AAJI Daily News - 21 Oktober 2021


Kamis 21 Oktober 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.  AAJI says unit-linked insurance is still the life sector's focus
  2. Begini kinerja unitlink Generali hingga kuartal III
  3. Strategi Investasi BNI Life 
  4.  Hingga akhir tahun, BNI Life targetkan pendapatan premi unitlink Rp 1,58 triliun
  5. BRI Life Menggenjot Unitlink
  6. Kenali Manfaat Unit Link, Produk Asuransi yang Beri Keuntungan Ganda
  7. Manulife Dorong Digitalisasi Layanan
  8. Adaptasi, Asuransi Jalankan Digitalisasi
  9.  Kado Love Life, Kirim Kado Digital Untuk Orang Tersayang
  10.  Inovasi Kado Produk Digital Asuransi Jiwa
  11. BERITA FOTO – Aset Investasi Asuransi Jiwa
  12.  Keluhan Wanda Hamidah soal Asuransi Anak Terselesaikan
  13.  Akhirnya, Keluhan Wanda Hamidah Soal Asuransi Anak Terselesaikan
  14. Hore! Semua Biaya Operasi Anak Wanda Hamidah Ditanggung Prudential
  15. Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mendaftar Asuransi Menurut Ahli Hukum
  16.  6 Prinsip Dasar Asuransi yang Perlu Diketahui Sebelum Buka Polis Baru
  17.  Cari Asuransi, Pahami Dulu Jenis dan Fungsinya
  18.  Dinilai Semakin Penting, Simak Beberapa Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi
  19. 4 Asuransi Wajib untuk Anggota Keluarga
  20.  Ini Pihak Tertanggung dan Lama Pengajuan Klaim dalam Asuransi Jiwa
  21.  Kitabisa Ramaikan Pasar Insurtech Lewat Platform Asuransi Kitajaga
  22. Klaim Korban Tak Kunjung Cair, Polemik Bumiputera Jauh dari Titik Terang
  23. Pemegang Polis Jatuh Tempo Perlu Ikut Pilih BPA Bumiputera
  24. Aturan Baru Rilis Akhir Tahun
  25. Beleid Unitlink Bakal Terbit Di Akhir Tahun
  26. Rise of Digital Banks Underscores Urgency For Data Protection Law
  27.  PDPI Upayakan Keluhan Long Covid Ditanggung BPJS

TENTANG AAJI

Indonesia: AAJI says unit-linked insurance is still the life sector's focus

The Indonesian Life Insurance Association (AAJI) has said that investment-related life insurance products or unit-linked products are still driving the growth of the life insurance industry nationwide. Mr Budi Tampubolon, AAJI chairman, said unit-linked products contributed 62% to the overall premium in the first six months of this year, generating an increase of 17% in premium compared to the first semester of 2020..

Asianinsurancereview.com/19-10-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Begini kinerja unitlink Generali hingga kuartal III

Menurut Generali Indonesia Vivin Arbianti, dengan memiliki polis unit link nasabah bisa memiliki proteksi jiwa dan kesehatan. Selain itu, meningkatkan tren Generali juga didorong oleh kinerja ROBOARMS yang sudah terbukti efektif mengoptimalkan nasabah. Hingga September 2021, kinerja porsi investasi nasabah dengan Robo ARMS, mayoritas 97% di atas IHSG, bahkan diantaranya bisa mencapai 44% di atas IHSG.

Kontan.co.id/19-10-2021

Strategi Investasi BNI Life

PT BNI Life Insurance yang mengaku, hampir semua unitlink memiliki performance di atas rata-rata. Per September 2021, untuk unitlink saham mencatat performance 26,06%, pendapatan tetap di 15,41%, money market di 4,69% dan campuran di 13,84%. GM of Corsec, Legal & Corcomm BNI Life Arry Herwindo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan untilink dengan pilihan strategi yang berbeda-beda, agresif, moderat maupun konservatif. Dengan masing-masing jenis instrumen investasinya yaitu unitlink saham, pendapatan tetap, campuran & money market

Kontan/20-10-2021

Hingga akhir tahun, BNI Life targetkan pendapatan premi unitlink Rp 1,58 triliun

Membaiknya pasar saham di bulan September 2021 turut mendorong kinerja pada perusahaan Asuransi Jiwa. Seperti PT BNI Life Insurance yang mengaku, hampir semua memiliki di atas rata-rata kompetitor dan juga . Per September 2021, untuk saham yoy 26.06%, pendapatan tetap di 15.41%, di 4.69% dan campuran di 13.84%.

Kontan.co.id/19-10-2021

BRI Life Menggenjot Unitlink

BRI Life terus menggeryot produk unitlink. Hingga September 2021 portofolio Unitlink BRI Life menyumbang pendapatan premi sebesar Rp 1,7 triliun, tumbuh di atas 30% year on year (yoy) dari total pendapatan premi BRI Life sebesar Rp 4,89 triliun, yang tumbuh 10% secara tahunan (yoy).

Kontan/21-10-2021

Kenali Manfaat Unit Link, Produk Asuransi yang Beri Keuntungan Ganda

Asuransi jiwa unit link merupakan produk yang menawarkan manfaat ganda sekaligus. Produk ini menawarkan manfaat perlindungan serta potensi hasil investasi, yang tentunya memiliki resiko sesuai dengan jenis dana investasi yang dipilih. Prudential Indonesia berinovasi menghadirkan ragam solusi perlindungan jiwa, kesehatan, dan finansial, yang salah satu produknya adalah asuransi jiwa unit link.

Detik.com/20-10-2021

Manulife Dorong Digitalisasi Layanan

Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife). Hans De Waal mengakui, pandemi memang mempercepat proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi. Manulife telah berinvestasi cukup besar untuk mengembangkan pelayanan digital jauh sebelum pandcmi Covid-19 melanda Indonesia. Sebab. Manulife saat itu menyadari layanan asuransi ke depan bakal mengarah ke digitalisasi.

Tribun Pontianak/19-10-2021

Adaptasi, Asuransi Jalankan Digitalisasi

Pandemi Covid-19 mempercepat proses digitalisasi pelayanan di semua bidang, termasuk asuransi. Hal ini tecermin dari tumbuhnya industri asuransi selama pan-dami Covid-19. Direktur dan Chief of Pro-duct & Inforce Fl' Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal di Jakarta .lumat (15/10/2021) mengatakan, selama pandemi, 50 persen konsumen beralih ke pelayanan digital. Manulife telah berinvestasi cukup besar untuk mengembangkan pelayanan digital jauh sebelum pandemi Covid-19. Diperkirakan dana lebih dari 10 juta dolar AS telah diinvestasikan untuk digitalisasi.

Pikiran Rakyat/20-10-2021

Kado Love Life, Kirim Kado Digital Untuk Orang Tersayang

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) makin memudahkan konsumen dengan menghadirkan inovasi produk perlindungan digitalnya, Kado Love Life. Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life menyampaikan, seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan produk perlindungan jiwa, Kado Love Life diharapkan bisa menjadi alternatif hadiah dengan nilai yang lebih berguna karena memberikan manfaat dalam bentuk Uang Pertanggungan, ini adalah salah satu inovasi produk digital dari Astra Life.

Marketing.co.id/19-10-2021

Inovasi Kado Produk Digital Asuransi Jiwa

Kado Love Life, inovasi produk perlindungan jiwa digital persembahan PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life). Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life menyampaikan, seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan produk perlindungan jiwa, Kado Love Life diharapkan bisa menjadi alternatif hadiah dengan nilai yang lebih berguna karena memberikan manfaat dalam bentuk Uang Pertanggungan.

Swa.co.id/19-10-2021

BERITA FOTO – Aset Investasi Asuransi Jiwa

Di saat volatilitas pasar modal masih tinggi, aset investasi industri asuransi jiwa justru kian bertambah. Tercatat hingga Agustus lalu, aset investasinya tumbuh 8,59% year-on-year dengan nilai mencapai Rp 496,4 triliun.

Investor Daily/21-10-2021

Keluhan Wanda Hamidah soal Asuransi Anak Terselesaikan

Keluhan selebritas Wanda Hamidah kepada perusahaan asuransi PT Prudential Assurance Indonesia (Prudential) telah terselesaikan.

Merdeka.com/19-10-2021

Akhirnya, Keluhan Wanda Hamidah Soal Asuransi Anak Terselesaikan

Keluhan aktris yang juga publik figur Wanda Hamidah kepada Prudential akhirnya terselesaikan.  Dalam akun media sosialnya tersebut, ia menyatakan rasa syukur, bahwa pengajuan rencana penjaminan rawat inap dari polis atas nama anaknya, telah disetujui oleh Prudential.

Sindonews.com/19-10-2021

Hore! Semua Biaya Operasi Anak Wanda Hamidah Ditanggung Prudential

Wanda Hamidah senang bukan main karena seluruh biaya operasi sang anak, Alfath ditanggung oleh Prudential. Hal ini disampaikan Wanda Hamidah dalam Instagram miliknya. Chief Marketing and Communications Officer, Luskito Hambali memberikan keterangan mengenai hal ini. Prudential Indonesia bakal terus berupaya sebaik mungkin untuk menjaga kepercayaan nasabah.

Detik.com/20-10-2021

Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mendaftar Asuransi Menurut Ahli Hukum

Banyak sekali macam produk asuransi, dari yang jenisnya untuk kesehatan, pendidikan, hingga berfungsi gandar seperti investasi (unit link).Sayangnya, tak sedikit masalah bisa muncul selama asuransi berjalan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda terpincut pada produk asuransi. Advokat asal Surakarta, Taufiq Nugroho, menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan masyarakat sebelum mendaftar asuransi.

Tribunnews.com/20-10-2021

6 Prinsip Dasar Asuransi yang Perlu Diketahui Sebelum Buka Polis Baru

Melalui peningkatan pemahaman asuransi serta prinsip-prinsip asuransi, masyarakat diharapkan akan terhindar dari kesalahpahaman, dan yang lebih penting, mengetahui dengan jelas manfaat yang diperoleh dari asuransi sehingga dapat meningkatkan literasi dan penetrasi asuransi di Indonesia. Prinsip pertama dalam dunia asuransi yang harus dipahami masyarakat, adalah Insurable Interest. Prinsip ini menjelaskan bahwa seseorang diberikan hak untuk mengasuransikan sesuatu karena terdapat hubungan keluarga atau ekonomi yang mendasarinya.

Nova.grid.id/20-10-2021

Cari Asuransi, Pahami Dulu Jenis dan Fungsinya

Chief Marketing Officer Allianz Life Karin Zulkarnaen menjelaskan, yang paling membedakan antara asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi umum adalah manfaatnya serta siapa yang diberikan perlindungan. Asuransi jiwa fokus memberikan proteksi terhadap diri nasabah atas risiko meninggal dunia, sedangkan asuransi kesehatan memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi ketika terjatuh sakit dan membutuhkan biaya perawatan.

Republika.co.id/20-10-2021

Dinilai Semakin Penting, Simak Beberapa Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi

Pandemi ternyata menciptakan peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap berbagai risiko kehidupan. Menurut Windi Teguh, banker dan certified financial planner, seseorang disarankan mulai memiliki asuransi saat membutuhkan dan ketika keuangan keluarga sudah bisa menutupi kebutuhan dasar. Sebelum memilih asuransi, perlu dipahami konsep transfer risiko (transfer risk) di mana perlindungan diberikan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomi dari nasabah atau tertanggung kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko.

Industry.co.id/20-10-2021

4 Asuransi Wajib untuk Anggota Keluarga

Direktur Tatadana Consulting Tejasari mengatakan premi asuransi ditentukan oleh berbagai hal seperti usia, jenis kelamin, uang pertanggungan, masa asuransi, hingga manfaat yang diambil. Sehingga setiap perusahaan asuransi memiliki premi yang berbeda-beda. Sementara itu asuransi dwiguna menurutnya adalah asuransi dengan tipe endowment dan premi yang dibayarkan ada pada periode tertentu.

Cnnindonesia.com/19-10-2021

Ini Pihak Tertanggung dan Lama Pengajuan Klaim dalam Asuransi Jiwa

Sebagai informasi, asuransi jiwa adalah suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis (tertanggung) dengan perusahaan asuransi (penanggung). Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tertanggung merupakan pihak yang menghadapi risiko sebagaimana diatur dalam perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi. Pihak tertanggung ini akan mendapat jaminan kerugian dari perusahaan penyedia asuransi jiwa, ketika terjadi risiko sesuai perjanjian yang disepakati.

Nova.grid.id/19-10-2021

Kitabisa Ramaikan Pasar Insurtech Lewat Platform Asuransi Kitajaga

Startup social crowdfunding Kitabisa bakal meramaikan pasar insurtech di Indonesia dengan meluncurkan platform asuransi digital. Platform bernama Kitajaga ini rencananya bakal diluncurkan pada akhir tahun 2021.  Kitajaga juga menggandeng PT Asuransi Takaful Keluarga untuk menghadirkan produk asuransi syariah atau dana tabarru’. Perusahaan asuransi syariah ini juga yang akan mengelola dana asuransi syariah yang dibeli melalui platform Kitajaga.

Techinasia.com/19-10-2021

Klaim Korban Tak Kunjung Cair, Polemik Bumiputera Jauh dari Titik Terang

Skandal Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera ternyata belum mencapai titik terang. Koordinator Kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera Fien Mangiri mengungkap hingga kini belum ada kejelasan mengenai pencairan klaim dari perusahaan. Saat ini jadi ada masalah baru yang muncul, yakni terkait pemilihan panitia Badan Perwakilan Anggota (BPA) yang dibentuk untuk menyelesaikan masalah gagal bayar ini polis Bumiputera.

Detik.com/20-10-2021

Pemegang Polis Jatuh Tempo Perlu Ikut Pilih BPA Bumiputera

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah Redjalam menyampaikan, setiap langkah penyelesaian permasalahan Bumiputera sangat menentukan. Apalagi upaya itu telah mendekati titik terang dengan disepakatinya pembentukan panitia pemilihan anggota BPA Sayangnya, langkah awal itu pun memunculkan persoalan baru. Pengumuman direksi Bumiputera di sejumlah harian nasional pada 9 Oktober 2021 menyebutkan bahwa mereka yang memiliki hak mengesahkan panitia pemilihan BPA adalah pemegang polis yang masih aktif.

Investor Daily/21-10-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Aturan Baru Rilis Akhir Tahun

Aturan baru terkait dengan penataan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi atau unit-linked ditargetkan terbit pada akhir tahun ini. Regulator masih menyempurnakan sejumlah ketentuan. Direktur Pengawasan Asuransi OJK Supriyono mengatakan aturan baru yang berbentuk surat edaran nantinya menyempurnakan aturan sebelumnya yang dibuat oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pada 2006.

Bisnis Indonesia/21-10-2021

Beleid Unitlink Bakal Terbit Di Akhir Tahun

Di tengah keramaian dan kisruh akibat masalah terkait produk asuransi unitlink, sejatinya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah berupaya membenahi industri ini sejak akhir tahun lalu. OJK menyebut regulasi berbentuk surat edaran OJK terkait unitlink bisa rilis akhir tahun ini.OJK membuat aturan agar industri asuransi bisa semakin sehat.

Kontan/21-10-2021

Rise of Digital Banks Underscores Urgency For Data Protection Law

Established banks have pledged to maintain strong digital security systems and encouraged consumers to take precautions against the risk of security breaches, but the passage of the stalled data protection bill is deemed crucial, as personal information is increasingly shared in the industry. Indonesia has no regulation in place that authorizes law enforcement to bring criminal charges against perpetrators of data breaches, theft or misuse.

Jakarta Post/21-10-2021

PDPI Upayakan Keluhan Long Covid Ditanggung BPJS

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya agar perawatan pasien dengan keluhan long Covid-19 dapat ditanggung oleh dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Saat ini pengobatan long Covid-19 belum dijamin BPJS.

Republika.co.id/19-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.096.00

IHSG (per 19 Oktober 2021)

6.656,00

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF