AAJI Daily News - 13 April 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Selasa 13 April 2021

HEADLINE NEWS

  1. Layanan Digital Menguntungkan
  2. IFG Life Bidik Pasar Asuransi Jiwa dan Dana Pensiun
  3. BNI Life Menggenjot Bisnis Telemarketing
  4. Restrukturisasi Jiwasraya Lebih Baik daripada Pailit
  5. DPR: Restrukturisasi Jiwasraya harus tepat sasaran dan manfaat
  6. Antara IFG Life, Kabar Susunan Manajemen dan Riwayat Penyehatan Jiwasraya
  7. Jadi Tersangka di Kasus Jiwasraya, PAN Arcadia Capital Kini Digugat PKPU
  8. Demi Uang Kembali, Nasabah Prudential Tempuh Jalur Hukum
  9. Ada Hal Menarik dalam Kasus Jiwasraya, Apa Itu?
  10. Geruduk Kantor Erick Thohir, Nasabah Jiwasraya Ogah Polisnya ‘Dipotong’
  11. Kantongi Izin OJK, IFG Life Siap Terima Polis Jiwasraya Juni 2021
  12. BNI Life bidik pemasaran lewat telemarketing capai Rp 598 miliar di 2021
  13. Nasabah Korban Jiwasraya Bakal Gelar Aksi Damai di 3 Titik Hari Ini
  14. Nasabah Jiwasraya Geruduk Kantor Kementerian BUMN Minta Cairkan Dana Nasabah
  15. IFG Life Bidik Pasar Asuransi Kesehatan Hingga Dana Pensiun
  16. Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Harus Tepat Sasaran

INDUSTRI & ASURANSI

Layanan Digital Menguntungkan

Model kerja sama pemanfaatan teknologi business to business dalam penyediaan asuransi di perusahaan digital dinilai dapat mengurangi sejumlah beban biaya. Founder dan CEO Qoala Harshet Lunani mengatakan bahwa perusahaan mengembangkan kolaborasi dengan par apemain ekonomi digital. PT BNI Life Insurance menargetkan capaian premi Rp598 miliar dari kanal telemarketing pada 2021. Direktur Bisnis BNI Life Neny Asriany mencermati prospek yang baik dari kanal telemarketing pada tahun ini.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 13-04-2021

IFG Life Bidik Pasar Asuransi Jiwa dan Dana Pensiun

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life telah memperoleh izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi. Perseroan pun dapat segera melakukan bisnis dan restrukturisasi polis dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat segera berjalan. Sekretaris Perusahaan Indonesia Financial Group (IFG) Oktarina D Sistha mengatakan anak usaha dari perusahaannya itu akan membawa nuansa baru pada industri asuransi Indonesia. Selain melanjutkan pemberiaan manfaat dari polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang telah direstrukturisasi, IFG Life juga akan membidik pasar asuransi jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun di Indonesia.

HE Neraca, hal. 5 / 13-04-2021

BNI Life Menggenjot Bisnis Telemarketing

BNI Life menargetkan bisnis telemarketing mencapai Rp 598 miliar pada tahun ini. Direktur Bisnis BNI Life Neny Asriany optimistis dapat mencapai target tersebut karena kanal telemarketing bisa diandalkan selama pandemi. Guna mencapai target tersebut, perusahaan baru saja meresmikan Telesales Center Palma Jakarta pada Jumat (9/4). Ini bentuk desentralisasi Telesales yang sebelumnya terbagi di dua tempat yaitu Gedung Bidakara dan Gedung Smesco Jakarta. Sementara itu, untuk tahun 2021, BNI Life menargetkan pendapatan premi bisa mencapai Rp 5 triliun. Hal tersebut didukung dengan peningkatan penjualan produk, baik premi reguler maupun produk unitlink.

Kontan, hal. 10/ 13-04-2021

Restrukturisasi Jiwasraya Lebih Baik daripada Pailit

Komisi VI DPR RI menyatakan bahwa restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) merupakan keputusan politik yang bertujuan menyelamatkan dana nasabah dan perusahaan dari likuidasi atau kepailitan. Sebab, jika dibiarkan pailit, maka seluruh nasabah dapat sangat dirugikan. “Keputusan restrukturisasi yang diambil dalam rapat panitia kerja (Panja) DPR merupakan hasil dari sejumlah pembahasan bersama melalui serangkaian rapat dengan pemegang saham dan manajemen Jiwasraya,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR Aria Bima. Komisi VI juga akan terus melakukan pengawasan agar prosesnya berjalan dengan baik.

Akurat.co / 13-04-2021

DPR: Restrukturisasi Jiwasraya harus tepat sasaran dan manfaat

Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno menyatakan proses restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya yang masih berlangsung harus dilakukan tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat aturan. Hingga 30 Maret 2021, tercatat sekitar 90 persen pemegang polis bancassurance telah menyetujui program restrukturisasi, kemudian sebanyak 74 persen atau  dari korporasi juga telah menyetujui program tersebut. Sedangkan jumlah pemegang polis ritel yang bersedia mengikuti restrukturisasi sebanyak 124.994 atau setara dengan 64 persen dari total nilai tunai polis ritel.

Antaranews.com /12-04-2021

Antara IFG Life, Kabar Susunan Manajemen dan Riwayat Penyehatan Jiwasraya

Terbitnya izin operasional IFG Life, dengan nama PT Asuransi Jiwa IFG, menunjukkan bahwa susunan komisaris dan direksi perseroan telah terpenuhi. Pengamat asuransi Irvan Rahardjo menilai bahwa IFG Life membutuhkan orang-orang yang kuat dalam susunan manajemennya, seiring besarnya tanggung jawab perseroan.  Susunan manajemen IFG Life harus diisi oleh praktisi-praktisi asuransi jiwa untuk mengakselerasi operasional perseroan. Pemahaman akan industri asuransi jiwa dan kondisi Jiwasraya harus menjadi modal utama komisaris dan direksi di IFG Life.

Bisnis.com /12-04-2021

Jadi Tersangka di Kasus Jiwasraya, PAN Arcadia Capital Kini Digugat PKPU

PT Lunto Prima Megah menggugat penundaan kewajiban pembayaran utang atau PKPU PT PAN Arcadia Capital ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. PT PAN Arcadia Capital saat ini sedang terbelit masalah hukum. Manajer investasi yang berkantor di kawasan Jalan Gatot Soebroto, Jakarta itu adalah salah satu tersangka korporasi korupsi dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). PAN Arcadia Capital adalah salah satu manajer investasi yang menjadi tersangka dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Kasus ini juga segera disidangkan.

Bisnis.com / 12-04-2021

Demi Uang Kembali, Nasabah Prudential Tempuh Jalur Hukum

Kasus yang menimpa nasabah asuransi berbuntut panjang dan masih bergulir hingga saat ini. Salah satunya yang menimpa Maria adalah nasabah yang sudah bergabung dan menjadi nasabah Prudential selama 6,5 tahun dan dikatakannya bahwa asuransi yang dibelinya tak memberikan hasil yang sesuai. Saat ini, prosesnya memang masih mengumpulkan data nasabah yang merasa menjadi korban asuransi salah satunya nasabah Prudential. Setelah data terkumpul, baru kemudian akan dibuat surat kuasa oleh LBH terkait kelanjutan untuk proses berikutnya.

Cnbcindonesia.com /12-04-2021

Ada Hal Menarik dalam Kasus Jiwasraya, Apa Itu?

Beberapa hari terakhir ini ramai diperbincangkan kasus unrealized loss investasi saham yang dialami PT Asuransi Jiwasraya dan BPJS Ketenagakerjaan. Namun saat ini baru Jiwasraya yang digarap penyidik Kejaksaan Agung. Kuasa hukum Benny Tjokrosaputro, Bob Hasan pun angkat bicara. Dia mengatakan bahwa unrealized loss merupakan fakta sebenarnya dalam persidangan kasus Jiwasraya yang menyeret nama kliennya itu. Selain itu, kata dia, pemeriksaan perkara yang dilakukan penyidik Kejaksaan Agung tidak mendalam lantaran tidak memeriksa 124 emiten.

detik.com / 12-04-2021

Geruduk Kantor Erick Thohir, Nasabah Jiwasraya Ogah Polisnya ‘Dipotong’

Puluhan nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang tergabung dalam Forum Nasabah Korban Jiwasraya (FNKJ), mendatangi kantor Kementerian BUMN untuk menyuarakan penolakan terhadap restrukturisasi polis asuransi mereka. Adapun poin-poin restrukturisasi polis yang disampaikan manajemen dan dianggap merugikan peserta diantaranya adalah polis akan tetap dibayar namun dengan nominal saat ini dengan terlebih dahulu harus membayar top-up yang besarannya sangat tidak masuk akal serta diluar kemampuan para pensiunan.

Fin.co.id / 12-04-2021

Kantongi Izin OJK, IFG Life Siap Terima Polis Jiwasraya Juni 2021

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life secara resmi telah memperoleh izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Manajemen IFG Life optimistis upaya migrasi polis Jiwasraya bisa dilakukan mulai Juni 2021," ujar Sekretaris Perusahaan IFG, Oktarina Sistha. Selain melanjutkan pemberiaan manfaat dari polis Jiwasraya, Oktarina menambah, IFG Life telah menyiapkan sejumlah strategi bisnis yang direpresentasikan melalui produk-produk asuransi yang akan ditawarkan ke masyarakat. IFG Life disebut akan membidik pasar asuransi jiwa, kesehatan, hingga pengelolaan dana pensiun di Indonesia.

kompas.com / 12-04-2021

BNI Life bidik pemasaran lewat telemarketing capai Rp 598 miliar di 2021

BNI Life menargetkan bisnis telemarketing mencapai Rp 598 miliar pada tahun ini. Direktur Bisnis BNI Life Neny Asriany optimistis dapat mencapai target tersebut karena kanal telemarketing bisa diandalkan selama pandemi. Guna mencapai target tersebut, perusahaan baru saja meresmikan Telesales Center Palma Jakarta. Ini bentuk desentralisasi Telesales yang sebelumnya terbagi di dua tempat yaitu Gedung Bidakara dan Gedung Smesco Jakarta. Kemudian tersebar pada lima lokasi yaitu Menara Palma Jakarta, Pondok Cina Depok, Sukabumi, Kuningan dan Semarang.

Kontan.co.id /12-04-2021

Nasabah Korban Jiwasraya Bakal Gelar Aksi Damai di 3 Titik Hari Ini

Forum Nasabah Korban Jiwasraya (FNKJ) berencana akan menggelar aksi damai di 3 titik lokasi yakni Kementerian BUMN, depan Istana Negara dan Kantor Jiwasraya pada hari ini, Senin (12/4/2021). Dalam aksinya, FNKJ akan menyerukan sejumlah aspirasi termasuk menuntut program upaya penyehatan dan penyelamatan Jiwasraya agar dapat dimaksimalkan serta para nasabah yang menjadi korban mendapatkan haknya kembali. Tak hanya menggelar aksi damai saja, sebuah petisi pun juga telah dilakukan oleh FNKJ melalui laman change.org yang telah ditandatangani hampir mencapai 15 ribu orang.

liputan6.com / 12-04-2021

Nasabah Jiwasraya Geruduk Kantor Kementerian BUMN Minta Cairkan Dana Nasabah

Puluhan orang yang mengatasnamakan forum nasabah korban Jiwasraya menyambangi kantor Kementerian BUMN. Mereka menuntut pemerintah memberikan jalan tengah untuk pencairan uang dari PT Asuransi Jiwasraya Persero.

metrotvnews.com / 12-04-2021

IFG Life Bidik Pasar Asuransi Kesehatan Hingga Dana Pensiun

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life telah memperoleh izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi. Perseroan pun dapat segera melakukan bisnis dan restrukturisasi polis dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat segera berjalan. Sekretaris Perusahaan Indonesia Financial Group (IFG) Oktarina D Sistha mengatakan anak usaha dari perusahaannya itu akan membawa nuansa baru pada industri asuransi Indonesia. Selain melanjutkan pemberiaan manfaat dari polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang telah direstrukturisasi, IFG Life juga akan membidik pasar asuransi jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun di Indonesia.

republika.co.id / 12-04-2021

Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Harus Tepat Sasaran

Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno menyatakan proses restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya yang masih berlangsung harus dilakukan tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat aturan. Hingga 30 Maret 2021, tercatat sekitar 90 persen atau setara 15.655 pemegang polis bancassurance telah menyetujui program restrukturisasi, kemudian sebanyak 74 persen atau 134.160 peserta dari korporasi juga telah menyetujui program tersebut. Sedangkan jumlah pemegang polis ritel yang bersedia mengikuti restrukturisasi sebanyak 124.994 atau setara dengan 64 persen dari total nilai tunai polis ritel.

yahoo.com / 12-04-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.565

IHSG (per 12 April 2021)

   6.070,21

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Kontan, Akurat.co, Antaranews.com, Bisnis.com, Cncbindonesia.com, Detik.com, Fin.co.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan.com, Metrotvnews.com, Republika.co.id, Yahoo.com

DOWNLOAD PDF