AAJI Daily News - 18 November 2021


Kamis 18 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Tak Surut Bersandar Pada Agen
  2.  Lewat Insurtech Fuse, Industri Asuransi RI Makin Cepat Rambah Digital
  3. Inilah 3 Risiko dalam Hidup yang Menjadi Alasan Mengapa Asuransi Penting Dimiliki
  4. Ingin Memiliki Asuransi Jiwa? Berikut Tipsnya
  5. Allianz Indonesia dan Bank CTBC Indonesia jalin kerjasama bancassurance
  6. Allianz Indonesia Hadirkan Dua Produk Baru untuk Nasabah Bank CTBC Indonesia
  7. Kolaborasi Allianz dan Bank CTBC, Sediakan Perlindungan Asuransi 'Bancassurance'
  8. Perluas Bisnis Bancassurance, Allianz Gandeng Bank CTBC Indonesia
  9. Allianz Indonesia dan Bank CTBC Indonesia Jalin Kerja Sama Bancassurance
  10. Manulife Luncurkan Program Asuransi Baru MiAction
  11. Keunggulan Healthcare Solutions
  12. Komisi IX DPR Awasi Permasalahan Klaim Pembayaran Covid-19 di Sumut
  13. Perawatan Pasien Covid-19 Sumut Rp5,046 Triliun
  14. Komisi IX DPR lakukan pengawasan klaim biaya pasien

INDUSTRI & ASURANSI

Tak Surut Bersandar Pada Agen

Pandemi Covid-19 turut menguji ketahanan industri asuransi jiwa Indonesia. Namun, digitalisasi mampu menjadi juru selamat untuk pulih dengan cepat. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu mengatakan, tahun 2020 itu banyak perusahaan melakukan lay-off atau merumahkan karyawannya. Namun hal itu tidak terjadi di industri asuransi jiwa. Data AAJI menunjukkan adanya perlambatan kinerja lapangan itu. Pendapatan dari distribusi keagenan turun 32,10 persen, sedangkan penjualan bancassurance masih tumbuh 11,73 persen. Transformasi digital mampu menolong perusahaan dalam upayanya mengarungi krisis.

Fortune Indonesia/18-11-2021

Lewat Insurtech Fuse, Industri Asuransi RI Makin Cepat Rambah Digital

Pertumbuhan perusahaan insurtech (insurance and technology) mulai pesat. Salah satu perusahaan insurtech di Indonesia adalah Fuse, yang memiliki bisnis model komprehensif dalam pemasaran produk asuransi. Saat ini, Fuse telah menjadi kontributor Simas Insurtech untuk perolehan premi bruto dalam kerja sama partnership . Selain itu, Fuse juga merupakan satu-satunya partner insurtech Asuransi Bina Dana Arta (ABDA), yang memanfaatkan platform teknologi Fuse untuk memasarkan produk asuransi mobil, properti dan kesehatan.

Idntimes.com/17-11-2021

Inilah 3 Risiko dalam Hidup yang Menjadi Alasan Mengapa Asuransi Penting Dimiliki

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada kuartal I 2021, jumlah polis asuransi jiwa juga turut meningkat sebesar 1,8% atau sebanyak 17,78 juta year on year (yoy). Sedangkan, polis perorangan tumbuh 2,7 % yoy menjadi 17,24 juta. Hal ini menunjukkan terdapat kenaikan kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi. Allianz Life Indonesia mencermati kondisi tersebut dengan melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi masyarakat akan literasi seputar asuransi.

Suara.com/17-11-2021

Ingin Memiliki Asuransi Jiwa? Berikut Tipsnya

Asuransi jiwa memiliki manfaat yang besar karena dapat menanggung kerugian finansial yang tidak terduga lantaran tertanggung meninggal dunia. Bagi anda yang ingin memulai asuransi jiwa, berikut tips yang dapat Anda lakukan sebelum memilih asuransi jiwa untuk Anda dan keluarga Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan; Pilihlah asuransi kesehatan murni yang preminya relatif lebih rendah dibanding asuransi plus investasi; Pilihlah perusahaan asuransi yang tidak bermasalah.

Tagar.id/17-11-2021

Allianz Indonesia dan Bank CTBC Indonesia jalin kerjasama bancassurance

PT Asuransi Allianz Life Indonesia dan PT Bank CTBC Indonesia meresmikan kerja sama untuk menyediakan solusi dan layanan perlindungan asuransi dengan jalur pemasaran bancassurance. Dalam kolaborasi ini, Allianz Life Indonesia menyediakan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank CTBC Indonesia akan perlindungan asuransi.

Kontan.co.id/17-11-2021

Allianz Indonesia Hadirkan Dua Produk Baru untuk Nasabah Bank CTBC Indonesia

Produk unit link masih menjadi pendorong utama pertumbuhan bisnis asuransi jiwa saat ini. Kebutuhan masyarakat terhadap solusi keuangan melalui produk tersebut bisa dikatakan masih cukup tinggi, termasuk melalui distribusi perbankan. Hal ini pula yang mendorong kolaborasi PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC Indonesia). Dalam kerja sama ini, Allianz Life Indonesia menyediakan produk dan layanan untuk nasabah Bank CTBC Indonesia dengan memaksimalkan penggunaan digital tools.

Investor.id/17-11-2021

Kolaborasi Allianz dan Bank CTBC, Sediakan Perlindungan Asuransi 'Bancassurance'

PT Asuransi Allianz Life Indonesia ( Allianz Life Indonesia ) dan PT Bank CTBC Indonesia ( Bank CTBC Indonesia ) meresmikan kerja sama untuk menyediakan solusi dan layanan perlindungan asuransi dengan jalur pemasaran bancassurance . Dalam kolaborasi ini, Allianz Life Indonesia menyediakan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank CTBC Indonesia akan perlindungan asuransi. Dengan memaksimalkan penggunaan digital tools yang disediakan Allianz Life Indonesia, baik untuk tenaga pemasar maupun untuk nasabah juga.

Wartaekonomi.co.id/17-11-2021

Perluas Bisnis Bancassurance, Allianz Gandeng Bank CTBC Indonesia

Allianz Life Indonesia dan Bank CTBC Indonesia mengumumkan kerja sama untuk menyediakan solusi dan layanan perlindungan asuransi dengan jalur pemasaran bancassurance . Terjalinnya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan aman bagi nasabah Bank CTBC Indonesia.

Marketeers.com/17-11-2021

Allianz Indonesia dan Bank CTBC Indonesia Jalin Kerja Sama Bancassurance

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC Indonesia) meresmikan kerja sama untuk menyediakan solusi dan layanan perlindungan asuransi dengan jalur pemasaran bancassurance. Dalam kolaborasi ini, Allianz Life Indonesia menyediakan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank CTBC Indonesia akan perlindungan asuransi.

Theiconomics.com/17-11-2021

Manulife Luncurkan Program Asuransi Baru MiAction

Manulife kini merilis asuransi dwiguna individu, MiAssurance Protection Plan (MiAction). Diluncurkan pada awal November ini, MiAction dirancang untuk melindungi dan mempersiapkan nasabah Indonesia, termasuk generasi muda atau keluarga, untuk memenuhi kebutuhan masa depan mereka serta mengantisipasi ketidakpastian hidup.

Infobrand.id/17-11-2021

Keunggulan Healthcare Solutions

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meluncurkan Mandiri Healthcare Solutions, yakni sebuah solusi untuk mempermudah transaksi dan pembiayaan di rumah sakit. Senior Vice President Transaclion Banking Wholesale Bank Mandiri Tri Nugroho mengatakan, melalui solusi tersebut terdapat sejumlah fitur yang ditawarkan perseroan untuk meningkatkan efisiensi bisnis rumah sakit. Beberapa solusi transaksi yang telah tersedia untuk rumah sakit adalah solusi penerimaan dari pasien dan asuransi yang dapat menggunakan layanan Mandiri Bill Collection, Mandiri EDC,dan e-wallet lewat pemanfaatan teknologi QRIS.

Warta Kota/17-11-2021

Komisi IX DPR Awasi Permasalahan Klaim Pembayaran Covid-19 di Sumut

Komisi IX DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik dalam pengawasan terhadap permasalahan pembayaran klaim Covid-19 ke seluruh rumah sakit di Sumatera Utara (Sumut). Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ansory Siregar mengatakan pihaknya hendak mengkonfirmasi hal tersebut dengan sejumlah pihak terkait pada pertemuan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Sebelumnya, persoalan dispute klaim tersebut diperoleh saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI dengan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, BPJS Kesehatan, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI) beberapa bulan yang lalu. Oleh karena isu tersebut, Ansory mengatakan Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti hasil temuan pada RDP itu

Mediaindonesia.com/17-11-2021

Perawatan Pasien Covid-19 Sumut Rp5,046 Triliun

Klaim dana perawatan pasien Covid-19 di 107 rumah sakit (RS) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sejak Maret 2020 hingga November 2021 atau selama pandemi Covid-19 mencapai Rp5,046 triliun. Dari jumlah tersebut, senilai Rp 1,99 triliun klaim bermasalah (dispute). Wakil Ketua Komisi IX DPR Ansory Siregar mengakui banyaknya klaim Covid-19 yang dispute disebabkan banyak faktor. Misalnya, masih terdapat dokumen yang belum lengkap, masih terdapat gangguan sistem dan jaringan pada saat pengajuan klaim, hingga perbedaan persepsi dalam hal dispute dengan verifikator.

Analisa Daily/17-11-2021

Komisi IX DPR lakukan pengawasan klaim biaya pasien

Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (16/11). Kunjungan tersebut dimaksudkan dalam rangka pengawasan terkait proses pembayaran klaim biaya penanganan pasien COVID-19. Dimana pembayaran klaim BPjS kesehatan yang tidak memenuhi persyaratan di RS tersebut mencapai RP 6,7 miliar. 

Antaranews.com/17-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.211.00

IHSG (per 17 November 2021)

6.653,70

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF