AAJI Daily News - 8 Oktober 2021


Jum’at 8 Oktober 2021                                                                                                                                   

 FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Ngadu ke DPR, Nasabah Ungkap 'Modus' Agen Unit Link
  2. Nasabahnya merugi akibat produk unitlink, perusahaan asuransi pun buka suara
  3. Bos AXA Mandiri Tanggapi Aduan Korban Mis-selling Produk Unit Link
  4. Perkumpulan Agen Asuransi Buka Suara Soal Aduan Mis-selling Unit Link
  5. Perusahaan Asuransi Mengaku Sudah Sesuai Prosedur
  6.  PAAI Berbagi Tips ke Agen Asuransi Tetap Produktif Saat Pandemi
  7.  Perkuat Profesi Agen Asuransi, PAAI Siap Gelar Webinar HUT dengan Tema ‘Strong & Survive’ pada 28 Oktober 2021
  8. Delapan Tips Buat Agen Asuransi Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi
  9. Begini Tips Bagi Agen Asuransi Agar Tetap Produktif Saat Pandemi
  10. Survei Cigna: Masyarakat Makin Peduli Terhadap Kesehatan
  11. Akibat Pandemi, Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Naik Jadi 75 Persen
  12. Cigna Peduli Terhadap Kesehatan Masyarakat
  13. Axa Mandiri Fokus Kembangkan Produk Asuransi Proteksi
  14. AXA Mandiri hadirkan layanan telekonsultasi di tengah pandemi
  15. AXA MANDIRI Hadirkan Layanan Telekonsultasi Di Tengah Pandemi
  16. AXA Mandiri Catat PPKM Bikin Pengguna Layanan Telekonsultasi Melonjak
  17. Bos AXA Mandiri Beberkan Upaya Percepat Transformasi Digital
  18. Digitalisasi Industri Asuransi Penting? Ini Kata Direktur AXA Mandiri
  19. Gandeng Prodia, AIA Vitality dan AIA Edukasi Pentingnya Medical Check Up
  20. Gaya Hidup Sehat Perlu Dibarengi Medical Check Up
  21. Tak Hanya Covid-19, Penyakit Diabetes dan Hipertensi Juga Mengintai
  22. Astra Life Berikan Manfaat Tambahan Isolasi Mandiri
  23. Penting, Melindungi Kesehatan Diri dari Penyakit Kritis
  24. Waduh! Jumlah Orang Sakit Autoimun Terus Bertambah Setiap Tahun
  25. Premi Asuransi Melonjak

INDUSTRI & ASURANSI

Ngadu ke DPR, Nasabah Ungkap 'Modus' Agen Unit Link

Sejumlah nasabah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-link yang dirugikan oleh beberapa perusahaan asuransi jiwa , menemui DPR RI untuk mengadu dan menuntut adanya reformasi di industri asuransi. Pemegang polis dari beberapa perusahaan asuransi terkemuka yang tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi ini terutama mengeluhkan praktik pemasaran yang sengaja mengarah kepada mis-selling dan mencurangi calon nasabah.

Bisnis.com/7-10-2021

Nasabahnya merugi akibat produk unitlink, perusahaan asuransi pun buka suara

Beberapa nasabah dari berbagai perusahaan asuransi, seperti Prudential, AIA Financial, dan AXA Mandiri mengadukan nasibnya terkait produk asuransi unitlink. Luskito Hambali, Prudential Indonesia mengatakan, Prudential Indonesia telah memberikan penjelasan kepada beberapa pihak tersebut secara langsung dan transparan baik secara lisan maupun tertulis. AIA Financial juga mengaku telah memastikan bahwa nasabah sudah mendapat penjelasan tentang produk yang dibeli.

Kontan.co.id/7-10-2021

Bos AXA Mandiri Tanggapi Aduan Korban Mis-selling Produk Unit Link

PT AXA Mandiri Financial Services ( AXA Mandiri ) memastikan bahwa penjualan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-link telah dilakukan melalui komunikasi yang baik dan sesuai aturan untuk mencegah terjadinya mis-selling kepada nasabah. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma menekankan pentingnya komunikasi dengan nasabah untuk menjelaskan secara jelas fitur dan manfaat yang dijanjikan dari produk-produk asuransi yang dijual.

Bisnis.com/7-10-2021

Perkumpulan Agen Asuransi Buka Suara Soal Aduan Mis-selling Unit Link

Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) turut memberikan tanggapan atas munculnya aduan terkait dugaan ketidaksesuaian penjualan (mis-selling) produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-link. Ketua Bidang Investasi dan Pajak PAAI Henny E. Dondocambey menilai praktik mis-selling yang terjadi di lapangan bisa saja disebabkan agen asuransi tidak paham secara menyeluruh atas produk yang dijualnya atau agen memiliki motivasi yang berorientasi terhadap penjualan sehingga kurang transparan dalam menjelaskan produk yang dijualnya.

Bisnis.com/7-10-2021

Perusahaan Asuransi Mengaku Sudah Sesuai Prosedur

Perusahaan asuransi langsung merespons pengaduan nasabah ke DPR perihal unitlink. Perusahaan asuransi jiwa yang kebanyakan terafiliasi asing ini memastikan, penjualan unitlink mereka sudah sesuai dengan prosedur. Chief Marketing and Communications Ojfwer Prudential Indonesia Luskito Hambali menyatakan, perusahaan asuransi ini telah memberikan penjelasan kepada beberapa pihak tersebut secara langsung dan transparan, baik secara lisan maupun tertulis.

Kontan/8-10-2021

PAAI Berbagi Tips ke Agen Asuransi Tetap Produktif Saat Pandemi

Berbagai pembatasan mobilitas menyebabkan para agen tidak bisa bertatap muka dengan nasabah. Karena itu, kemudahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk digital sales, memberi ruang bagi agen asuransi untuk berinovasi sehingga tetap produktif. Lucia Wenny, Ketua Umum PAAI (Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia) mempunyai tips bagi para Agen Asuransi untuk tetap produktif, atau tetap closing di saat pandemi. Menurutnya, setiap Agen Asuransi harus dilengkapi dengan 8 (delapan) Powerful Words.

Jawapos.com/7-10-2021

Perkuat Profesi Agen Asuransi, PAAI Siap Gelar Webinar HUT dengan Tema ‘Strong & Survive’ pada 28 Oktober 2021

Program Pengembangan Keagenan Ketua Umum PAAI periode 2020-2021, Lucia Wenny mengatakan, dalam rangka peningkatan kompetensi agen asuransi, PAAI juga melakukan berbagai program pengembangan keagenan. Salah satunya adalah Fun Friday. Diberi titlle Fun Friday karena training keagenan diadakan setiap hari Jumat dengan nara sumber dari para agen asuransi yang sukses dan juga para praktisi.

Akurat.co/7-10-2021

Delapan Tips Buat Agen Asuransi Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi

Pembatasan mobilitas membuat para agen tidak bisa bertatap muka dengan nasabah. Namun dengan kemudahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk digital sales, maka agen asuransi didorong untuk berinovasi sehingga tetap produktif di masa pandemi. Untuk itu, memasuki era ‘new normal ada 8 mempunyai tips bagi para Agen Asuransi untuk tetap produktif, atau tetap closing di saat pandemi. Dimana tiap Agen Asuransi harus dilengkapi dengan 8 (delapan) Powerful Words.

Krjogja.com/7-10-2021

Begini Tips Bagi Agen Asuransi Agar Tetap Produktif Saat Pandemi

Memasuki era new normal, Ketua Umum Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Lucia Wenny membagikan tips bagi para agen asuransi untuk tetap produktif atau tetap closing di saat pandemi. Menurutnya, setiap agen asuransi harus dilengkapi dengan delapan powerful words.

Bisnis.com/7-10-2021

Survei Cigna: Masyarakat Makin Peduli Terhadap Kesehatan

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. Hal itu terungkap dari hasil survei Skor Kesejahteraan 360deg yang dilakukan Cigna secara global terhadap 18.000 responden di 21 negara pada kuartal kedua 2021. President Director & CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds mengatakan, dari survei ini Cigna bertujuan memberi solusi terhadap pengelolaan finansial terkait kesehatan dan kesejahteraan sesuai kebutuhan mereka.

Sindonews.com/7-10-2021

Akibat Pandemi, Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Naik Jadi 75 Persen

Dari hasil survei Skor Kesejahteraan 360 yang dilakukan Cigna secara global terhadap 18.000 responden di 21 negara pada kuartal kedua 2021, terbukti bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan tingkat stres masyarakat meningkat. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan densitas Indonesia mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Hal itu didorong oleh meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap kebutuhan perlindungan kesehatan sehingga tertarik untuk membeli produk-produk asuransi.

Rakyat Sultra/7-10-2021

Cigna Peduli Terhadap Kesehatan Masyarakat

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. Hal itu terungkap dari hasil survei Skor Kesejahteraan 360deg yang dilakukan Cigna secara global terhadap 18.000 responden di 21 negara pada kuartal kedua 2021. President Director & CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds mengatakan, dari survei ini Cigna bertujuan memberi solusi terhadap pengelolaan finansial terkait kesehatan dan kesejahteraan sesuai kebutuhan mereka.

Radar Bali/7-10-2021

Axa Mandiri Fokus Kembangkan Produk Asuransi Proteksi

Perusahaan asuransi Axa Mandiri akan fokus mengembangkan produk-produk asuransi proteksi ketimbang produk asuransi investasi. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma mengakui, perubahan fokus dalam pengembangan produk ini tentu berbeda dengan fonemena yang sudah terjadi selama ini dimana produk yang dijual lebih banyak asuransi bernuansa investasi atau saving. 

Theiconomics.com/7-10-2021

AXA Mandiri hadirkan layanan telekonsultasi di tengah pandemi

Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G Kusuma mengatakan pihaknya menghadirkan layanan telekonsultasi bagi nasabah di tengah COVID-19.  Telekonsultasi yang dihadirkan AXA Mandiri memungkinkan nasabah berkonsultasi dengan dokter yang sama berkali-kali sehingga riwayat keluhan mereka dapat terarsip dengan baik.

Antaranews.com/7-10-2021

AXA MANDIRI Hadirkan Layanan Telekonsultasi Di Tengah Pandemi

Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G Kusuma mengatakan pihaknya menghadirkan layanan telekonsultasi bagi nasabah di tengah COVID-19.  Telekonsultasi yang dihadirkan AXA Mandiri memungkinkan nasabah berkonsultasi dengan dokter yang sama berkali-kali sehingga riwayat keluhan mereka dapat terarsip dengan baik.

Investor Daily/8-10-2021

AXA Mandiri Catat PPKM Bikin Pengguna Layanan Telekonsultasi Melonjak

AXA Mandiri melakukan sejumlah inovasi seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat di masa pandemi. Salah satunya melalui peningkatan digitalisasi dengan menyediakan layanan telekonsultasi. Direktur AXA Mandiri Uke Giri Utama mengatakan, pada masa awal penerapan PPKM, banyak nasabah yang menggunakan layanan telekonsultasi lantaran enggan untuk ke rumah sakit. Pengguna layanan ini pun membeludak di masa PPKM.

Kompas.com/8-10-2021

Bos AXA Mandiri Beberkan Upaya Percepat Transformasi Digital

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) mempercepat transformasi digital sebagai langkah dalam beradaptasi di masa pandemi. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma menyampaikan, AXA Mandiri telah menghadirkan sederet solusi proteksi, cara baru pemberian layanan dan inisiatif yang memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan nilai lebih, guna melindungi yang terpenting bagi masyarakat dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Bisnis.com/7-10-2021

Digitalisasi Industri Asuransi Penting? Ini Kata Direktur AXA Mandiri

Digitalisasi disebut punya potensi besar bagi industri asuransi. Menurut Direktur AXA Mandiri Uke Giri Utama adaptasi digital perlu diterapkan untuk semua segmen layanan. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma mengatakan, adaptasi digital penting dalam menyikapi kondisi saat ini. Hal ini mengingat segala kebutuhan konsumen tidak mengalami perubahan selama masa pandemi.

Detik.com/7-10-2021

Gandeng Prodia, AIA Vitality dan AIA Edukasi Pentingnya Medical Check Up

PT AIA Financial (AIA) jalin kerja sama dengan PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) memaparkan fakta pentingnya medical check-up secara rutin sekaligus mendorong penerapan gaya hidup sehat dengan memantau kondisi kesehatan melalui AIA Vitality.

Investor.id/7-10-2021

Gaya Hidup Sehat Perlu Dibarengi Medical Check Up

PT AIA Financial (AIA), perusahaan asuransi jiwa bekerja sama dengan PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) mengedukasi masyarakat pentingnya medical check-up secara rutin sekaligus mendorong penerapan gaya hidup sehat melalui AIA Vitality.

Beritasatu.com/7-10-2021

Tak Hanya Covid-19, Penyakit Diabetes dan Hipertensi Juga Mengintai

Kathryn Monika Parapak dari AIA menilai masyarakat juga perlu melakukan tindakan preventif dengan menjalankan pola hidup sehat, mulai dari pilihan asupan makanan serta aktif berolahraga. Masyarakat didorong melakukan perubahan perilaku positif dalam jangka panjang. Hal tersebut disampaikan dalam webinar AIA Vitality bersama Prodia secara daring baru-baru ini.

Rctiplus.com/7-10-2021

Astra Life Berikan Manfaat Tambahan Isolasi Mandiri

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) memberikan manfaat tambahan untuk tertanggung yang terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri (ISOMAN). Windawati Tjahjadi – Presiden Direktur Astra Life mengatakan, Astra Life tetap memberikan perlindungan kesehatan tambahan bagi nasabah yang terpapar virus Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Diharapkan program ini bisa membantu meringankan beban nasabah saat menjalani isoman 

Jurnalnusantara.com/7-10-2021

Penting, Melindungi Kesehatan Diri dari Penyakit Kritis

DBS Treasures bermitra dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) meluncurkan MiECP sebagai komitmen untuk melindungi kesehatan dan kekayaan, serta gaya hidup. MiECP hadir sebagai produk asuransi yang menyediakan perlindungan pertanggungan terhadap 65 penyakit kritis yang didiagnosis di tahap awal, dan pertanggungan terhadap hingga 85 penyakit kritis di tahap akhir.

Mediaindonesia.com/7-10-2021

Waduh! Jumlah Orang Sakit Autoimun Terus Bertambah Setiap Tahun

DBS Indonesia luncurkan produk perlindungan MiEarly Critical Protection (MiECP). Asuransi tersebut fokus memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis, termasuk yang disebabkan oleh penyakit autoimun. DBS Treasures bermitra dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia meluncurkan MiECP sebagai komitmen bersama untuk melindungi tidak hanya kesehatan Nasabah, namun juga kekayaan serta gaya hidup Nasabah bersama keluarga

Suara.com/8-10-2021

Premi Asuransi Melonjak

Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK, Anto Prabowo mengungkapkan, industri asuransi berhasil menghimpun total premi sebesa Rp 20,9 triliun pada Agustus 2021. Dengan rincian industri asuransi jiwa sebesar Rp 13,6 triliun, asuransi umum dan reasuransi sebesar Rp7,3 triliun

Kontan/8-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.245.00

IHSG (per 7 Oktober 2021)

6.440,00

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF