AAJI Daily News - 9 Agustus 2021


Tanggal terbit (09 / 08 / 2021)

 FM-CC-AAJI-006-00

Senin 9 Agustus 2021                                                                                                                                                      

HEADLINE NEWS

  1.     AAJI: Asuransi Jiwa Berbentuk Usaha Bersama di Dunia Justru Tumbuh Besar
  2. TOGAR PASARIBU
  3. BERITA FOTO – Penguatan Struktur Permodalan
  4. Pengakuan Dan Pembagian Kerugian Bisa Jadi Opsi Penyelamatan Bumiputera
  5.     Pembentukan Badan Perwakilan Anggota Dinilai Bisa Selamatkan Bumiputera
  6. Pakar Sebut Pembentukan BPA Bisa Selamatkan Bumiputera
  7. Pengakuan dan Pembagian Kerugian Bisa Jadi Opsi Penyelamatan Bumiputera
  8. Bagai Bumi dan Langit, Perbandingan Bumiputera dengan Asuransi Mutual di Luar Negeri
  9. Prudential: Polis Asuransi Tradisional & Premi Murah Makin Laris di Era Pandemi
  10.  Cara dukung anak tumbuh bahagia meski saat pandemi menurut pakar
  11.  Tips dukung anak tumbuh bahagia meski di tengah pandemi
  12.  Kasus Covid-19 naik, klaim asuransi terkait Covid-19 ikut meningkat
  13. Aset Investasi Asuransi Jiwa Melonjak
  14. Siasati Tingginya Biaya Kesehatan
  15. Yield Masih Minus, Nasabah Tetap Memburu Unitlink
  16. BRI LIFE Jawab Soal Dana Nasabah Digelapkan Rp 1,2M
  17. Sebelum Terima Tawaran Pekerjaan Cek Dulu Asuransinya
  18. Kinerja Sektor Keuangan Mulai Meningkat
  19.  OJK Pamer Sektor Jasa Keuangan dalam Kondisi Stabil
  20.  Bos OJK: Sektor Jasa Keuangan dalam Kondisi Stabil
  21. Aturan Baru PAYDI Berpotensi Guncang Industri Asuransi

TENTANG AAJI

AAJI: Asuransi Jiwa Berbentuk Usaha Bersama di Dunia Justru Tumbuh Besar

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyebut bentuk usaha asuransi jiwa bersama pada dasarnya memiliki tujuan yang mulia. Terlebih asuransi jiwa bersama sangat lazim di banyak negara dan umumnya berumur tua. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengatakan, perusahaan asuransi yang berbentuk usaha bersama sudah lama dikenal dalam industri asuransi dan tidak hanya di Indonesia. Perusahaan asuransi jiwa berbentuk usaha bersama itu tidak menjadi hambatan bagi perusahaan untuk tumbuh dengan baik.

Theiconomics.com/6-08-2021

 TOGAR PASARIBU

Aset saham dan reksadana memang selalu mendominasi portofolio investasi asuransi. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia

Kontan/6-08-2021

BERITA FOTO – Penguatan Struktur Permodalan

Industri asuransi jiwa mulai mengerek ekuitas pada tahun ini, setelah sempat terpukul pandemi Covid-19 sepanjang 2020. Struktur permodalan yang lebih kuat dinilai dapat menunjang pertumbuhan kinerja pada sisa tahun berjalan.

Bisnis Indonesia/9-08-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Pengakuan Dan Pembagian Kerugian Bisa Jadi Opsi Penyelamatan Bumiputera

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 disebut telah defisit ekuitas mencapai Rp 20,9 triliun pada akhir 2018 dan diproyeksi bakal terus membengkak tanpa adanya upaya konkret. Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyampaikan, nasib dari defisit Rp 20 triliun Bumiputera itu mesti segera mendapat solusi. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon menambahkan, penanganan permasalahan dalam kaitannya dengan perusahaan asuransi bisa dilakukan melalui dua hal. Pertama adalah menyelesaikan permasalahan sebelumnya. Kedua adalah terus melakukan penjualan polis baru, tapi dengan portofolio yang sehat agar menghasilkan keuntungan dan hingga pada saatnya defisit itu bisa susut.

Investor Daily/7-08-2021

Pembentukan Badan Perwakilan Anggota Dinilai Bisa Selamatkan Bumiputera

Kasus Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera yang berlarut-larut disebabkan oleh minimnya peran strategis Badan Perwakilan Anggota (BPA) selaku perwakilan pemegang polis. Hal itu dijelaskan oleh Direktur Riset Centre of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Budi Tampubolon, mengungkap penyelesaian masalah AJB Bumiputera 1912 ini sangat bergantung dengan pembentukan BPA ini. Jika masalah ini tidak segera dilakukan maka pada tahun depan permasalahan akan sama dengan nilai defisit terus membengkak.

Merdeka.com/6-08-2021

Pakar Sebut Pembentukan BPA Bisa Selamatkan Bumiputera

Pembentukan Badan Perwakilan Anggota (BPA) dianggap sebagai langkah penting untuk menyelesaikan klaim dana nasabah pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera sebanyak 3 juta peserta. Penundaan penyelesaian bakal memperparah masalah di asuransi jiwa tertua ini. Direktur Riset Core Indonesia Piter Abdullah mengatakan Bumiputera memiliki bentuk badan usaha mutual yang mendudukkan BPA sebagai Lembaga Tertinggi. Sementara Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Budi Tampubolon, mengungkap penyelesaian masalah AJB Bumiputera 1912 ini sangat bergantung dengan pembentukan BPA ini. Jika masalah ini tetap ada maka pada tahun depan permasalahan akan sama dengan nilai defisit terus membengkak.
Cnnindonesia.com/6-08-2021

Pengakuan dan Pembagian Kerugian Bisa Jadi Opsi Penyelamatan Bumiputera

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyampaikan, nasib dari defisit Rp 20 triliun Bumiputera itu mesti segera mendapat solusi. Semakin lama, maka semakin besar hak para pemegang polis sekaligus pemegang saham kian tergerus karena defisit diproyeksi akan semakin besar.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengungkapkan, penanganan permasalahan dalam kaitannya dengan perusahaan asuransi bisa dilakukan melalui dua hal. Pertama adalah menyelesaikan permasalahan sebelumnya. Kedua adalah terus melakukan penjualan polis baru, tapi dengan portofolio yang sehat agar menghasilkan keuntungan dan hingga pada saatnya defisit itu bisa susut.

investor.id/6-08-2021

Bagai Bumi dan Langit, Perbandingan Bumiputera dengan Asuransi Mutual di Luar Negeri

Para pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, bakal mendapat tantangan besar untuk bisa legowo menerima potensi kerugian perusahaan. Hal ini diungkap Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia sekaligus CEO Asuransi Jiwa Inhealth, dalam diskusi virtual Urgensi Pembentukan BPA dalam Penyelesaian AJB Bumiputera, Jumat (6/8/2021). Menurutnya komunikasi yang baik merupakan kunci asuransi mutual berjalan baik. Transparansi atas kinerja keuangan harus selalu dikedepankan oleh perwakilan anggota yang dalam AJB Bumiputera diwakili BPA atau RUA, dan pengurus yang diwakili jajaran komisaris bersama jajaran direksi.

Bisnis.com/6-08-2021

Prudential: Polis Asuransi Tradisional & Premi Murah Makin Laris di Era Pandemi

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menilai awareness pasar Indonesia terhadap asuransi perlu terus terus dipertahankan oleh industri lewat menyediakan produk-produk dan layanan yang makin relevan. Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, mengungkap hal ini dirasakan sendiri oleh pihaknya, di mana selama pandemi produk tradisional mendapatkan tempat yang makin besar di mata masyarakat. Oleh sebab itu, Prudential Indonesia yang memiliki 1,4 juta polis kesehatan dengan 19.000 klaim per bulan, berupaya melakukan inovasi lewat PRUMedicalNetwork.

Bisnis.com/6-08-2021

Cara dukung anak tumbuh bahagia meski saat pandemi menurut pakar

Psikolog anak, remaja dan keluarga psikolog Irma Gustiana Andriani S.Psi, M.Psi.,Psi. mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung agar anak bisa tumbuh bahagia meski dalam suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini. Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer, Allianz Life Indonesia menjelaskan, mendukung hal ini, Allianz Indonesia hadir memberikan perlindungan melalui berbagai produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan proteksi keluarga Indonesia

Antaranews.com/6-08-2021

Tips dukung anak tumbuh bahagia meski di tengah pandemi

Psikolog anak, remaja dan keluarga psikolog Irma Gustiana Andriani S.Psi, M.Psi.,Psi. mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung agar anak bisa tumbuh bahagia meski dalam suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini. Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer, Allianz Life Indonesia menjelaskan, mendukung hal ini, Allianz Indonesia hadir memberikan perlindungan melalui berbagai produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan proteksi keluarga Indonesia

Kalteng.antaranews.com/6-08-2021

Kasus Covid-19 naik, klaim asuransi terkait Covid-19 ikut meningkat

Tingginya kasus Covid-19 di Indonesia membuat klaim asuransi terkait Covid-19 ikut melonjak. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai, klaim Covid-19 nilainya akan terus meningkat, di sisi lain juga akan berpotensi memperkuat bisnis industri asuransi. Menurut Togar, pembayaran klaim terkait Covid-19 oleh industri asuransi dapat meringankan beban pemerintah karena biaya perawatan pasien di luar rumah sakit rujukan pemerintah dapat ditanggung oleh asuransi. Tren peningkatan klaim covid-19 terjadi pada PT BNI Life Insurance. Sejak awal pandemi sampai dengan Juni 2021 BNI Life telah membayar klaim terkait Covid-19 lebih dari Rp 189 miliar. Hingga 27 Juli 2021, Allianz Life Indonesia telah membayarkan klaim asuransi jiwa dan kesehatan terkait Covid-19 sebesar lebih dari Rp 403 miliar dengan total sebanyak 21.720 kasus.

Kontan.co.id/8-08-2021

Aset Investasi Asuransi Jiwa Melonjak

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat aset investasi industri asuransi jiwa mencapai nilai Rp 492,35 triliun hingga paruh pertama tahun ini. Sebagai perbandingan, di periode yang sama aset investasi industri ini  hanya senilai Rp 440,92 triliun. Selain itu industri asuransi jiwa juga mulai berani kembali masuk pasar saham. Aset di saham menjadi nomor dua dari total portofolio investasi asuransi jiwa mencapai Rp137,88 triliun.  Lalu di tempat teratas ada aset reksadana yang menjadi portofolio terbesar dari keseluruhan aset investasi. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu mengatakan, kedua aset tersebut memang selalu mendominasi beberapa tahun belakangan. BNI Life yang hingga Juli 2021 mencatatkan aset investasi sebesar Rp 19,7 triliun atau tumbuh 12% yoy.

Insight.kontan.co.id/6-08-2021

Siasati Tingginya Biaya Kesehatan

Enam dari 10 orang Indonesia tidak siap menghadapi dampak finansial dari penyakit kritis tersebut. Atas dasar itulah penting bagi setiap individu untuk merancang siasat, bagaima na aga r terlindung dari risiko finansial akibat hal terduga seperti sakit. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti perlindungan atau pertanggungan yang dinamakan asuransi. Direktur AXA Financial Indonesia Cicilia Nina, menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan asuransi kesehatan yang tepat untuk memberikan jaminan proteksi di kemudian hari, terlebih di masa pandemi ini. Biaya perawatan kesehatan yang tinggi membuat sebagian besar orang sering terbentur masalah dana sehingga perawatan menjadi tidak maksimal.

Republika/7-08-2021

Yield Masih Minus, Nasabah Tetap Memburu Unitlink

Hingga pertengahan tahun imbal hasil atau yield unitlink masih minus. Namun ternyata hal itu tak menghalangi keinginan masyarakat untuk membeli produk asuransi dengan campuran produk investasi ini. Misalnya saja PT Asuransi BRI Life yang nasabahnya mencari produk dengan yield yang tinggi. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan,  rata-rata yield unitlink yang diperoleh BRI Life tergantung dari fund yang dipilih oleh nasabah. Untuk fund saham, sejalan dengan kinerja pasar modal, terutama di LQ45, sedangkan yang obligasi dan pasar uang kinerjanya sekitar kinerja obilgasi dan pasar uang. PT BNI Life Insurance juga menyatakan, dari segi kinerja fund, pada semester I ini kinerja unitlink BNI Life cukup memuaskan. Hampir semua unitlink memiliki performance di atas benchmark.

Insight.kontan.co.id/6-08-2021

BRI LIFE Jawab Soal Dana Nasabah Digelapkan Rp 1,2M

PT Asuransi BRI Life akhirnya angkat bicara terkait penggelapan dana asuransi nasabahnya hingga Rp 1,2 miliar oleh mantan pegawainya Nurrahman Fitri alias Fitri yang saat ini sudah ditetapkan sebagai DPO Polres Empat Lawang. Hal ini disampaikan Sekretaris Perusahaan PT Asuransi BRI Life Ade Ahmad Nasution dalam keterangan resminya, yang disampaikan ke Tribun Sumsel.
Ade menyatakan pihaknya senantiasa beretikad baik dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan dengan tuntas semua permasalahan yang dialami nasabah BRI Life.

Tribun Sumsel/8-08-2021

Sebelum Terima Tawaran Pekerjaan Cek Dulu Asuransinya

Head of Employee Benefits, Allianz Life Indonesia, Nicolaus Satya Bharata mengatakan, Karyawan merupakan aset paling berharga yang mampu menentukan kesuksesan dari sebuah perusahaan. Selain penghasilan yang memadai dan lingkungan kerja yang nyaman, alangkah baiknya mendapatkan juga rasa aman dan nyaman melalui fasilitas asuransi kesehatan kumpulan yang disediakan  oleh perusahaan

Cnnindonesia.com/9-08-2021

Kinerja Sektor Keuangan Mulai Meningkat

Ketua Dewan Komisioner Otoritas lasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan kinerja berbagi indikator sektor jasa keuangan meningkat pada triwulan 11-2021. Selain itu, kuatnya kondisi permodalan lembaga jasa keuangan juga terlihat dari Risk-Based Capital (RBC) industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing tercatat sebesar 647,7 persen dan 314,8 persen, berada jauh di atas tlireshold minimum.

Ekonomi Neraca/9-08-2021

OJK Pamer Sektor Jasa Keuangan dalam Kondisi Stabil

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan kinerja berbagi indikator sektor jasa keuangan meningkat pada triwulan II-2021. Selain itu, kuatnya kondisi permodalan lembaga jasa keuangan juga terlihat dari Risk-Based Capital (RBC) industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing tercatat sebesar 647,7 persen dan 314,8 persen, berada jauh di atas tlireshold minimum.

Okezone.com/6-08-2021

Bos OJK: Sektor Jasa Keuangan dalam Kondisi Stabil

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan kinerja berbagi indikator sektor jasa keuangan meningkat pada triwulan II-2021. Selain itu, kuatnya kondisi permodalan lembaga jasa keuangan juga terlihat dari Risk-Based Capital (RBC) industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing tercatat sebesar 647,7 persen dan 314,8 persen, berada jauh di atas tlireshold minimum.

Merdeka.com/6-08-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Aturan Baru  PAYDI Berpotensi Guncang Industri Asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJ K) sedang meramu aturan baru terkait produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unitlink. OJK memperingatkan bahwa aturan baru itu akan menimbulkan guncangan (shock), tapi aturan itu juga akan secara alamiah membuat perusahaan asuransi mencari titik keseimbangan baru. Deputi Komisioner Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) M Ihsanuddin menyampaikan, Aturan baru itu juga mendukung upaya meningkatkan literasi dan pada akhirnya perlindungan konsumen. Kalau dirasakan, ini (regulasi PAYDI) akan terasa seperti shock (kejutan). Tetapi itu akan ada namanya new equilibrium (keseimbangan baru), nanti semua akan menyesuaikan dengan otomatis.

Investor Daily/9-08-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.342.00

IHSG (per 6 Agustus 2021)

6.203,43

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF