AAJI Daily News - 17 Maret 2021


Tanggal terbit (17 / 03 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 17 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. Gerak Cepat Demi Transformasi
  2. Digitalisasi Asuransi, Ketidaksetaraan Regulasi Masih Membayangi
  3. Panitia Baru Menunggu Restu
  4. Kejaksaan Agung Ajukan Kasasi Kasus Jiwasraya
  5. Astra Life Bayar Klaim Terkait Covid-19 Rp 25,8 M
  6. [Foto] Inovasi FWD Insurance
  7. Difasilitasi OJK, Akhirnya Panitia Pemilihan BPA Bumiputera Terbentuk
  8. Kejagung ajukan kasasi kasus Jiwasraya
  9. Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus, Manulife Indonesia Luncurkan MiPrecious
  10. OJK Fasilitasi Pertemuan AJB Bumiputera, Bakal Ada BPA Baru!
  11. Kejagung Tempuh Kasasi Vonis 6 Terdakwa Kasus Jiwasraya
  12. Manulife Indonesia Luncurkan MiPrecious untuk Solusi Masa Depan
  13. Manulife Indonesia Hadirkan MiPrecious, Solusi Premium Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus
  14. Astra Life Luncurkan Produk Asuransi dengan Cashback Premi 100 Persen
  15. MiPrecious dari Manulife, Solusi Premium Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus
  16. Manulife Hadirkan MiPrecious untuk Segmen HNW
  17. Manulife Hadirkan MiPrecious, Solusi Premium Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus
  18. Astra Life Tawarkan Asuransi 100 Persen Premi Kembali, Bisa Dibeli di PermataMobile X
  19. Asuransi Astra Life Bayar Klaim Pasien Covid-19 Rp5,8 Miliar
  20. Bidik Segmen Premium, Manulife Indonesia Luncurkan MiPrecious
  21. MiPrecious Solusi Premium Persiapan Dana Masa Depan
  22. MiPrecious Solusi Premium Persiapan Dana Masa Depan
  23. Manulife Indonesia Hadirkan MiPrecious
  24. Manulife Indonesia Hadirkan MiPrecious, Solusi Premium Persiapan Kemapanan Untuk Generasi Penerus
  25. Proteksi Premium Demi Asuransi Jangka Panjang
  26. Ajak Serta Pelari hingga Pecinta Zumba, Balap Sepeda Virtual Ini Usung Konsep Sportsfest Virtual
  27. AVA iFamily Protection Diluncurkan di PermataMobile X Dengan Fitur Premi Kembali 100 Persen

TENTANG AAJI

Gerak Cepat Demi Transformasi

Studi Nielsen Dipstick in March 2020 memaparkan 5% konsumen telah melakukan pembelian asuransi untuk pertama kalinya karena Covid-19 dan 40% konsumen diperkirakan akan melakukan pembelian kembali dalam 12 bulan berikutnya. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menerangkan pada era digital, perusahaan asuransi dituntut beradaptasi dengan teknologi agar bisa mengedukasi dan menjangkau calon nasabah lebih luas. Beberapa asuransi jiwa, di luar Axa Mandiri dan Allianz Life, sudah banyak yang menggunakan teknologi dalam menyongsong era asuransi digital.

Bisnis Indonesia, hal. 18 / 17-03-2021

Digitalisasi Asuransi, Ketidaksetaraan Regulasi Masih Membayangi

Kebijakan digitalisasi bagi industri asuransi dinilai belum sejajar dengan kebijakan lain di sektor jasa keuangan, seperti pasar modal dan perbankan. Digitalisasi asuransi dinilai masih dapat lebih dioptimalkan, salah satunya terkait penjualan produk unit-linked melalui sarana digital. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan bahwa pihaknya terus mengupayakan penerapan secara permanen terkait PAYDI melalui sarana digital.   Togar menilai bahwa kebijakan itu harus diterapkan secara permanen, bukan hanya saat pandemi Covid-19.

Bisnis.com / 16-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Panitia Baru Menunggu Restu

Pemilihan 15 nama sebagai anggota panitia pemilihan Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera 1912 disepakati dalam pertemuan oleh sejumlah pihak yang dihadiri manajemen, serikat pekerja, agen, hingga pemegang polis. Pembentukan panitia pemilihan BPA diperlukan mengingat masa tugas BPA berakhir sejak 26 Desember 2020. BPA sendiri merupakan perwakilan pemegang polis dari berbagai wilayah yang memiliki tugas pengawasan dan penyampai aspirasi.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 17-03-2021

Kejaksaan Agung Ajukan Kasasi Kasus Jiwasraya

Tim jaksa penuntut umum (JPU) Jampidsus Kejaksaan Agung mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam perkara tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). "Kasasi untuk semua terdakwa tidak bisa dipisah, tapi pasalnya beda-beda," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Ali Mukartono. Selain itu, lanjut Ali, ada barang bukti yang dituntut punya negara untuk dikembalikan atau tidak masih kurang pas waktunya bagi JPU. Ali menambahkan, jika kasasi tidak diajukan maka akan mempengaruhi jumlah pengembalian untuk negara dari dua terdakwa tersebut.

Investor Daily, hal. 13 / 17-03-2021

Astra Life Bayar Klaim Terkait Covid-19 Rp 25,8 M

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) melaporkan telah membayarkan klaim terkait Covid-19 mencapai Rp25,8 miliar hingga 16 Februari 2021. Head Bancassurance and Direct Business Astra Life Ancilla Lily mengatakan untuk klaim rawat inap ada sekitar 700 kasus dengan jumlah nominal Rp5,8 miliar dan klaim meninggal dunia 120 kasus dengan jumlah sekitar Rp20 miliar. Astra Life dan Bank Permata memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan produk asuransi jiwa dan kesehatan terbaru bernama AVA iFamily Protection.

Investor Daily, hal. 23 / 17-03-2021

[Foto] Inovasi FWD Insurance

CEO FWD Group Huynh Thanh Phong, Komisaris Utama dan Independen Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir, Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan saat meresmikan employee program Bebas Duduk atau BeDug, sebuah inovasi terbaru bagi karyawan yang bekerja di kantor FWD Insurance di Jakarta, Selasa (16/3).

Investor Daily, hal. 23 / 17-03-2021

Difasilitasi OJK, Akhirnya Panitia Pemilihan BPA Bumiputera Terbentuk

Semua pihak yang berkepentingan di tubuh Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 sepakat membentuk panitia pemilihan Badan Perwakilan Anggota (BPA). Dalam hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memegang peran penting dengan mempertemukan seluruh pihak, mulai dari manajemen, pemegang polis, serikat pekerja, hingga perwakilan agen asuransi mutual tersebut. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK Moch Ihsanuddin menilai, pertemuan itu sejatinya cukup baik terselenggara tanpa kehadiran langsung dari pihak OJK. Ihsanuddin menjelaskan bahwa berdasarkan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan HAM telah disampaikan melalui surat OJK No.S-34/NB.23/2020 tanggal 28 Desember 2020, bahwa masa tugas BPA telah berakhir sejak 26 Desember 2020.

Investor Daily, hal. 24 / 17-03-2021

Kejagung ajukan kasasi kasus Jiwasraya

Tim JPU Jampidsus Kejaksaan Agung mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam perkara tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Ali Mukartono menjelaskan, dalam pengajuan kasasi tersebut berlaku untuk semua terdakwa, meski Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengurangi masa hukuman penjara dan menjatuhkan denda terhadap empat dari enam terdakwa serta menguatkan vonis penjara seumur hidup terhadap dua terdakwa lainnya. Keenam terdakwa tersebut, Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo, Heru Hidayat, Syahmirwan, Joko Hartono, dan Benny Tjokrosaputro.

Antaranews.com / 16-03-2021

Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus, Manulife Indonesia Luncurkan MiPrecious

Manulife Indonesia meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Saat ini, Manulife Indonesia didukung beragam jalur distribusi telah menjangkau dan melayani nasabah yang mencapai hingga lebih dari 2 juta jiwa.

Beritasatu.com / 16-03-2021

OJK Fasilitasi Pertemuan AJB Bumiputera, Bakal Ada BPA Baru!

OJK sebagai otoritas di sektor jasa keuangan memfasilitasi pertemuan antara manajemen AJBB 1912 dengan perwakilan beberapa perkumpulan pemegang polis dan serikat pekerja AJBB 1912. Fasilitasi dilakukan OJK karena sebelumnya manajemen AJB Bumiputera belum melakukan pertemuan pemegang polis yang juga merupakan pemegang saham perusahaan mutual AJBB. OJK menilai pertemuan ini cukup baik terselenggara tanpa kehadiran langsung dari pihak OJK karena manajemen dan perwakilan pemegang polis membahas beberapa isu terkait penentuan masa depan AJBB.

Cnbcindonesia.com / 16-03-2021

Kejagung Tempuh Kasasi Vonis 6 Terdakwa Kasus Jiwasraya

Kejaksaan Agung resmi mengajukan upaya hukum kasasi terhadap putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan bahwa upaya hukum tersebut dilakukan terhadap enam terdakwa. Dia menuturkan, para terdakwa itu meliputi Hendrisman Rahim; Hary Prasetyo; dan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan. Kemudian, Direktur Utama PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro; Heru Hidayat; dan Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto.

Cnnindonesia.com / 16-03-2021

Manulife Indonesia Luncurkan MiPrecious untuk Solusi Masa Depan

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Fokusjabar.id / 16-03-2021

Manulife Indonesia Hadirkan MiPrecious, Solusi Premium Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPrecious. MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth. MiPrecious memiliki beragam keunggulan antara lain: Guaranteed Issuance Offer. Total hingga 550% Manfaat Tunai, Total hingga 342% Tambahan Manfaat Tunai, dan Multi Generation Polis.

Jabarekspres.com / 16-03-2021

Astra Life Luncurkan Produk Asuransi dengan Cashback Premi 100 Persen

Astra Life berkolaborasi bersama Permata Bank meluncurkan produk asuransi jiwa dan kesehatan, yaitu AVA iFamily Protection di aplikasi PermataMobile X. Hal ini diluncurkan sebagai upaya untuk melindungi keluarga Indonesia hanya dalam satu polis asuransi. Dalam produk ini, pihaknya menawarkan tiga keunggulan, seperti opsi pengembalian premi 100 persen pada akhir masa kontrak, baik ada atau tidak adanya klaim. Kemudian, dapat melindungi seluruh keluarga dalam satu polis dan mendapatkan diskon premi setiap penambahan jumlah tertanggung sampai 20 persen.

Jawapos.com / 16-03-2021

MiPrecious dari Manulife, Solusi Premium Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Lintangnews.com / 16-03-2021

Manulife Hadirkan MiPrecious untuk Segmen HNW

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Medanbisnisdaily.com / 16-03-2021

Manulife Hadirkan MiPrecious, Solusi Premium Persiapan Kemapanan untuk Generasi Penerus

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Sementara itu, Head of Product Manulife Indonesia Richard Sondakh, menambahkan, MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dilengkapi manfaat pembayaran tunai tahunan, manfaat pembayaran tunai 10 tahunan.

Medantoday.com / 16-03-2021

Astra Life Tawarkan Asuransi 100 Persen Premi Kembali, Bisa Dibeli di PermataMobile X

Bekerja sama dengan Permata Bank, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menghadirkan produk asuransi AVA iFamily Protection di aplikasi PermataMobile X. Produk asuransi ini menawarkan fitur pengembalian 100 persen premi yang telah dibayarkan saat masa kontrak polis habis. Pengembalian polis asuransi ini bisa dilakukan bagi pemegang polis yang belum atau sudah pernah mengajukan klaim. Produk ini juga menawarkan pembelian satu polis yang bisa digunakan bersama dengan keluarga inti.

Merdeka.com / 16-03-2021

Asuransi Astra Life Bayar Klaim Pasien Covid-19 Rp5,8 Miliar

Head Bancassurance and Direct Business Astra Life, Ancilla Lily mencatat telah menerima pengajuan klaim rumah sakit dari pasien Covid-19 sebanyak 700 kasus dengan nominal Rp5,8 miliar. Sedangkan untuk klaim meninggal dunia terdapat 200 kasus dengan jumlah klaim Rp20 miliar. Sedangkan penjualan produk asuransi di aplikasi PemataMobile X setahun terakhir mengalami peningkatan signifikan. Sejak diluncurkan pada Februari 2020 hingga Februari 2021 lalu tercatat peningkatan hingga 700 kali lipat.

Merdeka.com / 16-03-2021

Bidik Segmen Premium, Manulife Indonesia Luncurkan MiPrecious

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Mix.co.id / 16-03-2021

MiPrecious Solusi Premium Persiapan Dana Masa Depan

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Pojoksatu.id / 16-03-2021

MiPrecious Solusi Premium Persiapan Dana Masa Depan

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Radarbandung.id / 16-03-2021

Manulife Indonesia Hadirkan MiPrecious

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Radardepok.com / 16-03-2021

Manulife Indonesia Hadirkan MiPrecious, Solusi Premium Persiapan Kemapanan Untuk Generasi Penerus

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Rmoljabar.id / 16-03-2021

 

Proteksi Premium Demi Asuransi Jangka Panjang

Manulife Indonesia kembali menegaskan komitmennya menyediakan layanan perlindungan premium dengan meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency mengatakan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Rri.co.id / 16-03-2021

Ajak Serta Pelari hingga Pecinta Zumba, Balap Sepeda Virtual Ini Usung Konsep Sportsfest Virtual

Prudential Indonesia kembali menyelenggarakan PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride, pada 1-17 Agustus 2021 mendatang. Ajang tahunan ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Prudential Indonesia selama 25 tahun mendampingi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan sejahtera. Selama empat hari, 3.000 pecinta sepeda tidak hanya berhasil menantang dirinya namun juga mengumpulkan donasi sebesar Rp300.000.000 untuk para tenaga kesehatan yang masih terus berjuang melawan pandemi COVID-19.

Tribunnews.com / 16-03-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

AVA iFamily Protection Diluncurkan di PermataMobile X Dengan Fitur Premi Kembali 100 Persen

Astra Life dan PermataBank sendiri telah bermitra dengan baik lebih dari enam tahun melalui bentuk kerjasama Bancassurance. Selasa 16 Maret 2021, PermataBank dan Astra Life  resmi meluncurkan produk e-bancassurance terbaru bernama 'AVA iFamily Protection' di PermataMobile X. Produk ini sendiri  merupakan asuransi kesehatan untuk keluarga Indonesia yang sangat mudah diakses, memiliki proses pengajuan yang praktis, pilihan manfaat asuransi beragam, premi terjangkau hingga fitur polis asuransi elektronik atau e-polis dan tersedia bagi seluruh nasabah PermataBank melalui PermataMobile X. 

Tribunnews.com / 16-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.410

IHSG (per 16 Maret 2021)

   6.309,70

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Media Indonesia, Antaranews.com, Bisnis.com, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Fokusjabar.id, Jabarekpres.com, Jawapos.com, Lintangnews.com, Medanbisnisdaily.com, Medantoday.com, Merdeka.com, Mix.co.id, Pojoksatu.id, Radarbandung.id, Radardepok.com, Rmoljabar.id, Rri.co.id, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF