AAJI Daily News - 23 Februari 2021


Tanggal terbit (23 / 02 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Selasa, 23 Februari 2021

HEADLINE NEWS

  1. [Foto] Klaim Covid-19 Diperluas
  2. Ombudsman Sarankan Mitigasi Dampak Penengakan Hukum Terkait Jiwasraya
  3. Dulu Jiwasraya Kini Asabri Bikin Taipan Properti Tan Kian Ditelusuri Jaksa
  4. Surati Presiden hingga Ketua DPR, Ombudsman Sarankan Langkah Mitigasi Terkait Kasus Gagal Bayar Jiwasraya
  5. Kasus Jiwasraya, Ini Peran 13 Tersangka Perusahaan Manajer Investasi
  6. Berkas perkara 13 tersangka perusahaan MI dugaan korupsi Jiwasraya dinyatakan lengkap
  7. Ombudsman Surati Presiden, MA, dan DPR Soal Pemblokiran Rekening di Kasus Jiwasraya
  8. Para Petinggi AJB Bumiputera 1912 Dilaporkan ke Polisi, Senin 22 Februari 2021
  9. Sakit Kronis, Begini Kondisi Mengenaskan Bumiputera

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Klaim Covid-19 Diperluas

PT Prudential Life Assurance memastikan tetap menanggung atas klaim nasabah yang terinfeksi Covid-19 dan hanya melakukan perawatan di rumah, melihat risiko terbatasnya kapasitas rumah sakit perlu diantisipasi oleh perusahaan asuransi.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 23-02-2021

Ombudsman Sarankan Mitigasi Dampak Penengakan Hukum Terkait Jiwasraya

Ombudsman RI menyarankan agar dilakukan mitigasi dampak pemblokiran sejumlah rekening efek dan sub-rekening efek dari perusahaan-perusahaan terkait kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya dalam rangka penegakan hukum. Anggota Ombudsman RI, Ahmad Alamsyah Saragih menemukan adanya potensi maladministrasi pada saat putusan pengadilan kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Ombudsman RI menyampaikan beberapa saran kepada Presiden agar dalam penanganan perkara gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya, perlu dilakukan terlebih dahulu verifikasi dan perbaikan data yang ditindaklanjuti dengan pemisahan rekening efek dan sub rekening efek yang tidak terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

HE Neraca, hal. 12 / 23-02-2021

Dulu Jiwasraya Kini Asabri Bikin Taipan Properti Tan Kian Ditelusuri Jaksa

Dua mega skandal yang ditangani Kejagung memunculkan peran seorang aktor bernama Benny Tjokrosaputro dan menduga aliran uang dari skandal-skandal itu berujung pada bisnis properti. Salah satu aliran uang yang menjadi sorotan itu perihal pembelian tanah untuk kemudian dibangun menjadi apartemen South Hill di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Tertuang dalam vonis itu nama konglomerat properti bernama Tan Kian. Direktur Penyidikan Jampidsus Febrie Adriansyah pada 19 Februari 2021 mengatakan pemeriksaan Tan Kian diperlukan untuk mencari tahu mengenai kerja sama bisnis antara Benny Tjokro dengan Tan Kian.

Detik.com / 22-02-2021

Surati Presiden hingga Ketua DPR, Ombudsman Sarankan Langkah Mitigasi Terkait Kasus Gagal Bayar Jiwasraya

Ombudsman RI menyurati Presiden Joko Widodo, Ketua Mahkamah Agung, dan Ketua DPR RI, agar mengambil langkah mitigasi atas dampak proses penegakan hukum kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dikarenakan Ombudsman menemukan potensi maladministrasi berupa ketidakakuratan data dalam proses penyitaan rekening efek dan sub-rekening efek dari sejumlah perusahaan yang terkait dengan kasus Jiwasraya. Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, telah menerima sejumlah laporan masyarakat mengenai proses pemblokiran dan penyitaan rekening efek yang dirasa belum akurat.

Kompas.com / 22-02-2021

Kasus Jiwasraya, Ini Peran 13 Tersangka Perusahaan Manajer Investasi

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelaskan peran 13 tersangka perusahaan MI dalam perkara tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. 13 MI, bersama para tersangka lainnya membentuk produk reksa dana khusus untuk Jiwasraya. Para tersangka telah menyepakati dan melaksanakan pengelolaan transaksi pembelian dan penjualan instrumen keuangan yang menjadi underlying pada produk reksa dana milik Jiwasraya yang dikelola oleh para terdakwa, untuk dikendalikan oleh Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro melalui Joko Hartono Tirto, Piter Rawiman, dan Moudy Mangkey.

Kompas.com / 22-02-2021

Berkas perkara 13 tersangka perusahaan MI dugaan korupsi Jiwasraya dinyatakan lengkap

Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menyatakan, berkas perkara untuk 13 tersangka perusahaan MI dalam perkara tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya lengkap atau P-21.  Selanjutnya, tim jaksa penyidik akan menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti kepada JPU Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat agar perkara bisa segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Kontan.co.id / 22-02-2021

Ombudsman Surati Presiden, MA, dan DPR Soal Pemblokiran Rekening di Kasus Jiwasraya

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menyurati Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ketua Mahkamah Agung (MA), dan Ketua DPR menyampaikan saran mitigasi terkait dampak penegakan hukum peristiwa gagal bayar pada PT Asuransi Jiwasraya. Ombudsman menemukan adanya potensi maladministrasi pada saat putusan pengadilan kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Ombudsman menilai telah terjadi ketidakakuratan data dalam proses penyitaan rekening efek maupun sub rekening efek dari perusahaan-perusahaan yang terkait dengan kasus gagal bayar tersebut.

Liputan6.com / 22-02-2021

Para Petinggi AJB Bumiputera 1912 Dilaporkan ke Polisi, Senin 22 Februari 2021

Kumpulan pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJB) Bumiputera 1912, hari ini, Senin 22 Februari 2021, melaporkan seluruh pejabat dan manajemen AJB Bumiputera 1912 ke polisi. Kumpulan Pemegang Polis AJB Bumiputera juga menggugat perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pasalnya, manajemen AJB Bumiputera telah melakukan perbuatan melawan hukum atau wanprestasi atas klaim pemegang polis yang belum dibayarkan, hingga saat ini.

Pikiran-rakyat.com / 22-02-2021

Sakit Kronis, Begini Kondisi Mengenaskan Bumiputera

Ketua Tim Advokasi dan Contingency Plan Serikat Pekerja NIBA AJB Bumiputera 1912 F. Ghulam Naja mengatakan jika masalah di AJB Bumiputera 1912 semakin kompleks. Untuk menjalankan kegiatan operasional Perusahaan, jumlah Direksi bersama Dewan Komisaris yang ada saat ini tidak memenuhi standar tata kelola yang diperkenankan sebagaimana ketentuan yang berlaku di industri perasuransian. Kondisi demikian memicu kinerja bisnis yang tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya bahkan menghadapi banyak kendala.

Sindonews.com / 22-02-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.118

IHSG (per 22 Februari 2021)

   6.255,31

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Detik.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Pikiran-rakyat.com, Sindonews.com.

 

DOWNLOAD PDF