AAJI Daily News - 25 Maret 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Kamis, 25 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. Bisnis asuransi kesehatan kian menggeliat saat pandemi
  2. Hasil investasi asuransi jiwa tahun ini diyakini lebih baik ketimbang tahun 2020
  3. Bisnis Asuransi Kesehatan Kian Sehat
  4. [Foto] Produk Dwiguna AXA Mandiri
  5. Minat Asuransi Generasi Muda Rendah
  6. Prudential Indonesia Gelar Virtual Ride 2021
  7. Penyitaan Aset WanaArtha Life dari Dana Premi Nasabah Tak Sah
  8. Penyerahan Klaim Nasabah Asuransi
  9. Ahli: Penyitaan Dana Nasabah Wanaartha Tidak Sah, Harus Dikembalikan
  10. AIA Akuisisi Asuransi Jiwa Bank of East Asia Seharga US$650 Juta
  11. Pihak Terlibat Jiwasraya Harus Diusut Tuntas
  12. Sun Life luncurkan Asuransi Sun Healthcare Solution
  13. Tanggapan BRI Life atas Surat Saudara Indra Diky Kurniawan
  14. Pengamat Sebut Pengungkapan Skandal Jiwasraya Harus dari Hulu ke Hilir
  15. PKPU Kresna Life Berakhir Damai
  16. Bersinergi, AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Asuransi Dana Pensiun

TENTANG AAJI

Bisnis asuransi kesehatan kian menggeliat saat pandemi

Geliat bisnis asuransi kesehatan terus melonjak saat pandemi Covid-19. Berdasarkan data AAJI, peningkatan premi asuransi kesehatan mencapai 12,25% yoy menjadi Rp 5,68 triliun pada kuartal IV 2020. Kenaikan itu merata, baik dari asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan kumpulan maupun asuransi kecelakaan kumpulan. Selain kian diminati, pertumbuhan asuransi kesehatan turut menopang bisnis industri. Pelan namun pasti, pendapatan premi industri mencatatkan pertumbuhan tiap kuartal setelah sempat jatuh di awal 2020.

Kabarin.co.id / 24-03-2021

Hasil investasi asuransi jiwa tahun ini diyakini lebih baik ketimbang tahun 2020

AAJI memproyeksi hasil investasi industri asuransi jiwa bisa tumbuh positif tahun 2021. Hal ini seiring dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) serta perbaikan ekonomi nasional. Perbaikan investasi juga mulai terlihat pertumbuhan kinerja hasil investasi per kuartal. Berdasarkan data AAJI, hasil investasi kuartal IV 2020 tumbuh hingga 773,3% dari Rp 4,07 triliun di kuartal sebelumnya menjadi Rp 35,52 triliun. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan mengatakan, Perbaikan investasi juga mulai terlihat pertumbuhan kinerja hasil investasi per kuartal.

Kontan.co.id / 24-03-2021

Bisnis Asuransi Kesehatan Kian Sehat

Geliat bisnis asuransi kesehatan terus melonjak saat pandemi corona (Covid-19). Salah satu pemicunya karena peningkatan kebutuhan serta kesadaran masyarakat akan proteksi diri. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), peningkatan premi asuransi kesehatan mencapai 12,25% year on year (yoy) menjadi Rp 5,68 triliun pada kuartal IV-2020. Kenaikan itu merata. Baik dari asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan kumpulan maupun asuransi kecelakaan kumpulan. “Ini menunjukkan masyarakat mulai peduli terhadap proteksi semenjak pandemi ini,” kata Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan.

Kontan, hal. 10 / 25-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Produk Dwiguna AXA Mandiri

PT AXA Mandiri Financial Services menawarkan produk Endowment Asuransi Mandiri Secure Wealth yakni produk untuk solusi perlindungan jiwa dan perencanaan keuangan jangka panjang. Produk ini dinilai sesuai untuk mendorong perencanaan keuangan dalam menghadapi ketidakpastian termasuk akibat pandemi saat ini.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 25-03-2021

Minat Asuransi Generasi Muda Rendah

Separuh generasi muda yang memilih menjadi pengusaha atau pekerja lepas tercata belum terproteksi asuransi kesehatan. President Direktur PT Sun Life Financial Indonesia Elin Waty mengatakan isu kesehatan masih menjadi tantangan besar bagi masyarakat di seluruh dunia. Hal tersebut menjadi tantangan bagi generasi muda yang mengambil risiko dengan memulai usaha sendiri atau menjadi pekerja lepas.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 25-03-2021

Prudential Indonesia Gelar Virtual Ride 2021

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali menggelar PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride, 1-17 Agustus 2021. PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride akan mengusung konsep sportsfest virtual dan menjadi festival olahraga terbesar virtual pertama Prudential Indonesia dengan menghadirkan berbagai pilihan olahraga favorit selain bersepeda sebagai agenda utamanya. Luskito Hambali, Chief Marketing & Communications Officer Prudential Indonesia mengungkapkan, kunci untuk hidup  lebih sehat adalah terus bergerak aktif dengan semangat yang tidak terbatas. Pendaftaran dibuka mulai 24 Maret hingga 30 Juni 2021. Sedangkan, penawaran early bird hanya selama 15 Maret – 15 April 2021. Lomba PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride terdiri atas tiga kelompok.

Investor Daily, hal. 22 / 25-03-2021

Penyitaan Aset WanaArtha Life dari Dana Premi Nasabah Tak Sah

Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha mengajukan sidang keberatan terkait penyitaan aset karena disebut ikut terlibat dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya. Praktisi dan pengamat asuransi serta saksi ahli dalam sidang, Irvan Rahardjo, berpendapat bahwa penyitaan aset yang di antaranya berasal dari dana premi nasabah tidak sah. Dia mengemukakan, penyitaan yang telah terjadi tidak sah dan harus dikembalikan segera.

Investor Daily, hal. 24 / 25-03-2021

Penyerahan Klaim Nasabah Asuransi

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menyerahkan pembayaran klaim Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas secara simbolis kepada ahli waris nasabah AXA Mandiri di Ciledug, Tangerang, Selasa, 23 Maret 2021. Pembayaran klaim asuransi jiwa sebesar Rp 115,2 juta ini merupakan komitmen AXA Mandiri dalam menyampaikan amanah dan memberikan pelayanan kepada nasabah dalam menghadapi berbagai risiko hidup. AXA Mandiri telah telah membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp 4,8 triliun pada tahun 2020 lalu.

Beritasatu.com / 24-03-2021

 

Ahli: Penyitaan Dana Nasabah Wanaartha Tidak Sah, Harus Dikembalikan

Setelah lama tidak terdengar, kasus keberatan pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha) yang aset-asetnya turut terseret di dalam kasus Jiwasraya telah memasuki pembuktian dan juga mendengarkan keterangan saksi ahli yang dihadirkan dalam persidangan hari Selasa, (23/3). Parulian Sipahutar, Ketua Forum Nasabah Wanaartha Bersatu (Forsawa Bersatu) mengharapkan agar pendapat saksi ahli yang dihadirkan dapat memberikan gambaran yang baik dan seharusnya sesuai dengan peraturan dan regulasi yang berlaku di dalam dunia asuransi.

Beritasatu.com / 24-03-2021

AIA Akuisisi Asuransi Jiwa Bank of East Asia Seharga US$650 Juta

AIA Group Ltd. Telah setuju untuk membayar HK$5,07 miliar (US$ 650 juta) untuk unit asuransi jiwa Bank of East Asia Ltd., pemberi pinjaman yang berbasis di Hong Kong yang pemegang sahamnya termasuk Paul Singer’s Elliott Management Corp. AIA juga akan memperoleh portofolio tertutup dari polis asuransi jiwa yang ditanggung oleh Blue Cross (Asia-Pacific) Insurance Ltd. Pihak yang terlibat dalam akuisisi ini bertujuan untuk menyelesaikan kesepakatan pada akhir tahun ini.

Bisnis.com / 24-03-2021

Pihak Terlibat Jiwasraya Harus Diusut Tuntas

Perkara Mega korupsi dan pencucian uang pengelolaan keuangan dan dana investasi terkait Asuransi Jiwasraya yang membelit 13 korporasi segera memasuki babak baru, yakni persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Kapuspenkum Kejagung, Leonar Eben Ezer Simanjuntak, dalam keterangan tertulis dikutip pada Rabu (23/3), menyampaikan, perkara tersebut segera masuk pengadilan karena jaksa penuntut umum tengah menyusun dakwaan dan segera melimpahkannya. Soal perkara ini, akademisi dari Unas, Yusuf Wibisono, menyampaikan, penegak hukum harus membongkar semua pelaku yang diduga terlebat merugikan kerugian keuangan negara dalam perkara Jiwasraya.

Gatra.com / 24-03-2021

Sun Life luncurkan Asuransi Sun Healthcare Solution

Sun Life Indonesia meluncurkan Asuransi Sun Healthcare Solution (Sun Health). Produk ini memberikan proteksi kesehatan lengkap bagi generasi muda.  Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty mengatakan, Sun Health hadir sebagai solusi proteksi karena memiliki tiga keunggulan. Pertama, anti ribet karena bisa melalui transaksi non-tunai dan tanpa membutuhkan proses cek medis. Kedua, batas tahunan yang terus meningkat secara otomatis hingga Rp 20 miliar  dengan premi yang terjangkau. Kemudian memiliki manfaat lengkap yaitu proteksi jiwa sampai Rp 200 juta serta perlindungan hingga seluruh dunia.

Kontan.co.id / 24-03-2021

Tanggapan BRI Life atas Surat Saudara Indra Diky Kurniawan

Menanggapi keluhan yang disampaikan oleh nasabah BRI Life atas nama Saudara Indra Diky Kurniawan melalui Suara Konsumen – Media Konsumen pada tanggal 6 Maret 2021. Pihaknya telah menghubungi Saudara Indra Diky untuk melakukan klarifikasi dan verifikasi atas permasalahan yang disampaikan pada Suara Konsumen dimaksud. Atas hal tersebut, kewajiban BRI Life terhadap reimbursement yang diajukan Saudara Indra Diky atas 5 jenis klaim perawatan di rumah sakit berbeda di sepanjang tahun 2020 untuk produk asuransi BRI Life yang dimiliki; Davestera dan Dasetera, telah dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada Polis.

Mediakonsumen.com / 24-03-2021

Pengamat Sebut Pengungkapan Skandal Jiwasraya Harus dari Hulu ke Hilir

Pengembangan kasus Jiwasraya terus dilakukan oleh Kejagung hingga sekarang. Sebelumnya telah diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi telah memvonis enam terdakwa yang dinyatakan terbukti menyebabkan kerugian keuangan negara dari Jiwasraya. Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas), Yusuf Wibisono, mengungkapkan bahwa Benny Tjokro hanyalah oknum kecil dari skandal Jiwasraya yang terjadi. Untuk itu, menurut Yusuf, pengusutan kasus Jiwasraya harus dilakukan dari hulu ke hilir.

Monitor.co.id / 24-03-2021

PKPU Kresna Life Berakhir Damai

PKPU terhadap Kresna Life berakhir damai, berdasarkan Putusan Pengesahan Perjanjian Perdamaian (homologasi) Nomor 389/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Jkt. Pst tanggal 18 Februari 2021 yang telah mengesahkan (homologasi) Perjanjian Perdamaian tertanggal 10 Februari 2021. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin. Sebanyak 94,90% kreditor yang hadir menyetujui proposal perdamaian yang diajukan oleh perseroan. Sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab perseroan, pembayaran awal telah mulai dilakukan sejak minggu kedua bulan Maret 2021.

Neraca.co.id / 24-03-2021

Bersinergi, AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Asuransi Dana Pensiun

AIA bersama dengan CIMB Niaga resmi meluncurkan produk bancassurance Fortuna Golden Plan yang menawarkan Income Withdrawal Privilege sebagai perencanaan keuangan nasabah di masa pensiun. Manfaat ini dapat diperoleh setiap tahun hingga akhir masa asuransi senilai 1 kali dari premi dasar atau 5% dari nilai akun premi dasar nasabah setelah memenuhi masa pembayaran premi selama 5 atau 10 tahun. Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy mengatakan, AIA terus memberikan inovasi solusi proteksi serta perencanaan keuangan demi dapat membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik.

Wartaekonomi.co.id / 24-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.425

IHSG (per 24 Maret 2021)

   6.156,14

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Beritasatu.co.id, Bisnis.com, Gatra.com, Kontan.co.id, Kabarin.co.id, Mediakonsumen.com, Monitor.co.id, Neraca.co.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF