AAJI Daily News - 11 Januari 2021


Tanggal terbit (11 / 01 / 2021)

Senin, 11 Januari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Ada Angin Segar buat Industri Asuransi Jiwa Tahun Ini
  2. Industri Asuransi Harapkan 2021 Jadi Tahun Kebangkitan
  3. AAJI: Asuransi Jamin Klaim Polis Korban Sriwijaya Air
  4. Asuransi Jamin Korban Sriwijaya Air yang Punya Polis
  5. Asuransi Jamin Korban Sriwijaya Air yang Punya Polis
  6. Ahli Waris Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Bakal Terima Santunan Asuransi Rp1,25 Miliar
  7. 2021 Diharapkan Jadi Tahun Kebangkinan Industri Asuransi
  8. IFG siap memberikan dukungan terkait insiden Sriwijaya Air SJ 182
  9. Industri Asuransi Hati-hati, Klaim pada 2021 Berpotensi Melonjak
  10. Lawyer Nasabah: Penawaran Skema Jiwasraya Ala Mafia
  11. Pacu Lini Usaha Utama Asuransi
  12. Perhatikan, Pentingnya Miliki Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan

TENTANG AAJI

Ada Angin Segar buat Industri Asuransi Jiwa Tahun Ini

Tahun ini industri asuransi jiwa diproyeksikan lebih baik dibandingkan tahun 2020. Selain karena adanya harapan baru dari vaksin COVID-19, kehadiran IFG Life juga membawa angin segar bagi industri asuransi. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu memprediksi kehadiran vaksin di Tanah Air membuat gairah baru sebagai penggerak perekonomian, sehingga industri asuransi akan ikut tergerak . Memang, target meningkatnya industri asuransi jiwa di tahun 2021 ini tidak terlalu muluk. Paling tidak, kata Togar, akan mengalami perbaikan dibanding tahun 2020.

Detik.com / 08-01-2021

Industri Asuransi Harapkan 2021 Jadi Tahun Kebangkitan

Pandemi Covid-19 tentu memukul berbagai sektor perekonomian, tak terkecuali sektor hilir seperti industri asuransi. Ketua Dewan AAJI Budi Tampubolon mengatakan industri asuransi jiwa mampu melewati masa-masa krisis pandemi Covid-19 dengan baik berkat sejumlah relaksasi dari regulator. Ia berharap, industri jasa keuangan, khususnya asuransi jiwa mampu kembali bangkit pada tahun ini dan tahun-tahun ke depan. Ketua Dewan Konisioner OJK Wimboh Santoso mendorong semua pihak di industri asuransi bisa berpikir dan terbuka dengan pendekatan digitalisasi.

Investor.id / 09-01-2021

AAJI: Asuransi Jamin Klaim Polis Korban Sriwijaya Air

Kasus korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akan diberikan jaminan atas klaim pembayaran asuransi komersial bagi para pemilik polisnya masing-masing.  Selain itu, para korban juga akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp1,25 miliar sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011. Selain itu, para ahli waris dari penumpang yang meninggal dunia dipastikan berhak atas santunan sebesar Rp50 juta yang berasal dari IWJR. Untuk memastikan para korban mendapat hak-haknya tersebut, AAJI akan komunikasikan hal tersebut dengan Sriwijaya Air.

Mediaasuransinews.co.id / 09-01-2021

Asuransi Jamin Korban Sriwijaya Air yang Punya Polis

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan untuk kasus kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 bisa dipastikan tidak akan ada masalah untuk pembayaran klaim asuransi korban jiwa. Namun dirinya akan berkomunikasi dengan Sriwijaya Air untuk memastikan, khususnya jumlah yang memiliki polis asuransi jiwa. Selain itu juga ahli waris dari penumpang yang meninggal dunia berhak atas santunan sebesar Rp50 juta rupiah. Santunan tersebut didapat dari iuran wajib Jasa Raharja (IWJR).

Sindonews.com / 09-01-2021

Asuransi Jamin Korban Sriwijaya Air yang Punya Polis

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan untuk kasus kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 bisa dipastikan tidak akan ada masalah untuk pembayaran klaim asuransi korban jiwa. Namun dirinya akan berkomunikasi dengan Sriwijaya Air untuk memastikan, khususnya jumlah yang memiliki polis asuransi jiwa. Selain itu juga ahli waris dari penumpang yang meninggal dunia berhak atas santunan sebesar Rp50 juta rupiah. Santunan tersebut didapat dari iuran wajib Jasa Raharja (IWJR).

Matain.id / 09-01-2021

Ahli Waris Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Bakal Terima Santunan Asuransi Rp1,25 Miliar

AAJI memastikan para korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 menerima hak asuransi setidaknya Rp1,25 miliar. Dalam hal ini, ia akan berkomunikasi dengan pihak maskapai sekaligus mendata keabsahan ahli waris sebagai penerima. Menurut Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu, semua tergantung dari hasil investigasi atas kecelakaan tersebut. Nantinya, fitur polis akan disesuaikan dengan kontraknya. Korban kecelakaan pesawat ini akan diberikan jaminan atas klaim pembayaran asuransi komersial bagi para pemilik polisnya masing-masing. Akan tetapi, nilai klaim asuransi bagi korban pesawat memiliki aturan tersendiri. Di tataran praktik internasional, nilai santunan dan asuransi itu diatur dalam Konvensi Montreal.

Trenasia.com / 10-01-2021

2021 Diharapkan Jadi Tahun Kebangkinan Industri Asuransi

Pandemi Covid-19 tentu memukul berbagai sektor perekonomian, tak terkecuali sektor hilir seperti industri asuransi. Ketua Dewan AAJI Budi Tampubolon mengatakan industri asuransi jiwa mampu melewati masa-masa krisis pandemi Covid-19 dengan baik berkat sejumlah relaksasi dari regulator. Ia berharap, industri jasa keuangan, khususnya asuransi jiwa mampu kembali bangkit pada tahun ini dan tahun-tahun ke depan. Ketua Dewan Konisioner OJK Wimboh Santoso mendorong semua pihak di industry asuransi bisa berpikir dan terbuka dengan pendekatan digitalisasi.

Investor Daily / 10-01-2021 Hal. 8

INDUSTRI & ASURANSI

IFG siap memberikan dukungan terkait insiden Sriwijaya Air SJ 182

Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi IFG menyampaikan rasa empati yang mendalam dan siap memberikan dukungan terkait insiden yang dialami pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 pada rute Jakarta - Pontianak. Menurut Direktur Utama IFG, Robertus Billitea, IFG juga masih terus memantau perkembangan dari upaya pencarian pesawat dan penumpang. Jajaran Jasa Raharja pun telah menyiagakan sejumlah personil di posko-posko yang dibentuk oleh Pemerintah, baik itu di Bandara Soekarno - Hatta hingga di Bandara Supadio - Pontianak.

Antaranews.com / 10-01-2021

Industri Asuransi Hati-hati, Klaim pada 2021 Berpotensi Melonjak

Pengamat asuransi sekaligus Mantan Komisaris Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Irvan Rahardjo mengatakan perusahaan asuransi jiwa maupun umum, harus siap dengan berbagai risiko yang mungkin dihadapi pada 2021. Menurutnya, risiko lonjakan klaim yang harus diwaspadai utamanya bagi perusahaan asuransi yang erat kaitannya dengan aktivitas ekonomi atau keuangan. Dalam hal ini dia mencontohkan asuransi terkait kredit atau proyek-proyek pembangunan. Jadi perlu waspada. Likuiditas itu harus terus jadi pegangan.

Bisnis.com / 10-01-2021

Lawyer Nasabah: Penawaran Skema Jiwasraya Ala Mafia

Pengacara nasabah Jiwasraya, Ebeneser Ginting, menyebut adanya kekerasan dan intimidasi yang terstruktur dipertontonkan Jiwasraya selaku perusahaan negara yang bergerak dalam bidang perasuransian. Hingga kini skema pembayaran yang ditawarkan pemerintah melalui pengelola Jiwasraya ditolak secara merata oleh nasabah karena skema yang ditawarkan jauh dari harapan. Ia mengaku miris, ketika para nasabah melakukan penolakan, Jiwasraya malah bersikap arogan dan cenderung intimidatif mengirimkan surat ke rumah-rumah nasabah dengan skema yang tetap namun lebih keras.

Jurnas.com / 10-01-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

Pacu Lini Usaha Utama Asuransi

Presiden Direktur PT Lippo General Insurance Tbk. Agus Benjamin mengatakan bahwa potensi pertumbuhan tahun ini membuka peluang perbaikan kinerja industri asuransi. Agus menekankan pentingnya komitmen tim, upaya merawat kepercayaan klien, ketangguhan sistem teknologi dan kondisi finansial yang kuat untuk menjaga kinerja bisnis pada tahun ini. Menurut Ketua Dewan Asuransi Indonesia Hastanto Sri Margi Widodo, strategi yang perlu digenjot pada masa pemulihan ekonomi yakni mendorong terlaksananya digitalisasi hingga proses bisnis makin adaptif terhadap perubahan.

Bisnis Indonesia / 11-01-2021 Hal. 15

Perhatikan, Pentingnya Miliki Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan

Asuransi jiwa menjadi salah satu sumber perlindungan finansial andal bagi keluarga, jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Namun demikian, karena ada begitu banyak jenis asuransi jiwa, mencari yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisa sangat melelahkan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut berbagai jenis asuransi jiwa: Asuransi jiwa berjangka, Asuransi jiwa seumur hidup, Asuransi jiwa universal, Asuransi jiwa variabel, Asuransi jiwa kelompok, Asuransi jiwa tambahan, Asuransi jiwa keluarga, Asuransi jiwa terjamin, Asuransi jiwa tanpa pemeriksaan medis.

Kompas.com / 10-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.050

IHSG (per 8 Januari 2021)

   6.257,83

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Antaranews.com, Bisnis.com, Detik.com, Jurnas.com, Kompas.com, Matain.id, Mediasuransinews.co.id, Investor.id, Sindonews.com.

DOWNLOAD PDF