuangan. Webinar dengan tajuk Cerdas Kelola Keuangan Guru (Celengan Guru) diisi oleh Principal Consultant Zap Finance sekaligus influencer, Prita Ghozie.

Marketeers.com/03-12-2021

MNC Life Serahkan Klaim Asuransi MNC Safe Pro Senilai Rp500 Juta ke Nasabah

PT MNC Life Assurance atau MNCLife, unit bisnis dari PT MNC Kapital IndonesiaTbk (BCAP), memberikan klaim asuransi jiwa sebesar Rp 500 juta kepada nasabahnya. Penyerahan klaim produk asuransi MNC Safe Pro tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama MNC Life Febriyani Sjofjan kepada ahli waris penerima klaim asuransi di Gedung MNC Financial Center kemarin.

Koran Sindo /04-12-2021

MNC Life Serahkan Klaim Asuransi MNC Safe Pro Rp500 Juta ke Ahli Waris Nasabah

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC Indonesia) meresmikan kerja sama untuk menyediakan solusi dan layanan perlindungan asuransi dengan jalur pemasaran bancassurance. Kerja sama ini ditandai dengan peluncuran dua produk perlindungan asuransi jiwa unit link, Allianz Wealthlink Preferred Life dan Allianz Assetlink Maxima. Kedua produk ini akan memberikan manfaat perlindungan asuransi jiwa sekaligus investasi, serta berbagai manfaat perlindungan tambahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah Bank CTBC Indonesia.

Okezone.com /03-12-2021

Didorong Pandemi Covid-19, Manulife Gelontorkan Rp145,26 Miliar

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) telah menghabiskan investasi senilai US$10 juta atau sekitar Rp145,26 miliar (kurs Rp15.526) untuk mengembangkan sejumlah inovasi teknologi digital. VP Strategy and Transformation Manulife, Yudhi Aulia mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 telah mengakselerasi penggunaan teknologi digital. Hal ini mendorong Manulife untuk benar-benar mempersiapkan diri dalam melakukan inovasi dan bertransformasi.

Bisnis.com /04-12-2021

Generali Dukung Borobudur Marathon 2021, Cara Cerdas Pakai Asuransi

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) kembali menjadi official insurance partner pada ajang lari marathon, Borobudur Marathon 2021. Sebagai official partner, Generali memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan bagi seluruh pelari jika mengalami risiko meninggal dunia atau menjalani perawatan karena kecelakaan saat berlari. Generali juga kembali memperkenalkan platform alive.generali.co.id, yang memberikan proteksi yang didapat secara online dengan fitur pengembalian premi 110% jika tidak terjadi klaim.

Cerdasbelanja.grid.id/03-12-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

BRI Life menyebut proses perekaman saat penawaran produk asuransi tidak efektif

PT Asuransi BRI Life (BRI Life) menyebut proses perekaman saat tenaga pemasar menawarkan produk asuransi tidaklah efektif. Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana mewajibkan alat bukti rekam saat produk asuransi diperjualbelikan agar berjaga-jaga jika nantinya terjadi sengketa.

Kontan.co.id /05-12-2021

Pengaduan Nasabah ke OJK Meningkat

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat  pengaduan soal industri keuanagan naik signifikan dari tahun sebelumnya. Jumlah pengaduan di OJK sepanjang tahun ini hingga 25 November tercatat sudah mencapai 595.521 pengaduan. Angka tersebut mengalami kenaikan hingga sekitar 22 kali lipat dibandingkan tahun 2017 yang hanya mencapai 25.742 pengaduan. Aduan didominasi terkait layanan Fintech.

Kontan/06-12-2021

OJK Paling Banyak Terima Aduan Fintech di 2021, Soal Apa?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jika pengaduan terbanyak yang disampaikan masyarakat sepanjang 2021, sebagian besar perihal layanan di financial technology (fintech). Bahkan aduan fintech melebihi perbankan yang biasanya mendominasi. Tercatat OJK menerima 50.413 pengaduan fintech periode 1 Januari hingga 25 November 2021. Sementara perbankan hanya 49.205.

Liputan6.com /05-12-2021

OJK Catat Pengaduan Konsumen di 2021 Mayoritas Terkait Fintech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pengaduan konsumen di 2021 mayoritas mengenai layanan di financial technology (fintech), yakni sebanyak 50.413 pengaduan sejak 1 Januari hingga 25 November 2021, melebihi aduan layanan perbankan sebesar 49.205.

Jawapos.com /05-12-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.378.00

IHSG (per 26 November 2021)

6.534,04

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF