AAJI Daily News - 12 November 2021


Jum’at 12 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Gelar DRiM 2021, AAJI Bahas Penguatan Transformasi dan Inovasi Digital
  2. AAJI Fokus Bahas Penguatan Transformasi dan Inovasi Digital Dalam DRiM 2021
  3.     AAJI Fokus Bahas Penguatan Transformasi Dan Inovasi Digital Dalam DRiM 2021
  4.     AAJI Fokus Bahas Penguatan Transformasi Dan Inovasi Digital Dalam DRiM 2021
  5. BERITA FOTO – Klaim Tebus Polis Asuransi Jiwa Meningkatkan
  6. Klaim Tak Kunjung Dibayar, Nasabah Bumiputera Geruduk Kantor OJK Sampaikan Somasi
  7. Kisah Nasabah Bumiputera Diusir dari Kantor Saat Perjuangkan Klaim Rp 69 Juta
  8. Biang Kerok Gagal Bayar AJB Bumiputera
  9. Pemegang Polis Bumiputera Somasi OJK
  10. Bumiputera, Jiwasraya, dan Asabri: Salah Urus, Salah Kaprah, dan Salah Rezim
  11. Allianz Gelar Media & Workshop Ajak Masyarakat Lebih Melek Asuransi
  12. Manulife Indonesia Hadirkan MiAssurance Protection Plan dengan 20 Tahun Perlindungan
  13. BRI Life Gandeng Prixa
  14. Astra Life Beri Perlindungan di Traveloka
  15. 10 Asuransi Kesehatan Terbaik, Tentukan Pilihanmu!
  16. OJK Bakal Dorong Insurtech Non-SJK Wajib Terdaftar Jadi Pialang Asuransi
  17. Aturan Baru Bakal Ubah Lanskap Industri Pialang Asuransi

TENTANG AAJI

Gelar DRiM 2021, AAJI Bahas Penguatan Transformasi dan Inovasi Digital

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyelenggarakan kegiatan tahunan webinar Digital Risk Management in Insurance (DRiM). Acara kali ini berfokus pada transformasi dan inovasi digital sebagai upaya meningkatkan pelayanan industri asuransi jiwa Indonesia. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon berharap bahwa komitmen AAJI dalam transformasi dan inovasi digital industri asuransi jiwa melalui kegiatan DRiM ini dapat memberikan insight yang bermanfaat bagi anggota perusahaan dan pelaku industri, sekaligus juga sebagai dukungan AAJI terhadap pelaksanaan kebijakan dari regulator.

Bisnis.com/11-11-2021

AAJI Fokus Bahas Penguatan Transformasi dan Inovasi Digital Dalam DRiM 2021

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyelenggarakan kegiatan tahunan berformat virtual dalam Webinar Digital Risk Management in Insurance (DRiM). Acara kali ini berfokus pada transformasi dan inovasi digital sebagai upaya meningkatkan pelayanan industri asuransi jiwa Indonesia. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon berharap bahwa komitmen AAJI dalam transformasi dan inovasi digital industri asuransi jiwa melalui kegiatan DRiM ini dapat memberikan insight yang bermanfaat bagi anggota perusahaan dan pelaku industri, sekaligus juga sebagai dukungan AAJI terhadap pelaksanaan kebijakan dari regulator.

Industry.co.id/11-11-2021

AAJI Fokus Bahas Penguatan Transformasi Dan Inovasi Digital Dalam DRiM 2021

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyelenggarakan kegiatan tahunan berformat virtual dalam Webinar Digital Risk Management in Insurance (DRiM). Acara kali ini berfokus pada transformasi dan inovasi digital sebagai upaya meningkatkan pelayanan industri asuransi jiwa Indonesia. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon berharap bahwa komitmen AAJI dalam transformasi dan inovasi digital industri asuransi jiwa melalui kegiatan DRiM ini dapat memberikan insight yang bermanfaat bagi anggota perusahaan dan pelaku industri, sekaligus juga sebagai dukungan AAJI terhadap pelaksanaan kebijakan dari regulator.

Bentengsumbar.com/12-11-2021

INDUSTRI & ASURANSI

BERITA FOTO – Klaim Tebus Polis Asuransi Jiwa Meningkatkan

Nasabah mendapatkan penjelasan mengenai produk asuransi booth BNI Life, Jakarta, kemarin. Berdasarkan data Asosiasi AAsuransi jiwa Indonesia (AAII) hingga semester -2021 yang lalu,tercatat data Klaim surrender asuransi jiwa mengalami peningkatan sebesar 2,5% secara year-on-year (yoy) dari Rp 42,29 trliun menjadi Rp 43,35 trliun.

Investor Daily/12-11-2021

Klaim Tak Kunjung Dibayar, Nasabah Bumiputera Geruduk Kantor OJK Sampaikan Somasi

Para pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera yang tergabung dalam kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Asuransi Bumiputera atau Tim Biru melakukan aksi damai sekaligus menyampaikan somasi massal kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kantor Pusat OJK, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

Bisnis.com/12-11-2021

Kisah Nasabah Bumiputera Diusir dari Kantor Saat Perjuangkan Klaim Rp 69 Juta

Salah satu pemegang polis PT Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, Risa bercerita bagaimana dirinya memperjuangkan klaim asuransi pendidikannya yang tak kunjung cair. Ibu dari lima anak asal Garut, Jawa Barat, ini masih ingat betul ketika diusir saat memperjuangkan haknya di kantor pusat Bumiputera di Jakarta pada akhir 2019 lalu. Ia bersama ratusan pemegang polis asuransi Bumiputera lainnya kemarin melakukan aksi damai di Kantor Pusat OJK di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. 

Tempo.co/12-11-2021

Biang Kerok Gagal Bayar AJB Bumiputera

Untuk yang keempat kalinya nasabah AJB Bumiputera menggelar aksi damai. Mereka menuntut pencairan klaimnya yang sudah dianggurkan selama beberapa tahun. Klaim dari ratusan ribu pemegang polis Bumiputera nasibnya terkatung-katung. Kini mereka hanya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa mencairkan kelebihan dana cadangan untuk membayar klaim. Pengamat asuransi sekaligus penulis buku Robohnya Asuransi Kami Irvan Rahardjo pernah mengungkapkan masalah Bumiputera. Menurutnya sengkarut juga terjadi karena lemahnya tata kelola, lemahnya pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan kurangnya pemahaman tentang asset liability management.

Koran Kaltara/11-11-2021

Pemegang Polis Bumiputera Somasi OJK

Pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera melakukan aksi damai dibarengi dengan penyampaian somasi massal kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator industri asuransi di Indonesia. Aksi yang diikuti ratusan pemegang polis dilakukan di Kantor Pusat OJK di awasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Analisa Daily/11-11-2021

Bumiputera, Jiwasraya, dan Asabri: Salah Urus, Salah Kaprah, dan Salah Rezim

SAYA mungkin sedikit dari ribuan korban Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 yang menggantungkan biaya kelangsungan pendidikan putra-putri melalui program Beasiswa Berencana perusahaan asuransi itu. Kasus Bumiputera, Jiwasraya, dan Asabri yang notabene bergerak di bidang asuransi dan pengelolaan dana terjadi karena salah kelola dan salah urus dewan direksi dan komisaris. Kasus-kasus besar ini sepertinya tidak dijadikan pelajaran. Kasus yang membelit Garuda coraknya sama: salah urus dan dibiarkan sejak lama. Fungsi pengawasan tidak berfungsi.

Kompas.com/11-11-2021

Allianz Gelar Media & Workshop Ajak Masyarakat Lebih Melek Asuransi

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada kuartal I 2021 jumlah polis asuransi jiwa juga turut meningkat sebesar 1,8% atau sebanyak 17,78 juta yoy. Sedangkan, polis perorangan tumbuh 2,7 % yoy menjadi 17,24 juta. Hal ini menunjukkan terdapat kenaikan kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi. Allianz Life Indonesia mencermati kondisi tersebut dengan melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi masyarakat akan literasi seputar asuransi. Allianz Life Indonesia menghadirkan Media Workshop: Life and Health Insurance 101 yang diselenggarakan pada hari Senin (8/11) lalu.

Tirto.id/11-11-2021

Manulife Indonesia Hadirkan MiAssurance Protection Plan dengan 20 Tahun Perlindungan

Manulife Indonesia meluncurkan MiAssurance Protection Plan (MiAction). Asuransi dwiguna individu ini dirancang untuk melindungi dan mempersiapkan nasabah Indonesia termasuk bagi generasi muda atau keluarga serta kebutuhan masa depan mereka mengantisipasi ketidakpastian hidup.

Kabarmedan.com/11-11-2021

BRI Life Gandeng Prixa

Perusahaan teknologi kesehatan Prixa meluncurkan kolaborasi strategis dengan PT Asuransi BRI Life terkait dengan pemanfaatan layanan konsultasi jarak jauh atau telekonsultasi. Kolaborasi strategis ini memungkinkan seluruh nasabah BRI Life memanfaatkan layanan Prixa yang mencakup telekonsultasi yang terintegrasi dengan layanan kesehatan lain berbasis digital, termasuk pharmacy delivery, online scheduling, dan laboratory referral.

Bisnis Indonesia/11-11-2021

10 Asuransi Kesehatan Terbaik, Tentukan Pilihanmu!

Memiliki asuransi kesehatan (askes) sangat penting, terutama di tengah pandemik COVID-19. Pilihlah asuransi kesehatan terbaik untuk menjadi perlindungan diri dan keluargamu. Dilansir Lifepal , ada 10 asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu pilih; Cigna Proteksi Sehat, AXA Mandiri Smartcare Executive, Simas Sehat Gold dan lainnya

Idntimes.com/12-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

OJK BAKAL DORONG INSURTECH NON-SJK WAJIB TERDAFTAR JADI PIALANG ASURANSI

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana mendorong platform digital yang melakukan penjualan produk asuransi wajib terdaftar sebagai perusahaan pialang asuransi . Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK Riswinandi mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan regulasi terkait pengaturan insurance technology (insurtech). Salah satu yang hendak didorong adalah pengaturan mengenai insurtech non-sektor jasa keuangan atau yang tidak berada dalam pengawasan OJK.

Bisnis.com/11-11-2021

Aturan Baru Bakal Ubah Lanskap Industri Pialang Asuransi

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (Apparindo) Mohammad Jusuf Adi menyampaikan, perbaikan atau penyempurnaan aturan pialang asuransi dan pialang reasuransi dilakukan pada POJK 68/2016 terkait perizinan usaha dan kelembagaan. Selain itu, regulator juga bakal merevisi POJK 70/2016 yang membahas penyelenggaran pialang asuransi, pialang reasuransi, dan penilai kerugian. Bagi pelaku di industri, terbukanya akses pemasaran secara digital tentu akan meningkatkan produksi premi yang akan diikuti pendapatan pialang. Namun demikian, dampak bisnis secara keseluruhan belum bisa digambarkan sampai regulasi benar-benar diterbitkan.

Investor Daily/11-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.253.00

IHSG (per 11 November 2021)

6.710,85

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF