AAJI Daily News - 22 Februari 2021


Tanggal terbit (22 / 02 / 2021)

 

FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 22 Februari 2021

HEADLINE NEWS

  1. PR Besar Asuransi Unit-Linked
  2. Cermati, Ini Bedanya Asuransi Unit Linked dan Saving Plan
  3. Bandung Jadi Poros Penjualan Produk Asuransi Digital di Saat Pandemik
  4. Asuransi Sekaligus Investasi, Ini 5 Hal Dasar yang Perlu Kamu Pahami
  5. 13 MI Terkait Jiwasraya Segera Disidang
  6. Ombudsman Sarankan Mitigasi Penegakan Hukum soal Jiwasraya
  7. Tersangka Korporasi Korupsi Jiwasraya Segera Disidang
  8. Berkas Perkara 13 Korporasi Terkait Kasus Jiwasraya Telah Lengkap
  9. Tersangka Korporasi Korupsi Jiwasraya Segera Disidang
  10. Berkas Tersangka 13 Perusahaan Manajer Investasi Dinyatakan Lengkap
  11. 13 Tersangka Korporasi di Kasus Jiwasraya Segera Disidang
  12. Kejagung: 13 Berkas Perkara Tersangka Korporasi Korupsi Jiwasraya Telah P21
  13. Kejagung Jelaskan Peran 13 Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya
  14. Kejagung Jelaskan Peran 13 Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya
  15. Kejagung: Berkas Perkara 13 MI Kasus Jiwasraya Sudah Lengkap, Kerugian Rp 12 Triliun
  16. Ini Peran 13 Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya
  17. Kasus Korupsi 13 Korporasi soal Jiwasraya Segera Disidangkan
  18. Berkas Perkara 13 MI Tersangka Kasus Jiwasraya Dinyatakan Lengkap
  19. Babak Baru Kasus Korupsi Jiwasraya Rp 16,81 Triliun
  20. Berkas Lengkap, 13 MI Kasus Jiwasraya Segera Disidang!
  21. 13 Tersangka dari Korporasi di Kasus Korupsi Jiwasraya Akan Disidangkan
  22. Kasus Jiwasraya, Aset 13 Manajer Investasi Bakal Dirampas Negara
  23. Berpotensi Maladministrasi, Ombudsman Minta Buat Mitigasi di Kasus Jiwasraya
  24. Ombudsman sarankan mitigasi dampak penegakan hukum terkait Jiwasraya
  25. Ombudsman: Dampak Penegakan Hukum Kasus Jiwasraya Harus Dimitigasi
  26. Ombudsman Sarankan Mitigasi Dampak Penegakan Hukum
  27. Ombudsman Minta Potensi Malaadministrasi Kasus Jiwasraya Dimitigasi
  28. Ombudsman Surati Presiden, MA dan DPR RI soal Pemblokiran Rekening dalam Kasus Jiwasraya

TENTANG AAJI

PR Besar Asuransi Unit-Linked

Berdasarkan catatan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per Oktober 2021, porsi produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-linked mencapai 63,9% dari total premi industri atau Rp89,90 triliun. Pada 2010, porsi unit linked pernah mencakup 54,3% dari total premi dan pada 2019 berhasil melewati catatan tertinggi pada 2010. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menilai meningkatnya porsi unit linked terhadap total premi menunjukkan adanya kebutuhan besar terhadap proteksi dan investasi. Menurut Togar, pelaku industri perlu memperkuat transparansi produk unit linked kepada masyarakat agar memperkuat kepercayaan, tetapi hal ini memerlukan dukungan OJK untuk mengizinkan digitalisasi dalam layanan asuransi jiwa.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 22-02-2021

Cermati, Ini Bedanya Asuransi Unit Linked dan Saving Plan

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan bahwa unit-linked dan saving plan menjadi perhatian masyarakat dalam beberapa waktu ini. Menurut Togar, perbedaan mendasar dari kedua produk itu ada pada jenisnya, yakni unit-linked memiliki muatan investasi sedangkan saving plan merupakan produk asuransi tradisional. Dalam produk unit-linked, nasabah membayar premi yang terdiri dari dua komponen, yakni proteksi atau perlindungan diri dan komponen investasi. Sementara dalam produk saving plan, nasabah tidak dapat menentukan profi risikonya atau di instrumen apa dananya diinvestasikan.

Bisnis.com / 21-02-2021

Bandung Jadi Poros Penjualan Produk Asuransi Digital di Saat Pandemik

Penggunaan jasa asuransi di Indonesia masih terbilang sedikit. Berdasarkan data AAJI, jumlah tertanggung asuransi jiwa pada kuartal I/2020 memang naik mencapai 63,97 juta orang. Jumlah tersebut meningkat hingga 20,3 persen yoy dibandingkan dengan kuartal I/2019 sebanyak 53,17 juta orang. VP of Offline Business Qoala Sugeng Purnomo mengatakan, Bandung mempunyai pasar yang baik karena perekonomian di kota ini tumbuh dengan banyaknya pelaku usaha, perkantoran, hingga retail atau pelaku UMKM.

Idntimes.com / 20-02-2021

Asuransi Sekaligus Investasi, Ini 5 Hal Dasar yang Perlu Kamu Pahami

Menjaga kestabilan kondisi finansial menjadi tujuan dari setiap orang di tengah situasi yang tidak menentu seperti sekarang, salah satunya Maya (30). Maya pun berkenalan asuransi jiwa unit link. Unit link merupakan produk asuransi jiwa yang menawarkan manfaat perlindungan jiwa sekaligus manfaat investasi. Namun juga memiliki risiko. Adapun 5 lima hal dasar yang perlu kamu ketahui sebelum memilih asuransi jiwa unit link: Imbal hasil investasi tidak didapatkan dengan instan, Ada risiko nilai investasi menurun, Cuti premi pada unit link, Menukar atau menarik dana investasi dan pahami jenis instrumen investasi.

Grid.id / 20-02-2021

INDUSTRI & ASURANSI

13 MI Terkait Jiwasraya Segera Disidang

Sebanyak 13 perusahaan Manajer Investasi yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasrya (persero) segera dibawa ke meja hijau karena berkas peraka perusahaan-perusahaan tersebut telah lengkap. Proses selanjutnya tim jaksa penyidik akan menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti kepada tim JPU pada Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus dan tim JPU Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

Media Indonesia / 21-02-2021

Ombudsman Sarankan Mitigasi Penegakan Hukum soal Jiwasraya

Ombudsman RI menyarankan agar dilakukan mitigasi dampak pemblokiran sejumlah rekening efek dan sub-rekening efek dari perusahaan-perusahaan terkait peristiwa gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya dalam rangka penegakan hukum. Anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih menilai bahwa proses pemblokiran saat ini berpotensi maladministrasi. Ombudsman RI juga telah melakukan pertemuan audiensi bersama Presiden Republik Indonesia pada Senin (1/2),  dan menyampaikan sejumlah saran kepada Presiden Joko Widodo, salah satunya saran dalam penanganan perkara gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya.

Media Indonesia, hal. 3 / 22-02-2021

Tersangka Korporasi Korupsi Jiwasraya Segera Disidang

Tim penuntut umum Kejakgung segera mendakwa 13 tersangka korporasi TPPU PT Asuransi Jiwasraya. Kejakgung telah melimpahkan berkas perkara dan alat bukti keterlibatan belasan perusahaan MI tersebut ke Kejaksaan Negeri untuk disorongkan ke PN Tipikor Jakarta. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung, Leonard Ebenezer menerangkan, mengacu berkas perkara, 13 tersangka MI rencananya didakwa berlapis dengan sangkaan utama Pasal 2 ayat 1 juncto (jo) Pasal 18 UU Tipikor 31/1999-20/2001 dan Pasal 3 jo Pasal 18 UU Tipikor.

Republika.co.id / 19-02-2021

Berkas Perkara 13 Korporasi Terkait Kasus Jiwasraya Telah Lengkap

Kejagung menyebutkan tinggal selangkah lagi menuntut di pengadilan 13 tersangka korporasi manajer investasi (MI) terkait kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Korporasi ini akan diajukan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Kepala Pusat Penerangan Hukum pada Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelaskan bahwa JPU yang menangani penuntutan 13 tersangka korporasi tersebut dari Kejagung dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Proses selanjutnya, tim penyidik akan serahkan tanggungjawab tersangka dan barang bukti ke JPU.

Sinarharapan.co / 19-02-2021

Tersangka Korporasi Korupsi Jiwasraya Segera Disidang

Tim penuntut umum Kejakgung segera mendakwa 13 tersangka korporasi TPPU PT Asuransi Jiwasraya. Kejakgung telah melimpahkan berkas perkara dan alat bukti keterlibatan belasan perusahaan MI tersebut ke Kejaksaan Negeri untuk disorongkan ke PN Tipikor Jakarta. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung, Leonard Ebenezer menerangkan, mengacu berkas perkara, 13 tersangka MI rencananya didakwa berlapis dengan sangkaan utama Pasal 2 ayat 1 juncto (jo) Pasal 18 UU Tipikor 31/1999-20/2001 dan Pasal 3 jo Pasal 18 UU Tipikor.

Harianaceh.co.id / 19-02-2021

Berkas Tersangka 13 Perusahaan Manajer Investasi Dinyatakan Lengkap

Berkas perkara 13 perusahaan manajer investasi dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinyatakan lengkap. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/2), mengatakan, ke-13 tersangka manajer investasi tersebut telah bekerjasama dengan Joko Hartono Tirto yang terafiliasi dengan Heru Hidayat untuk membentuk produk reksadana khusus bagi Asuransi Jiwasraya sehingga dapat dikendalikan Joko.

Kompas.id / 20-02-2021

13 Tersangka Korporasi di Kasus Jiwasraya Segera Disidang

Sebanyak 13 perusahaan Manajer Investasi yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasrya (persero) segera dibawa ke meja hijau karena berkas peraka perusahaan-perusahaan tersebut telah lengkap. Para tersangka korporasi disangkakan dengan Pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP subsider Pasal 3 jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP. Selain itu, mereka juga dijerat dengan Pasal 3 subsider Pasal 4 UU Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian uang.

Mediaindonesia.com / 20-02-2021

Kejagung: 13 Berkas Perkara Tersangka Korporasi Korupsi Jiwasraya Telah P21

Kejagung menyebutkan 13 berkas tersangka korporasi manajer investasi (MI) dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi pada Pengelola Keuangan dan Dana Investasi PT Asuransi Jiwasraya telah dinyatakan lengkap atau P21. Selanjutnya, Kapuspenkum Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyampaikan setelah dinyatakan lengkap nantinya ke 13 berkas tersebut akan diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menyiapkan tuntutan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor.

Merdeka.com / 20-02-2021

Kejagung Jelaskan Peran 13 Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menerangkan peran 13 tersangka perusahaan manajer investasi dalam kasus korupsi pada pengelola keuangan dan dana investasi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ketiga belas tersangka perusahaan manajer investasi ini bekerja sama dengan Joko Hartono Tirto dengan persetujuan Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo dan Syahmirwan membentuk sebuah produk reksa dana untuk PT AJS yang transaksi portofolionya dikendalikan oleh Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro melalui Joko Hartono Tirto, Piter Rawiman dan Moudy Mangkey.

Tempo.co / 20-02-2021

Kejagung Jelaskan Peran 13 Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menerangkan peran 13 tersangka perusahaan manajer investasi dalam kasus korupsi pada pengelola keuangan dan dana investasi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ketiga belas tersangka perusahaan manajer investasi ini bekerja sama dengan Joko Hartono Tirto dengan persetujuan Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo dan Syahmirwan membentuk sebuah produk reksa dana untuk PT AJS yang transaksi portofolionya dikendalikan oleh Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro melalui Joko Hartono Tirto, Piter Rawiman dan Moudy Mangkey.

Teras.id / 20-02-2021

Kejagung: Berkas Perkara 13 MI Kasus Jiwasraya Sudah Lengkap, Kerugian Rp 12 Triliun

Tim Jaksa Direktorat Penuntutan Jam Pidsus Kejagung menyatakan 13 berkas perkara tersangka korporasi perusahaan MI dalam perkara tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) sudah lengkap atau P-21. Ke-13 MI tersebut didakwa melanggar UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan UU Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Ke-13 MI tersebut diduga telah bekerjasama dengan Joko Hartono Tirto selaku pihak terafiliasi dengan Heru Hidayat yang disetujui oleh sejumlah petinggi Jiwasraya. Para petinggi tersebut adalah Hendrisman Rahim (Direktur Utama), Hary Prasetyo (Direktur), Syahmirwan (GM Produksi dan Keuangan).

Kontan.co.id / 20-02-2021

Ini Peran 13 Tersangka Korporasi Kasus Jiwasraya

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menerangkan peran 13 tersangka perusahaan manajer investasi dalam kasus korupsi Jiwasraya. Ketiga belas tersangka perusahaan manajer investasi ini bekerja sama dengan Joko Hartono Tirto dengan persetujuan Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo dan Syahmirwan membentuk sebuah produk reksa dana untuk PT AJS yang transaksi portofolionya dikendalikan oleh Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro melalui Joko Hartono Tirto, Piter Rawiman dan Moudy Mangkey.

Beritasatu.com / 20-02-2021

Kasus Korupsi 13 Korporasi soal Jiwasraya Segera Disidangkan

Perkara dugaan korupsi pengelola keuangan dan dana investasi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang membelit 13 korporasi atau perusahaan manajer investasi segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, di Jakarta, Jumat (19/2), menyampaikan, kasus ke-13 tersangka korporasi tersebut segera disidangkan karena berkas perkara penyidikannya telah dinyatakan lengkap (P-21). Leo menjelaskan, ke-13 perusahaan manajer investasi di atas telah bekerja sama dengan Direktur Maxima Integra, Joko Hartono Tirto selaku pihak terafiliasi dengan Direktur PT Trada Alam Minera, Heru Hidayat.

Gatra.com / 20-02-2021

Berkas Perkara 13 MI Tersangka Kasus Jiwasraya Dinyatakan Lengkap

Berkas perkara 13 tersangka korporasi perusahaan manajer investasi (MI) terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinyatakan lengkap (P-21). Menurut Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, setelah 13 berkas perkara atas tersangka korporasi dinyatakan lengkap, proses masih akan berlanjut. Tim Jaksa Penyidik bakal menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti kepada Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) dan Tim JPU pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat.

Investor.id / 20-02-2021

Babak Baru Kasus Korupsi Jiwasraya Rp 16,81 Triliun

Jaksa penuntut umum Jampidsus Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara untuk 13 tersangka perusahaan manajer investasi (MI) dalam kasus korupsi Jiwasraya telah lengkap atau P-21. Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak  mengatakan, jaksa penyidik akan menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti atau penyerahan tahap II kepada JPU supaya kasus tersebut bisa segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta.

Jpnn.com / 20-02-2021

Berkas Lengkap, 13 MI Kasus Jiwasraya Segera Disidang!

Berkas perkara 13 tersangka korporasi pada perkara tindak pidana korupsi pada pengelola keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinyatakan lengkap (P21). Adapun ke-13 tersangka korporasi yang diduga menimbulkan kerugian negara hingga Rp 12,15 triliun itu antara lain PT DMI/PAC, PT OMI, PT PPI, PT MDI/MCM, PT PAM, PT MAM, PT MAM, PT GAPC, PT JCAM, PT PAAM, PT CC, PT TFII, dan PT SAM. Para tersangka dianggap telah bekerja sama dengan Joko Hartono Tirto selaku pihak terafiliasi dengan Heru Hidayat yang disetujui oleh Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo, dan Syahmirwan.

Cnbcindonesia.com / 20-02-2021

13 Tersangka dari Korporasi di Kasus Korupsi Jiwasraya Akan Disidangkan

Jaksa penuntut umum dari Jampidsus Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara untuk 13 tersangka perusahaan manajer investasi (MI) dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah lengkap atau P-21. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, di Jakarta, Jumat, 19 Februari 2021. Proses selanjutnya, jaksa penyidik akan menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti atau penyerahan tahap II kepada Jaksa Penuntut Umum supaya kasus tersebut bisa segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta.

Tempo.co / 20-02-2021

Kasus Jiwasraya, Aset 13 Manajer Investasi Bakal Dirampas Negara

Penyidik Kejagung telah mengancam ke-13 pidana MI perusahaan dengan pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Tipikor subsider Pasal 3 juncto Pasal 8 UU Tipikor dengan dipidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan diwajibkan membayar denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar. Serta perampasan aset bergerak, uang pengganti, penutupan perusahaaan selama 1 tahun, hingga  pencabutan seluruh atau sebagian hak-hak tertentu atau penghapusan seluruh atau sebagian keuntungan tertentu kepada terpidana.

Bisnis.com / 21-02-2021

Berpotensi Maladministrasi, Ombudsman Minta Buat Mitigasi di Kasus Jiwasraya

Ombudsman RI menyarankan agar dilakukan mitigasi dampak pemblokiran sejumlah rekening efek dan sub-rekening efek dari perusahaan-perusahaan terkait peristiwa gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya dalam rangka penegakan hukum. Ombudsman RI menilai sebelum melakukan pemblokiran, perlu adanya verifikasi terlebih dahulu, melakukan perbaikan data, serta menindaklanjuti dengan pemisahan rekening efek dan sub-rekening efek yang tidak terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Tempo.co / 21-02-2021

Ombudsman sarankan mitigasi dampak penegakan hukum terkait Jiwasraya

Ombudsman RI menyarankan agar dilakukan mitigasi dampak pemblokiran sejumlah rekening efek dan sub-rekening efek dari perusahaan-perusahaan terkait peristiwa gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya dalam rangka penegakan hukum. Ombudsman RI menilai sebelum melakukan pemblokiran, perlu adanya verifikasi terlebih dahulu, melakukan perbaikan data, serta menindaklanjuti dengan pemisahan rekening efek dan sub-rekening efek yang tidak terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Antaranews.com / 21-02-2021

Ombudsman: Dampak Penegakan Hukum Kasus Jiwasraya Harus Dimitigasi

Pemblokiran sejumlah rekening efek dan sub-rekening efek dari perusahaan-perusahaan terkait peristiwa gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya dalam rangka penegakan hukum harus sikapi hati-hati. Sebab pemblokiran berpotensi terjadinya maladministrasi. Ombudsman RI menilai sebelum melakukan pemblokiran, perlu adanya verifikasi terlebih dahulu, melakukan perbaikan data, serta menindaklanjuti dengan pemisahan rekening efek dan sub-rekening efek yang tidak terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Akurat.co / 21-02-2021

Ombudsman Sarankan Mitigasi Dampak Penegakan Hukum

Ombudsman menyarankan dilakukan mitigasi dampak pemblokiran sejumlah rekening efek dan sub-rekening efek dari perusahaan-perusahaan terkait peristiwa gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya dalam rangka penegakan hukum. Berdasarkan siaran pers Ombudsman yang diterima di Jakarta, Minggu (21/2), anggota Ombudsman Alamsyah Saragih menilai bahwa proses pemblokiran saat ini berpotensi maladministrasi. Ombudsman menilai, sebelum melakukan pemblokiran, perlu adanya verifikasi terlebih dahulu, melakukan perbaikan data, serta menindaklanjuti dengan pemisahan rekening efek dan sub-rekening efek yang tidak terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Beritasatu.com / 21-02-2021

Ombudsman Minta Potensi Malaadministrasi Kasus Jiwasraya Dimitigasi

Ombudsman Republik Indonesia menyarankan adanya mitigasi terkait dampak penegakan hukum kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya melalui surat kepada Presiden Republik Indonesia, Ketua Mahkamah Agung dan Ketua DPR RI. Pada Senin 1 Februari 2021, Ombudsman RI melakukan audiensi bersama Presiden Joko Widodo. Pada pertemuan tersebut, Ombudsman RI menyampaikan beberapa saran dalam penanganan perkara gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya, perlu dilakukan terlebih dahulu verifikasi dan perbaikan data yang ditindaklanjuti dengan pemisahan rekening efek dan sub rekening efek yang tidak terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Tirto.id / 21-02-2021

Ombudsman Surati Presiden, MA dan DPR RI soal Pemblokiran Rekening dalam Kasus Jiwasraya

Anggota Ombudsman RI, Alamsyah Saragih, menilai bahwa proses pemblokiran sejumlah rekening efek dan sub-rekening efek dari perusahaan-perusahaan terkait kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya, berpotensi maladministrasi. Ombudsman RI menilai, sebelum melakukan pemblokiran perlu dilakukan terlebih dahulu; verifikasi, perbaikan data, serta menindaklanjuti dengan pemisahan rekening efek dan sub-rekening efek yang tidak terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya. Ombudsman menilai mitigasi dampak juga perlu dilakukan.

Goriau.com / 21-02-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.760

IHSG (per 19 Februari 2021)

   6.882,26

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Media Indonesia, Bisnis.com, Beritasatu.com, Idntimes.com, Investor.id, Jpnn.com, Kompas.id, Kontan.co.id, Mediaindonesia.com, Merdeka.com, Goriau.com, Sinarharapan.co, Republika.co.id, Tempo.co, Teras.id, Tirto.id.

DOWNLOAD PDF