AAJI Daily News - 17 September 2021


Jumat 17 September 2021                                                                                                                                  

 FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.   Semester 1-2021, Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 64%
  2.  INDIKATOR
  3. TINGKAT PENETRASI 1-2ASURANSI
  4. OJK Perkuat Riset Inovasi dan Transformasi Insurtech
  5. Potensi Asuransi InsurTech Makin Besar di Masa Pandemi
  6.  Ada pandemi, premi asuransi lewat jalur insurtech meningkat dan tembus Rp 6 triliun
  7.  OJK Perkuat Riset Inovasi dan Transformasi Insurtech
  8. ASURANSI TERUS MENGINCAR PENDAPATAN PREMI INSURTECH
  9. OJK CABUT SANKSI PEMBATASAN KEGIATAN USAHA PT ASURANSI JIWA AVISTA
  10. Bantu Proses Pemulihan Tanpa Ganggu Finansial
  11. Standard Chartered dan Prudential Indonesia Hadirkan Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta
  12. Astra Life, Beri Pengalaman Digital End-to-End yang Prima
  13. 5 Hal yang Harus Diketahui Pasien Komorbid di Tengah Pandemi
  14. BUMN ASURANSI TERUS BERINOVASI BISNIS
  15. Anggota Komisi XI Minta OJK Lengkapi Laporan Termasuk soal Bumiputera dan Jiwasraya
  16. Tingkatkan Ekspansi Bisnis Keagenan, Sinarmas MSIG Life Resmikan AKM Infinity di Cirebon
  17. Menkes akan Libatkan Asuransi Swasta Imbangi Biaya JKN

TENTANG AAJI

Semester 1-2021, Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 64%

Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada enam bulan pertama tahun ini, total pendapatan dari berbagai lini usaha asuransi jiwa tumbuh 64% yoy. Industri asuransi jiwa mencatatkan kenaikan total pendapatan sebesar Rp 46,74 triliun, menjadi Rp Rp 119,74 triliun di semester pertama tahun ini. Menurut Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon, sinyal kuat pemulihan ekonomi muncul secara meyakinkan dalam kinerja industrinya semester pertama tahun ini. 

Marketeers.com/16-09-2021

INDIKATOR

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (MJI) mencatat penyaluran klaim dan manfaat asuransi jiwa Rp 74,66 triliun pada semester I 2021, naik 6,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni Rp 70,36 triliun.

Republika/17-09-2021

INDUSTRI & ASURANSI

TINGKAT PENETRASI ASURANSI

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan penetrasi industri asuransi nasional terus meningkat selama pandemi. Hingga Juli 2021, tingkat penetrasi asuransi mencapai 3,11%.

Investor Daily/17-09-2021

OJK Perkuat Riset Inovasi dan Transformasi Insurtech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana memperkuat peran riset untuk mendukung inovasi dan transformasi digital sektor jasa keuangan atau insurtech. Hal ini melihat kebutuhan konsumen khususnya generasi milenial yang sudah relatif mapan dari sisi finansial.

Rctiplus.com/16-09-2021

Potensi Asuransi InsurTech Makin Besar di Masa Pandemi

Deputi Direktur Pengawasan Asuransi OJK Kristianto Andi Handoko mengatakan, kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan kesehatan semakin meningkat selama pandemi. Hal ini terlihat dari total premi asuransi umum dan jiwa yang didistribusikan melalui digital ( insurtech ) sudah mencapai Rp 6,0 triliun per Juli 2021.

Kompas.com/16-09-2021

Ada pandemi, premi asuransi lewat jalur insurtech meningkat dan tembus Rp 6 triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, total premi industri asuransi umum dan jiwa yang didistribusikan melalui insurtech sentuh Rp 6,0 triliun per Juli 2021. Nilai itu menyumbang 3,94% dari total premi industri. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kristianto Andi Handoko mengatakan, premi insurtech diperoleh melalui kanal, mulai dari pemasaran langsung mencapai Rp 1,80 triliun, agen asuransi Rp 3,14 triliun.

Kontan.co.id/16-09-2021

OJK Perkuat Riset Inovasi dan Transformasi Insurtech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana memperkuat peran riset untuk mendukung inovasi dan transformasi digital sektor jasa keuangan atau insurtech. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi II OJK Kristianto Andi Handoko mengatakan, distribusi premi asuransi umum dan jiwa secara digital mengalami peningkatan jika dibandingkan Mei dan Juni 2021. Kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan kesehatan semakin meningkat selama pandemi.

Republika.co.id/16-09-2021

ASURANSI TERUS MENGINCAR PENDAPATAN PREMI INSURTECH

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, total premi industri asuransi umum dan jiwa yang didistribusikan melalui insurtech menyentuh Rp 6 triliun per Juli 2021. Nilai itu menyumbang 3,94% dari total premi industri. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi 2 OJK, Kristianto Andi Handoko pada Rabu (15/9) mengatakan, penyaluran premi insurtech melalui berbagai kanal. Mulai dari pemasaran langsung Rp 1,80 triliun, agen asuransi Rp 3,14 triliun.

