AAJI Daily News - 14 April 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Rabu 14 April 2021

HEADLINE NEWS

  1. Volatilitas Pasar, Asuransi Jiwa Perkuat Strategi Investasi
  2. PN Jakpus Mentahkan Gugatan Nurhasanah
  3. Direksi Sudah Lengkap, Restrukturisasi Menanti
  4. Ini Susunan Lengkap Manajemen IFG Life, Salah Satunya dari Jiwasraya
  5. Nasabah Teriak Rugi, Prudential Diinvestigasi
  6. Kasus Jiwasraya Menyeret WanaArtha Life: Apa Kabar OJK? Nasabah Dikorbankan Lagi?
  7. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Dinilai Jadi Jalan Terbaik daripada Pailit
  8. Potensi Pasar Asuransi Masih Besar, Prudential Syariah Siap-siap Spin Off Sebelum 2024

TENTANG AAJI

Volatilitas Pasar, Asuransi Jiwa Perkuat Strategi Investasi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) terus fokus dalam pengelolaan investasi asuransi terutama investasi saham dan reksa dana saham di tengah besarnya volatilitas pasar modal. Menurut Direktur AAJI, Togar Pasaribu saat ini perusahaan asuransi tengah melakukan switching portofolio investasi ke aset yang lebih aman. Senada dengan AAJI, Direktur Utama Asuransi BRI Life, Iwan Pasila menyebutkan prinsip kehati-hatian dalam investasi terus menjadi fokus BRI Life. Dimana pengelolaan investasi disesuaikan dengan karakteristik liability dan aspek likuiditas.

Cnbcindonesia.com / 13-04-2021

INDUSTRI & ASURANSI

PN Jakpus Mentahkan Gugatan Nurhasanah

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menolak gugatan praperadilan Ketua Badan Perwakilan Anggota Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 Nurhasanah atas penetapan statusnya sebagai tersangka oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Menurut Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK Tongam L. Tobing, penyidik sektor jasa keuangan menilai Nurhasanah tidak memenuhi Perintah Tertulis OJK terkait implementasi ketentuan Pasal 38 Anggaran Dasar Bumiputera.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 14-04-2021

Direksi Sudah Lengkap, Restrukturisasi Menanti

Jajaran direksi dan komisaris PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life sudah lengkap. IFG Life mengantongi izin operasional pekan lalu setelah OJK menandatangani Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK No. KEP-19/D.05/2021 tentang pemberian izin usaha di bidang asuransi jiwa kepada PT Asuransi Jiwa IFG. Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina D. Sistha mengonfirmasi bahwa IFG telah memiliki susunan lengkap manajemen saat memperoleh izin operasional.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 14-04-2021

Ini Susunan Lengkap Manajemen IFG Life, Salah Satunya dari Jiwasraya

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life telah memiliki susunan komisaris dan direksi seiring terbitnya izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Kursi direksi di antaranya ditempati praktisi dari Indonesia Financial Group atau IFG dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina D. Sistha mengonfirmasi kepada Bisnis bahwa IFG Life telah memiliki susunan lengkap manajemen saat memperoleh izin operasional. Terdapat dua orang komisaris independen, ditambah komisaris utama, lalu terdapat direktur utama yang disertai dua orang direksi.

Bisnis.com / 13-04-2021

Nasabah Teriak Rugi, Prudential Diinvestigasi

Belum lama ini nasabah Prudential Indonesia ramai-ramai mengaku mengalami kerugian investasi hingga 100%. Nasabah juga menuding adanya dokumen yang dipalsukan serta tidak mendapatkan penjelasan secara rinci untuk produk investasinya di perusahaan asuransi. Menanggapi hal ini, Luskito Hambali mengatakan saat proses hukum sedang berlangsung dan ditangani oleh pihak berwajib. Dia menegaskan Prudential Indonesia menghargai sepenuhnya proses investigasi yang sedang berjalan dan berkomitmen untuk selalu kooperatif terhadap proses tersebut.

Cnbcindonesia.com / 13-04-2021

Kasus Jiwasraya Menyeret WanaArtha Life: Apa Kabar OJK? Nasabah Dikorbankan Lagi?

Dalam catatan Warta Ekonomi didapat keterangan, bahwa pada 21 Januari 2020 lalu, WanaArtha Life menerima informasi secara informal mengenai perintah pemblokiran rekening mereka.     Lantaran rekeningnya diblokir, WanaArtha Life pun tak bisa memenuhi kewajibannya terhadap para nasabahnya. Lalu jadi kisruh dan ramai, nasabah pun protes dan masalahnya naik ke panggung publik. Rupanya, secara ringkas, manajemen WanaArtha Life ada ikut melakukan investasi di beberapa portofolio saham yang terkait dengan Benny Tjokro (tersangka utama kasus Jiwasraya).

Kompasiana.com /13-04-2021

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Dinilai Jadi Jalan Terbaik daripada Pailit

Komisi VI DPR RI menyatakan bahwa restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) merupakan keputusan politik yang bertujuan menyelamatkan dana nasabah dan perusahaan dari likuidasi atau kepailitan. Sebab, jika dibiarkan pailit, maka seluruh nasabah dapat sangat dirugikan. Pihaknya pun tak menampik fakta bahwa adanya ketidakpuasan dari para nasabah terkait opsi restrukturisasi. Akan tetapi, restrukturisasi merupakan langkah yang paling tepat dibanding Jiwasraya dipailitkan, yang justru dapat lebih merugikan nasabah.

Liputan6.com /  13-04-2021

Potensi Pasar Asuransi Masih Besar, Prudential Syariah Siap-siap Spin Off Sebelum 2024

Pasar asuransi syariah di Indonesia terbilang sangat besar dan belum sepenuhnya digarap oleh pelaku industri asuransi Tanah Air. Prudential Indonesia bersiap melakukan pemisahan usaha (spin off) di unit usaha syariah-nya menjadi entitas bisnis tersendiri. Spin off ini diproyeksikan akan terealisir sebelum tahun 2024. Sharia Government Relations, and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo di acara diskusi virtual dengan media baru-baru ini mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan spin off UUS Prudential Syariah sejak dua tahun terakhir.

Tribunnews.com /13-04-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.605

IHSG (per 13 April 2021)

   5.927,43

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kontan, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Kompasiana.com, Liputan6.com, Tribunnews.com.

 

DOWNLOAD PDF