AAJI Daily News - 15 November 2021


Senin 15 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. DRIM 2021, AAJI Bahas Penguatan Digital untuk Tingkatkan Layanan Asuransi Jiwa
  2. BERITA FOTO – Somasi Massal OJK
  3. Migrasi Polis Jiwasraya Tuntas Kuartal Pertama 2022
  4. Dapat Rp20 T, Siap-siap IFG Life Mau Transfer Polis Jiwasraya
  5. Pemerintah Cairkan Rp 20 T ke IFG, Saatnya Polis Jiwasraya Berpindah
  6.     IFG Life Segera Bayar Klaim Nasabah Jiwasraya
  7. PMN cair, IFG Life targetkan migrasi polis Jiwasraya rampung pada kuartal I-2022
  8. Allianz Harap Kemajuan Teknologi Bantu Masyarakat Melek Asuransi
  9. Tak Cuma Andalkan BPJS, 3 Asuransi Ini Buat Pegawai Tak Tetap
  10. Allianz Berkomitmen Jadi Pionir dalam Memberikan Edukasi Tentang Asuransi
  11. MEDIA WORKSHOP LIFE AND HEALTH INSURANCE 101 UNTUK MASYARAKAT LEBIH MELEK ASURANSI
  12. Bingung Pilih Asuransi Proteksi atau Investasi? Begini Tips IFG Life
  13. Yuk, Intip 36 Asuransi Terbaik Versi Media Asuransi
  14. Asuransi Jiwa Gencar Jualan Melalui Bank
  15. Kinerja Asuransi Tidak Optimal Akibat Dampak Pandemi
  16. Luncurkan MiAction, Manulife Indonesia Sasar Generasi Muda
  17. Manulife Indonesia Luncurkan MiAssurance, Berikut Kegunaannya
  18. Dorong Pariwisata, Astra Life Hadirkan Asuransi Kesehatan di Traveloka
  19. Dakwaan Dikandaskan Hakim, Jaksa Lakukan Perlawanan
  20. Integrasi Data Medis Siap Bergulir
  21. OJK: Manajemen Risiko TI LJKNB Harus Memadai

TENTANG AAJI

DRIM 2021, AAJI Bahas Penguatan Digital untuk Tingkatkan Layanan Asuransi Jiwa

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyelenggarakan kegiatan tahunan berformat virtual dalam Webinar Digital Risk Management in Insurance (DRiM). Acara kali ini berfokus pada transformasi dan inovasi digital sebagai upaya meningkatkan pelayanan industri asuransi jiwa Indonesia

Investor.id/12-11-2021

INDUSTRI & ASURANSI

BERITA FOTO – Somasi Massal OJK

Nasabah pemegang polis AJB Bumiputera yang tergabung dalam Tim Biru melakukan somasi massal terhadap OJK dengan sejumlah tuntutan beberapa waktu lalu. Nilai total klaim polis asuransi Tim Biru dan yang melakukan somasi massal itu mencapai hampir Rp18 miliar yang sebagian besar adalah asuransi dana pendidikan untuk biaya ke perguruan tinggi.

Bisnis Indonesia/13-11-2021

Migrasi Polis Jiwasraya Tuntas Kuartal Pertama 2022

Proses polis Jiwasraya melalui program restrukturisasi akan mencapai tahap akhir yaitu proses transfer menuju IFG. Adapun, hal ini menyusul cairnya PMN senilai Rp 20 triliun yang diberikan kepada IFG. Saat ini, tim internal terus melakukan koordinasi agar proses transfer berjalan sesuai rencana.

Kontan/13-11-2021

Dapat Rp20 T, Siap-siap IFG Life Mau Transfer Polis Jiwasraya

Anak usaha IFG, Holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan, yakni PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) akan memulai proses transfer polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pelaksana Tugas Corporate Secretary IFG Life, Fadian Dwiantara menyampaikan, perseroan saat ini masih berkoordinasi dengan Jiwasraya untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap polis-polis yang sudah setuju untuk restrukturisasi.

Cnbcindonesia.com/12-11-2021

Pemerintah Cairkan Rp 20 T ke IFG, Saatnya Polis Jiwasraya Berpindah

Holding BUMN perasuransian dan penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) telah menerima pencairan penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp 20 triliun pada 22 Oktober 2021. Langkah berikutnya, memindahkan polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke IFG Life.

Katadata.co.id/12-11-2021

IFG Life Segera Bayar Klaim Nasabah Jiwasraya

Proses penyelamatan polis Jiwasraya melalui program restrukturisasi akan mencapai tahap akhir. IFG Life siap menerima transfer polis Asuransi Jiwasraya. Kesiapan ini disampaikan setelah IFG menerima dana penyertaan modal negara (PMN) dari pemerintah senilai Rp 20 triliun.

Kompas.com/12-11-2021

PMN cair, IFG Life targetkan migrasi polis Jiwasraya rampung pada kuartal I-2022

Proses polis Jiwasraya melalui program restrukturisasi akan mencapai tahap akhir yaitu proses transfer menuju IFG. Adapun, hal ini menyusul cairnya PMN senilai Rp 20 triliun yang diberikan kepada IFG. Sekadar informasi saja, proses melalui Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tersebut karena Jiwasraya tidak mampu memenuhi kewajiban kepada pemegang polis akibat tekanan likuiditas yang berdampak pada gagal bayar.

Kontan.co.id/12-11-2021

Allianz Harap Kemajuan Teknologi Bantu Masyarakat Melek Asuransi

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menilai penerapan teknologi pada industri asuransi nasional bisa dimanfaatkan, salah satunya untuk penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat, mengenai produk asuransi. Allianz mengatakan literasi masyarakat akan produk asuransi masih kalah pamor dibandingkan perbankan.

Katadata.co.id/12-11-2021

Tak Cuma Andalkan BPJS, 3 Asuransi Ini Buat Pegawai Tak Tetap

Berikut adalah 3 jenis asuransi yang ideal bagi pegawai tak tetap atau freelance supaya hidup tetap nyaman; Asuransi jiwa; Asuransi kesehatan; dan Asuransi properti

Genpi.co/13-11-2021

Allianz Berkomitmen Jadi Pionir dalam Memberikan Edukasi Tentang Asuransi

Edukasi mendasar tentang asuransi jiwa dan asuransi kesehatan merupakan hal yang penting. Hal tersebut terus dilakukan Allianz Life Indonesia agar masyarakat melek asuransi dan paham sebelum dan sesudah memutuskan untuk membeli asuransi. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, melalui Media Workshop: Life and Health Insurance 101, Senin (8/11/2021) kemarin, merupakan wujud nyata Allianz dalam memperluas jangkauan edukasi mengenai produk dan layanan asuransi kepada masyarakat Indonesia secara lebih luas lagi.

Timesindonesia.co.id/13-11-2021

MEDIA WORKSHOP LIFE AND HEALTH INSURANCE 101 UNTUK MASYARAKAT LEBIH MELEK ASURANSI

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada kuartal I 2021 jumlah polis asuransi jiwa juga turut meningkat sebesar 1,8% atau sebanyak 17,78 juta yoy. Sedangkan, polis perorangan tumbuh 2,7 % yoy menjadi 17,24 juta. Allianz Life Indonesia mencermati kondisi tersebut dengan melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi masyarakat akan literasi seputar asuransi.  Allianz Life Indonesia menghadirkan Media Workshop: Life and Health Insurance 101 yang diselenggarakan pada hari Senin (8/11). Acara ini memaparkan informasi terkait hal-hal mendasar yang perlu dipahami seputar asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Gayakeren.id/13-11-2021

Bingung Pilih Asuransi Proteksi atau Investasi? Begini Tips IFG Life

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG LIfe) bersama Finansialku.com memberikan edukasi keuangan dan asuransi melalui IG Live Talks terkait tips memilih produk asuransi jiwa. Pada IG Live Talks kali ini mengundang Robby Christy yang merupakan Head of Advisor di Finansialku dan Donna Maretha selaku moderator IFG Life. Donna mengatakan, sebelum membeli produk asuransi jiwa sebaiknya nasabah memahami produk yang akan dibelinya. Nasabah juga perlu dengan seksama membaca isi polis apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan juga apakah sudah sesuai dengan penjelasan dari agen asuransi.

Bisnis.com/14-11-2021

Yuk, Intip 36 Asuransi Terbaik Versi Media Asuransi

Majalah Media Asuransi kembali memberikan penghargaan kepada 36 perusahaan asuransi terbaik berdasarkan kinerja keuangan tahun 2020. Penghargaan kepada 36 perusahaan itu merupakan yang terbaik dari masing-masing kelompok antara lain asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi Syariah full fledged, dan reasuransi. Penghargaan yang digelar secara virtual dalam acara Insurance Award 2021 merupakan penyelenggaraan yang ke-15, semenjak tahun 2007.

Today.line.me/13-11-2021

Asuransi Jiwa Gencar Jualan Melalui Bank

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatatkan premi dari bancassurance mencapai Rp 48,23 triliun, atau meningkat 27,3% yoy per kuartal 11-2021. Kanal ini menyumbang porsi terbesar, mencapai 46% terhadap total premi industri.Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI menjelaskan, peningkatan premi dari kanal bancassurance, merupakan bagian dari pemulihan kinerja industri yang pihaknya sambut dengan baik. Kinerja kanal bancassurance BNI Life sampai dengan Oktober 2021 juga mengalami kenaikan 12,5% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau mencapai lebih dari Rp 2,5 triliun.

Kontan/15-11-2021

Kinerja Asuransi Tidak Optimal Akibat Dampak Pandemi

Pemimpin LRMA Mucharor Djalil mengatakan pandemi vovid-19 yang mengakibatkan kontraksi ekonomi nasional memiliki multiplier effect terhadap penurunan kinerja perusahaan asuransi baik asuransi jiwa maupun asuransi umum. Namun di sisi lain, nilai klaim tetap tumbuh di masa pandemi ini. Pertumbuhan premi ini tetap diikuti klaim yang melonjak dari tahun sebelumnya. Beban klaim dan manfaat naik 53,25% , dari Rp 136,43 triliun di 2019 menjadi Rp 209,08 di 2020.

Mediaindonesia.com/12-11-2021

Luncurkan MiAction, Manulife Indonesia Sasar Generasi Muda

Manulife Indonesia berinisiatif meluncurkan MiAssurance Protection Plan (MiAction), asuransi dwiguna individu yang dirancang untuk melindungi dan mempersiapkan nasabah, termasuk generasi muda atau keluarga. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan masa depan mereka, guna mengantisipasi ketidakpastian hidup.

Rri.co.id/12-11-2021

Manulife Indonesia Luncurkan MiAssurance, Berikut Kegunaannya

Manulife Indonesia meluncurkan MiAssurance Protection Plan ( MiAction ), jumat, 12 November 2021. MiAction merupakan asuransi dwiguna individu ini dirancang untuk melindungi dan mempersiapkan nasabah Indonesia termasuk bagi generasi muda atau keluarga serta untuk kebutuhan masa depan mereka mengantisipasi ketidakpastian hidup.

Suaramerdeka.com/12-11-2021

Dorong Pariwisata, Astra Life Hadirkan Asuransi Kesehatan di Traveloka

PT Asuransi Jiwa Astra ( Astra Life ) bekerja sama dengan Traveloka memperkenalkan kembali layanan asuransi kesehatan bagi masyarakat melalui produk AVA Life Protection dan AVA Health Protection . AVA Life Protection dan AVA Health Protection , adalah produk perlindungan kesehatan yang menyeluruh agar masyarakat dapat lebih tenang menjalani aktivitasnya.

Cerdasbelanja.grid.id/13-11-2021

Dakwaan Dikandaskan Hakim, Jaksa Lakukan Perlawanan

Kejaksaan tak terima dakwaannya terhadap mantan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Asuransi Jiwa Bersama (A JB) Bumiputera 1912, Prasetya M Brata, dikandaskan hakim. Perlawanan terhadap putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ini pun dilakukan. Kejaksaan bakal mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Rakyat Merdeka/15-11-2021

Integrasi Data Medis Siap Bergulir

Kementerian Kesehatan membuka peluang bekerja sama dengan pemain industri asuransi dan layanan kesehatan berbasis teknologi dalam pemanfaatan aplikasi Peduli Lindungi. Rencananya, aplikasi Peduli Lindungi akan diintegrasikan dengan data rekam medis masyarakat dan para pengunduh aplikasi itu. Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji mengatakan, dalam pengembangan aplikasi Peduli Lindungi, nantinya dapat dikerjasamakan dengan pemain asuransi dan perusahaan rintisan yang bergerak di sektor kesehatan (health techndogy/healthtech).

Bisnis Indonesia/15-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

OJK: Manajemen Risiko TI LJKNB Harus Memadai

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau agar pemanfaatan teknologi informasi (TI) oleh lembaga jasa keuangan non bank (LJKNB) menjunjung prinsip manajemen risiko yang memadai. Tanpa manajemen risiko yang baik, penggunaan TI memiliki potensi risiko yang dapat merugikan LJKNB dan konsumen. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK Mochammad Ihsanuddin menjelaskan, dalam hal kebijakan OJK telah menerbitkan POJK Nomor 4/POJK.05/2021 Tentang Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Lembaga Jasa Keuangan Non-bank pada Maret lalu.

Investor.id/12-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.288.00

IHSG (per 12 November 2021)

6.651,05

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF