AAJI Daily News - 29 Maret 2021


Tanggal terbit (29 / 03 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 29 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. Waduh, Porsi Investasi Asuransi Bakal Dikebiri
  2. AAJI Bakal Ajukan Uji Materiil Pajak Asuransi Endowment ke MK
  3. Klaim asuransi pasien Covid-19 capai Rp 661,46 miliar hingga Oktober 2020
  4. Porsi Investasi Asuransi Bakal Dikebiri
  5. Bancassurance Bank Kalsel Gandeng Generali Indonesia
  6. Optimistis Unitlink Masih Diminati Masyarakat
  7. Strategi Pemasaran Unitlink di Masa Pandemi
  8. Edy Tuhirman Pertumbuhan Unitlink Generali Semakin Positif
  9. Novita Rumngangun Unitlink Mendorong Pertumbuhan Produk Manulife
  10. Unitlink Marketing Strategy During Covid-19 Pandemic
  11. Edy Purwanto Bekerja Adalah Ibadah
  12. Astra Life Luncurkan Dua Produk Unggulan
  13. Heboh AIA, Nasabah Ramai Lagi Bahas Unit Link di Medsos
  14. Terkait Jiwasraya, Forum Pensiunan BUMN Gelar Deklarasi dan Pernyataan Sikap
  15. Nasabah Desak Revisi Restrukturisasi Polis Jiwasraya
  16. Ekonom Sebut Industri Asuransi RI Banyak Masalah
  17. Pensiunan BUMN Minta Revisi Restrukturisasi Polis Jiwasraya
  18. Bank Kalsel-Generali, Luncurkan Asuransi Jiwa Banua Proteksi
  19. Bank Kalsel Gandeng Generali Luncurkan Asuransi Jiwa Banua Proteksi
  20. Tersangka kasus AJB Bumiputera Nurhasanah ajukan praperadilan, ini kata ahli hukum
  21. Kasus AJB Bumiputera belum usai, tersangka Nurhasanah lawan OJK lewat praperadilan

TENTANG AAJI

Waduh, Porsi Investasi Asuransi Bakal Dikebiri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali akan memperketat aturan main penempatan portofolio investasi asuransi jiwa. Sedianya, ketentuan baru tersebut akan dituangkan oleh OJK dalam Surat Edaran (SE) di bidang perasuransian.           Kabar tak sedap itu diungkapkan Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Togar menyebut, saat ini OJK tengah menggodok ketentuan baru soal penempatan investasi dana yang dikelola industri asuransi jiwa. Bahkan, AAJI juga dilibatkan regulator dalam perumusan aturan tersebut.

Kontan.co.id / 27-03-2021

AAJI Bakal Ajukan Uji Materiil Pajak Asuransi Endowment ke MK

Beban industri asuransi jiwa bakal semakin berat. Tak Cuma rencana pembatasan penempatan investasi, perusahaan asuransi juga bakal ‘ketiban’ aturan terkait perpajakan. Alih-alih mengurangi masalah yang terjadi di berbagai industri nasional, Undang-Undang Cipta Kerja justru menambah persoalan bagi industri asuransi jiwa. Adalah Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang bakal mengatur soal pajak atas manfaat asuransi jiwa.

Kontan.co.id / 27-03-2021

Klaim asuransi pasien Covid-19 capai Rp 661,46 miliar hingga Oktober 2020

Seiring bertambahnya jumlah pasien Covid-19, jumlah klaim asuransi yang menanggung risiko penyakit tersebut juga naik. Berdasarkan data AAJI, industri telah membayarkan klaim terkait corona senilai Rp 661,46 miliar hingga Oktober 2020. Nilai itu dibayarkan kepada 9.128 pemegang polis. Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen AAJI Freddy Thamrin menyebut, walaupun biaya perawatan dan pengobatan pasien Covid ditanggung oleh pemerintah namun sebagian nasabah tetap memanfaatkan layanan asuransi.

Kontan.co.id / 28-03-2021

Porsi Investasi Asuransi Bakal Dikebiri

OJK kembali akan memperketat aturan main penempatan portofolio investasi asuransi jiwa. Sedianya, ketentuan baru tersebut akan dituangkan oleh OJK dalam SE di bidang perasuransian. Hal tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu. Bahkan AAJI juga dilibatkan regulator dalam perumusan aturan tersebut. Celakanya, pembatasan penempatan investasi etrsebut dinilai akan mempersempit ruang gerak perusahaan asuransi untuk meminimalisir risiko bisnis. Togar berharap, OJK bisa mempertimbangkan kembali batasan investasi yang diperbolehkan untuk perusahaan asuransi.

Tabloid Kontan / No. 27 Hal. 10-11

INDUSTRI & ASURANSI

Bancassurance Bank Kalsel Gandeng Generali Indonesia

CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman didampingi Direktur Generali Indonesia Marihot Asi Pasaribu dan bersama Plt Direktur Utama Bank Kalsel IGK Prasetya saat acara penandatanganan perjanjuan kerja sama bancassurance dengan model bisnis referensi tidak dalam rangka produk bank secara virtual lewat zoom, Jakarta, kemarin. Sesuai tema ulang tahun ke-57 Bank Kalsel, ‘Leading Through Innovation’, Bank Kalsel berinovasi dengan melaksanakan kerja sama bancassurance dengan Generali Indonesia dengan model bisnis referensi tidak dalam rangka produk bank.

Koran Sindo / 27-03-2021 Hal 5

Optimistis Unitlink Masih Diminati Masyarakat

Ada cukup banyak yang masih membukukan pertumbuhan positif di tengah melemahnya perekonomian akibat pandemu. Hasil kajian LRMA menunjukkan hal itu. Cukup banyak fund unitlink yang tumbuh dalam setahun terakhir, baik dari jenis pendapatan tetap, pasar uang, campuran, maupun saham. Untuk pertumbuhan 5 tahun, angka pertumbuhannya bahkan lebih tinggi. Kinerja fund unitlink yang masih cukup baik di masa pandemi ini tentu membuat perusahaan asuransi jiwa optimistis bahwa produk ini masih tetap dicari masyarakat.

Media Asuransi / Ed. Maret 2021 Hal. 6-7

Strategi Pemasaran Unitlink di Masa Pandemi

Unitlink masih menjadi produk primadona bagi industri asuransi jiwa di tengah pandemi Covid-19. Untuk pengembangan produk unitlink terbaru di tahun ini, CEO Generali Indonesia, Edy Tuhirman  menjelaskan, tentunya berbagai pengembangan akan dilakukan sesuai perkembangan pasar dan pergerakan kebutuhan masyarakat. Sementara Presiden Direktur dan CEO PFI Mega Life, Samdarshi Sumit mengatakan, startegi perusahaan untuk meningkatkan kinerja penjualan produk unitlink melalui berbagai upaya, diantaranya melakukan kampanye pemasaran, peningkatan pelayanan dan promosi serta penyediaan chatbot sehingga akses tersebut dianggap lebih efisien.

Media Asuransi / Ed. Maret 2021 Hal. 8-9

Edy Tuhirman Pertumbuhan Unitlink Generali Semakin Positif

Perkembangan unitlink PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia selama 3 tahun terakhir menunjukkan pertumbuhan yang semakin positif. Hingga kuartal III/2020, perolehan premi dari unitlink mencapai lebih dari Rp1,1 triliun dan menempati komposisi 63 persen dari seluruh perolehan GWP di Generali. Dalam masa pandemi ini, salah satu dampak yang dapat dirasakan adalah minat asuransi yang meningkat di masyarakat, karena risiko kesehatan yang cukup tinggi.

Media Asuransi / Ed. Maret 2021 Hal. 26

Novita Rumngangun Unitlink Mendorong Pertumbuhan Produk Manulife

Tahun 2021, PT Asuransi Jiwa Manulife akan terus berinovasi terhadap pasar maupun kebutuhan untuk pilihan dana investasi bagi nasabah unitlink Manulife Indonesia. Pihaknya optimistis, dengan inovasi dana investasi maupun produk-produk unitlink, dapat membantu mendorong pertumbuhan produk Manulife Indonesia maupun menjawab kebutuhan para nasabah. Saat ini Manulife Indonesia mempunyai 30 pilihan dana investasi yang tersedia dalam mata uang Rupiah sebanyak 19 fund dan mata uang Dolar AS sebanyak 11 fund.

Media Asuransi / Ed. Maret 2021 Hal. 29

Unitlink Marketing Strategy During Covid-19 Pandemic

Althought at present, the return of unitlink experiences a weakening due to the pandemic, the product is still attracting many customers considering the fact that the product is not only merely a protection. Unitlink, offered around 34 life insurance companies in the country, is still the highest volume product offered compared to other life insurance products. President Director and CEO of PFI Mega Life Samdarshi Sumit said that the company’s strategy is to improve the sales performance of unitlink products through various efforts, including conducting marketing campaigns, improving services and promotions as well as providing chat box, which makes information access to be more efficient.

Media Asuransi / Ed. Maret 2021 Hal. 34-35

Edy Purwanto Bekerja Adalah Ibadah

Setelah 19 tahun berkecimpung di dunia akuntan publik, Edy Purwanto memutuskan masuk ke industri asuransi jiwa pada 2010. Saat sudah bergabung dengan Generali Indonesia, ia merasakan berkerja di asuransi kian menyenangkan. Dia menerangkan, banyak sekali tantangan yang dihadapi industri asuransi jiwa saat ini. Industri asuransi harus mampu tetap terhubung setiap saat dengan nasabah dan agen pemasar sebagai garda terdepan. Keuangan dan akuntansi merupakan bidang yang menjadi tanggungjawabnya saat ini. Edy pun memiliki moto hidup ‘Ora et Labora – Bekerja adalah ibadah’.

Media Asuransi / Ed. Maret 2021 Hal. 40

Astra Life Luncurkan Dua Produk Unggulan

Astra Life memperkenalkan dua produk perlindungan jiwa dan kesehatan unggulan yang dapat mencakup segala segmen yaitu Flexi Health, produk asuransi murni dengan manfaat Santunan Rawat Inap hingga Rp1 juta perhari dan Medicare Premier, produk asuransi tambahan yang memberikan Manfaat Jaminan Perawatan Medis yang menyeluruh, premium serta berlaku hingga ke seluruh dunia tanpa khawatir akan inflasi akibat kenaikan harga biaya kesehatan.

Media Asuransi / Ed. Maret 2021 Hal. 64

Heboh AIA, Nasabah Ramai Lagi Bahas Unit Link di Medsos

Kehebohan keluhan nasabah Asuransi AIA masih berlanjut di media sosial. Peristiwa ini pun membuat para warganet membahas soal unit link dan investasi di asuransi. Pembahasan itu terlihat di akun Instagram @tane_rempong_official. Akun tersebut mengunggah foto pengalaman seseorang yang mengaku menabung di asuransi selama 5 tahun. Selain itu terdapat tangkapan layar percakapan mengenai asuransi tersebut dan disertakan kekecewaan mengenal asuransi. Sayangnya saat akan diambil, tabungan tersebut tidak memiliki nilai tunainya. Menjawab Kehebohan ini, manajemen PT AIA Financial mengatakan produk perusahaan dirancang dengan fitur serta manfaat yang mengikuti aturan regulator.

Cnbcindonesia.com / 27-03-2021

Terkait Jiwasraya, Forum Pensiunan BUMN Gelar Deklarasi dan Pernyataan Sikap

Deklarasi dan pernyataan sikap yang disampaikan di Kampung Melayu, Jakarta Timur pada Sabtu (27/3), menurut Ketua Forum Pensiunan BUMN RI nasabah Jiwasraya Syahrul Tahir pada hakikatnya sebagai bentuk penolakan. Adapun tiga butir fakta yang menjadi pertimbangan nasabah Jiwasraya untuk menolak opsi yang ditawarkan oleh Jiwasraya karena, sosialisasi program restrukturisasi polis kepada para peserta pemegang polis anuitas Jiwasraya yang terdiri dari para pensiunan BUMN RI dengan memberikan pilihan ikut restrukturisasi dengan hanya menawarkan 3 opsi yang semuanya akan sangat merugikan para pensiunan.

Beritasatu.com / 27-03-2021

Nasabah Desak Revisi Restrukturisasi Polis Jiwasraya

Nasabah PT. Jiwasraya yang menjadi korban membentuk Forum Pensiunan BUMN Nasabah Jiwasraya (FBNJS). Mereka ingin menyerukan dan membela hak-hak pensiunan. Ketua Forum Pensiunan BUMN RI Nasabah Jiwasraya Syahrul Tahrir menilai putusan pengadilan yang sudah memvonis pelaku kejahatan korporasi asuransi Jiwasraya tidak berarti persoalan selesai. Sementara, kata Syahrul, opsi yang ditawarkan oleh Jiwasraya adalah restrukturisasi yang justru sangat merugikan para pensiunan dan tidak memberikan kepastian hukum atas hak-hak dasar.

Detik.com / 27-03-2021

Ekonom Sebut Industri Asuransi RI Banyak Masalah

Masalah di industri asuransi nasional seperti tak pernah usai. Mulai dari masalah premi sampai keagenan yang menjual produk. Paling baru adalah ribuan nasabah Asuransi AIA yang merasa tertipu dengan produk yang mereka beli. Para nasabah ini menyebut mereka hanya diiming-imingi potensi keuntungan. Peneliti INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara mengungkapkan industri asuransi memang butuh perombakan secara besar-besaran. Dia menyebutkan pembenahan di bisnis asuransi bisa dimulai dari pengelolaan dana nasabah agar tidak menimbulkan fraud atau miss-management, misalnya pencegahan untuk masuk ke investasi yang risikonya tinggi.

Detik.com / 27-03-2021

Pensiunan BUMN Minta Revisi Restrukturisasi Polis Jiwasraya

Forum pensiunan BUMN mendesak restrukturisasi polis Jiwasraya untuk direvisi. Hal ini lantaran, baginya, opsi yang sekarang ditawarkan tidak memberikan jaminan mengenai pembayaran uang pensiun mereka. Ketua Forum Pensiunan BUMN RI Nasabah Jiwasraya Syahrul Tahir, menceritakan awal kronologis dana pensiun pada Jiwasraya. Katanya, sebagai contoh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk beserta anak perusahaannya. Setelah timbul berita tentang korupsi di Jiwasraya, ucap Syahrul, pada akhir tahun 2020 pensiunan pegawai Garuda Indonesia menanyakan perihal status pembayaran pensiun ke Jiwasraya.

Liputan6.com / 27-03-2021

Bank Kalsel-Generali, Luncurkan Asuransi Jiwa Banua Proteksi

Sesuai tema ulang tahun Bank Kalsel ke-57 “Leading Through Innovation”, Bank Kalsel berinovasi dengan melaksanakan kerja sama aktivitas bancassurance dengan Generali Indonesia dengan model bisnis referensi tidak dalam rangka produk bank. Adapun produk yang lahir dari perjanjian kerja sama tersebut adalah produk asuransi jiwa “Banua Proteksi”. Plt Direktur Utama Bank Kalsel, IGK Prasetya menyampaikan bahwa Banua Proteksi ini merupakan salah satu inovasi Bank Kalsel, mengingat hal ini merupakan kerja sama bancassurance yang pertama diluncurkan. Dengan model bisnis referensi, Bank Kalsel memperluas bisnis bank dalam rangka meningkatkan fee based income.

Republika.co.id / 27-03-2021

Bank Kalsel Gandeng Generali Luncurkan Asuransi Jiwa Banua Proteksi

Bank Kalsel melakukan kerjasama bancassurance dengan Generali Indonesia dengan model bisnis referensi tidak dalam rangka produk bank. Adapun produk yang lahir dari perjanjian kerjasama tersebut adalah produk asuransi jiwa “Banua Proteksi”. Beberapa fitur istimewa Banua Proteksi antara lain memberikan perlindungan pasti yang besarannya lebih dari 1.000 kali premi bulanan apabila terjadi resiko meninggal. Namun jika tidak terjadi klaim, Banua Proteksi akan menjamin 110 % premi kembali di akhir masa pertanggungan. Selain itu, Banua Proteksi ini juga menyediakan premi yang terjangkau dengan masa premi hanya 8 tahun.

Wartaekonomi.co.id / 27-03-2021

Tersangka kasus AJB Bumiputera Nurhasanah ajukan praperadilan, ini kata ahli hukum

Tersangka kasus Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera sekaligus mantan ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera Nurhasanah mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat lewat surat nomor 3/Pid.Pra/2021/PN Jkt.Pst. Dalam gugatannya tersebut, Nurhasanah meminta hakim PN Jakarta Pusat agar memerintahkan OJK untuk mencabut penetapan tersangka atas dirinya. Hal itu dikarenakan, Nurhasanah mengatakan bahwa penetapan tersangka tersebut tidak sah.

Kontan.co.id / 28-03-2021

Kasus AJB Bumiputera belum usai, tersangka Nurhasanah lawan OJK lewat praperadilan

Mantan ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera Nurhasanah melakukan upaya hukum untuk melawan penetapan dirinya sebagai tersangka kasus AJB Bumiputera melalui upaya praperadilan. Dalam gugatannya tersebut, Nurhasanah sebagai pemohon menyampaikan bahwa penetapan dirinya sebagai tersangka tidak sah. Sidang perdana untuk gugatan praperadilan tersebut dijadwalkan pada 30 Maret 2021 jam 09.00. Terkait hal tersebut, Nurhasanah tidak memberikan komentar terkait apa saja yang akan disampaikan dalam sidang tersebut.

Kontan.co.id / 28-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.418

IHSG (per 26 Maret 2021)

   6.195,56

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Koran Sindo, Tabloid Kontan, Media Indonesia, Media Asuransi, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Republika.co.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF