AAJI Daily News - 18 Oktober 2021


Senin 18 Oktober 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.  AAJI dan OJK Intens Pantau Perkembangan Produk Unit-Link
  2. Di Tengah Situasi Pandemi, Unit Link Bisa Jadi Solusi
  3.  Pantau Persoalan, AAJI Selalu Diskusi dengan OJK terkait Perkembangan Unit Link
  4.  Industri asuransi percepat digitalisasi pelayanan di tengah pandemi
  5. Digitalisasi Menghampiri Industri Asuransi
  6. Digitalisasi Bisnis Asuransi, Manulife Gelontorkan 10 Juta Dollar AS
  7.  Manulife jalankan digitalisasi di bisnis asuransi
  8. Transformasi Layanan Mutlak Dibutuhkan
  9. Wanda Hamidah Minta Agen Asuransi Tak Muluk-muluk Beri Janji: Harus Punya Empati
  10. Prudential Merespons Video Penjelasan Wanda Hamidah
  11. Keluhan Wanda Hamidah Akhirnya Capai Titik Terang
  12. Prudential Akhirnya Setujui Pembiayaan Operasi Anak Wanda Hamidah
  13. Kata Prudential soal Anak Wanda Hamidah yang Akhirnya Bakal Operasi
  14. Cermat Pilih Asuransi Agar Tak Kecele Seperti Wanda Hamidah
  15. Apakah Kamu Sudah Ada di Titik Financial Freedom? Cek di Sini
  16. Kado Love Life Astra Life, Hadiah Uang Pertanggungan Bagi Siapa Saja
  17. Unit-Linked Disorot, Asuransi Generali Andalkan Robot
  18. Generali Indonesia Andalkan Fitur Robot
  19. Solusi Proteksi Kesehatan Dari Cigna
  20. Nasabah Jiwasraya kecewa transfer polis ke IFG Life berjalan lambat
  21. Disoroti Soal Kinerja Penanganan Sengkarut AJB Bumiputera, OJK Angkat Bicara
  22. OVO Percepat Akselerasi Transformasi Keuangan Digital
  23. Turunkan Take Home Pay Agen
  24. Dirut BPJS Kesehatan: Sustainabilitas jaminan kesehatan harus terjaga

INDUSTRI & ASURANSI

AAJI dan OJK Intens Pantau Perkembangan Produk Unit-Link

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama regulator terus memantau perkembangan produk-produk asuransi, termasuk produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau lebih dikenal sebagai unit-link. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengemukakan bahwa hingga semester I/2021, produk unit-link masih menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan pendapatan premi industri asuransi jiwa. Komunitas Korban Asuransi yang mewakili lebih dari 200 orang, menemui DPR RI untuk mengadu dan menuntut adanya reformasi di industri asuransi.

Bisnis.com/17-10-2021

Di Tengah Situasi Pandemi, Unit Link Bisa Jadi Solusi

Pertumbuhan pendapatan asuransi jiwa yang signifikan pada semester I 2021, yang mencapai Rp119,74 triliun, atau tumbuh 64,1% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya proteksi jiwa dan kesehatan. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengakui, belakangan ini unit link sedang hangat menjadi sorotan publik. Kinerja investasi unit link yang sesuai dengan kondisi pasar yang terus berubah saat ini menurutnya menjadi tantangan tersendiri.

Sindonews.com/15-10-2021

Pantau Persoalan, AAJI Selalu Diskusi dengan OJK terkait Perkembangan Unit Link

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengatakan, pertumbuhan asuransi hingga semester pertama 2021 lebih baik dibandingkan periode sama tahun 2020, dengan peningkatan paling signifikan berasal dari kanal distribusi bancassurance dan produk yang dominan unit link. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada Editor's Dialog yang diselenggarakan Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) bertema Unit Link : Melihat dengan Perspektif Berbeda, Jumat (15/10).

Investor.id/15-10-2021

Industri asuransi percepat digitalisasi pelayanan di tengah pandemi

Perusahaan asuransi harus terus mempercepat digitalisasi proses pelayanan kepada konsumen seiring dengan membaiknya tingkat literasi digital masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal mengatakan, Pandemi mengharuskan terjadi proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi. Namun, sejalan dengan itu industri asuransi mencatat pertumbuhan sebagai dampak dari transformasi digital di perusahaan

Antaranews.com/15-10-2021

Digitalisasi Menghampiri Industri Asuransi

Kendati diselimuti pandemi Covid-19, bisnis asuransi di Tanah Air masih cukup positif. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengatakan bahwa pengaruh digitalisasi buat industri asuransi jiwa lebih banyak berperan dari sisi operasional dan pemasaran. Adapun, kanal distribusi masih didominasi bancassurance dan agen.

Bisnis Indonesia/18-10-2021

Digitalisasi Bisnis Asuransi, Manulife Gelontorkan 10 Juta Dollar AS

Pandemi Covid-19 memaksa berbagai sektor industri untuk mempercepat proses digitalisasi dalam pelayanan usahanya, tidak terkecuali sektor industri asuransi. Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife) Hans De Waal mengatakan, pandemi memang mempercepat proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi.

Kompas.com/15-10-2021

Manulife jalankan digitalisasi di bisnis asuransi

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyebutkan, pada semester I 2021 premi industri asuransi jiwa tercatat sebesar Rp 104,72 triliun atau tumbuh 17,5 % dibandingkan periode sebelumnya (yoy). Data tersebut menggambarkan transformasi digital di industri asuransi merupakan suatu kebutuhan saat ini.  Direktur dan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal di Jakarta Jumat (15./10/2021) mengakui, pandemi memang mempercepat proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi.

Kontan.co.id/15-10-2021

Transformasi Layanan Mutlak Dibutuhkan

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyebutkan, pada semester 12021, premi industri asuransi jiwa tercatat sebesar Rp104.72 triliun atau tumbuh 17,5 % secara tahunan (yoy). Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal, di Jakarta, Jumat (15/10) mengakui pandemi mempercepat proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi.

Media Indonesia/18-10-2021

Wanda Hamidah Minta Agen Asuransi Tak Muluk-muluk Beri Janji: Harus Punya Empati

Aktris menyebutkan ada sejumlah pelajaran bisa dipetik dari permasalahan yang tengah dihadapinya dengan . Salah satu yang disorotinya adalah perilaku yang tidak menjelaskan segala hal terkait polis asuransi sejak awal. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali sebelumnya menyatakan pihaknya sudah menghubungi langsung Wanda pada hari yang sama saat keluhan disampaikan di media sosial. 

Tempo.co/15-10-2021

Prudential Merespons Video Penjelasan Wanda Hamidah

Prudential Indonesia merespons video penjelasan yang disampaikan aktris terkait dugaan penipuan yang dialaminya. Chief Marketing and Communication Officer Indonesia, Luskito Hambali mengatakan,  perusahaan akan terus mendengarkan masukan yang diberikan oleh nasabah.

Tempo.co/15-10-2021

Keluhan Wanda Hamidah Akhirnya Capai Titik Terang

Keluhan aktris yang juga publik figur Wanda Hamidah kepada perusahaan asuransi PT Prudential Assurance Indonesia (Prudential) telah terselesaikan.  Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali, mengatakan, keputusan sebelumnya dari manajemen yang sempat membuat Wanda merasa kecewa, sejatinya sebuah keputusan yang telah sesuai dengan dokumen pendukung yang Prudential terima dari nasabah pada saat itu.

Beritasatu.com/15-10-2021

Prudential Akhirnya Setujui Pembiayaan Operasi Anak Wanda Hamidah

Wanda Hamidah akhirnya bisa bernapas lega. Karena polis yang sempat ditolak Prudential beberapa waktu lalu, akhirnya hari ini disetujui. Sebelumnya, Prudential juga sudah memberikan keterangannya mengenai hal ini Chief Marketing and Communication Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali memberikan jawaban mengenai postingan Wanda Hamidah itu

Detik.com/15-10-2021

Kata Prudential soal Anak Wanda Hamidah yang Akhirnya Bakal Operasi

Wanda Hamidah bahagia bukan main lantaran anaknya bakal menjalani operasi sebentar lagi. Prudential akhirnya memberikan respons yang positif atas keluhan Wanda Hamidah . Pihak Prudential akhirnya bicara mengenai hal tersebut. Chief Marketing and Communications Officer, Luskito Hambali memberikan keterangan mengenai hal ini.

Detik.com/16-10-2021

Cermat Pilih Asuransi Agar Tak Kecele Seperti Wanda Hamidah

Membeli produk asuransi untuk diri dan keluarga bisa menjadi salah satu bentuk perlindungan sekaligus investasi yang dapat dinikmati di kemudian hari. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengatakan survei lembaga riset Nielsen mengungkapkan kesadaran untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota besar Indonesia sebesar 24 persen, hampir menyamai Singapura di kisaran 26 persen.

Cnnindonesia.com/16-10-2021

Kado Love Life Astra Life, Hadiah Uang Pertanggungan Bagi Siapa Saja

Kado Love Life, inovasi produk perlindungan jiwa digital persembahan PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) memungkinkan seseorang menerima bingkisan hadiah dalam bentuk asuransi.

Sinarharapan.id/16-10-2021

Unit-Linked Disorot, Asuransi Generali Andalkan Robot

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) mengandalkan fitur RoboARMS sebagai strategi untuk membantu mengendalikan kinerja investasi produk unit-linked. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman menilai bahwa dalam memilih produk unit-linked, pemegang polis perlu memiliki pengetahuan tentang investasi, waktu untuk memantau portofolio investasi, dan memiliki disiplin yang kuat untuk menyesuaikan strategi investasi.

Bisnis.com/18-10-2021

Generali Indonesia Andalkan Fitur Robot

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia mengandalkan fitur robot, yakni RoboARMS, sebagai strategi untuk membantu mengendalikan kinerja investasi produk unit-linked. CEO Generali Indonesia Edy TUhirman menilai dalam memilih produk unit-link, pemegang polis perlu memiliki pengetahuan tentang investasi, waktu untuk memantau portofolio investasi, dan memiliki disiplin yang kuat untuk menyesuaikan strategi investasi.

Bisnis Indonesia/18-10-2021

Solusi Proteksi Kesehatan Dari Cigna

Cigna Indonesia menawarkan solusi proteksi kesehatan keluarga yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat tersebut yakni Cigna Medical Pro (CMP) dengan cara pembayaran nontunai (cashless). President Direc-tor & CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds di lakarta, Rabu (13/10/2021) mengatakan, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan bisnis asuransi dan penguasaan pangsa pasar asuransi, Cigna terus berinovasi menghadirkan produk yang beragam dan sesuai kebutuhan konsumen. 

Radar Bali/15-10-2021

Nasabah Jiwasraya kecewa transfer polis ke IFG Life berjalan lambat

Proses penyelamatan polis Asuransi Jiwasraya diundur lagi. Proses pemindahan portofolio Jiwasraya ke IFG Life yang rencananya dilakukan Oktober kini diperkirakan baru akan dimulai pada November. Salah satu nasabah Jiwasraya, Silvya mengaku merasa kecewa karena menurutnya, sudah beberapa kali Jiwasraya ingkar janji & tidak komitmen terhadap proses migrasi portofolio Jiwasraya ke IFG Life.

Kontan.co.id/17-10-2021

Disoroti Soal Kinerja Penanganan Sengkarut AJB Bumiputera, OJK Angkat Bicara

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan, Anto Prabowo, mengatakan OJK sangat peduli dan tidak pernah membiarkan kasus-kasus yang terjadi di industri jasa keuangan, termasuk Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera. Menurutnya, sesuai anggaran dasar yang menjadi payung hukum organisasi, yang berhak membentuk Badan Perwakilan Anggota (BPA) adalah para pemegang polis sebagai pemilik perusahaan. OJK telah berinisiatif memfasilitasi pertemuan sejumlah perwakilan pemegang polis AJBB untuk segera menyusun kepanitiaan pemilihan BPA.

Tempo.co/15-10-2021

OVO Percepat Akselerasi Transformasi Keuangan Digital

OVO berhasil menjadi penghubung layanan keuangan komprehensif dan multi bidang baik transaksi online maupun oflline. Bukan sekedar penghubung transaksi digital seperti transportasi, pemesanan makanan, dan belanja Online. layanan ini kian berkembang mencakup investasi, asuransi hingga pinjaman. Sementara untuk layanan asuransi. OVO hadir dengan OVO Proteksi. Dimana OVO meluncurkan produk PRU-Tect Care Hospital Cash.

Tribun Timur/16-10-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Turunkan Take Home Pay Agen

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila juga mengungkapkan, memang pengenaan pajak ini akan menurunkan take home pay para agen, sehingga jika tidak disikapi dengan baik, akan berdampak pada peningkatan premi, dan hal ini tentunya tidak diinginkan oleh masyarakat dan pelaku usaha karena kondisi perekonomian yang sedang sulit karena pandemi.

Tribun Medan/15-10-2021

Dirut BPJS Kesehatan: Sustainabilitas jaminan kesehatan harus terjaga

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menegaskan bahwa keberlanjutan program jaminan kesehatan harus terjaga mengingat pentingnya akses layanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat. Ghufron menyampaikan bahwa sistem pembayaran berbasis managed care atau yang mengintegrasikan penyediaan dan pembiayaan pelayanan kesehatan dirancang untuk menjaga keberlanjutan program jaminan kesehatan.

Antaranews.com/15-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.155.00

IHSG (per 15 Oktober 2021)

6.633,34

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

 

DOWNLOAD PDF