AAJI Daily News - 04 Januari 2021


Tanggal terbit (04 / 01 / 2021)

Senin, 4 Januari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

 

  1. Tahun Ini IFG Mengandalkan IFG Life
  2. Gaya Hidup Sehat
  3. Generali Mengakuisisi Axa
  4. Peluncuran Program AIA Vitality
  5. Peluncuran AIA Vitality
  6. Konflik yang Kian Pelik
  7. Ini strategi IFG jadi pemain besar di industri asuransi
  8. Generali Indonesia: Industri Asuransi Pulih Maksimal di 2022
  9. Perkuat kualitas SDM, IFG bentuk corporate university
  10. Generali sepakat akuisisi aset Axa di Yunani senilai US$ 203 juta
  11. Hubungan Kejaksaan dengan Kasus Korupsi PT Asuransi Jiwasraya

INDUSTRI & ASURANSI

Tahun Ini IFG Mengandalkan IFG Life

Dalam kondisi perekonomian yang volatil akibat pandemi, IFG masih mencatatkan kinerja lumayan dan mengantongi aset Rp 76,2 triliun hingga akhir tahun. Adapun total premi bruto Rp 18 triliun. Tahun ini holding akan mendongkrak pertumbuhan anorganik. Salah satunya melalui pendiran IFG Life, perusahaan asuransi yang fokus di layanan asuransi jiwa dan kesehatan. Pemerintah bersama Komisi VI DPR telah menyetujui PMN senilai Rp22 triliun untuk pendirian IFG Life.

Kontan / 03-01-2021 Hal. 10

Gaya Hidup Sehat

Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy bersama Brand Ambassador AIA Indonesia, Christian Sugiono berbincang dengan Global Ambassador AIA, David Beckham melalui kanal virtual saat peluncuran AIA Vitality, Minggu (3/1). Program pendukung gaya hidup sehat tersebut diluncurkan di delapan negara AIA beroperasi dan diharapkan meningkatkan angka harapan hidup.

Kontan / 03-01-2021 Hal. 10

Generali Mengakuisisi Axa

Assicurazioni Generali SpA setuju mengakuisisi operasi perusahaan asuransi Perancis Axa SA, di Yunani. Sumber Bloomberg, Minggu (3/1) mengatakan, perusahaan Italia ini akan membara US$ 203 juta untuk Axa Yunani. Axa menjual produk asuransi di Yunani melalui perjanjuan distrubusi jangka panjang dengan Alpha Bank. Sehingga kemitraan tersebut akan dinegosiasiskan ulang seiring akuisisi ini. Axa Yunani membukukan premi asuransi bruto sebesar €168 juta pada tahun 2019.

Kontan / 03-01-2021 Hal. 16

Peluncuran Program AIA Vitality

President Director AIA Sainthan Satyamoorthy bersama Brand Ambassador AIA Indonesia Christian Sugiono meluncurkan AIA Vitality di Jakarta, kemarin. AIA Vitality merupakan sebuah terobosan program health & wellness yang akan terhubung dengan layanan inti perlindungan jiwa AIA di Indonesia. Program AIA Vitality mencakup empat kunci pilar untuk membantu nasabah fokus dengan perjalanan mereka mewujudkan hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik.

Bisnis Indonesia / 04-01-2021 Hal. 15

Peluncuran AIA Vitality

President Director AIA Sainthan Satyamoorthy berbincang dengan Brand Ambassador AIA Indonesia Christian Sugiono di sela-sela peluncuran program AIA Vitality di Jakarta, Minggu (3/1). Program AIA Vitality mencakup empat kunci pilar untuk membantu nasabah fokus dengan perjalanan mereka mewujudkan hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik: Eat Well, Move Well, Think Well and Plan Well.

Bisnis Indonesia / 04-01-2021 Hal. 15

Konflik yang Kian Pelik

Bumiputera menutup 2020 dengan sejumlah keputusan krusial yang muncul dari BPA, yang kini bernama RUA. Salah satu keputusan paling menyita perhatian adalah rombakan besar-besaran jajaran direksi. Otoritas belum memberikan pernyataan resmi terkait dengan rangkap jabatan Nurhasanah di BPA dan dewan komisaris, serta rangkap jabatan dua komisaris di tubuh direksi, tetapi OJK menunjukkan sikap lain. Kepala Departemen Pengawasan Khusus IKNB OJK Moch. Muchlasin meminta jajaran direksi Bumiputera untuk memberikan penjelasan terkait hal yang terjadi di Bumiputera.

Bisnis Indonesia / 04-01-2021 Hal. 5

Ini strategi IFG jadi pemain besar di industri asuransi

Tahun ini IFG akan mendongkrak pertumbuhan anorganik salah satunya melalui pendirian IFG Life, perusahaan asuransi yang fokus di layanan asuransi jiwa dan kesehatan. IFG berharap IFG Life bisa menjadi perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Guna merealisasikan itu, IFG telah menetapkan standar bisnis ketat agar IFG Life berkembang sebagai asuransi kuat dan menghasilkan profit. Dengan menyiapkan produk-produk asuransi yang dibutuhkan pasar, pengelolaan bisnis yang menawarkan janji manfaat yang realistis dan berkelanjutan.

Kontan.co.id / 03-01-2021

Generali Indonesia: Industri Asuransi Pulih Maksimal di 2022

Asuransi Jiwa Generali Indonesia menghadapi tahun 2021 masih menerapkan strategi investasi yang didasarkan atas kondisi pasar sehingga mampu mencatatkan pertumbuhan yang positif di atas pasar. Diproyeksi permulihan industri asuransi akan lebih maksimal di tahun 2022.

Cnbcindonesia.com / 03-01-2021

Perkuat kualitas SDM, IFG bentuk corporate university

IFG BUMN holding asuransi dan pejaminan terus melakukan transformasi peningkatan kualitas dalam implementasi strategis dan operasionalnya dengan membentuk IFG Corporate University (IFG Corpu) menjadi salah satu bentuk transformasi dan komitmen IFG dalam pengembangan kualitas SDM. IFG juga berkomitmen untuk mencetak human capital terbaik bidang Keuangan, Perasuransian dan Penjaminan dengan mengintegrasikan SDM di IFG Holding maupun di anggota holding, sehingga menciptakan kinerja organisasi secara bekelanjutan demi meningkatkan Knowledge, Skill, dan Attitude semua karyawan.

Cnbcindonesia.com / 03-01-2021

Generali sepakat akuisisi aset Axa di Yunani senilai US$ 203 juta

Assicurazioni Generali SpA setuju untuk mengakuisisi operasi perusahaan asuransi Perancis Axa SA di Yunani sebagai bagian dari rencananya memperluas bisnis non-jiwa dan kesehatan di Eropa. Sumber Bloomberg dikutip Minggu (3/1) mengatakan, perusahaan Italia ini akan membayar 165 juta euro atau US$ 203 juta untuk Axa Yunani, setara dengan 12,2 kali pendapatan 2019.  Generali juga telah memperpanjang perjanjian distribusi yang ada antara Axa dan Alpha Bank AE hingga 20 tahun setelah tanggal kedaluwarsa saat ini pada Maret 2027.

Kontan.co.id / 03-01-2021

Hubungan Kejaksaan dengan Kasus Korupsi PT Asuransi Jiwasraya

Di bidang korupsi kejaksaan berhasil menyelamatkan uang dan aset negara sebesar 19,2 triliun di tahun 2020. Salah satunya adalah kasus korupsi PT. Asuransi Jiwasraya. Terdapat enam terdakwa yang terlibat dengan kasus korupsi besar ini. Tiga diantaranya merupakan pejabat tinggi di PT. Asuransi Jiwasraya dan lainnya tidak dari pejabar tinggi PT. Asuransi Jiwasraya. Keenam terdakwa dijerat Pasal 2 Ayat 1 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999. Kemudian, dirubah menjadi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo Pasal 55.

Kompasiana.com / 03-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.760

IHSG (per 31 Desember 2020)

   5.882,26

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kontan, Koran Sindo, Cnbcindonesia.com, Kompasina.com, Kontan.co.id.

DOWNLOAD PDF