AAJI Daily News - 2 November 2021


Selasa 2 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Simak! Ini Yang Harus dilakukan untuk Hindari Kesalahan Finansial di Kalangan Generasi Muda dan Investasi Masa Depan
  2. Jangan Sampai Terjadi, Ini Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Milenial
  3. Ini Dia Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Generasi Muda
  4. Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Mana yang Harus Didahulukan?
  5. OVO Dan Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Proteksi Pendapatan Dari Risiko Kanker Dan Penyakit Kritis
  6. Kontribusi Anak Usaha Diperkuat
  7. Sinergi BPJS Kesehatan-Good Doctor Tingkatkan Layanan Peserta JKN-KIS
  8. BPJS Kesehatan Teken Nota Kesepahaman dengan PT Good Doctor Technology
  9. Mengurai Masalah, Tetap Melindungi Nasabah

INDUSTRI & ASURANSI

Simak! Ini Yang Harus dilakukan untuk Hindari Kesalahan Finansial di Kalangan Generasi Muda dan Investasi Masa Depan

Anak muda di Indonesia masih tergolong rentan secara finansial. Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia mengatakan bahwa memiliki investasi sudah menjadi keperluan, sehingga harus disertakan dalam perencanaan keuangan. Memiliki asuransi di usia muda memberikan banyak kemudahan dan kepastian, seperti premi yang akan dibayarkan semakin terjangkau dibandingkan dengan mengambil asuransi di usia yang lebih tua. Lalu, asuransi juga penting sebagai salah satu langkah dalam mencapai financial freedom. 

Industry.co.id/1-11-2021

Jangan Sampai Terjadi, Ini Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Milenial

Beberapa tahapan penting perlu diperhatikan oleh generasi muda yaitu dimulai dengan memenuhi kebutuhan dasar, kemudian kebutuhan perlindungan/proteksi serta dana darurat. Setelah itu, fokus untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak, pensiun dan warisan, serta mulai berinvestasi. Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, mengatakan bahwa memiliki investasi sudah menjadi keperluan, sehingga harus disertakan dalam perencanaan keuangan.

Surabaya.ayoindonesia.com/1-11-2021

Ini Dia Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Generasi Muda

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 mengungkapkan bahwa anak-anak muda di Indonesia masih tergolong rentan secara finansial. Itu sebabnya, literasi finansial menjadi semakin penting bagi kalangan muda agar dapat meraih kemerdekaan finansial. Lantaran mereka kerap melakukan kesalahan, mulai dari mengabaikan kebiasaan menabung, gaya hidup mewah, hingga tidak memiliki dana darurat dan perlindungan asuransi. Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, mengatakan bahwa memiliki investasi sudah menjadi keperluan, sehingga harus disertakan dalam perencanaan keuangan.

Suara.com/1-11-2021

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Mana yang Harus Didahulukan?

Asuransi memiliki beberapa jenis, di mana setiap jenisnya memiliki premi dan manfaat perlindungan yang berbeda, tergantung harga yang ditawarkan. Semakin besar cakupan manfaatnya, maka semakin tinggi punya premi yang harus kita bayarkan setiap bulannya. Sementara untuk asuransi kesehatan rawat jalan, perlindungan yang diberikan adalah proteksi atas biaya perawatan pasien selama menjalani rawat jalan. Asuransi kesehatan swasta ini dikelola oleh perusahaan swasta. Di Indonesia sendiri, sudah banyak asuransi kesehatan swasta yang cukup terkenal dan punya reputasi yang baik.

Finansialku.com/1-11-2021

OVO Dan Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Proteksi Pendapatan Dari Risiko Kanker Dan Penyakit Kritis

OVO dan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperkenalkan PRUTect Care - Cancer & PRUTect Care - Critical Illness, yaitu produk asuransi jiwa kumpulan Syariah berbasis digital terjangkau yang memberikan perlindungan santunan harian tambahan untuk penyakit kanker dan penyakit kritis bagi masyarakat Indonesia yang belum memiliki riwayat penyakit tersebut sebelumnya.Produk ini tersedia di aplikasi OVO yang disediakan oleh Prudential Indonesia melalui pialang asuransi digital berlisensi penuh, PT Salvus Inti.

Rri.co.id/1-11-2021

Kontribusi Anak Usaha Diperkuat

PT Asuransi BRI Life (BRI Life) meraup laba bersih Rp120 miliar, tumbuh 149% secara tahunan hingga kuartal III/2021. Laba disokong perbaikan hasil investasi dan pertumbuhan pendapatan premi.

Bisnis Indonesia/2-11-2021

Sinergi BPJS Kesehatan-Good Doctor Tingkatkan Layanan Peserta JKN-KIS

BPJS Kesehatan menandatangani nota kesepahaman dengan PT Good Doctor Technology secara virtual hari ini. Melalui kerja sama ini, keduanya siap bersinergi dalam ruang lingkup pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi Program JKN-KIS oleh PT Good Doctor Technology Indonesia kepada masyarakat melalui aplikasi Good Doctor. BPJS Kesehatan dan PT Good Doctor Technology Indonesia memiliki tujuan yang sama yaitu membuka akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas

Detik.com/1-11-2021

BPJS Kesehatan Teken Nota Kesepahaman dengan PT Good Doctor Technology

BPJS Kesehatan siap membangun sinergi dengan PT Good Doctor Technology. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua insitusi tersebut yang dilakukan secara virtual, Senin (01/11). Kolaborasi dengan PT Good Doctor Technology Indonesia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan BPJS Kesehatan kepada peserta. Aplikasi Good Doctor dapat mempublikasikan informasi dan menyediakan layanan edukasi bagi peserta JKN-KIS yang mengakses aplikasi tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun

Tribunnews.com/1-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Mengurai Masalah, Tetap Melindungi Nasabah

Beberapa tahun ke belakang OJK kerap menjadi sorotan. Hal itu terkait dengan mencuatnya sejumlah kasus di industri jasa keuangan, seperti masalah di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, Asuransi Jiwasraya, Asabri, atau Asuransi Kresna Life. OJK telah berupaya menyelesaikan semua kasus ini. Upaya edukasi dan perlindungan konsumen oleh OJK dilaksanakanmelalui aktivitas EPK di KR/KOJK, website Sikapi Uangmu, call center OJK 157, dan Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK).Masih soal perlindungan konsumen, OJK juga berperan dalam pembentukan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) di sektor jasa keuangan

Infobank/2-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.171.00

IHSG (per 1 November 2021)

6.552,89

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF