AAJI Daily News - 22 Maret 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 22 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. [Foto] Klaim Asuransi Turun
  2. Efek Pandemi, Pembayaran Klaim Polis Menyusut
  3. Efek Pandemi Covid-19, Jumlah Nasabah Asuransi Turun
  4. Ada pandemi, klaim asuransi jiwa pada 2020 turun
  5. Ada pandemi, klaim asuransi jiwa pada 2020 turun
  6. Kasus Bumiputera, Penyidik OJK Tetapkan Nurhasanah Sebagai Tersangka
  7. OJK Mulai Bertaring Tangani Kasus
  8. Jaksa Bidik Tersangka Korporasi Kasus Asabri
  9. Tak Kenal Kendur Tagih Tunggakan Klaim
  10. Hadapi ketidakpastian akibat pandemi, AXA Mandiri luncurkan produk baru
  11. Nasabah Kresna Life Tolak Keras Putusan Perdamaian Gugatan PKPU
  12. Jiwasraya, Belasan Korporasi Segera Diseret ke Pengadilan
  13. AXA Mandiri Hadirkan Produk Baru, Asuransi Mandiri Secure Wealth
  14. AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth
  15. Pakar Ingatkan Aspek Hukum Bisnis dalam Skandal Jiwasraya
  16. OJK tetapkan mantan ketua BPA AJB Bumiputera jadi tersangka, ini kata ahli hukum
  17. Penyidik OJK Tetapkan Tersangka Baru Dalam Kasus Asuransi Jiwa Bumiputera
  18. Penuhi Kebutuhan Layanan Obat, Generali Gandeng Apotek Online Lifepack
  19. Di Masa Pandemi, Masyarakat Indonesia Makin Sadar Pentingnya Proteksi Asuransi
  20. Allianz Life Indonesia : Pembayaran Klaim Terkait Covid-19 Capai Rp 172,5 Miliar
  21. Kebutuhan Asuransi Meningkat Saat Pandemi
  22. Eks ketua BPA AJB Bumiputera jadi tersangka, pengamat: OJK harus bergerak lebih cepat
  23. Ditetapkan sebagai tersangka, mantan Ketua BPA AJB Bumiputera siap gugat OJK
  24. Apakah Allianz Gagal Bayar Seperti Perusahaan Asuransi Lainnya ?
  25. AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth, Solusi Ketidakpastian di Masa Pandemi
  26. Temui Mahfud MD di Kopi Johny, Forum Nasabah Korban Jiwasraya Minta Aspirasi Disampaikan ke Jokowi
  27. Anggota DPR ini sebut OJK lemah dalam pengawasan terhadap kasus Kresna Life
  28. Usut Tuntas Dugaan Korupsi BPJS Ketenagakerjaan, Jiwasraya, Asabri, dan Bansos
  29. Siap-siap, Ada Balap Sepeda Virtual Bulan Agustus
  30. PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride Hadirkan Beragam Olahraga
  31. Anggota DPR ini sebut OJK lemah dalam pengawasan terhadap kasus Kresna Life
  32. OJK Tetapkan Kebijakan Manajemen Risiko Asuransi

TENTANG AAJI

[Foto] Klaim Asuransi Turun

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pembayaran klaim dan manfaat turun 2.4% yoy menjadi Rp151,10 triliun pada tahun lalu. Penurunan klaim paling besar yaitu klaim akhir kontrak sebesar 31,2% yoy atau setara Rp8,05 triliun.

Investor Daily, hal. 22 / 22-03-2021

Efek Pandemi, Pembayaran Klaim Polis Menyusut

Permohonan klaim para pemegang polis menurun sepanjang 2020. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pembayaran klaim dan manfaat turun 2.4% yoy menjadi Rp151,10 triliun pada tahun lalu. Penurunan klaim paling besar yaitu klaim akhir kontrak sebesar 31,2% yoy atau setara Rp8,05 triliun. Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen AAJI Freddy Thamrin memperkirakan penurunan klaim kesehatan akibat masyarakat menahan diri tidak pergi keluar rumah saat pandemi.

Kontan, hal. 10 / 22-03-2021

Efek Pandemi Covid-19, Jumlah Nasabah Asuransi Turun

Pandemi Covid-19 juga berdampak pada penurunan jumlah nasabah asuransi jiwa. Tak tanggung-tanggung, penurunan terjadi merata pada nasabah perorangan maupun kumpulan. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, hingga kuartal IV 2020 jumlah nasabah atau tertanggung turun 7,0% year on year (yoy) menjadi 63,69 juta orang. Dari situ, nasabah perorangan dan kumpulan masing - masing turun 2,7% dan 8,6% secara tahunan.

Kontan.co.id / 19-03-2021

Ada pandemi, klaim asuransi jiwa pada 2020 turun

Pandemi tidak hanya berdampak pada bisnis tapi juga klaim industri asuransi jiwa. Alhasil, permohonan klaim para pemegang polis mengalami penurunan sepanjang tahun 2020.  AAJI mencatat, pembayaran klaim dan manfaat turun 2,4% yoy menjadi Rp 151,10 triliun pada tahun lalu. Penurunan klaim paling besar yaitu klaim akhir kontrak sebesar 31,2% year on year (yoy) atau setara Rp 8,05 triliun. Menyusul penurunan klaim partial withdrawal 9,8%, klaim kesehatan 10,2% dan lain - lain 19,4%. Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen AAJI Freddy Thamrin memperkirakan, penurunan klaim kesehatan karena masyarakat menahan diri untuk tidak pergi keluar rumah saat pandemi.

Kontan.co.id / 21-03-2021

Ada pandemi, klaim asuransi jiwa pada 2020 turun

Pandemi tidak hanya berdampak pada bisnis tapi juga klaim industri asuransi jiwa. Alhasil, permohonan klaim para pemegang polis mengalami penurunan sepanjang tahun 2020.  AAJI mencatat, pembayaran klaim dan manfaat turun 2,4% yoy menjadi Rp 151,10 triliun pada tahun lalu. Penurunan klaim paling besar yaitu klaim akhir kontrak sebesar 31,2% year on year (yoy) atau setara Rp 8,05 triliun. Menyusul penurunan klaim partial withdrawal 9,8%, klaim kesehatan 10,2% dan lain - lain 19,4%. Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen AAJI Freddy Thamrin memperkirakan, penurunan klaim kesehatan karena masyarakat menahan diri untuk tidak pergi keluar rumah saat pandemi.

Kabarin.co.id / 21-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Kasus Bumiputera, Penyidik OJK Tetapkan Nurhasanah Sebagai Tersangka

Penyidik Sektor Jasa Keuangan OJK telah menetapkan Nurhasanah selaku ketua BPA yang menjabat pada periode 2018-2020 di AJBB 1912, sebagai tersangka kasus dugaan tidak melaksanakan atau tidak memenuhi Perintah Tertulis OJK, terkait dengan implementasi ketentuan pasal 38 Anggaran Dasar AJBB sesuai Surat KE IKNB Nomor S-13/D.05/2020 tanggal 16 April 2020. Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK Tongam L. Tobing menjelaskan, dari hasil pemeriksaan para saksi dan bukti-bukti yang telah dikumpulkan, terbukti sampai dengan 30 September 2020 perintah tertulis OJK itu tidak dilaksanakan oleh AJBB.

Investor Daily / 20-21 Maret 2021 Hal. 8

OJK Mulai Bertaring Tangani Kasus

Sejumlah kasus pelanggaran yang terjadi di industri jasa keuangan menjadi alarm keras bagi OJK untuk meningkatkan pengawasan. Aksi terbaru, OJK menetapkan mantan Ketua BPA AJB Bumiputera, Nurhasanah, sebagai tersangka kasus digaan tindak pidana di sektor jasa keuangan. Nurhasanah dinilai tak melaksanakan perintah tertulis OJK terkait implementasi ketentuan Pasal 38 Anggaran Dasar AJBB sesuai Surat KE IKNB Nomor S-13/D.05/2020 tanggal 16 April 2020. Selain di AJB Bumiputera, OJK juga tengah berseteru dengan PT Bosowa Corporindo dan berjibaku dengan sejumlah persoalan lain.

Kontan / 20-03-2021 Hal. 1

Jaksa Bidik Tersangka Korporasi Kasus Asabri

Kejakgung tidak menutup peluang penetapan tersangka baru kasus dugaan korupsi dan pencucian uang PT Asabri. Direktur Penyidikan di Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Febrie Adriansyah, mengatakan, hasil pendalaman perkara yang merugikan negara Rp23,7 triliun tersebut juga banyak melibatkan korporasi. Dalam kasus Jiwasyara, penyidik menetapkan 13 tersangka korporasi dari manajer investasi pengelola saham dan reksa dana. Dalam kasus Asabri, penyidik juga intens memeriksa puluhan perusahaan manajer investasi yang sama terlibat dalam Jiwasraya.

Republika / 20-03-2021 Hal. 2

Tak Kenal Kendur Tagih Tunggakan Klaim

Hanya dalam hitungan menit setelah OJK mengumumkan Kepala Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera 1912, Nurhasanah sebagai tersangka, tiga kelompok pemegang polis sudah berada di kantor pusat perusahaan dan mulai mengosongkan ruangan BPA. Nurhasanah punya sejumlah alasan yang membuatnya yakin tidak bersalah antara lain terkait proses uji materril di MK, surat-menyurat dengan OJK, hingga pembentukan pengelola statuter oleh OJK.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 22-03-2021

Hadapi ketidakpastian akibat pandemi, AXA Mandiri luncurkan produk baru

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menghadirkan solusi perlindungan jiwa dan perencanaan keuangan jangka panjang bagi masyarakat melalui produk terbaru Asuransi Mandiri Secure Wealth. Produk ini memberikan manfaat tunai yang bisa dinikmati selama masa asuransi sehingga nasabah dapat mempersiapkan dana yang cukup untuk rencana masa depan, mulai perencanaan berumah tangga, renovasi rumah, kebutuhan anak hingga perjalanan ibadah atau liburan.

Antaranews.com / 19-03-2021

Nasabah Kresna Life Tolak Keras Putusan Perdamaian Gugatan PKPU

Pemegang polis Kresna Life menolak keras hasil Putusan Pengesahan Perjanjian Perdamaian atau Homologasi dalam gugatan PKPU. Menanggapi hal tersebut salah satu nasabah Kresna Life, Nurlaila mengungkapkan, hasil Homologasi ini hanya keinginan dari pihak Kresna Life saja. Menurut dia memang jika sudah dalam PKPU hanya ada dua pilihan yaitu homologasi diterima atau tidak diterima alias dipailitkan. Nurlaila mengatakan, jika dia bersama teman-teman nasabah yang lain merasa tidak puas dengan keputusan ini. Pasalnya pihak Kresna Life masih saja tidak memberikan perhitungan dengan jelas terkait pembayaran.

Detik.com / 19-03-2021

Jiwasraya, Belasan Korporasi Segera Diseret ke Pengadilan

Sebanyak 13 korporasi segera diseret ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Belasan tersangka korporasi ini akan dimintai pertanggungjawaban hukum dalam perkara dugaan korupsi dan TPPU terkait pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (AJS). Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, di Jakarta, pada Jumat (19/3), menyampaikan, perkara yang membelit ke-13 korporasi terkait Jiwasraya ini segera disidangkan karena JPU dari Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kejari Jakpus) akan segera melimpahkannya ke pengadilan.

Gatra.com / 19-03-2021

AXA Mandiri Hadirkan Produk Baru, Asuransi Mandiri Secure Wealth

PT AXA Mandiri Financil Services merilis produk terbaru AMSH. AMSH merupakan asuransi jiwa dwiguna yang memberikan perlindungan atas risiko jiwa sekaligus memiliki unsur tabungan. Ada dua plan yang bisa dipilih nasabah atas produk ini, Plan 5 dan Plan 10. Plan 5 yakni dengan membayar premi selama 5 tahun, namun memperoleh perlindungan selama 10 tahun, sementara Plan 10, membayar premi selama 10 tahun, dan mendapat perlindungan selama 15 tahun. Manfaat lain yaitu manfaat tunai yang bisa dinikmati oleh nasabah selama masa asuransi.

Investor.id / 19-03-2021

AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth

PT AXA Mandiri Financil Services merilis produk terbaru AMSH. AMSH merupakan asuransi jiwa dwiguna yang memberikan perlindungan atas risiko jiwa sekaligus memiliki unsur tabungan. Ada dua plan yang bisa dipilih nasabah atas produk ini, Plan 5 dan Plan 10. Plan 5 yakni dengan membayar premi selama 5 tahun, namun memperoleh perlindungan selama 10 tahun, sementara Plan 10, membayar premi selama 10 tahun, dan mendapat perlindungan selama 15 tahun. Manfaat lain yaitu manfaat tunai yang bisa dinikmati oleh nasabah selama masa asuransi.

Jawapos.com / 19-03-2021

Pakar Ingatkan Aspek Hukum Bisnis dalam Skandal Jiwasraya

Pengamat hukum Universitas Bung Karno, Ibnu Zubair, yang mengatakan, secara penelusuran hukum sebenarnya tidak berimbang juga bila hanya menggunakan pasal-pasal dalam pidana. Dalam skandal Jiwasraya memerlukan kecermatan dari penegak hukum, apakah pada persoalan tersebut memang terjadi tindak pidana korupsi dari hubungan bisnis kedua belah pihak. Oleh sebab itu, Ibnu Zubair menuturkan, penegak hukum perlu juga menggunakan telaah aspek hukum bisnis atau asuransi saat menelisik kasus Jiwasraya.

Jpnn.com / 19-03-2021

OJK tetapkan mantan ketua BPA AJB Bumiputera jadi tersangka, ini kata ahli hukum

OJK menetapkan mantan Ketua BPA AJBB periode 2018-2020, Nurhasanah menjadi tersangka. Melihat hal tersebut, ahli hukum perbankan Yunus Husein berpendapat bahwa kinerja OJK semakin optimal. Yunus menilai langkah tersebut sudah tepat karena sesuai dengan ketentuan pasal 54 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Hanya saja, ia menyebutkan bahwa ketentuan tersebut seharusnya bisa diterapkan dengan prinsip senjata pamungkas atau ultimum remedium. Meskipun Yunus menilai langkah OJK sudah semakin optimal, ia menilai OJK masih belum maksimal dalam melaksanakan perannya. Menurutnya, kerja OJK masih lamban dalam menyelesaikan masalah.

Kontan.co.id / 19-03-2021

Penyidik OJK Tetapkan Tersangka Baru Dalam Kasus Asuransi Jiwa Bumiputera

Penyidik Sektor Jasa OJK telah menetapkan Ketua BPA AJBB 1912 periode 2018 – 2020 Nurhasanah sebagai tersangka kasus dugaan tidak melaksanakan atau tidak memenuhi Perintah Tertulis OJK. Sebelumnya melalui Surat KE IKNB Nomor S-13/D.05/2020 tanggal 16 April 2020, OJK meminta AJBB untuk mengimplementasikan pasal 38 Anggaran Dasar AJBB. Hal tersebut harus dilaksanakan oleh organ Rapat Umum Anggota (RUA), Direksi dan Dewan Komisaris paling lambat tanggal 30 September 2020. Sayangnya, AJBB terbukti mangkir dari tugas tersebut.

Kumparan.com / 19-03-2021

Penuhi Kebutuhan Layanan Obat, Generali Gandeng Apotek Online Lifepack

Platform manajemen kesehatan terpadu berbasis Artificial Intelligence (AI) Prixa bersama Generali Indonesia, menggandeng apotek online Lifepack bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan layanan obat-obatan nasabah Generali. Fitur tebus obat di aplikasi Dokter Leo hasil kerjasama dengan Lifepack ini dapat diakses kapan saja dengan mudah hanya melalui aplikasi Gen iClick yang dirancang secara khusus oleh Generali untuk seluruh nasabahnya di Indonesia.

Suara.com / 19-03-2021

Di Masa Pandemi, Masyarakat Indonesia Makin Sadar Pentingnya Proteksi Asuransi

Dewasa ini masyarakat Indonesia dinilai semakin sadar akan pentingnya proteksi asuransi. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, meningkatnya kesadaran tersebut akibat dari adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, termasuk global. Seperti diketahui, asuransi kesehatan dan asuransi asuransi jiwa adalah dua produk yang berbeda. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan biaya pada pemegang polis jika mengalami gangguan kesehatan. Asuransi kesehatan biasannya  menanggung biaya rumah sakit.

Tribunnews.com / 19-03-2021

Allianz Life Indonesia : Pembayaran Klaim Terkait Covid-19 Capai Rp 172,5 Miliar

Allianz Life Indonesia mencatat, klaim terkait Covid-19 yang telah dibayarkan oleh perusahaan telah mencapai Rp 172,5 miliar. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, angka klaim pembayaran tersebut tercatat per tanggal 2 Maret 2021. Sementara itu, tingginya pembayaran klaim terkait Covid-19 juga sejalan dengan tingginya jumlah kasus penyebaran virus yang bermula dari China.

Tribunnews.com / 19-03-2021

Kebutuhan Asuransi Meningkat Saat Pandemi

Dalam survey Manulife Asia Care 2020. Sebanyak 72% nasabah yang telah memiliki asuransi mengatakan bahwa mereka berencana membeli tambahan asuransi dalam 18 bulan ke depan. Angka itu jauh lebih tinggi dari rata-rata di kawasan Asia yakni sebesar 62%. Keinginan responden di Indonesia untuk menambah perlindungan produk asuransi jiwa tercatat sebesar 30%. Kevin Kwon, Director & General Manager Agency Manulife Indonesia, menjelaskan pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik. Manulife Indonesia memahami kebutuhan nasabah yang beragam tersebut.

Investor.id / 20-03-2021

Eks ketua BPA AJB Bumiputera jadi tersangka, pengamat: OJK harus bergerak lebih cepat

OJK menetapkan mantan Ketua BPA Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) periode 2018-2020, Nurhasanah menjadi tersangka. Melihat hal tersebut, ahli hukum perbankan Yunus Husein berpendapat bahwa kinerja OJK semakin optimal. Yunus menilai langkah tersebut sudah tepat karena sesuai dengan ketentuan pasal 54 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Hanya saja, ia menyebutkan bahwa ketentuan tersebut seharusnya bisa diterapkan dengan prinsip senjata pamungkas atau ultimum remedium.

Kontan.co.id / 20-03-2021

Ditetapkan sebagai tersangka, mantan Ketua BPA AJB Bumiputera siap gugat OJK

Mantan Ketua BPA AJBB periode 2018-2020, Nurhasanah ditetapkan menjadi tersangka oleh OJK karena diduga tidak melaksanakan atau tidak memenuhi perintah tertulis OJK yang termuat dalam Surat KE IKNB Nomor S-13/D.05/2020. Menanggapi hal itu, Nurhasanah mengaku sudah beri surat balasan terkait perintah tertulis tersebut. Ia juga mengungkapkan dalam surat balasan terkait perintah tertulis OJK, pihaknya telah mencantumkan hasil analisis manajemen terkait dampak internal dan eksternal jika Pasal 38 dilaksanakan. Hanya saja, OJK tidak membalas kembali surat tersebut.

Kontan.co.id / 20-03-2021

Apakah Allianz Gagal Bayar Seperti Perusahaan Asuransi Lainnya ?

Saya pemegang polis asuransi jiwa Allianz sejak tahun 2017 dengan no polis. 000051667640  mengirimkan berkas dokumen penarikan dana investasi sebagian dan diterima oleh pihak Allianz tgl 23 Feb 2021. Beberapa hari kemudian saya menghubungi pihak Call Center Allianz di 1500136 dan dikatakan berkas saya sudah lengkap serta proses penarikan dana sebagian membutuhkan waktu 7-14 hari. Sampai hari ini tanggal 20 dana tersebut belum dicairkan padahal info dari Customer Service Allianz saldo dari investasi polis saya sudah dipotong dari bulan Februari 2021.

Pikiran-rakyat.com / 20-03-2021

AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth, Solusi Ketidakpastian di Masa Pandemi

PT AXA Mandiri Financil Services merilis produk terbaru AMSH. AMSH merupakan asuransi jiwa dwiguna yang memberikan perlindungan atas risiko jiwa sekaligus memiliki unsur tabungan. Ada dua plan yang bisa dipilih nasabah atas produk ini, Plan 5 dan Plan 10. Plan 5 yakni dengan membayar premi selama 5 tahun, namun memperoleh perlindungan selama 10 tahun, sementara Plan 10, membayar premi selama 10 tahun, dan mendapat perlindungan selama 15 tahun. Manfaat lain yaitu manfaat tunai yang bisa dinikmati oleh nasabah selama masa asuransi.

Tribunnews.com / 20-03-2021

Temui Mahfud MD di Kopi Johny, Forum Nasabah Korban Jiwasraya Minta Aspirasi Disampaikan ke Jokowi

Menko Polhukam Mahfud MD diketahui menyambangi kedai kopi dan bakpao Kwon Kuang Kopi Johny,untuk berbincang dengan pengacara Hotman Paris. Pantauan Tribunnews.com, dalam kesempatan itu terlihat beberapa orang membentangkan spanduk bertuliskan 'Kami Menolak Opsi Restrukturisasi Jiwasraya'. Ketika dikonfirmasi, mereka ternyata tergabung dalam Forum Nasabah Korban Jiwasraya (FNKJ). Kedatangan mereka adalah untuk menemui Mahfud MD.

Tribunnews.com / 20-03-2021

Anggota DPR ini sebut OJK lemah dalam pengawasan terhadap kasus Kresna Life

Anggota Komisi XI DPR, Ahmad Najib, mengatakan bahwa kehadiran OJK untuk nasabah dinilai masih lemah. Menurutnya, penundaan dan perubahan besaran klaim yang diterima merupakan tindakan yang merugikan. Melihat peran OJK tidak berada dalam posisi melindungi konsumen. Sikap OJK yang lemah dalam pengawasan sebabkan terjadinya kasus asuransi seperti yang terjadi pada Kresna Life ini. Ahmad juga berharap bahwa OJK bisa menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Hal itu dilakukan untuk menjaga kepercayaan publik pada kinerja OJK.

Kontan.co.id / 21-03-2021

Usut Tuntas Dugaan Korupsi BPJS Ketenagakerjaan, Jiwasraya, Asabri, dan Bansos

Aliansi GEBUK mendesak Kejaksaan Agung untuk serius, transparan dan benar-benar serius dalam membongkar kasus dugaan Mega Korupsi yang merugikan masyarakat. GEBUK adalah aliansi dari beberapa organisasi serikat pekerja/serikat buruh, yang dibentuk untuk membangun dan mengkonsolidasikan gerakan bersama dalam mengawal pengusutan dan penuntasan kasus mega korupsi di Indonesia. Aliansi ini bersifat terbuka bagi seluruh serikat pekerja yang ingin bersama-sama berjuang dalam menyelamatkan uang pekerja dan rakyat Indonesia.

Klikanggaran.com / 21-03-2021

Siap-siap, Ada Balap Sepeda Virtual Bulan Agustus

Balap sepeda masih harus diselenggarakan secara virtual di tengah pandemi virus corona. Perusahaan asuransi, Prudential Indonesia, kembali menggelar untuk dua tahun beruntun. Untuk tahun 2021 masih tetap sama, tak cuma balap sepeda sebagai sajian utama, tapi ada dua kategori lainnya yakni Run, Walk, & Fun Ride, serta Sportfest. Untuk kategori balap sepeda dapat dipilih, antara Medio Fondo (70 KM) dan Gran Fondo (135 KM). Peserta dapat menyelesaikan jarak tempuh tersebut secara langsung maupun bertahap selama empat hari penyelenggaraan.

Detik.com / 20-03-2021

PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride Hadirkan Beragam Olahraga

Prudential Indonesia kembali menyelenggarakan PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride, pada 1-17 Agustus 2021 mendatang. Melanjutkan kesuksesan pelaksanaan selama dua tahun terakhir, kali ini PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride akan mengusung konsep sportsfest virtual dan menjadi festival olahraga terbesar virtual pertama Prudential Indonesia dengan menghadirkan berbagai pilihan olahraga favorit selain bersepeda sebagai agenda utamanya. Mengusung konsep sportsfest virtual, PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride ingin memfasilitasi masyarakat bergerak aktif dan berolahraga sesuai kegemarannya, baik di rumah maupun dari luar rumah.

Sindonews.com / 21-03-2021

Anggota DPR ini sebut OJK lemah dalam pengawasan terhadap kasus Kresna Life

Tahap Homologasi terhadap gugatan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang menyeret PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) tampaknya masih menjadi polemik bagi nasabah Kresna Life. Peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai masih lemah dalam keterlibatannya untuk kasus tersebut. Anggota Komisi XI DPR, Ahmad Najib Qudratullah, mengatakan bahwa kehadiran OJK untuk nasabah dinilai masih lemah. Menurutnya, penundaan dan perubahan besaran klaim yang diterima merupakan tindakan yang merugikan.

Kontan.co.id / 21-03-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

OJK Tetapkan Kebijakan Manajemen Risiko Asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan kebijakan manajemen risiko di perusahaan asuransi menyusul kegiatan usahanya yang terus berkembang. Di samping itu, kebijakan juga ditujukan bagi kepentingan masyarakat yang menggunakan jasa perusahaan asuransi. Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 8/ SEOJK.05/2021 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah. "Penerapan manajemen risiko tersebut tidak hanya ditujukan bagi kepentingan LJKNB, tetapi juga bagi kepentingan masyarakat yang menggunakan jasa dan layanannya," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Riswinandi.

Investor Daily, hal. 23 / 22-21 Maret 2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.408

IHSG (per 19  Maret 2021)

   6.356,16

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Republika, Antaranews.com, Detik.com, Gatra.com, Investor.id, Gatra.com, Investo.id, Jawapos.com, Jpnn.com, Kontan.co.id, Kumparan.com, Kontan.co.id, Kabarin.com, Klikanggara.com, Liputan6.com, Merdeka.com, Suara.com, Tribunnews.com, Investor.id, Waspada.com.

DOWNLOAD PDF