AAJI Daily News - 16 Desember 2021
Kamis, 16 Desember 2021
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
- Asuransi Bukan Hanya Sekedar Premi
- Premi Asuransi Jiwa Tumbuh Kembali
- Tak Perlu Tunggu Berkeluarga, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Asuransi Sedari Muda
- Jerit Korban Asuransi, Simpanan Nguap Kena Janji Manis Agen Prudential
- Di Tengah Pandemi Covid-19, Pendapatan Premi Astra Life Tumbuh 58%
- Mana yang Lebih Baik, Asuransi Tradisional atau Asuransi Unit Link?
- Astra Life Catat Jumlah Tertanggung Tumbuh 7 Kali Lipat
- Astra Life Beri Edukasi Perencanaan Keuangan dan Asuransi Jiwa
- Produk Unit Link Tumbuh 9% di Semester II/2021
- Moratorium Unitlink Solusi Agar Tak Termakan Janji Manis Agen Asuransi
- Ramai Aduan Dari Pemegang Polis Unit Link, Ayo Kenali Risikonya
- Digital Savvy, Milenial Punya Peran Besar
- Tanggapan PT AXA Mandiri Financial Services
- Perkuat Layanan, BRI Life Resmikan Sentralisasi Contact Center
- Berita Foto - BCIC Gandeng Sequis Financial
- Kelas Rawat Inap BPJS Dihapus, Asuransi Swasta Soroti Mekanisme Benefit Sharing
- Alihkan Polis Ke IFG Life, Jiwasraya: Dilakukan dengan Hati -Hati
TENTANG AAJI
Asuransi Bukan Hanya Sekedar Premi
PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Indonesia) berhasil masuk pemeringkatan Fortune Indonesia 100 pada September 2021. Di bawah komando baru David Nolan, Allianz mencanangkan sejumlah agenda, salah satunya produk asuransi untuk kalangan menengah bawah. Meraih pendapatan Rp 18,81 triliun dan laba bersih Rp 1,37 triliun pada 2020, Allianz Indonesia membukukan pertumbuhan impresif selama pandemi. Indikator tingkat rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) yang mencapai 472 persen pun menunjukkan kondisi keuangan perusahaan sepanjang 2020 mengesankan. Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia mengatakan, kinerja kuat Allianz Indonesia pada 2020 bertopang pada transformasi digital beberapa tahun terakhir.
Fortune Indonesia /15-12-2021
Premi Asuransi Jiwa Tumbuh Kembali
Untuk dapat lebih memahami persepsi masyarakat akan unit link, YouGov, lembaga survei asal Inggris, pada bulan Juli 2021 mengadakan jajak pendapat terhadap 2000 responden di seluruh Indonesia. Survei ini menunjukkan 89% responden pemilik asuransi unit link memiliki sentimen positif atau netral pada produk ini. Dalam mengawal produk unit link sekaligus upaya menjaga pertumbuhan industri asuransi, AAJI dan OJK terus bekerja sama membuat kerangka peraturan untuk menjamin perlindungan terhadap nasabah dan meningkatkan pelayanan asuransi. Dari sisi pemasaran Unit Link, Rista Qatrini Manurung, Direktur Hukum, Kepatuhan dan Risiko AIA mengatakan, pihaknya mewajibkan tenaga pemasar untuk memasarkan produk sesuai kebutuhan nasabah (needs based selling) melalui NeedsLab.
Radar Sulbar /15-12-2021
Tak Perlu Tunggu Berkeluarga, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Asuransi Sedari Muda
Asuransi biasanya identik dengan orang-orang yang sudah menikah dan berkeluarga. Padahal, asuransi itu tidak hanya untuk proteksi keluarga. Kalau kamu belum menganggap asuransi perlu, kamu enggak sendirian karena data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyebut hanya 6-7 persen anak muda yang membeli premi asuransi. Setidaknya ada tiga alasan yang melatarbelakangi skeptisme dan enggan membeli asuransi, yakni: kurangnya edukasi, merasa asuransi terlalu mahal, dan merasa tidak perlu. Hanya saja rasanya poin terakhir kini sudah tidak lagi relevan. Pasalnya, kini sudah ada penyedia asuransi yang menawarkan premi terjangkau.
rctiplus.com /15-12-2021
Produk Unit Link Tumbuh 9% di Semester II/2021
Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per Semester II/2021 menunjukkan kontribusi pendapatan premi dari produk unit-link sebesar 62,5% atau mencapai Rp 93,3 triliun, tumbuh 9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Mengawal produk unit link sekaligus menjaga pertumbuhan industri asuransi, AAJI dan OJK bekerja sama membuat kerangka peraturan untuk menjamin perlindungan terhadap nasabah dan meningkatkan pelayanan asuransi. Presiden Direktur Axa Mandiri Handojo G. Kusuma mengakui pemahaman masyarakat terhadap industri asuransi masih menjadi tantangan tersendiri. Menyadari hal tersebut pihaknya memiliki tanggung jawab untuk terus menerus melaksanakan kegiatan literasi.
Swa.co.id /15-12-2021
Moratorium Unitlink Solusi Agar Tak Termakan Janji Manis Agen Asuransi
Masalah unitlink seperti tidak pernah ada habisnya. Korban yang mengaku rugi dengan produk asuransi berbalut investasi itu bukannya berkurang tapi malah bertambah tahun demi tahun. Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo sepakat dengan Komisi XI DPR. Moratorium merupakan satu-satunya jalan keluar menyelesaikan persoalan unitlink di Indonesia. Masalahnya, literasi keuangan di Indonesia masih sangat rendah.Selama moratorium, OJK dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) juga harus getol melakukan sosialisasi mengenai produk asuransi, khususnya unitlink. Selain itu, proses pemberian sertifikat untuk agen asuransi juga harus lebih ketat. Menurut Irvan, hampir semua orang sekarang bisa dapat sertifikat dengan mudah.
cnnindonesia.com /16-12-2021
Ramai Aduan Dari Pemegang Polis Unit Link, Ayo Kenali Risikonya
Belakangan banyak masyarakat pemegang polis asuransi jenis unit link mengadu ke OJK dan DPR lantaran merasa dirugikan. Bisa jadi Anda juga pernah ditawari jenis produk proteksi tersebut dari tenaga pemasaran lewat email maupun telemarketing. Jangan ragu sedikit pun untuk menanyakan jika merasa kurang jelas atau tidak paham. Di samping itu, pastikan agen memiliki lisensi atau sertifikat sebagai agen penjual unit link yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Hanya agen yang memiliki sertifikat ini yang berhak menawarkan produk unit link kepada konsumen.
trenasia.com /15-12-2021
INDUSTRI & ASURANSI
Jerit Korban Asuransi, Simpanan Nguap Kena Janji Manis Agen Prudential
Dearma Natalia Sihotang (35) mengeluarkan setumpuk dokumen yang dibawa jauh-jauh dari Deli Serdang, Medan, ke kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta Selatan. Ia ingin membuktikan bahwa ia merupakan korban janji manis oknum agen asuransi yang menjual produk investasi berbalut asuransi (unit link). Satu dekade lalu, Dearma dibujuk oleh kenalannya yang juga agen asuransi Prudential Indonesia untuk membeli 'produk tabungan' dengan harga Rp400 ribu per bulan. Ia mengaku tak dijelaskan oleh agen dan tak tahu sama sekali bahwa produk yang dibayarkannya selama 10 tahun ini adalah unit link.
Cnnindonesia.com /15-12-2021
Di Tengah Pandemi Covid-19, Pendapatan Premi Astra Life Tumbuh 58%
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menorehkan kinerja positif meski di tengah tekanan pandemi Covid-19. Di kuartal III-2021, total pendapatan premi atau gross written premium (GWP) Astra Life tumbuh 58% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Direktur Astra Life, Sri Agung Handayani menjelaskan, dari total pendapatan premi Rp4 triliun, kontribusi unit link masih mendominasi dibanding dengan produk tradisional.
suara.com /15-12-2021
Mana yang Lebih Baik, Asuransi Tradisional atau Asuransi Unit Link?
Masyarakat Indonesia kini semakin melek terhadap pentingnya kepemilikan asuransi. Secara garis besar, asuransi dibagi menjadi dua kategori; asuransi tradisional dan asuransi unit link. Asuransi tradisional merupakan produk asuransi murni. Artinya, asuransi ini hanya menawarkan manfaat pertanggungan asuransi tanpa adanya unsur investasi di dalamnya. Sementara Asuransi unit link adalah produk asuransi yang dapat memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan dan manfaat investasi yang memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih. Namun apapun pilihannya, Prudential menawarkan asuransi tradisional maupun asuransi unit link yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.
kumparan.com /15-12-2021
Astra Life Catat Jumlah Tertanggung Tumbuh 7 Kali Lipat
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) telah mencatatkan pertumbuhan jumlah tertanggung sebesar 7 kali lipat sejak berdiri pada 2014. Selain itu, Astra Life juga mencatatkan pertumbuhan total aset hampir 6 kali lipat sejak berdiri. Hingga kuartal III/2021 ini, total aset Astra Life telah mencapai Rp6,9 triliun atau tumbuh 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Bisnis.com /15-12-2021
Astra Life Beri Edukasi Perencanaan Keuangan dan Asuransi Jiwa
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menggelar media workshop untuk memberikan pemahaman dasar terkait perencanaan keuangan dan asuransi jiwa kepada para jurnalis. Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life, mengatakan bahwa workshop dengan tema Financial Planning & Life Insurance 101 - Kickstart Your Financial in 2022 merupakan salah satu kontribusi dari Astra Life untuk mendukung peningkatan literasi keuangan.
bisnis.com /15-12-2021
Digital Savvy, Milenial Punya Peran Besar
Kelompok milenial diyakini punya peranan penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN). Potensi ini terlihat dari jumlah populasi kelompok tersebut di Indonesia sekaligus kemampuan milenial dalam pemanfaatan teknologi. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Usman Kansong menilai generasi milenial menjadi kunci performa bangsa Indonesia pada masa depan dalam menghadapi persaingan global. Sementara itu, Business Development for Millenials Allianz Life Indonesia Ratna Juwita Hasibuan mengungkapkan, di perusahaannya populasi milenial sudah mencapai 64 persen. Menurutnya, ini menjadi peluang sebagai motor pemulihan ekonomi.
Batam Pos /15-12-2021
Tanggapan PT AXA Mandiri Financial Services
SEHUBUNGAN dengan dimuatnya Surat Pembaca yang disampaikan Bapak Rachmad Zainuri di Jawa Pos pada 1 Desember2021 dengan judul "Asuransi AXA Merugikan Saya" perkenankan kami untukmemberi-kan penjelasan mengenaihal itu. Dapat kami sampaikan bahwa AXA Mandiri telah menghubungi Bapak Rachmad pada 2 Desember 2021 untuk memberikan penjelasan atas aspirasi yang disampaikan. Kami juga menginformasikan kepada Bapak Rachmad tentang karakteristik dan manfaat produk Asuransi Mandiri Heart Protec-tion. Kami mengapresiasi Bapak Rachmad karena menyetujui untuk tetap mengaktifkan polis asuransinya.
Jawa Pos /16-12-2021
Perkuat Layanan, BRI Life Resmikan Sentralisasi Contact Center
PT Asuransi BRI Life meresmikan Layanan Terpadu (Sentralisasi) Contact Center BRI Life diKantor Layanan CCC (CustomerCare Center), Yogyakarta. Peresmian Layanan Terpadu Contact Center ini sebagai wujud komitmen BRI Life dalam menyediakan pelayanan maksimalkepada masya-rakat khususnya nasabah. Direktur Utama BRf Life Iwan Pasila mengatakan, melalui contact center ini, perseroan akan memberikan pelayanan optimal yang dibutuhkan nasabah dan masyarakat, khususnya sebagai media informasi, interaksi dan komunikasi serta literasi, yang pada mulanya diharapkan dapat lebih meningkatkan engagement antara nasabah dengan BRI Life.
Koran Sindo /16-12-2021
Berita Foto - BCIC Gandeng Sequis Financial
PT Asuransi Jiwa Sequis Financial (Sequis Financial) melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan PT Bank J Trust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) untuk rencana memasarkan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Produk ini akan segera dipasarkan setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). J Trust Bank berkomitmen senantiasa menyediakan produk dan jasa yang menjawab kebutuhan nasabah.
Kontan /16-12-2021
Kelas Rawat Inap BPJS Dihapus, Asuransi Swasta Soroti Mekanisme Benefit Sharing
Para pelaku usaha asuransi swasta masih mengkaji peluang dari skema urun biaya atau benefit sharing dengan BPJS Kesehatan dalam rencana penerapan kelas standar layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Direktur PT Zurich Indonesia Tbk. Wayan Pariama mengatakan, pada sistem kelas layanan rawat inap , perseroan telah memiliki solusi manfaat pertanggungan atas selisih biaya bagi masyarakat yang menghendaki kelas yang lebih tinggi dari haknya.Sementara itu, terkait skema benefit sharing dalam rencana penerapan kelas standar, pihaknya masih melakukan peninjauan
Tempo.co /15-12-2021
Alihkan Polis Ke IFG Life, Jiwasraya: Dilakukan dengan Hati -Hati
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memastikan proses pengalihan Polis hasil Program Restrukturisasi ke PT Asuransi Jiwa IFG (Indonesia Financial Group) atau IFG Life dilakukan dengan prinsip kehati-hatian. Direktur Kepatuhan & SDM Jiwasraya, R. Mahelan Prabantarikso menjelaskan bahwa pengalihan polis ke IFG Life dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengikuti peraturan yang berlaku.
Trenasia.com /15-12-2021
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
14.348.00 |
IHSG (per 15 Desember 2021) |
6.656,22 |
BI Rate |
3,50% |
Sumber Media: Radar Sulbar, rctiplus.com, cnnindonesia.com, suara.com, kumparan.com, bisnis.com, swa.co.id, trenasia.com, Batam Pos, Jawa Pos, Koran Sindo, Kontan, tempo.co
