AAJI Daily News - 27 September 2021


Senin 27 September 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

    Bantah 3 Juta Unit Link Tutup, AAJI: Itu Penjualan yang Drop!

  1.     Heboh 3 Juta Nasabah Tutup Unit Link, Ini Klarifikasi AAJI
  2. PKPU Kresna Batal, AAJI: Putusan MA Hadirkan Kepastian Hukum
  3. BERITA FOTO – Pertumbuhan Premi Asuransi Tradisional
  4.     OJK Minta Perusahaan Asuransi Tingkatkan SDM dan Teknologi
  5. OJK Hati-hati Evaluasi Asuransi Digital
  6. BERITA FOTO – Pemasaran Digital Asuransi
  7. Anggaran Klaim RS Covid-19 Kurang Rp 28 Triliun
  8. Mendesak Pentingnya Restorasi Mutual Konstitusional Bumiputera 1912
  9. IFG Masih Terus Mencari Dana hingga Rp 6,7 Triliun
  10. IFG LIFE Buka 21 Cabang Baru
  11. BERITA FOTO - ASTRA LIFE Serahkan Klaim Senilai Lima Miliar Rupiah
  12. Simak 4 Tips Pilih Asuransi yang Tepat bagi Para Lajang
  13. Pemerintah akan libatkan perusahaan asuransi swasta dalam JKN, ini kata AAUI

TENTANG AAJI

Bantah 3 Juta Unit Link Tutup, AAJI: Itu Penjualan yang Drop!

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menegaskan sepanjang tahun lalu terjadi penurunan penjualan asuransi unit link akibat dampak dari Covid-19, sehingga tidak benar jika data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyebutkan terjadi penutupan polis-polis oleh nasabah unit link. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan pandemi Covid-19 memang memberikan dampak negatif terhadap penjualan asuransi.

Cnbcindonesia.com/24-09-2021

Heboh 3 Juta Nasabah Tutup Unit Link, Ini Klarifikasi AAJI

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) membantah bahwa telah terjadi penutupan polis produk unit link di sepanjang tahun lalu, yang terjadi adalah penurunan penjualan unit link diakibatkan karena pandemi Covid-19. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan pandemi Covid-19 memang memberikan dampak negatif terhadap penjualan asuransi.

Cnbcindonesia.com/25-09-2021

PKPU Kresna Batal, AAJI: Putusan MA Hadirkan Kepastian Hukum

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI ) menyambut baik keputusan Mahkamah Agung terkait pembatalan putusan pailit dan homologasi PT Asuransi Jiwa Kresna ( Kresna Life ). Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan bahwa memang hanya OJK yang bisa lakukan PKPU dan pailit sehingga keputusan ini sudah tepat.

bisnis.com/24-09-2021

BERITA FOTO – Pertumbuhan Premi Asuransi Tradisional

Berdasarkan data AAJI, premi asuransi tradisional berhasil tumbuh 18,5% secara tahunan atau year on year (yoy) di enam bulan pertama tahun ini. Sedangkan premi unitlink tumbuh sedikit di bawahnya yakni sebesar 17% secara tahunan.
Kontan/25-09-2021

INDUSTRI & ASURANSI

OJK Minta Perusahaan Asuransi Tingkatkan SDM dan Teknologi

Perusahaan asuransi diminta meningkatkan kualitas SDM dan teknologi digital guna menopang digitalisasi layanan yang kini sedang berkembang pesat. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Riswinandi menegaskan, digitalisasi asuransi tidak hanya meningkatkan premi, tapi juga ada jaminan untuk tidak merugikan pemegang polis  

Investor.id/24-09-2021

OJK Hati-hati Evaluasi Asuransi Digital

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Riswinandi Idris mengatakan bahwa saat ini penetrasi asuransi secara digital masih belum terlalu dalam. Menurutnya, OJK menyambut baik adanya perkembangan digital ini meskipun hati-hati dalam melakukan evaluasinya.

Ujungpadang Ekspres/24-09-2021

BERITA FOTO – Pemasaran Digital Asuransi

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Juli 2021, premi asuransi yang dibukukan melalui pemasaran digital sudah mencapai Rp 6 triliun. Kontribusi premi asuransi lewat kanal distribusi digital yang dibukukan oleh perusahaan asuransi umum dan asuransi jiwa tersebut telah mencapai 3,94 persen dari total premi asuransi umum dan jiwa.

Investor Daily/27-09-2021

Anggaran Klaim RS Covid-19 Kurang Rp 28 Triliun

Total pengajuan klaim RS rujukan Covid-19 tahun 2021 yang masuk ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga saat ini tercatat sebanyak 1,1 juta kasus pengajuan klaim. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan, dari total pengajuan klaim tersebut, sudah 84% yang selesai proses verifikasi.

Kontan/24-09-2021

Mendesak Pentingnya Restorasi Mutual Konstitusional Bumiputera 1912

Pemegang Polis dalam Perusahaan berbentuk Usaha Bersama (Mutual/Onderlinge) seperti AJB Bumiputera 1912, berdasarkan PP No.87 Tahun 2019 tentang Usaha Bersama, memiliki keunikan dua posisi sekaligus. Dalam pasal 1 ayat 3 PP No.87 Tahun 2019 dikatakan Anggota adalah Pemegang Polis pada Usaha Bersama. Pentingnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera membentuk Pengelola Statuter (PS) karena kondisi Bumiputera yang mendesak, agar perusahaan memiliki organ pengurus yang sah dan legitimate serta mengisi kekosongan organ (Vaacuum of Power).

Kumparan.com/26-09-2021

IFG Masih Terus Mencari Dana hingga Rp 6,7 Triliun

Indonesia Financial Group (IFG) masih terus mencari dana segar untuk menjalankan bisnisnya. Meski IFG bakalan segera mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp 20 triliun untuk untuk digunakan dalam proses pemindahan portofolio Jiwasraya ke IFG Life.

Insight.kontan.co.id/24-09-2021

IFG LIFE Buka  21 Cabang Baru

IFG Life akan diluncurkan resmi pada 1 November 2021. Dalam acara tersebut, perusahaan asuransi jiwa ini akan membuka puluhan kantor cabang baru untuk menjangkau banyak nasabah di berbagai kota.

Kontan/27-09-2021

BERITA FOTO - ASTRA LIFE Serahkan Klaim Senilai Lima Miliar Rupiah

PT ASURANSI JIWA ASTRA {Astra Life) menunjukkan komitmennya dalam membayarkan klaim sesuai dengan manfaat polis nasabah. Pembayaran klaim senilai Rp. 5.000.000.000,-diterima oleh ahli waris dari Alm. Rahmat H sebagai pemegang polis AVA iFuture Premier yang dipasarkan melalui PermataBank. 

Pikiran Rakyat/27-09-2021

Simak 4 Tips Pilih Asuransi yang Tepat bagi Para Lajang

Asuransi memiliki banyak jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Tetapi asuransi utama yang harus dimiliki seseorang adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Mana yang sebaiknya kamu pilih? Berikut 4 tips dari FWD Insurance dikutip dalam siaran persnya, untuk menentukan pilihan asuransi yang tepat bagi kamu yang masih lajang

Kompas.com/27-09-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Pemerintah akan libatkan perusahaan asuransi swasta dalam JKN, ini kata AAUI

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyambut baik rencana pemerintah untuk melibatkan perusahaan asuransi komersial dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Direktur Eksekutif AAUI Dody Dalimunthe mengatakan, sejak perubahan PT Askes menjadi BPJS Kesehatan, industri asuransi yang diwakili AAUI dan AAJI sudah melakukan diskusi dengan pemerintah dan BPJS Kesehatan agar ada coordination of benefit (COB). Dimana skema jaminan BPJS Kesehatan dapat diintegrasikan dengan manfaat asuransi kesehatan yang polisnya diterbitkan oleh perusahaan asuransi komersial.

Kontan.co.id/25-09-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.256.00

IHSG (per 24 September 2021)

6.141,47

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

 

DOWNLOAD PDF