Kontan/17-09-2021

OJK CABUT SANKSI PEMBATASAN KEGIATAN USAHA PT ASURANSI JIWA AVISTA

Otoritas Jasa Keuangan telah mencabut Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha kepada PT Asuransi Jiwa Advista melalui surat nomor S-223/NB.2/2021 tanggal 30 Juli 2021. Pengakhiran Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha diberikan karena PT Asuransi Jiwa Advista telah mengatasi penyebab dikenakannya sanksi

Emitennews.com/17-09-2021

Bantu Proses Pemulihan Tanpa Ganggu Finansial

PT FWD Insurance Indonesia (“FWD Insurance”) menghadirkan FWD Hospital Care Protection. Salah satu produk perlindungan kesehatan yang menjadi bagian Kampanye #ProteksiON ini memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra.

Jawapos.com/16-09-2021

Standard Chartered dan Prudential Indonesia Hadirkan Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta

Standard Chartered Bank Indonesia dan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama menawarkan solusi perlindungan inovatif berbasis Syariah, PRUCinta. 

Marketing.co.id/16-09-2021

Astra Life, Beri Pengalaman Digital End-to-End yang Prima

Dikatakan Windawati Tjahjadi, CEO Astra Life, sejak berdiri tahun 2014, Astra Life sudah fokus pada digitalisasi sehingga de­ngan cepat mampu beradaptasi ketika pandemi datang. Alhasil, bisnis tetap tumbuh di tengah situasi yang sulit. Astra Life memang terus memperkuat infrastruktur, produk, dan jalur distribusi berbasis digital de­ngan memberikan pengalaman ( experience ) berasuransi digital end-to-end yang prima kepada nasabahnya.

Swa.co.id/16-09-2021

5 Hal yang Harus Diketahui Pasien Komorbid di Tengah Pandemi

Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, mengatakan, “Bagi nasabah Allianz yang terdiagnosa positif Covid-19, Allianz masih memberikan manfaat perlindungan khusus untuk nasabah asuransi kesehatan perorangan, berupa program Isoman Sehat.

Suara.com/16-09-2021

BUMN ASURANSI TERUS BERINOVASI BISNIS

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG) selaku holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perasuransian dan penjaminan terus melakukan inovasi untuk memberikan proteksi kepada pemegang polis. IFG berupaya menjembatani gap yang ada dalam industri asuransi nasional.

Republika/16-09-2021

Anggota Komisi XI Minta OJK Lengkapi Laporan Termasuk soal Bumiputera dan Jiwasraya

Sejumlah anggota Komisi XI DPR menilai laporan kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk Semester I/2021 belum lengkap. anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun juga mencatat beberapa isu fundamental yang belum dibahas OJK dalam laporannya. Semisal, laporan OJK terkait asuransi Bumiputera atau Jiwasraya.

Theiconomics.com/16-09-2021

Tingkatkan Ekspansi Bisnis Keagenan, Sinarmas MSIG Life Resmikan AKM Infinity di Cirebon

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) meresmikan pembukaan kantor keagenan Agency Kantor Mandiri (AKM) Infinity di Cirebon.

Radarcirebon.com/16-09-2021

Menkes akan Libatkan Asuransi Swasta Imbangi Biaya JKN

Kementerian Kesehatan RI mendorong keterlibatan penyedia jasa asuransi swasta untuk menyeimbangkan pengeluaran pemerintah pada aktivitas penyembuhan pasien atau kuratif program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pelibatan itu akan dilakukan dengan mekanisme urun biaya.

Republika.co.id/16-09-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

OJK Tegaskan Aturan Baru Unit Link Keluar Tahun Ini

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan aturan baru mengenai produk asuransi yang dikaitkan dengan asuransi (PAYDI) atau unit link akan dikeluarkan tahun ini. Beleid yang nantinya berupa Surat Edaran (SE) itu berupaya memastikan pemahaman pemegang polis dan transparansi lebih dari perusahaan asuransi.

Investor.id/16-09-2021

OJK TEGASKAN ATURAN BARU UNIT LINK KELUAR TAHUN INI

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan aturan baru mengenai produk asuransi yang dikaitkan dengan asuransi (PAYDI) atau unit link akan dikeluarkan tahun ini. Beleid yang nantinya berupa Surat Edaran (SE) itu berupaya memastikan pemahaman pemegang polis dan transparansi lebih dari perusahaan asuransi.

Investor Daily/16-09-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.237.00

IHSG (per 16 September 2021)

6.109,94

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF