AAJI Daily News - 3 Februari 2021


Tanggal terbit (03 / 02 / 2021)

Rabu, 3 Februari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Kejaksaan Didorong Terapkan Pasal TPPU
  2. Industri asuransi jiwa sudah bayar klaim Covid-19 sebanyak Rp 642,90 miliar
  3. [Foto] Perubahan Susunan Direksi AJB Bumiputera
  4. Déjà vu, Kasus Asabri Mirip Jiwasraya
  5. Polemik AJB Bumiputera Kian Memanas
  6. Asuransi Jiwa Menggenjot Penjualan Unitlink
  7. Pemegang Polis Tuntut Pembubaran Direksi AJB Bumiputera
  8. PT Asuransi Allianz Life Indonesia Catat Peningkatan Klaim Asuransi Jiwa dan Kesehatan Terkait Covid-19
  9. Laba Terbang, BTN Siap Caplok Asuransi Jiwa & Modal Ventura
  10. BTN Bakal Akuisisi Perusahaan Asuransi Jiwa dan Modal Ventura

TENTANG AAJI

Kejaksaan Didorong Terapkan Pasal TPPU

Kejaksaan Agung didorong menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana investasi PT Asabri. Penggunaan pasal TPPU penting untuk memaksimalkan pemulihan kerugian negara. Kejagung mengumumkan delapan tersangka dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp23,7 triliun. Mereka terdiri dari lima pejabat PT Asabri periode 2021-2019 dan tiga orang dari swasta. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan pihaknya telah menghimbau anggota AAJI agar tidak mengelola atau berhati-hati mengelola sumber pendanaan terkait dengan keuangan negara atau BUMN. Menurut Togar, kasus di Jiwasraya dan Asabri tidak berpengaruh pada industri asuransi jiwa karena kebanyakan anggota AAJI adalah perusahaan patungan antara perusahaan dalam dan luar negeri.

Kompas, hal. 2 / 03-02-2021

Industri asuransi jiwa sudah bayar klaim Covid-19 sebanyak Rp 642,90 miliar

Industri asuransi jiwa sudah membayarkan klaim terkait Covid-19 kepada para nasabah. Hingga Oktober 2020, total klaim yang dibayarkan industri asuransi jiwa mencapai Rp 642,90 miliar, menurut data AAJI. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, angka klaim itu berasal dari 8.800 pemegang polis. Pembayaran klaim tetap dijalankan perusahaan asuransi meski pemerintah menyatakan bahwa Covid-19 merupakan pandemi. Di sisi lain, pembayaran klaim itu juga menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat berasuransi meningkat selama pandemi.

Kontan.co.id / 02-02-2021

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Perubahan Susunan Direksi AJB Bumiputera

Susunan direksi AJB Bumiputera 1912 telah berubah sejak Januari 2021. Operasional perseroan berjalan sesuai dengan keputusan Dewan Komisaris, salah satunya merupakan rangkap jabatan Komisaris Utama dan Direktur Utama. Hal ini terungkap saat para pemegang polis mendatangi Wisma Bumiputera, Kantor Pusat Bumiputera pada Selasa (2/2).

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 03-02-2021

Déjà vu, Kasus Asabri Mirip Jiwasraya

Deja vu. Kejaksaan Agung seperti mengulang penyidikan kasus korupsi Asuransi Jiwasraya di tubuh PT Asabri. Mirip Jiwasraya, sejumlah eks petinggi Asabri ikut dijadikan tersangka. Dua nama terpidana kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat juga disebut-sebut masuk daftar tersangka kasus korupsi di Asabri. Dari 2012 hingga 2019, manajemen Asabri diduga menjalin kesepakatan membeli atau menukar saham portofolio Asabri dengan saham afiliasi para tersangka. Hasil audit sementara BPK menduga transaksi itu merugikan negara Rp23,73 triliun dan menguntungkan pihak terafiliasi, kata Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung.

Kontan, hal. 1 / 03-02-2021

Polemik AJB Bumiputera Kian Memanas

Polemik AJB Bumiputera semakin panjang. Kesal tak kunjung ada jalan keluar pembayaran klaim 3,9 juta nasabah, pemegang polis AJB Bumiputera menyebutkan pembubaran pengurus perusahaan. Mulai dari direksi, komisaris hingga badan perwakilan anggota (BPA). Salah satu pemegang polis, Jaka Irwanta menytakan pemegang polis sepakat pembubaran manajemen karena menganggap hasil sidang BPA tidak kuorum. Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan OJK berharap upaya para pemegang polis harus dalam koridor ketentuan dan upaya konstruktif.

Kontan, hal. 10 / 03-02-2021

Asuransi Jiwa Menggenjot Penjualan Unitlink

Meski ada pandemi Covid-19 yang mengakibatkan minimnya pertemuan antara agen asuransi dengan nasabah, tak membuat kinerja industri asuransi melempem. Terlihat dari hasil kinerja perusahaan asuransi jiwa memasarkan unitlink. BNI life berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan premi pada produk asuransi berbalut investasi sepanjang tahun 2020. Direktur Keuangan BNI Life, Eben Eser Nainggolan, mengatakan BNI Life berhasil memperoleh premi unitlink Rp1,82 triliun, naik 10% dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp1,65 triliun. PT Asuransi Jiwa Generali menyebutkan hasil investasi produk unitlink nasabah naik di atas kinerja IHSG. “Bahkan di antaranya bisa mencapai 27% di atas IHSG,” kata Vivin Arbanti Gautama, Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia.

Kontan, hal. 10 / 03-02-2021

Pemegang Polis Tuntut Pembubaran Direksi AJB Bumiputera

Perkumpulan Pemegang Polis AJB Bumiputera 1912 menuntut pembubaran direksi, komisaris, dan Badan Perwakilan Anggota (BPA) yang sedang menjabat saat ini. Desakan mereka sampaikan kepada OJK. Hal ini demi mendorong penyelesaian outstanding klaim yang belum terbayar sampai sekarang. Penasihat Perkumpulan Pemegang Polis AJB Bumiputera Jaka Irwanta mengatakan pihaknya mengusulkan kepada OJK untuk membentuk BPA atau Rapat Umum Anggota (RUA). Sebab, masa jabatan BPA saat ini sudah habis.

Cnnindonesia.com / 02-02-2021

PT Asuransi Allianz Life Indonesia Catat Peningkatan Klaim Asuransi Jiwa dan Kesehatan Terkait Covid-19

PT Asuransi Allianz Life Indonesia mencatat terjadi peningkatan untuk klaim asuransi jiwa dan kesehatan yang terkait dengan Covid-19. Sampai pertengahan Januari 2021, Allianz Life Indonesia telah membayarkan klaim asuransi jiwa dan kesehatan terkait Covid-19 sebesar lebih dari Rp 141 miliar. Selain itu Allianz memberikan perluasan manfaat pertanggungan terkait Covid-19 untuk nasabah salah satunya menanggung pembiayaan isolasi mandiri jika dirawat di fasilitas bukan rumah sakit atau di hotel rujukan pemerintah melalui sistem reimbursement.

Bisnis.com / 01-02-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

Laba Terbang, BTN Siap Caplok Asuransi Jiwa & Modal Ventura

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menargetkan untuk bisa memiliki perusahaan asuransi jiwa dan modal ventura (venture capital/VC) untuk mendukung pengembangan bisnis perusahaan ke depan. Pengembangan ini masuk dalam rencana pertumbuhan bisnis perusahaan di 2021. Hal ini disampaikan Plt. Direktur Utama BTN Nixon Napitupulu dalam rapat bersama dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (2/2). Selanjutnya, rencana untuk memiliki VC ini ditujukan untuk memberikan pendanaan kepada perusahaan asset management (AM) atau manajer investasi.

Cnbcindonesia.com / 02-02-2021

BTN Bakal Akuisisi Perusahaan Asuransi Jiwa dan Modal Ventur

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana memiliki perusahaan asuransi jiwa dan modal ventura pada tahun ini. Adapun langkah ini untuk mendorong pengembangan bisnis perseroan ke depannya. Plt Direktur Utama BTN Nixon Napitupulu mengatakan pengembangan bisnis perusahaan asuransi jiwa dan modal ventura sudah masuk dalam rencana bisnis bank pada tahun ini. Nixon menjelaskan jika perseroan memiliki asuransi jiwa maka core business BTN yang memberikan kredit pemilikan rumah (KPR) dapat didorong oleh perusahaan asuransi dan bancassurance.

Republika.co.id / 02-02-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.025

IHSG (per 02 Februari 2021)

   6.043,84

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kompas, Kontan, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Investor.id, Republika.co.id.

DOWNLOAD PDF